Cerita Kancil Dan Burung Merak


Cerita Kancil Dan Burung Merak

Amanat dari cerita kancil dan merak

Daftar Isi

1. Amanat dari cerita kancil dan merak


Amanat adalah unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah karya sastra yang menyajikan pesan dari penulis terkait hal positif yang dapat kita teladani dari sebuah karya. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa fungsi sebuah karya tak hanya untuk dinikmati keindahannya, melainkan dapat memberikan nilai yang dapat diteladani masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan amanat dari cerita Kancil dan Merak. Cerita ini merupakan contoh fabel. Dalam Bahasa Indonesia, fabel dikenal sebagai karya sastra yang menyajikan sifat, sikap, atau watak manusia ke dalam cerita melalui penggambaran para tokoh hewan atau binatang. Sebagai karya sastra, sebuah fabel dibangun diatas beberapa struktur. Struktur penyusun fabel mencakup orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

AMANAT DARI CERITA "KANCIL DAN MERAK" ADALAH KITA TIDAK BOLEH SOMBONG DENGAN ANUGERAH YANG KITA MILIKI.

Sebagai rujukan, berikut kakak sertakan teks yang dimaksud oleh soal.

Di suatu siang yang cerah, Si Kancil tengah beristirahat dengan tidur-tiduran di bawah sebuah pohon rindang. Rupanya setelah Si Kancil mencuri timun Pak Tani, perutnya kekenyangan. Dari kejauhan nampak seekor burung merak mendatangi Si Kancil sambil mengepak-ngepakkan sayapnya. Si Ayam Merak datang dengan membentangkan ekor besarnya yang indah dan berwarna cantik. Si Kancil merasa tidak senang dengan kehadiran Si Burung Merak. Warga hutan mengenal Si Burung Merak sebagai seekor burung sombong. Si Ayam Merak senang sekali memamerkan ekor indahnya pada warga hutan.

“Hai Kancil, engkau lihatlah ekor cantikku. Tidakkah engkau terpesona dengan keindahannya.” kata Si Burung Merak dengan sombongnya sambil sesekali mengibas-ngibaskan ekornya agar diperhatikan.

“Ah tidak. Ekormu biasa saja. Tak ada bedanya dengan ekor ayam-ayam lain.” jawab Si Kancil acuh tak acuh.

“Jangan sembarangan kamu Kancil, semua teman-teman di hutan mengagumi ekor indahku ini. Engkau hanya tak mau mengakuinya Kancil.” kata Si Ayam Merak dengan sedikit rasa kesal karena diremehkan Si Kancil.

Si Kancil mulai merasa terganggu istirahatnya oleh Si Merak cerewet. “Ya ya ya benar, ekormu sangat besar & sangat indah hai Merak. Semua penghuni hutan mengakuinya. Tapi aku sarankan engkau berhati-hatilah hai Merak, karena kemarin siang banyak para pemburu lewat di sekitar sini mencari seekor merak berekor indah untuk dipotong kemudian dijual.” kata Si Kancil.

“Jangan bercanda kamu Kancil! Mana ada pemburu mau dengan Merak.” kata Si Merak mulai gugup.

“Manusia menginginkan ekor indahmu itu untuk dijadikan perhiasan hai Merak! Harga ekormu mahal!. Sebaiknya engkau lari bersembunyi ke dalam hutan agar manusia tidak bisa menemukanmu.” kata Si Kancil.

Mendengar perkataan Si Kancil, Si Ayam Merak sombong segera lari tunggang langgang meninggalkan Si Kancil. Ia lari cepat masuk ke dalam hutan agar tidak bisa ditemukan oleh para pemburu.

Melihat Si Ayam Merak sombong lari terbirit-birit, Si Kancil tertawa terbahak-bahak sampai berguling-guling di tanah. Si Kancil akhirnya bisa melanjutkan istirahat siangnya tanpa gangguan Si Ayam Merak.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:

https://brainly.co.id/tugas/14328443

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab; Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: amanat, cerita, kancil dan merak, sastra Indonesia, karya sastra Indonesia, fabel, sikap, sifat, watak, manusia, orientasi, komplikasi, resolusi, koda, pesan, amanat, estetik, fungsi karya sastra


2. ngringkas sake cerita kancil lan merak​


Jawaban:

foto d google nanti google nya ngejelasin :))


3. ringkasa cerita bahasa jawa kancil lan merak


Pas isuk aku melaku melaku enek jambu rutoh terus tak jopok tak di lok ing kono enek kewan uwapik tapi sombong jenenge merak tak ampiri terus merak e omong ngene "aku kewan paling apik ing alas iki" terus aku omong "uduk amu tok seng apik neng kene bulu MU Pancene apik tapi atimu elek" terus merak omong mene "he kancil aku ambek kowe ijek apik aku" terus aku nyingkereh lah kok merak sikile kecantol neng akar e wet seng guedi terus merak omong "tolong tolong" enek kelinci lewat omong "kowe Lp neng kunu" terus kancil omong aku "sikil ku kecantol tolong aku" kelinci omong "Bukane kowe kewan paling apik sak alas iki" merak omong "sepurane" terus aku lan kewan kewan Liyo ngewangi merak Akhire merak ora sombong ene dadi konco kabeh kewan

4. Ceritakan tari burung merak​


Jawaban:

tari burung merak adalah tarian yang menggunakan burung merak, dan selendang untuk menari....^_^

Setahu sy itu

Jawaban:

Tarimerakmerupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burungmerak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan Merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.


5. Konflik yang terjadi dalam cerita burung gagak dan burung merak adalah


merebutkan makanan
mohon dikoreksi lagi

6. latar tempat dan latar waktu cerita si kancil dan si merak​


ini yang sikancil

Unsur Intrinsik

Judul : Si Kancil dan Si Siput

Tema : Penyesalan

Latar : -Latar waktu : pagi,siang,sore dan malam

-Latar tempat : Hutan, bukit, sungai, lokasi pertandingan balap

-Latar suasana : sepi, mencengkap, bahagia, senang

Tokoh : - Kancil

-Siput dan kawan-kawan

Penokohan : Kancil (antagonis) sombong

Siput (protagonist) baik, rendah hati, pintar

Alur : Maju ( karena cerita ini menceritakan awal dari kesombongan si kancil hingga akhirnya

Si kancil menyesal )

Gaya bahasa : menggunakan bahasa Indonesia

Sudut pandang : sudut pandang orang ketiga

Amanat : jangan pernah sombong terhadap kemampuan yang kita memiliki, sesungguhnya di atas langit masih ada langit

Unsur Ekstrinsik

Nilai yang terkandung di dalam dongeng tersebut : Nilai pendidikan, nilai moral dan nilai sosial

Gaya bahasa : penggunaan bahasa Indonesia

iniyangsimerak

Tokoh : Burung gagak

Burung merak

Latar tempat : taman

latar waktu : suatu hari

latar suasana :

tema :

amanat : kita tdk boleh iri hati melihat teman lebih cantik dripd kita, sebaliknya kita yg cantik tdk boleh sombong, tetap rendah hati, dan ramah. kita juga harus selalu mensyukuri apa yg kita miliki.

sudut pandang : orang ketiga

judul : burung gagak dan burung merak

jangan lupa jadikan jawaban tercerdas dan jangan lupa follow semoga jawaban ini bisa membantu


7. kata kerja dari cerita burung gagak dan burung merak


burung gagak ( suaranya bising )
burung merak ( bulunya sangat halus dan indah , mempesona ,

8. kelebihan dan kekurangan dari cerita kancil dan burung puyuh​


Jawaban:

Mana foto nya biar baca dulu


9. Suatu hari, Kancil bertemu dengan Merak di hutan. Kancil melihat Merak sedang merentangkan bulunya yang indah. Kancil membayangkan betapa senangnya memiliki bulu yang indah seperti Merak. "Hai Merak, bulumu begitu bagus, bagaimana kau dapat memiliki bulu sebagus itu?" tanya Kancil penasaran. "Semua itu karena pemberian Yang Maha Kuasa, aku hanya mensyukurinya." "Ah, kamu pasti mengetahui cara mendapatkan bulu-bulu indah itu," ucap Kancil. Kancil tidak percaya kepada Kuasa Tuhan. Ia ingin memiliki bulu seperti Merak. Kancil tidak sabar lagi ingin memiliki bulu Merak itu. Merak pun kemudian menempelkan bulunya di tubuh Kancil dengan getah karet. Tema cerita tersebut adalah


Jawaban:

Harus besyukur kepada ciptaan TYME (Tuhan Yang Maha Esa).

Penjelasan:

Semoga membantu maaf kalo salah.

Jawaban:

KANCILDANMERAK

MAAFKALO SALAH YA HYUNG

jadikanterbaik mauselesaimisi


10. "hai merak, bulumu begitu bagus,bagaimana bisa kau memiliki bulu sebagus itu?" Tanya kancil penasaran. "Semua itu karena pemberian yang maha kuasa, aku hanya mensyukuri nya." "Ah bohong kamu pasti tahu cara mendapatkan bulu bulu indah itu," kancil tak percaya kuasa Tuhan. Ia ingin memiliki bulu merak. Kancil tidak sabar dia menginginkan bulu merak lalu merak pun menempelkan bulunya di tubuh kancil dengan getah karet. 1. Sifat kancil pada cerita diatas adalah.. 2. Watak merak dalam cerita tersebut adalah.... 3. Amanat kutipan cerita tersebut adalah.... Jawab kak jangan ngasal plis:)


Mapel=BahasaIndonesia

Kelas=4

JAWABAN:

1.Sifat kancil = serakah , kurang bersyukur

2.Watak merak = baik , rendah hati

3.Amanat = kita harus bersyukur atas apa yang Tuhan berikan pada kita , kita harus percaya bahwa kuasa Tuhan itu nyata

ALASAN:

mengapa kancil disebut serakah dan kurang bersyukur?

:karena dia sangat menginginkan bulu merak yang akhirnya merak memberi bulunya sendiri ( serakah ) dan kancil juga tidak mensyukuri pemberian Tuhan ( kurang bersyukur)

mengapa merak disebut baik dan rendah hati?

:karena merak memberikan bulunya untuk temannya ( baik ) dan merak juga tidak sombong akan bulunya yang indah ( rendah hati )

SEMOGAMEMBANTU!!


11. kenapa di katakan alur mundur pada cerita burung gagak dan burung merak


karena cerita nya membahas yang telah di lewati (masa yang lalu/lampau)

12. Apa tujuan dari cerita burung merak yang mempesona


Jawaban:

Agar kita menyukai burung merak yang sangat cantik

Penjelasan:

Maaf kalau salah


13. tuliskan wataknya dan tokohnya pada Cerita burung gagak dan burung merak


antagonis mukin maaf kalo salahWatak burung gagak : Antagonis

#Maaf kalau salah...

14. tolong dong buatin sinopsis dari cerita kancil dan merak dalam bahasa jawa ::


mubarang dina si kancil lagi dolanan-dolanan neng alas, saka kadohen tekaa seekor manuk merak. si merak teka karo membentangkan ekornya sing gedhe lan arupa ayu banget kepati-pati. sabanget manuk merak mengibas-ngibaskan ekornya supaya diateknekne kewan alas sing liyane. "hai kancil, deloka ekorku, apa kowe ora kahyun-hyun ndelok ekorku sing becik banget lan ayu iki?" takon si merak marang kancil sing lagi berbaring neng ngisor wit. rupane si kancil kuwaregen banget sakwise madhang timun saka pakarangan pak petani rina iki. "ah biyasa wae tuh, ekormu kuwi ora doh beda karo ekor kanca-kanca awake dhewe sing liya", jawab si kancil karo ngenak-enak. "masa sih, kabeh kewan sing ana dialas iki menyukai lan mengagumi ekor tak- sing ayu iki, mung kowe wae cil sing ora arep ngakonane", kesal si merak marang si kancil. si kancil rumangsa rusuhi wektu turu awane peksa mngelabui si merak supaya ora sombong lagi. "tahukah kowe merak, kemarin aku ndelok pemburu sing lagi mengincar ekor merak sing ayu kanggo dekne kabeh potong lan edol?". durung kancil buyar nyritani marang merak. si merak uwis doh lumayu tunggang langgang mungkur si kancil. "ohh tidakk.aku ora arep neng buru karo para panggolek ekorku sing ayu iki.." ndelok tingkah si merak, si kancil mung isa gumuyu lan bali mbacutake turu awane. 

15. Apa komplikasi dalam cerita burung merak dan kupu-kupu ?


Komplikasi
melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke mana-mana.

“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”

Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya.

Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir ke dalam lumpur. Ia terjatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.

“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong....!”

16. Kelebihan dan kekurangan cerita burung gagak dan burung merak


foto in donk ceritanya

17. Apa tema cerita kancil dengan burung Celincap​


Jawaban:

AmanatdaritemakancildanbutungcelincapadalahjanganpamerkandiridanJangansombong

Penjelasan:

Semoga membantu


18. apa amanat dari cerita burung gagak dan burung merak


coba dicermati cerita nya dan dibaca berulang ulang nanti akan ketemu!

19. isi cerita burung gagak dan burung merak​


Di taman yang sangat luas dan indah, hiduplah sekawanan burung merak . Betapa Menakjubkan, di mana-mana terlihat ekor merak yang jantan indah mengembang. Selain musim kawin tiba, para merak jantan mengembangkan ekor mereka membuat telihat seperti kipas nan cantik untuk memikat betina. Burung-burung merak itu senang sekali tinggal di taman ini, karena disamping banyak buah juga biji-bijian yang mereka gemari. Namun, keindahan bulu mereka tidak membuat mereka menjadi sombong. mereka tetap rendah hati.

Burung Gagak Dan Burung Merak

Burung gagak iri dengan keindahan bulu burung merak. Suatu hari saat burung-burung merak bermain, tiba-tiba datang burung gagak betina. Setelah terbang kian kemari, akhirnya burung gagak ini berhasil dibuka sehelai bulu ekor burung merak yang indah. Kemudian burung gagak berkata. " Hai merak ...! Bukankah sekarang aku yang tercantik? " Burung merak pun terkejut melihat burung gagak dengan bulu ekor merak yang menancap di ekornya. Ia pun menjawab dengan hati rendah " Wahai burung gagak, kamu memang tercantik di antara kami ".

Setelah mereka berbincang beberapa saat, kemudian burung gagak terbang berputar-putar mengaktifkan taman itu. Tanpa disadari, bulu ekor merak yang di tancapkan di ekornya terjatuh. Burung gagak yang ada di bawah punahkan burung gagak " Hai gagak ... tahukah kau, apakah bulu ekor merak yang ditancapkan di ekormu terjatuh? " Burung gagak terkejut dan sangat malu.

Tapi sebenarnya, burung merak iba melihat burung gagak yang buruk rupa ini ingin menjadi burung yang cantik. Kemudian burung merak berkata " Gagak temanku, maukah kau ku memberikan beberapa ekor bulu ekorku, dan aku akan membantu memasangkannya pada ekormu? " "Oh merak, betapa sulitnya dirimu. Sekarang aku sadar, Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk pengumpulan-Nya. Aku pun harus mensyukurinya dan menerima apa adanya ".

Kedua burung itu pun saling berpelukan, dan burung gagak berjanji akan selalu rendah hati. Karena Tuhan tidak dapat membedakan fisik dari penciptaannya, amal dan perbuatannyalah yang menentukan apakah itu merupakan pertanda buruknya. Setelah itu, burung gagak terbang jauh entah kemana. Namun, dalam benaknya ia mengatakan " Suatu saat nanti, aku akan membawa keluarga dan teman-temanku ke taman indah yang penghuninya cantik, ramah dan rendah hati ini ".

- TAMAT -



Cerita Anak Burung Merak dan Burung Gagak

Browse > Cerita Anak - Dongen - Rakyat - Cinta - Lucu > Cerita Anak > Cerita Anak Burung Merak dan Burung Gagak

Disebuah taman yang sangat luas dan indah, hiduplah sekawanan burung merak. Betapa menakjubkan, dimana-mana terlihat ekor merak jantan yang indah mengembang. Apalagi jika musim kawin tiba, para merak jantan mengembangkan ekor mereka sehingga terlihat seperti kipas  nan cantik untuk memikat betina. Burung-burung merak itu senang sekali tinggal di taman ini karena di samping banyak buah juga banyak biji-bijian yang mereka gemari. Namun, keindahan bulu mereka tidak membuat mereka sombong, mereka tetap rendah hati.

Suatu hari, saat burung-burung merak bermain, tiba-tiba seekor burung gagak betina. Burung Gagak sangat iri melihat kecantikan Burung Merak. Setelah terbang kian kemari, akhirnya Burung Gagak ini bisa mencuri sehalai bulu ekor Burung Merak yang indah, lalu ia tancapkan ke ekornya.



Cerita Anak Burung Merak Dan Burung Gagak

Kemudian Burung Gagak berkata, Hai Merak, bukankah aku sekarang yang tercantik di antara kalian? Burung Merak pun terkejut melihat Burung Gagak dengan bulunya yang menancap di ekornya. Ia pun menjawab dengan rendah hati, Oh, iya Burung Gagak. Kamu memang yang tercantik di antara kami.

Setelah mereka berbincang beberapa saat, kemudian Burung Gagak terbang berputar-putar mengelilingi taman itu. Tanpa disadari, bulu ekor Burung Merak yang ditancapkan di ekornya terjatuh. Burung Merak yang ada dibawah pun memanggil Burung Gagak, Hai Gagak, tahukah engkau kalau bulu merak yang engkau tancapkan di ekormu terjatuh? Burung Gagak terkejut dan sangat malu.

Tapi justru Burung Merak iba melihat burung gagak yang buruk rupa ini ingin menjadi burung yang cantik. Kenudian Burung Merak berkata,  Gagak temanku. Maukah kau ku beri beberapa ekor lembar bulu ekorku dan aku akan bantu memasangkannya pada ekormu?Akhirnya Burung Gagak menyadari apa yang telah dilakukannya. Oh Merak, betapa baiknya dirimu. Sekarang aku sadar bahwa Tuhan pasti memberikan yang terbaik bagi umat-Nya. Akupun harus mensyukurinya dan menerima apa adanya.

Kedua burung itupun saling berpelukan dan burung Gagak pun berjanji akan selalu rendah hati, karena Tuhan tidak membedakan perbedaan fisik makhluknya. Amal dan perbuatanlah yang menentukan baik buruknya seorang makhluk di hadapan-Nya. Setelah itu Burung Gagak terbang Jauh-jauh entah kemana, namun dalam benaknya ia berkata, Suatu saat nanti aku akan membawa keluarga dan teman-temanku ketaman indah yang penghuninyacantik, ramah, dan rendah hati ini.

Cerita Anak Burung Merak dan Burung Gagak Komentar

Posting Lebih BaruPosting Lama

MENU

HomeKirim CeritaCerita AnakSinopsis FTVBowo EkowidodoCerita CintaCerita RakyatCerita AnekdotCerita DongengCerita KaranganCerita MotivasiCerita PersahabatanDeda ChandraHanayra Puspa Kirana

DAFTAR CERITA

Cerita Saling Membantu Ikan Dan BurungCerita Karangan Cita Cita Jadi DokterCerita Timun Mas Bahasa IndonesiaCerita Rakyat Legenda Keong Mas Bahasa IndonesiaCerita Anak Burung Merak dan Burung Gagak

Cerita Anak Burung Merak dan Burung Gagak

(d) 2013 Design by Cerita Lucu Publish by Cerita Rakyat | About Us . Contact Us . Term Of Service



20. Kelebihan dan kekurangan cerita burung gagak dan burung merak


Kelebihan dari burung gagak adalah burung gagak selalu berani dan sabar.

Kekurangan dari burung gagak adalah burung gagak selalu menangis jika ada salah apa pun.

Kelebihan dari burung merak adalah burung merak selalu mengembangkan bulunya seperti kipas .

Kekurangan dari burung merak adalah burung merak jika tidur tidak mengembangkan bulunya seperti kipas lagi dan burung merak menangis jika ada binatang yang mencabut - cabut bulu nya yang indah itu.

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak