Teks Ceramah Ustadz Syafiq Riza Basalamah


Teks Ceramah Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Contoh ringkasan ceramah ustad Syafiq Riza bassalamah atau ustadz Khalid basalamah

1. Contoh ringkasan ceramah ustad Syafiq Riza bassalamah atau ustadz Khalid basalamah


Jawaban:

silahkan kak-! gw slh gpp kak


2. tolong jangan diawur ya kak... tuliskan rangkuman ceramah ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan basalamah tentang kiat2 memperbaiki akhlak dan aqidah kita


بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ·QUESTION·

Tuliskan rangkuman ceramah ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan basalamah tentang kiat2 memperbaiki akhlak dan aqidah kita ...*

⇒ANSWER⇄EXSPLATION

Rangkuman:

Jangan suka menunda-nunda taubat, menembus kesalahan dengan amal shaleh jabgab kesalahan ditembus kesalahan mulu, selalu istiqomah dan memperbaiki akhlaq, memperbaiki karakter dengan beribadah kepada Allah SWT. Karena jika akhlaqnya buruk berarti dalam beribadanya ada masalah makanya kita jangan jadi hakim menilai orang lain, tapi memperbaiki diri kita sendiri.

Cara memperbaiki akhlak dan karakter:

Harus menyempurnakan sholat, karena jika sholat kita sempurna maka

semuanya akan sempurna.

Orang yang sholat namun celaka ada tiga sifat:

Lalai dalam sholat.Riya.Orang pelit.

Membayar zakat, karena dengan berzakat bisa merubah karakter. Seperti  dari yang pelit menjadi dermawan, riya menjadi ikhlas, juga bisa menumbuhkan kasih sayang kepada orang lain.

Puasa, seharusnya orang yang selalu berpuasa sunnah ada perubahan pada akhlaknya, karena dengan berpuasa kita akan diajakan untuk mengontrol jiwa dan nafsu.

Haji, jika berhaji dan pergi pasti akan meninggalkan keluarga, kantor, rumah, kampung :v. Dan apabila perginya dia karena Allah. Maka pada saat pulang haji karakternya dan akhlaknya akan berubah.

Latihan, akhlak dan karakter yang baik itu bisa lewat turunan juga bisa karena latihan (usaha). Contoh usahanya bisa dengan berhijrah. :v

Ilmu, harusnya ilmu yang kita dapat membuat kita menjadi baik, karena dari awal yang taktau menjadi tau. Apabila ilmu yang kita dapat menjadikan kita lebih baik berarti ilmu itu membri syafaat, dan apabila ilmu itu tidak merubah akhlak dan karakter kita tapi malah membuat menjadi jelek. Jangan-jangan ilmu itu tidak memberi manfaat malah menjerumuskan ke neraka.

#SPISBASGA#PeaceAll

3. TEKS CERAMAH "JUJUR ITU INDAH" PENCERAMAH: USTADZ KHALID


Semoga membantu :)

klo bisa dijadiin jawaban tercerdas :)


4. tuliskan 3 pokok pikiran dari ceramah ustadz abdul somad​


Jawaban:

ceramahnya yang mana kak?


5. ringkasan ceramah dari ustadz adi hidayat tentang hati brainly​


Jawaban:

Tentang hati oleh Ustadz Adi Hidayat

Manusia diciptakan dari 2 elemen raga dan ruh, di dalam raga ada elemen terpenting yaitu akal, dan di dalam ruh pula ada elemen terpenting yaitu hati. Perkara hati adalah perkara yang peting karena dapat menjadikan kita sebagai orang yang baik atau pun menjadikan kita sebagai orang yang buruk.


6. ceramah Al Qur'an hadits beserta ustadz nya​


Jawaban:

berdakwah

Penjelasan:

semoga bermanfaat

ceramah tentang ibu ustadz abdul somad


7. rangkuman dari ceramah ustadz abdul somad hidup adalah ibadah


Jawaban:

hidup adalah ibadah

Penjelasan:

kita harus mensyukuri apa adanya,saling menolong,buat lah hidup kita agar lebih mudah


8. Isi teks ceramah ustadz maulana di sahur itu indah : 1. Tema


Jawaban:

tentang para nabi dan rosul

Jawaban:

tentang Para Nabi dan Rasul


9. ringkasan ceramah pentingnya memahami aqidah dari ustadz adi Hidayat​


Jawaban:

ceramah tentang pentingnya memahami aqidah


10. Buatlah contoh teks ceramah antara ustadz dan santrinya!             ​


Jawaban:

Dik, cobalah tatapkan wajahmu ke langit, begitu banyak bintang-gemintang yang sinar cahanya begitu indah, tapi itu semua tidak ada artinya bila dibanding satu sinar rembulan yang menerangi malam kita berdua. Dan kaulah rembulan itu.” Itu kata-kata santri zaman dulu bila rindu kepada kekasihnya. Kemudian dikirim lewat Pak Pos yang harus menunggu balasan berminggu, itupun kalau dibalas. Jadi rindu zaman dulu itu berat.

Beda dengan santri zaman sekarang. Ketika sudah rindu tinggal selfie kirim lewat watsapp beri tanda emoji “emah.. emah…emah”, selesai. Kata-katanya pun beda, “dik, bapakmu sipir penjara ya, pantesan kamu memenjarakan aku di hatimu”. Allahumma Sholli ala Muhammad.

Hadirin yang dirahmati Allah

Kalau santri dulu ditanya tentang cita-cita, “kamu cita-tanya jadi apa, dijawab, PNS, Polisi, Tentara, dan sebagainya”. Kalau santri zaman sekarang sudah beda, bila ditanya tentang cita-cita, “cita-citamu ingin jadi apa, dijawab, youtubers, editing, programer dan sejenisnya”. Kok beda ya karena jamannya sudah beda. Orang dulu tidak mengenal Ojol sekarang sudah biasa kemana-kemana naik ojek online. Makanya kita sebagai generasi millennial jangan ketinggalan untuk segera belajar apa yang dibutuhkan orang sekarang. Dan ini sesui dengan apa yang diterangkan dalam kitab taklimulmutaalim:

وينبغى لطالب العلم أن يختار من كل علم أحسنه وما يحتاج إليه فى أمر دينه فى الحال، ثم ما يحتاج إليه فى المآل

Bagi pelajar, dalam masalah ilmu hendaklah belajar sesuatu yang dianggap paling baik serta dibutuhkan dalam kehidupan agamanya hari ini, kemudian pelajari juga tentang apa-apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Penjelasan:

[tex] - semoga \: membantu[/tex]

Maaf kalo salah:)


11. ringkasan ceramah tentang ketika harapan tidak sesuai kenyataan beserta nama ustadz​


Jawaban:

Ilmu Pengetahuan dan Akal Manusia

UAS mengawali ceramahnya dengan mendefinisikan arti pengetahuan. Mengutip oxford dictionary, pengetahuan adalah keakraban kesadaran atau pemahaman tentang seseorang atau sesuatu sesuai dengan kenyataan. Sumber lain yakni kitab At-Ta’rifat ditulis oleh Ali Ibnu Muhammad Ibn Ali Al-Jurjani, yang diterbitkan oleh Dar al-Kitab al-‘araby Beirut yang menyebutkan bahwa ilmu adalah keyakinan yang pasti sesuai dengan fakta.

Sedangkan ilmu pengetahuan adalah upaya yang dilakukan manusia untuk mengetahui sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia.

“Pengetahuannya disebut knowledge, cara untuk mengetahuinya dengan metode yang dilakukan disebut sains” Ujar Dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Untuk menggali dan memahami ilmu pengetahuan, Allah memberikan anugerah berupa akal kepada manusia. Setiap saat akal manusia mencerna dua hal. Yaitu ayat-ayak tersurat yang bersumber dari Al-Quran, hadits atau yang kita kenal ayat Kauliyah. Dari hal tersebut menghasilkan pengetahuan Aqidah, Akhlak, tafsir, dan lainnya. Kedua akal manusia juga mencerna ayat-ayat tersirat atau ayat Kauniyah. Perenungannya menghasilkan pengetahuan tentang astronomi, geologi, fisika dan lainnya.

Maka orang-orang yang mampu menangkap ilmu pengetahuan berdasarkan ayat-ayat kauniyah tersebut, hanyalah mereka yang disebutkan di dalam Al-Quran sebagai ‘Ulul Albab’ atau orang-orang yang menggunakan akalnya. Lantas seperti apa ‘Ulul Albab’ yang disebutkan dalam Al-Quran?

-ustadz Abdul Somad

Penjelasan:

smg mmbntu tolong jadiin jawaban tercerdas ya makasii


12. Ringkasan ceramah ramadhan beserta nama ustadznya dong pliss bantuin


Jawaban:

Beruntunglah orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan maupun di hari-hari sunnah. Betapa tidak, Allah memberikan dua kebahagiaan (kesenangan) yang tidak didapat dari ibadah atau amalan lain kecuali bagi yang berpuasa. Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramah singkatnya di Youtobe yang diunggah Channel IndoMuslim pada 26 May 2017 menerangkan rahasia dahsyatnya pahala puasa. Ustaz Khalid menjelaskan bahwa puasa adalah ibadah yang paling besar pahalanya dan tidak ada ibadah lain yang bisa mengalahkan pahalanya.

Hadis Nabi yang diriwayatkan Al-Bukhari Muslim menyebutkan: “Seluruh amal ibadah Bani Adam (manusia) adalah miliknya (maksudnya kadar pahalanya sudah ditentukan). Dan setiap kebaikan itu akan dibalas 10 kali lipat hingga 700 kali lipat (tergantung kadar keikhlasannya).”

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya (Allah). Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:

Alquran sebagai Lautan Ilmu

Zakat Harus Bermanfaat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Ustaz Khalid mengungkapkan, kegembiraan saat berbuka ada dua pendapat ulama. "Pertama kita tahu kalau kita puasa kita haus dan dapat segelas air dingin luar biasa nikmatnya. Pendapat kedua, kegembiraan saat berbuka karena kita telah berhasil mengalahkan syetan hingga masuk magrib. Kegembiraan lain adalah ketika bisa memberikan makanan kepada orang yang berbuka," jelasnya.

“Kegembiraan dan nikmat terbesar di surga adalah bisa melihat wajah sang pencipta, Allah.” tutupnya.

Penjelasan:

CERAMAH USTADZ KAHLID BASMALAH

TOLONG JADIKAN YANG TERBAIK


13. isi ceramah ustadz maulana


mengajarkan kita tentang agama islamYang pasti isinya untuk mengajarkan kebaikanlah

14. ringkasan ceramah tentang fikih ustadz Adi hidayat​


jawab: supaya tidak boleh pacaran

Jawaban:

fiqih ustad adi hidayat...... kita harus mencari teman yang baik... agar kelak bisa mengajak kita bersama di syurga


15. sebutkan 3 ceramah ustadz hanan attaki​


Jawaban:

1. hijrahlah agar dunia mengikuti

2. amalan yang mengantarkan kesurga

3. kebiasaan nabi di bulan ramadhan

Penjelasan:

semoga membantu


16. ceramah singkat beserta nama ustadznya​


Jawaban:

tujuan'nya sama sama 2jt kurang

Penjelasan:

HARI ini akak ani menikah jadi fitra roman yang diangkat adalah sebuah program studi pendidikan bahasa indonesia yang diangkat adalah sebuah program studi pendidikan bahasa indonesia yang diangkat adalah sebuah program studi


17. Hukum memegang alqur'an ketika haid oleh ustadz syafiq Bagaimana hukumya memegang mushaf ketika sedang haid?


klo pendapat saya hukumnya adalah haram karena seorang yang sedang haid harus bersuci terlebih dahulu sebelum memegang al quran atau melakukan ibadah sholat.wanita haid boleh membaca Al Quran tapi tidak menyentuhnya, sebab masa haid itu panjang dan waktunya cukup lama tidak seperti orang yang junub, yang mana mereka mampu untuk mandi pada waktu itu juga lalu membaca Alquran. wanita haid tidak mampu melaksanakan hal tersebut telah disuci. oleh karena itu tidak sah jika mereka dikiaskan seperti orang yang junub.

semoga bermanfaat ya...

18. Ceramah dari ustadz yazid abdul qadir jawas yang berjudul sholat


Jawaban:

Berikut pembahasan Ceramah Singkat Tentang Sholat yang disampaikan oleh Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas Hafidzahullahu Ta’ala.

▬▬•◇✿◇•▬▬a

Transkrip Ceramah Singkat Tentang Sholat

Menit ke-12:32 Kita akan bahas pada hari ini yaitu sebaik-baik amal adalah sholat. Masalah ini penting saya mengambil dari hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Sallam yang Nabi bersabda dan ada di dalam buku ini, yaitu ketahuilah sebaik-baik amal kalian adalah sholat, dan tidak menjaga wudhu kecuali orang-orang yang beriman. Dan Nabi menyebutkan bahwa sebaik-baik amal adalah sholat, yang perlu kita ingat bahwa tujuan dari diciptakan hidup kita ialah untuk ibadah kepada Allah

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿٥٦﴾ مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ ﴿٥٧﴾ إِنَّ اللَّـهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ ﴿٥٨﴾

“Tidak kuciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaku (56). Aku tidak minta rezeki dari mereka dan aku tidak minta kepada mereka untuk memberikan makan kepada-Ku (57). Sesungguhnya Allah itu Yang Maha Pemberi rezeki, dan Allah itu Yang Maha Kuat dan Allah itu yang Maha Kokoh (58).” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 56)

Allah menciptakan kita untuk beribadah kepada Allah, dan diantara ibadah kepada Allah yang pokok yang pertama adalah Tauhid kepada Allah Ta’ala, mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah kemudian setelah itu melaksanakan sholat, baru yang lainnya.

Setelah kita melaksanakan Tauhid kepada Allah kemudian sholat. Kita membahas tentang masalah saat ini -sholat-, karena fenomena yang ada yang kita lihat banyak sekali orang-orang yang mengaku Islam, KTP nya Islam tapi nggak sholat.

▬▬•◇✿◇•▬▬

⏯️ https://ngaji.id/klik/7a


19. ringkasan ceramah Ustadz Adi Hidayat tentang aqida​


Jawaban:

Materi ceramah yang berjudul "pentingnya memahami aqidah" adalah tugas pesantren ramadhan tanggal 28 April 2020.

_____________________________________

Pembahasan

Judul Materi : Pentingnya Memahami Aqidah

Ustadz : Adi Hidayat

Materi :

Shalat saking pentingnya, telah turun perintahnya kepada nabi sebelumnya seperti nabi Zakaria yang dikaruniai anak nabi Yahya karena doanya dalam shalat. Namun, sebelum perintah shalat itu diperintahkan, nabi mengenalkan Allah terlebih dahulu.

Zaman dahulu shalat yang dikerjakan sangat khusyuk walaupun panah menusuknya tapi ia tak bergeser sedikitpun karena saking nikmatnya shalat. Namun, pada zaman sekarang sangat berbeda sekali. Ada orang bahkan tidak sadar berapa rakaat sedang ia kerjakan dan hanya lisan yang mengucapkan beribadah kepada Allah, hati tidak.

Shalat berarti doa yang bertujuan untuk selalu menginat Allah. Oleh karena itu, dalam kehidupan ada doa-doa yang kita terapkan seperti doa masuk masjid, doa makan untuk ingat kepada Allah setiap saat, hatinya selalu diisi Allah.

Akidah bukan sekedar keyakinan tetapi keyakinan yang membuat kita semakin kuat hubungannya dengan Allah. Sampai-sampai orang yang punya keyakinan tersebut akan melebihi keyakinannya, dia akan yakin sekalipun orang lain tidak percaya. Orang yang punya aqidah kuat akan percaya dengan kuat tanpa ragu-ragu. Aqidah nelahirkan iman. Jika aqidah kuat maka seluruh anggota tubuh tidak akan menyimpang dari perintah Allah.

Konsep ketuhanan, nama Allah dalam syahadat yang kita ucapkan tidak hanya meluncur di lisan. Allah itu al-ahad yaitu satu yang tidak ada duanya. Tuhan mempunyai sifat yang berbeda dengan makhluk dan mempunyai kemampuan yang tidak sama dengan makhluk.

Penjelasan:

maaf kalau salah


20. ringkasan ceramah pentingnya memahami aqidah dari Ustadz Adi Hidayat​


Materi ceramah yang berjudul "pentingnya memahami aqidah" adalah tugas pesantren ramadhan tanggal 28 April 2020.

_____________________________________

Pembahasan

Judul Materi : Pentingnya Memahami Aqidah

Ustadz : Adi Hidayat

Materi :

Shalat saking pentingnya, telah turun perintahnya kepada nabi sebelumnya seperti nabi Zakaria yang dikaruniai anak nabi Yahya karena doanya dalam shalat. Namun, sebelum perintah shalat itu diperintahkan, nabi mengenalkan Allah terlebih dahulu.

Zaman dahulu shalat yang dikerjakan sangat khusyuk walaupun panah menusuknya tapi ia tak bergeser sedikitpun karena saking nikmatnya shalat. Namun, pada zaman sekarang sangat berbeda sekali. Ada orang bahkan tidak sadar berapa rakaat sedang ia kerjakan dan hanya lisan yang mengucapkan beribadah kepada Allah, hati tidak.

Shalat berarti doa yang bertujuan untuk selalu menginat Allah. Oleh karena itu, dalam kehidupan ada doa-doa yang kita terapkan seperti doa masuk masjid, doa makan untuk ingat kepada Allah setiap saat, hatinya selalu diisi Allah.

Akidah bukan sekedar keyakinan tetapi keyakinan yang membuat kita semakin kuat hubungannya dengan Allah. Sampai-sampai orang yang punya keyakinan tersebut akan melebihi keyakinannya, dia akan yakin sekalipun orang lain tidak percaya. Orang yang punya aqidah kuat akan percaya dengan kuat tanpa ragu-ragu. Aqidah nelahirkan iman. Jika aqidah kuat maka seluruh anggota tubuh tidak akan menyimpang dari perintah Allah.

Konsep ketuhanan, nama Allah dalam syahadat yang kita ucapkan tidak hanya meluncur di lisan. Allah itu al-ahad yaitu satu yang tidak ada duanya. Tuhan mempunyai sifat yang berbeda dengan makhluk dan mempunyai kemampuan yang tidak sama dengan makhluk.

Pelajaran yang bisa diambil:

Jika kita punya keyakinan kuat kepada Allah maka kita akan mendapat 5 keistimewaan dalam hidup yang tidak akan pernah ditemukan di hal-hal lain :

Terbebas dari keburukanHidup dengan tenangRezeki dan hidup akan menjadi mudahCepat dikabulkan doanyaDi surga nanti di tempatkan ditempat terbaik

_____________________________________

Pelajari lebih lanjut : Rangkuman ceramah tentang kewajiban puasa dan hikmahnya https://brainly.co.id/tugas/28975109 https://brainly.co.id/tugas/28975087Pengertian aqidah https://brainly.co.id/tugas/6676922

Detil Jawaban

Mapel:Bahasa Arab

Kelas:10 dan 11 SMA

Materi:Pesantren Ramadhan

KataKunci:Ringkasan materi ceramah

KodeSoal:-

KodeKategorisasi:-

#OptitimCompetition

#TingkatkanPrestasimu


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak