Paham Gereja Institusional Hierarkis Piramidal Menonjolkan


Paham Gereja Institusional Hierarkis Piramidal Menonjolkan

Jelaskan perbedaan antara model gereja institusional piramidal dan gereja sebagai persekutuan umat​

Daftar Isi

1. Jelaskan perbedaan antara model gereja institusional piramidal dan gereja sebagai persekutuan umat​


Gereja model institusi piramidal menganggap gereja sebagai satu-satunya penjamin keselamatan dan kebenaran. Ini berbeda dengan gereja model persekutuan umat yang terbuka meyakini bahwa di luar gereja terdapat pula keselamatan.

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

Gereja model institusi piramidal menganggap gereja sebagai satu-satunya penjamin keselamatan dan kebenaran. Ini berbeda dengan gereja model persekutuan umat yang terbuka meyakini bahwa di luar gereja terdapat pula keselamatan.


2. Paham gereja institusional hierarkis piramidal menonjolkan…. select one: a. sikap yang agak triumfalistik dan tertutup. b. hidup persaudaraan karena iman dan harapan yang sama. c. hukum dan peraturan memang perlu, tetapi dibutuhkan pula peranan hati nurani dan tanggung jawab pribadi d. sikap miskin, sederhana dan terbuka. e. keikutsertaan semua umat dalam hidup menggereja.


A. sikap yang agak triumfalistik dan tertutup


3. coba jelaskan ciri-ciri gereja institusional piramidal dan pereskutuan​


Ciri-ciri gereja yang instutisional adalah organisasi yang berstruktur pyramidal yang memiliki tata rapi. Sedangkan gereja yang merupakan persekutuan umat adalah memiliki kehidupan yang sama dikarenakan iman dan harapan yang sama.

Pembahasan

Gereja sebagai instutisional adalah gereja yangb menonjol dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Dimulai sejak lahir sudah berstruktur piramidal dengan keadaan yang tertata rapiKepemimpinan atau hierarki yang sifatnya identik dengan gereja itu sendiriHukum dan juga peraturan digunakan dalam menata dan juga menjaga kelangsungan instusi. Apalagi instusi itu berskala besarSikap yang dimiliki lebih tertutup karena gereja merupakan satu-satunya penjamin kekuasaan dan keselamatan

Gereja dalam persekutuan umat Allah untuk membangun kerajaan Allah di bumi. Dimana semua anggota memiliki martabat yang serupa antara satu dengan yang lain. Gereja sebagai persekutuan umat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Memiliki persaudaraan yang kuat karena iman dan harapan umat yang samaKeikutsertaan semua umat dalam hidup satu gerejaHukum dan peraturan di dalamnya sangat penting, namun dibutuhkan juga peranan dalam hati nurani untuk menyikapinyaMemiliki sikap miskin, sederhana dan juga terbuka

Pelajari lebih lanjut

Pemimpin gereja yang paling pertama https://brainly.co.id/tugas/13873875Tritugas dari gereja https://brainly.co.id/tugas/26892849Tugas gereja sebagai nabi dan sebagai raja https://brainly.co.id/tugas/38369591

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Agama Kristen

Bab : 2

Kode : -

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3


4. Sila-sila pancasila tersusun secara hierarkis piramidal artinya


Hierarkis dari kata hierarki yg artinya urutan tingkatan pangkat kedudukan dari paling bawah hingga atas . dan piramidal artinya bagaikan sebuah piramid yang terususun menjulang keatas
kesimpulannya . pancasila tersusun secara hierarkis piramidal adalah pancasila terusun dengan urut dari paling bawah hingga atas. dari keadilan dn kesejahteraan rakyat hingga keyakinan tentang ketuhanan yg maha Esa .

5. pancasila tersusun secara hierarkis piramidal yang berarti


kedudukan pancasila Sebagai sistem filsafat,

6. Pancasila berbentuk Hierarkis dan Piramidal, ini adalah pengertian pancasila secara….​


Jawaban:

Pancasila merupakan Hirarkis Piramidal yang artinya susunan sila pancasila bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal”. Lebih lanjut Sugeng menjelaskan tentang maksud dari Hirarkis Piramidal pada Pancasila adalah sila yang disebut terlebih dulu memiliki kedudukan lebih tinggi daripada sila-sila yang disebut kemudian.

semogamembantu:)


7. apa pengertian hierarkis piramidal ?​


Jawaban:

susunan sila pancasila bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal”. Lebih lanjut Sugeng menjelaskan tentang maksud dari Hirarkis Piramidal pada Pancasila adalah sila yang disebut terlebih dulu memiliki kedudukan lebih tinggi daripada sila-sila yang disebut kemudian

Penjelasan:


8. pancasila tersusun secara hierarkis piramidal yang berarti....


jawaban:

pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. sumber hukum dibagi dalam suatu lembaga sampai pada bagian hukum terperinci.

Penjelasan:

hierarki : susunan

seperti piramida. pancasila adalah puncak tertinggi


9. Buatlah kesimpulan tentang hubungan antar sila Pancasila berdasarkan hierarkis piramidal


Sila sila dalam Pancasila saling terkait satu sama lain.
Sila ke 1 menjiwai sila ke 2, 3, 4, dan 5
Sila ke 2 dijiwai sila ke 1, menjiwai sila ke 3, 4, dan 5
Sila ke 3 dijiwai sila ke 1, dan 2 menjiwai sila ke 4, dan 5
Sila ke 4 dijiwai sila ke 1, 2, dan 3 menjiwai sila ke 5
Sila ke 5 dijiwai sila ke 1, 2, 3, dan 4

SEMOGA MEMBANTU ☺️

MAAF KALAU SALAH

10. susunan pancasila yang bersifat organis,hierarkis,piramidal dan saling mengkualifikasi


ü Susunan sila Pancasila bersifat organis.
Susunan sila-sila Pancasila merupakan kesatuan yang organis yakni satu sama lain membentuk suatu sistem yang disebut dengan istilah majemuk tunggal. Majemuk tunggal artinya Pancasila terdiri dari 5 sila tetapi merupakan satu kesatuan yang berdiri sendiri secara utuh.

ü Susunan sila Pancasila bersifat Hierarkis dan berbentuk Pyramidal.
Hierarkis berarti tingat, sedangkan yang dimaksud bentuk Piramid dari kesatuan Pancasila ialah bahwa sila yang pertama dan seterusnya tiap-tiap sila bagi sila berikutnya adalah menjadi dasar dan tiap-tiap sila berikutnya itu merupakan penjelmaan atau pengkhususan dari sila yang mendahuluinya. Selanjutnya Notonagoro menjelaskan bahwa hal ini hanya suatu gambaran dari suatu bentuk secara matematis, sehingga sebenarnya dapat saja orang membuat gambaran secara lain dari kesatuan Pancasila dalam hal bentuknya. Secara singkat uraian Notonagoro di atas dapat dinyatakan bahwa bentuk susunan hierarkis-piramidal Pancasila ialah: Kesatuan bertingkat yang tiap sila di muka sila lainnya merupakan basis atau pokok pangkalnya, dan tiap sila merupakan pengkhususan dari sila di mukanya. Sila pertama menjelaskan bahwa pada sila pertama itu meliputi dan menjamin isi sila 2, 3, 4, dan 5, begitu pula sila- sila berikutnya saling berkaitan erat dan menjiwai satu dengan yang lain.

Bentuk susunan hierarkis-piramidal Pancasila, dapat digambarkan dalam bentuk diagram yang disebut dengan diagram hierarkis-piramidal Pancasila. Dengan adanya bentuk diagram ini, terlebih dahulu dapat diuraikan sebagai pengantar bahwa Tuhan Pencipta segala makhluk, Yang Maha Kuasa, Yang Maha Esa, asal segala sesuatu dan sekaligus sebagai dasar semua hal yang ada dan yang mungkin ada. Oleh karena itu Tuhan sebagai dasar dari penciptaannya, yang di dalam diagram digambarkan sebagai dasar terbentuknya diagram itu, dan salah satu ciptaan Tuhan adalah manusia. Diagram hierarkis-piramidal Pancasila menunjukkan sekelompok himpunan manusia yang mempunyai sifat-sifat tertentu. Adapun himpunan yang merupakan dasar adalah adanya sekelompok manusia yang dalam kehidupannya selalu mengakui dan meyakini adanya Tuhan baik dengan pernyataan maupun perbuatannya. Selanjutnya sebagai pengkhususan diikuti suatu himpunan manusia yang saling menghargai dan mencintai sesama manusia, memberikan dan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya. Dalam kehidupan manusia, secara kodrati terbentuk adanya suatu kelompok-kelompok atau perserikatan-perserikatan persatuan sebagai penjelmaan makhluk sosial. Dan salah satu perserikatan adalah Persatuan Indonesia. Di dalam persatuan itu membutuhkan pimpinan serta kekuasaan untuk mengatur kehidupan sehari-hari sebagai warga persatuan, dan karena persatuan dibentuk dari warga rakyat, maka pimpinan harus di tangan rakyat secara kekeluargaan, yang disebut dengan istilah kerakyatan, sering juga disebut dengan kedaulatan rakyat, dalam arti rakyatlah yang berkuasa, rakyat yang berdaulat.

ü Rumusan hubungan sila Pancasila saling mengisi dan saling Mengkualifikasi.
Pancasila sebagai satu kesatuan nilai, juga membawa implikasi bahwa sila yang satu dengan sila yang lain saling mengkualifikasi. Hal ini berarti bahwa antara sila yang satu dengan yang lain, saling memberi kualitas, memberi bobot isi. Misalnya Ketuhanan Yang Maha Esa adalah Ketuhanan yang Maha Esa yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, berpersatuan Indonesia, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan ini berlaku seterusnya untuk sila-sila yang lainnya.

11. Sila-sila pancasila tersusun secara hierarkis piramidal. hal ini berarti


Jawaban:

Pancasila merupakan Hirarkis Piramidal yang artinya susunan sila pancasila bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal”. Lebih lanjut Sugeng menjelaskan tentang maksud dari Hirarkis Piramidal pada Pancasila adalah sila yang disebut terlebih dulu memiliki kedudukan lebih tinggi daripada sila-sila yang disebut kemudian.

informasiini dari sumberyg saya baca

Maaf kalo salah


12. bagaimana pendapat kalian tentang susunan pancasila yang bersifat hierarkis dan berbentuk piramidal


Sangat setuju.

Karena nilai nilai pancasila itu mutlak dari nilai yang sudah ada tertanam didalam diri seorang manusa.Dan nomor satu yang wajib kita taati,yaitu mengesakan tuhan yang maha esa tanpa ada yang menggangu gugat.

13. Pancasila tersusun secara hierarkis hirarkis piramidal yang berarti


Intinya Pancasila disusun secara sistematis, teratur dan dapat dilaksanakan oleh seluruh warga. Jadi artinya, Pancasila disusun dengan aturan yang tepat untuk memenuhi tujuan nasional bangsa.

pancasila bersifat hierarkis paramida berarti isi dari pancasila itu ada tingkatnya yang menjadi satu kesatuan yang saling erat kaitannya, jadi sila 1 menjadi dasar dan erat kaitannya dengan sila yang 2 begitu pun seterusnya sampai sila ke 5.

semoga membantu

14. Gereja yang institusional sangat menonjol dalam hal hukum dan pertarun denagn maksud


gereja sebagai persekutuan umat,model ini lebih menonjol ke hal berikut:
-hidup
-keikutsertaan umat dalam hidup menggereja
-hukum dan peraturan
-sikap miskin,sederhana,dan terbuka.

15. apa arti hierarkis piramidal


Semoga membantu.
Terimaksih.

16. Pancasila tersusun secara hierarkis piramidal yang berarti


Intinya Pancasila disusun secara sistematis, teratur dan dapat dilaksanakan oleh seluruh warga. Jadi artinya, Pancasila disusun dengan aturan yang tepat untuk memenuhi tujuan nasional bangsa.Artinya sila ke 1 meliputi dan menjiwai sila ke 2, 3 4, dan 5; sila ke 2 diliputi dan dijiwai oleh sila ke 1 serta meliputi dan menjiwai sila ke 3, 4, dan 5; sila ke 3 diliputi dan dijiwai sila ke 1 dan 2 serta meliputi dan menjiwai sila ke 4 dan 5; dan seterusnya. (maaf kalau salah)

17. Pengertian dari hierarkis piramidal


memiliki hubungan antara kelompok sila yang ada dalam pancasila dan bersifat erat

18. Apa yang dimaksud dengan pancasila tersusun secara hierarkis piramidal?


Susunan sila Pancasila bersifat Hierarkis dan berbentuk Pyramidal.

Hierarkis berarti tingkat, sedangkan yang dimaksud bentuk Piramid dari kesatuan Pancasila ialah bahwa sila yang pertama dan seterusnya tiap-tiap sila bagi sila berikutnya adalah menjadi dasar dan tiap-tiap sila berikutnya itu merupakan penjelmaan atau pengkhususan dari sila yang mendahuluinya. Selanjutnya Notonagoro menjelaskan bahwa hal ini hanya suatu gambaran dari suatu bentuk secara matematis, sehingga sebenarnya dapat saja orang membuat gambaran secara lain dari kesatuan Pancasila dalam hal bentuknya. Secara singkat uraian Notonagoro di atas dapat dinyatakan bahwa bentuk susunan hierarkis-piramidal Pancasila ialah: Kesatuan bertingkat yang tiap sila di muka sila lainnya merupakan basis atau pokok pangkalnya, dan tiap sila merupakan pengkhususan dari sila di mukanya.

19. pancasila tersusun secara hierarkis piramidal yg berarti


tiap sila saling bersangkutan,/berkaitan

semoga membantu:)

20. model gereja dapat dibedakan menjadi dua pemahaman yakni A. gereja piramidal dan primordial B. gereja institusional dan akademis C. gereja organisatoris dan parmidialis D. gereja piramida dan organisatoris E. gereja individual dan komunal​


Jawaban:

C.gereja organisatoris dan parmidialis

Jawaban:

d

Penjelasan:

semoga benar

jadikan jawaban tercerdas ya


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak