Ibu Ayu telah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kelas V SD”. Dalam penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 85 dengan nilai terendah sebesar 70 dan tertinggi sebesar 100. Penelitian yang dilakukan bu Ayu adalah salah satu penelitian yang dikategorikan berhasil dalam memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas. Agar penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi buAyu sendiri, maka Ia akan melakukan desiminasi sehinnga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Berdasarkan ilustrasi di atas, berikanlah penjelasan bagaimana cara bu Ayu melakukan desiminasi terhadap hasil PTK yang telah dilakukan
1. Ibu Ayu telah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kelas V SD”. Dalam penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 85 dengan nilai terendah sebesar 70 dan tertinggi sebesar 100. Penelitian yang dilakukan bu Ayu adalah salah satu penelitian yang dikategorikan berhasil dalam memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas. Agar penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi buAyu sendiri, maka Ia akan melakukan desiminasi sehinnga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Berdasarkan ilustrasi di atas, berikanlah penjelasan bagaimana cara bu Ayu melakukan desiminasi terhadap hasil PTK yang telah dilakukan
Jawab:
Cara membuat capcay kuah:
1. Panaskan margarin dan minyak, tumis bawang putih sampai wangi, masukkan bawang merah dan bawang bombai. Setelah wangi masukkan telur, aduk rata
2. Masukkan hati ayam dan daging ayam yang sudah dipotong-potong, beri air dan biarkan sampai matang, masukkan wortel, buncis dan jagung putren, beri gula pasir 1 sdm, merica secukupnya
3. Masukkan sawi hijau aduk sampai matang, matikan kompor, beri garam dan kaldu bubuk. Aduk rata
4. Sajikan.
Jawab:
cara bu Ayu melakukan
desiminasi terhadap hasil PTK yang telah dilakukan,
PTK dapat didiseminasikan melalui berbagai cara yaitu :
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Melalui media cetak dan pertemuan tatap muka.
Penyebarluasan melalui media cetak dapat dilakukan misalnya dengan mengubah PTK menjadi sebuah artikel yang dapat dikirim ke jurnal ilmiah atau jurnal lain yang banyak dibaca oleh guru.
Jika di wilayah Anda ada majalah/jurnal/buletin yang memang diperuntukkan bagi para guru (biasanya diterbitkan oleh Dinas Pendidikan setempat atau mungkin sekolah), Anda dapat mengirimkan artikel Anda, sehingga jika dimuat, apa yang Anda temukan akan diketahui oleh guru lain. Sebelum mengirimkan artikel yang Anda tulis berdasarkan PTK, tentu terlebih dahulu Anda harus mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah artikel agar dapat dimuat. Aturan tersebut biasanya dimuat dalam halaman tertentu jurnal/majalah/buletin. Oleh karena itu, cara yang paling mudah untuk mengetahui aturan tersebut adalah dengan membacanya.
Penyebarluasan PTK melalui pertemuan tatap muka, dapat dilakukan secara terbatas dan secara luas. Pertemuan tatap muka terbatas misalnya terjadi secara personal antara peneliti dengan teman akrab seprofesi dalam sebuah diskusi kelompok kecil. Pertemuan seperti ini dapat terjadi jika peneliti menunjukkan PTK yang telah dihasilkannya atau terlebih dahulu menceritakan pengalamannya sehingga teman-temannya merasa tertarik. Jika ini terjadi, maka kelompok kecil ini dapat membahas PTK yang sudah ditulis dan tidak tertutup kemungkinan diskusi ini akan menjadi sangat menarik. Di samping tatap muka secara terbatas, laporan tatap muka juga dapat didiseminasikan dalam pertemuan tatap muka yang lebih besar, seperti rapat guru, Forum Pemantapan Kerja Guru (PKG), forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau dalam bentuk seminar yang lebih besar. Berikut dapat Anda simak uraian singkat dari setiap cara tersebut.
SEKIAN TERIMA GAJI
2. perhatikan ilustrasi berikut. Seorang guru pada sebuah sekolah menengah atas melakukan penelitian dengan topik model pembelajaran Jigsaw dalam mata pelajaran sosiologi kelas X pada materi interaksi sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu efektivitas penggunaan model pembelajaran tersebut dan pengaruhnya terhadap capaian hasil belajar siswa. Dari penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran tersebut berpengaruh signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa. Selain itu para siswa dapat terus bergerak aktif dengan model tersebut. Berdasarkan ilustrasi tersebut, manfaat penelitian tersebut bagi peneliti beserta alasannya adalah . . . . a. dapat meningkatkan profesionalitas peneliti dalam menjalankan tugasnya sebagai guru karena salah satu indikatornya adalah pelaksanaan penelitian tindakan kelas b. dapat meningkatkan motivasi guru untuk menggunakan model Jigsaw pada setiap materi karena hasil penelitian tersebut menunjukkan mod
Jawaban:
a. dapat meningkatkan profesionalitas peneliti dalam menjalankan tugasnya sebagai guru karena salah satu indikatornya adalah pelaksanaan penelitian tindakan kelas
3. Apa intisari dari Sekolah yang memiliki strategi dan tindakan yang efektif dan kreatif serta menyenangkan, meski belum disertai tingkat pencapaian hasil yang memuaskan, jauh lebih “sehat” dan “menjanjikan” dibanding sekolah yang memiliki tingkat pencapaian hasil yang tinggi, tetapi tidak berdasarkan strategi dan tindakan yang dilakukan. Bukan hal baru bahwa tema peningkatan kualitas layanan pendidikan sekolah didiskusikan secara intensif dalam beberapa forum nasional maupun internasional. Banyak juga masyarakat individu ataupun korporasi yang turut berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program seperti pemberian beasiswa, penelitian, pelatihan, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka. Kualitas layanan pendidikan sangat ditentukan oleh strategi dan tindakan yang dilakukan. Sekolah yang terus belajar selalu melakukan evaluasi dan terus mengembangkan strategi dan tindakan belajar siswa. Pemahaman sekolah sebagai layanan pendidikan harus dimiliki oleh pengelola sekolah dan guru agar efektifitas proses belajar mengajar tidak hanya diukur dengan uang melainkan dengan kepuasan di dalam hati. Pemahaman ini sudah mendapatkan perhatian masyarakat banyak. Namun kenyataannya sangat berbeda. Banyak sekolah yang sudah merasa nyaman dengan rutinitas belajar yang membosankan dan kurang efektif bagi siswa dengan alasan minimnya sarana dan prasarana. Berdasarkan kenyataan tersebut penulis buku setebal 192 halaman ini mencoba untuk memaparkan ide-ide untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ide-ide tersebut bersumber dari hasil pemikiran penulis tentang pendidikan yang diperkaya oleh pemikiran para pakar dan praktisi pendidikan, baik langsung maupun melalui tulisan. Selain itu, buku ini juga berisi kisah- kisah inspiratif para pejuang pendidikan di daerah terpencil yang penulis dokumentasikan saat melakukan kegiatan pelatihan pengembangan profesionalisme kepala sekolah dan guru di daerah terpencil yang disponsori oleh Tanoto Foundation (Tanoto Foundation, yang didirikan oleh Bapak Sukanto Tanoto pada 2001, berusaha memberikan kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa) Dalam buku setebal 192 halaman ini penulis mencoba memperlihatkan dua hal, pertama bahwa kualitas layanan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan manajemen strategis dan tindakan tidaklah stagnan pada pemikiran makro mengenai dimensi dan masalah pendidikan dalam dinamika struktural, kultural dan ekonomis yang dihadapi saat ini. Kedua, pendekatan yang ditawarkan dalam buku ini bukanlah suatu terbitan mode yang banyak dikutip ataupun kisah-kisah yang dibaca sekilas dan kemudian mudah dilupakan, melainkan merupakan sesuatu yang benar-benar dapat diterapkan dalam peningkatan layanan pendidikan di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan kisah-kisah inspiratif para tokoh pendidikan yaitu guru dan kepala sekolah di daerah pedalaman. Dengan segala keterbatasannya, mereka tanpa lelah menemukan berbagai strategi pembelajaran yang menyenangkan, bermutu, dan kontekstual. Penulis juga memaparkan beragam model pengembangan kurikulum berbasis potensi dan kearifan lokal. Kurikulum yang bertumpu pada tujuan menumbuhkembangkan kemampuan tiap anak untuk hidup selaras dengan sesama dan lingkungannya sehingga para peserta didik akan segera melihat manfaat sekolah bagi masa depan mereka. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemaparan penulis dan kisah-kisah para guru kreatif yang mengembangkan kurikulum berbasis kearifan lokal. Selain itu, buku ini juga menunjukkan bahwa tidaklah sulit untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar dapat terus mengembangkan rencana strategis dan tindakan belajar siswa yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Model-model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang telah diuji membuktikan hal tersebut. Dua bab pertama dalam buku ini merupakan pendahuluan dan memaparkan kondisi makro mengenai dimensi dan masalah pendidikan di Indonesia. Sepuluh bab berikutnya menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan pemetaan kondisi dan posisi sekolah, pembelajaran berbasis keunikan dan kearifan lokal, menyusun visi dan rencana strategis, pentingnya kepemimpinan yang transformatif, sistem manajemen berbasis sekolah yang efektif, profesionalisme guru, pentingnya komunitas belajar para pendidik, standar pendidikan yang jelas dan bermutu, memahami kebutuhan peserta didik, komunikasi antara sekolah dan orangtua/wali peserta didik, serta pengembangan peserta
Sekolah yang memiliki strategi kreatif dapat mempercepat penfembanfan peserta didik (maaf kalau salah T^T)
4. Berikut contoh usaha perekonomian penduduk di daerah dataran rendah adalah.Perkebunan kopiBudidaya tanaman hiasPertanian padi sawahPariwisata karena iklim sejukBerikut ini yang tidak termasuk jenis fauna yang ada di Indonesia bagian timur adalah.KanguruBurung CenderawasihAnoaBurung Kasuari Salah satu faktor yang memengaruhi penurunan angka kematian suatu wilayah adalah.Pernikahan usia mudaProgram keluarga berencanaTingginya angka kecukupan giziTerbatasnya jumlah tenaga medisPersebaran penduduk Indonesia cenderung terpusat pada wilayah tertentu. Upaya pemerintah dalam rangka memeratakan persebaran penduduk Indonesia adalah.Menyelenggarakan program KBMeningkatkan jumlah tenaga kerjaMeningkatkan pendidikan masyarakatMenyelenggarakan program transmigrasi Di bawah ini yang merupakan faktor alami dalam memengaruhi tinggi rendahnya laju pertumbuhan penduduk adalah.Penduduk keluar dan masukKelahiran dan kematianKesehatan dan pendidikanPekerjaan dan pendapatanDaya tarik yang menyebabkan banyak penduduk Indonesia bermigrasi ke Pulau Jawa yaitu.Tersedia banyak kegiatan industriKepadatan penduduknya rendahTidak tersedia perguruan tinggiTingkat kesuburan tanah rendahMasuknya tenaga kerja dari Tiongkok ke Indonesia merupakan contoh.EmigrasiImigrasiUrbanisasiTransmigrasi Pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi, Malaysia merupakan contoh.TransmigrasiUrbanisasiImigrasiEmigrasiTingkat kesejatheraan (pendapatan) suatu negara merupakan faktor penting untuk melihat kualitas penduduk dari aspek.SosialPolitikBudayaEkonomiPerhitungan jumlah penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali yaitu.Survei RegistrasiSensusPenelitian pendudukDi bawah ini suku bangsa dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yaitu.Melayu JawaBugisBanjar Berikut ini yang merupakan nama rumah adat masyarakat papua yaitu.GadangLaminHonaiJogloSenjata tradisional yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur yaitu.RencongMandauBadikPanahTarian tradisional Jepen berasal dari wilayah.BantenJambiMaluku Kalimantan UtaraSikap yang tepat untuk menghadapi keragaman sosial dan budaya di Indonesia adalah.Mengunggulkan kebuadayaan daerah asalMemantau perkembangan kebudayaan suku bangsa lainMengharuskan masyarakat membentuk satu kebudayaanMempelajari dan tidak merendahkan kebudayaan suku bangsa lainDampak alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman akibat interaksi antarruang yaitu.Pendapatan petani bertambahProduksi hasil pertanian menurunTingkat konsumsi pangan meningkatKualitas lahan pertanian meningkatDampak negatif adanya interaksi antarruang di bidang lingkungan adalah.Meningkatnya permukiman kumuhMeningkatnya kualitas pendudukMeratanya persebaran pendudukTerjadinya ledakan pendudukIndonesia memiliki hutan mangrove atau yang sering dikenal dengan sebutan hutan bakau. Berikut yang termasuk fungsi ekologis hutan mangrove adalah.Sebagai bahan baku pembuatan kayu arangMelindungi pantai dari abrasi lautKayu bakau dapat digunakan sebagai bahan membuat kertasMenghasilkan udang dan ikan untuk dijual Pantai Lamaru di Balikpapan merupakan salah satu contoh potensi kelautan yang di manfaatkan untuk kegiatan.Industri garamTransportasiPariwisataPenghasil mutiara Sebagai upaya dalam rangka menjaga kelestraian ikan laut, alat penangkap yang sebaiknya digunakan nelayan adalah.Jala dan pancingJala dan bom ikanBom ikan dan racunPancing dan bom ikanInteraksi sosial terjadi dalam tindakan berikut ini, yaitu.Dua orang saling tersenyum dan melambaikan tanganMencium foto seseorang yang sangat dikasihiMenonton bintang idola melalui televisiMembaca biografi seorang politikus terkenalBerikut ini yang merupakan jenis interaksi langsung adalah.Anita berbicara dengan temannya lewat teleponRoni berdiskusi dengan temannya lewat facebookDea menanyakan kabar temannnya melalui suratRuben dinasihati oleh ayahnya di ruang keluargaBerikut ini yang merupakan wujud interaksi tidak langsung adalah.Fahmi berkirim surat kepada YulinarBudi berkelahi dengan YudiIbu marah-marah kepada adikPak Andi mengajar siswa di kelastolong ya kak soalnya ini mau dikumpul kak
Jawaban:
1. pertanian padi di sawah
Penjelasan:
Karna tanah di dataran rendah lebih cocok untuk menanam padi
Jawaban:
1. padi
2. kangguru
3. tingginya angka kecukupan gizi
4. transmigrasi
5. kelahiran & kematian
6. tersedia banyak kegiatan industri
7. imigrasi
8. emigrasi
9. ekonomi
10. sensus
11. Suku Jawa
12. honai
13. mandau
14. kalimantan timur (ngga ada dipilihan)
15. mempelajari dan tidak merendahkan
16. produksi hasil pertanian menurun
17. meningkatnya pemukiman kumuh
18. melindungi pantai dari abrasi
19. pariwisata
20. jala dan pancing
21. dua org saling tersenyum & melambaikan tangan
22. ruben dinasehati oleh ayah
23. fahmi berkirim surat
*cmiiw✌