Contoh Cerpen Islami Tentang Jilbab


Contoh Cerpen Islami Tentang Jilbab

Amanat dari cerpen berjudul sebuah jilbab seribu kebaikan

Daftar Isi

1. Amanat dari cerpen berjudul sebuah jilbab seribu kebaikan


yang di maksud jilbab seribu kebaikan adalah karna jilbab banyak manfaatnya seperti untuk menutup aurat , memperindah penampilan , agar rambut tidak terpapar sinar matahari langsung dll

2. mengapa perempuan Islam harus memakai jilbab?​


Jawaban:

agar menutup auratnya

Jawaban:

Di dalam Islam, seorang perempuan muslim diwajibkan untuk mengenakan jilbab atau pakaian yang menutupi aurat. Jadi jilbab bukan sekedar tutup kepala. Banyak orang salah memaknai kata jilbab.

Mereka hanya berpikir bahwa jilbab hanya sebatas kain penutup kepala yang fungsinya hanya menutupi rambut.

Jilbab adalah pakaian seorang muslimah yang menutupi bagian-bagian aurat kaum wanita. Yang tidak menjadi bagian dari aurat wanita adalah telapak tangan dan wajah.

Jadi setiap jilbab sudah pasti sebuah kerudung, tetapi kerudung belum tentu bentuknya sebagai jilbab. Jilbab yang dikenakan oleh seorang wanita muslim harus menutupi kepala, leher, dada serta bagian-bagian tubuh wanita yang dianggap sebagai perhiasan atas diri kaum wanitab tersebut.

Islam telah mewajibkan kaum wanita memakai jilbab yang tertuang dalam firman Allah QS. Annur ayat 31. Dimana dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada wanita-wanita muslim untuk menjulurkan pakaian mereka hingga ke dada.

Pada saat ayat ini diturunkan, kaum wanita pada saat itu berlarian menyobek kain jendela dan kain pintu untuk mereka tutupkan ke kepala mereka sebagai jilbab. Demikian responsif para shahabiyah di masa itu dalam menunaikan seruan Allah SWT melalui firman Nya yang disampaikan melalui Muhammad SAW.

Mengapa Islam mewajibkan kaum wanitanya untuk mengenakan jilbab? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Jilbab untuk memuliakan kaum wanita

Wanita yang mengenakan jilbab lebih terjaga kehormatannya dibanding dengan mereka yang tidak memakai jilbab.

Kecantikan tubuh wanita yang ditujunkkan kepada para pria yang bukan suaminya bukan akan meningkatkan kehormatan dan marwah seorang wanita, sebaliknya biasanya hanya akan menjadi bahan perbincangan kaum wanita, bahan khayalan seks kaum lelaki yang tidak berhak atas kecantikan tersebut.

2. Jilbab menjaga kaum wanita dari tindakan asusila

Banyaknya kasus pelecahan seksual hingga berujung pada pemerkosaan biasanya diawali dari kesempatan yang diberikan oleh kaum wanita terhadap para pria yang memang secara manusiawi memiliki hasrat apabila melihat kecantikan wanita yang dibuka.

Jadi salah jika sebagian wanita berpikir bahwa kesalahan hanya terletak pada kaum laki-laki yang bermata keranjang. Betapa banyak orang-orang yang semula tidak punya maksud menjadi berkeinginan setelah melihat ada kesempatan.

3. Jilbab untuk kesehatan

Ternyata jilbab juga berguna untuk kesehatan tubuh. Jilbab dapat melindungi kulit tubuh dari terpaan radiasi matahari yang dapat memicu terjadinya kanker kulit. Kaum wanita yang selalu mengenakan jilbab biasanya akan terlindung kulitnya dari terpaan cahaya matahari secara langsung.

4. Jilbab untuk kecantikan

Jilbab juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kaum wanita. Wanita yang memakai jilbab biasanya kulitnya akan menjadi lebih putih dibandingkan dengan sebelum ia mengenakan jilbab. Rambutnya akan terlindung dari cahaya matahari yang dapat membuat rambut menjadi lepek.

Mengapa seorang wanita dalam Islam wajib memakai jilbab? Karena dengan jilbab tersebut akan diperoleh berbagai manfaat yang akan dirasakan sendiri oleh kaum wanita tersebut. Tidak ada suatu perintah kebaikan di dalam Islam kecuali kebaikan itu akan terpulang lagi kepada para pelakunya.

Masih ragu untuk mengenakan jilbab? Jangan takut tak dapat jodoh dengan memakai jilbab.

Justru sebaliknya, jika Anda memakai jilbab, maka jodoh Anda akan lebih berkualitas dibanding dengan Anda tidak menjalankan syariah tersebut. Tidak percaya? Buktikan sendiri.


3. bolehkah wanita islam membuka jilbabnya di depan wanita non islam ?


Boleh...Asalkan tidak di tempat umum.ada yang mengatakan boleh dan tidak boleh tapi menurut guru saya tidak boleh karena rambut termasuk bagian aurat

4. jelaskan contoh describing things tentang jilbab


Jilbab is one of the women moeslem wardrobe.
It's like a cloth that wear to cover woman's hair

5. Bagaimana dengan orng yang memakai jilbab syar'i tetapi pacaran.?? Apa hukum dalam islam.??


hukumnya adalah dosa karna ia melanggar ketetapan allah swt untuk dilarang berpacaran karna berpacaran itu adalah hanya hawa nafsu seorang manusia untuk berbuat zinah

6. e para mala14. Sejalan dengan perkembangan Iptek, modejilbabpun semakin beragam, ada yang longdan ada yang ketat. Bagaimana hukummemakai jilbab yang ketat sehingga lekallekuk bagian tubuh masih kelihatan?a. Mubahb. Sunahc. Makruhd. Wajib15. Pernah dihembuskan suatu opini bahwa adamodel pakaian jilbab bagi seorang muslimahyang tembus pandang. Bagaimana sikap umatIslarn?a. Menolak dengan demob. Menolak karena bertentangan dengannilai-nilai Islamc.Menolak dengan diam-diamd. Menolak dengan aksi tidak membelie. Menolak dengan dialog16. Terhadap perintah bagi umat Islam untukberpakaian sesuai syariat Islam, terdapat sikapumat Islam yang menolak secara ekstrim. Sikaptersebut adalah ....a mencari cela aib bagi yang berjilbabb. membiarkan bagi yang berjilbabc. menghujat bagi yang berjilbabd. menghancurkan jilbab yang dipakaie menghalangi bagi yang akan berjilbab​


Jawaban:

14.A,mubah

15.B,menolak karena bertentangan dengan nilai nilai islam

16.E,menghalangi bagi yang akan berjilbab


7. Berikan alasan dalam hal Polwan boleh berjilbab, namun harus disesuaikan dalam keadaan sekarang yg mana polwan tidak boleh berjilbab, dan seorang tokoh mengatakan "polwan tidak berjilbab, insyaallah tidak dosa". bagaimana dalam pandangan islam?


saya dikasih tau oleh guru agama saya bahwa ada yg namanya 3 pekerjaan lingkaran setan yaitu polisi, pengacara, dan hakim. jadi, tinggal pilih mau menetap dilingkaran atau keluar dari lingkaran itu. life is simple :))

8. terhadap perintah bagi umat Islam untuk berpakaian sesuai syariat Islam, terdapat sikap umat Islam yang menolak secara ekstrim sikap tersebut adalah... a. mencari celah aib bagi orang yang berjilbabb. membiarkan bagi orang yang berjilbabc. menghujat bagi orang yang berjilbabd. menghancurkan jilbab yang dipakai e. menghalangi bagi orang yang akan berjilbabplease ya dijawab soalnya mau dikumpulin sekarang​


Jawaban:

B.membiarkan bagi orang yang berjilbab

9. tuliskan manfaat menggunakan jilbab menurut agama islam


Allah Berfirman Yang Artinya

"Hai Nabi,katakanlah Kepada Istri- istrimu,anak-anak permpuanmu Dan istri-istri orang mukmin“Hendaklah mereka mengulurkan jilbab Ke seluruh tubuh mereka.“yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal sehingga tidak diganggu.Dan Allah adala Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.

(QS. Al Ahzab[33]: 59)

Maka Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Manfaat Berjilbab Adalah Agar Mereka Lebih Mudah Dikenal Sehingga Tidak Diganggu

1. Menutup aurat sesuai ajaran islam
2. Menjauhi ayah dari neraka karena 1 helai rambut menyeret sang ayah ke neraka
3. Terhindar dari kejahatan
4. Dapat di hormati

10. Kenapa cut nyak dien gak pake jilbab di foto/di buku kan cut nyak dien gambar aslinya pake jilbab kan dia orang islam apakah itu betul?tolong jelaskan ya ...............


Betul, karena cut nyak dien dipaksa belanda melepas jilbabnya

11. mengapa ornag islam wajib paki jilbab​


Jawaban:

Menjalankan Perintah Allah SWT

Manfaat menggunaka jilbab yang pertama untuk menjalankan perintah Allah SWT. Berjilbab adalah salah satu bentuk menjalankan perintah Allah SWT bagi kaum muslimah. Mengenakan jilbab juga merupakan bentuk takwa dan iman seorang hamba terhadap segala perintah-Nya.

Penjelasan:

maaf klo salah

semoga membantu


12. Jilbab!Jilbab mana yang paling banyak digunakan oleh manekin?A. jilbab instanB. jilbab sekolahC. jilbab syari


C. yang paling banyak digunakan oleh manekin yaitu jilbab syariC. jilbab syari

karena, saya sering lihat manekin yang menggunakan jilbab syari.

setau saya sih itu.maaf kalo salah..




13. contoh analytical exposition tentang jilbab


First you have to make Text Organization = 1. Tesis (Ide utama), 2.Arguments(Bbrp pendapat mendukung tesis)
3.Reiteration (penegasan ulang dari tesis)
...So you can make it by yourself as simple as you can with theme that you like...

14. mengapa seorang wanita didalam islam wajib hukumnya mengenakkan jilbab?


bantu jawab yaa:)

" Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya. " QS. An-Nur : 31


sebenarnya ada lagi sih, ayat yang lain. maaf kalau mengecewakan:)

15. bagaimana menurut islam tentang seorang pperempuan yang berjilbab namun tidak mengikuti anjuran islam


jelas dosa, karena berjilbab itu harus menutup seluruh kepala kecuali wajah.

16. pada gambar diatas,Pengendara motor berjilbab super panjang itu jilbabnya diduduki walaupun itu sudah diduduki tapi masih jilbabnya berkibar banget, kalo jilbab itu tidak diduduki, kibarannya akan berbeda dengan yang jilbab diduduki?


Iyalah, jilbabnya diduduki untuk menimalisir kibaran. Namun tetap saja menurut saya itu membahayakan sang pengendara itu sendiri

17. kenapa cut' nyak Dien tidak berjilbab digambar padahal dia dari aceh, daerah yang menerapkan hukum Islam dan pasti mewajibkan perempuaanya​ pakai jilbab


pada saat itu pusat pemikiran pemerintah tidak ada pada peraturan Islami tetapi berpusat pada mengusir penjajah dari tanah Aceh sehingga wanita berhijab tidak dipentingkan atau disampingkan. atau dengan kata lain masyarakat Aceh sibuk dengan mengusir penjajah dari tanah Aceh.

semoga membantu jangan lupa tak kan mahkota biru di jawabanku please Supaya kembali poinnya 3.karena di aceh sudah di terapkan peraturan yang bertulis menerapkan bagi warga aceh yang perempuan untuk mewajibkan untuk berjilbab.

semoga membantu.

18. bagaimana pendapat anda tentang seorang kafir yg memakai jilbab dan seorang kafir yang menuntut ilmu di lingkungan islam?


Jawaban:

senang karena seorang kafir yang belajar di lingkungan Islam itu lebih bagus karena mereka bisa bergaul dengan orang muslim

Jawaban:

KAFIRYANGMEMAKAIJILBAB,MENURUTSAYAINIBISAMENJADIHALYANGPOSITIFYA,,KENAPA?KARENAKAFIRITUBISASAJAMENJADIMUALAFAPALAGIJIKAIA MEMPUNYAI TEMAN ISLAMDANTEMANYAITUMENGETAHUI,BISASAJAIAMENDAPATHIDAYAHDARITEMANYAITU.

SEORANGKAFIRYANGMENUNTUTILMUDILINGKUNGANISLAM.

HALINIWAJARSAJAKARENABANYAKKAFIRYANGMENUNTUTILMUUNTUKMEMPELAJARITENTANGISLAMTIDAKHANYAITUSAJAADAJUGAORANGISLAMSEKOLAHDIPSKD.SEPERTICONTOHAHOKDIAPUNBUKANISLAMTETAPIDIASEKOLAHISLAM.

TERIMAKASIH:)ASSALAMUALAIKUM


19. Jilbab!Kenapa jilbab syari lebih banyak digunakan oleh manekin daripada jilbab instan?


karena sesuai dengan syariat yg telah di tentukan

20. 1. arti berjilbab dan berbusana muslim 2. contoh perilaku berjilbab dan berbusana muslim 3. contoh dusta yang diperbolehkan


1.berjilbab artinya memakai kain atau pakaian yg menutupi aurat busana muslim artinya pakaian muslim yg dapat menutupi aurat
2.seorang wanita yang hendak keluar rumah dengan memakai hijab dan baju panjang namun tidak ketat dan memakai rok
3.tetangga yg berdusta untuk mendamaikan suami dan istri yang bertengkar
contoh:eh pak istri anda kengen tuh baikan sana

padahal istrinya tidak kangen


maaf klo salah

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak