Serat Stapel Dan Serat Filamen Adalah Jenis Tekstil Dilihat Dari


Serat Stapel Dan Serat Filamen Adalah Jenis Tekstil Dilihat Dari

serat stapel dan serat filamen adalah jenis tekstil dilihat dari

Daftar Isi

1. serat stapel dan serat filamen adalah jenis tekstil dilihat dari


Jawaban:

jenisnya

Penjelasan:

maaf kalok salh


2. serat stapel dan serat filamen adalah jenis tekstil dilihat dari


Serat stapel dan serat filamen adalah jenis tekstil dilihat dari bentuknya. Serat stapel adalah serat-serat pendek yang dipilin menjadi benang, seperti wol. Serat filamen adalah serat-serat yang sangat panjang, seperti serat sutera.

Penjelasan

Serat sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Serat adalah bahan dasar untuk pembuatan benang. Serat dapat digunakan untuk membuat tali, kain atau kertas.

Pelajari lebih lanjut materi tentang serat stapel dan serat filamen pada brainly.co.id/tugas/7525072

#BelajarBersamaBrainly


3. Bulu hewan banyak diolah menjadi bahan baku serat produk tekstil yaitu serat stapel dan filamen. Jelaskan apa yang dimaksud stapel dan filamen!​


Jawaban:

Bulu hewan yang paling banyak diolah sebagai bahan baku serat produk tekstil diantaranya stapel dan filamen. Stapel adalah serat yang berbentuk rambut hewan yang disebut wol. ... Filamen adalah serat yang berbentuk jaringan, seperti serat yang berasal dari ulat sutera.

Penjelasan:

kayak gitu bukan?


4. selain serat tumbuhan ada juga serat hewan yang biasa disebut...a. Mahkota dewab. Serat kulit dan serat stapelc. Serat filamen dan serat kepompongd. Serat Stapel dan serat filamen​


Jawaban:

C. serat filamen dan serat kepompong

Jawaban:

A.Serat dari Tumbuhan

serat yang berasal dari tumbuhan dapat dilihat berdasarkan bagian-bagian tumbuhan tidak semua tumbuhan memiliki kandungan yang dapat diolah menjadi serat alam Hal ini disebabkan serat yang diinginkan sebagai bahan baku produk tekstil memiliki persyaratan diantara persyaratan tersebut adalah kuat tahan lama bentuknya tetap atau tidak kusut permukaan yang halus ataupun bertekstur sesuai persyaratan produk Adapun serat yang berasal dari tumbuhan dapat diklasifikasi menjadi empat sebagai berikut

1.serat dari biji

tumbuhan memiliki biji yang beraneka ragam. beberapa biji telah memenuhi persyaratan untuk diolah sebagai bahan serat contohnya biji dari pohon kapas dan kapuk .Meskipun begitu saat ini kapas dan kapuk Sudah jarang dipergunakan untuk bahan baku produk tekstil. Hal ini disebabkan peminat kapas dan kapuk sudah mulai berkurang .kapas lebih banyak dipergunakan untuk bahan kosmetik dibandingkan untuk produk tekstil maupun kerajinan lainnya .

2.Serat dari batang

tumbuhan memiliki batang struktur batang yang dihasilkan tumbuhan tentunya tidak sama dengan jenis batang yang menghasilkan serat alam dapat berupa jenis batang yang berkambium atau tidak berkambium contohnya batang pohon anggrek, melinjo, mahkota dewa, beringin, yonkori, flax ,Jute ,rosella, henep, Rami ,urena ,kenaf dan sunn.

3.Serat dari daun

tumbuhan yang dapat diolah sebagai bahan serat dari daunnya tidaklah banyak namun banyak orang memanfaatkan serat dari daun sebagai bahan baku produk tekstil contohnya serat daun mendong atau purun tikus, daun nanas, daun pandan Berduri ,daun eceng gondok, daun Abaka, daun sisal dan daun henequen.

4.Serat berasal dari buah

tumbuhan yang memiliki buah sangat banyak dan beragam. namun yang menghasilkan buah yang dapat diolah menjadi bahan serat alam tidaklah banyak buah yang sudah dimanfaatkan sebagai bahan adalah buah kelapa. memiliki sabut yang melapisi buah .Sabut tersebut telah banyak digunakan sebagai bahan serat .


5. contoh serat stapel dan serat filamen​


Jawaban:

Serat filament adalah serat dari hewan yang berbentuk rambut. Contohnya wol yang dapat berasal dari domba, unta, vilcuna, dll. Sedangkan serat stapel adalah serat dari hewan yang berbentuk jaringan. Contohnya sutera yang berasal dari kepompong ulat sutera.

semoga bermanfaat≈

kalau salah mohon dikoreksi≈


6. serat yang berasal dari hewan terbagi menjadi...a. serat stapel dan filamenb. serat stapel dan serat batangc. serat filamen dan serat bijid. serat biji dan serat batang​


Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

b. serat stapel dan serat batang


7. Serat hewan kita membedakan ke dalam dua macam, yaitu serat stapel dan filamen. Yang dimaksud dengan filamen adalah​


Jawaban:

filamen adalah benang-benang tipis yang tersusun dari aktin dan protein. Filamen hanya dimiliki sel hewan

Penjelasan:

semoga membantu

Serat filamen adalah serat yang sangat panjang. Serat filamen dapat terbentuk secara alami ataupun dibuat pemintalan serat buatan dimana hasil seratnya berbentuk filamen, adapun pada proses akhir, serat tetap dapat berbentuk filamen ataupun berbentuk stapel dengan cara ditambahkan proses pemotongan sehingga berukuran stapel.

Serat filament adalah serat dari hewan yang berbentuk rambut. ... Sedangkan serat stapel adalah serat dari hewan yang berbentuk jaringan. Contohnya sutera yang berasal dari kepompong ulat sutera.


8. sebutkan karakteristik dari serat stapel dan serat filamen


Jawaban:

umbi akar umbi batang dan Berfotointesis


9. 1. Jelaskan pengertian serat alam dan sebutkan negara yang pertama kali menggunakan bahan serat alam 2. Serat dibedakan menjadi 2 jenis,sebutkan dan contohkan masing-masing 3 macam 3. Sebutkan 4 syarat serat sebagai bahan tekstil 4. Jelaskan perbedaan antara serat dari stapel dan filamen 5. Sebutkan contoh serat dari stapel dan filamen​


Jawaban:

1.)*Serat alam merupakan jenis bahan baku untuk pembuatan benang atau kain yang berasal dari tumbuhan, hewan, atau melalui proses.

*negara yang pertama menggunakan bahan serat alam adalah China,CINA adalah negara yang pertama kali mengolah bahan-bahan serat alam. Disebutkan bahwa sudah sejak dahulu kala, bangsa Cina mengolah serat sutra yang berasal dari hewan yakni ulat.

2.)serat alami:

Serat tumbuhan

Serat kayu

Serat hewan

Serat mineral

serat buatan:

Serat Rayon Asetat.

Serat Poliuretan.

Rayon Kupramonium.

Serat Poliester.

Serat Nylon.

3.)*Kuat.

*Tahan lama.

*Bentuknya tetap (tidak susut).

*Permukaan yang halus ataupun bertekstur sesuai persyaratan produk

4..)serat Stapel, adalah serat pendek dan umumnya serat alam berbentuk stapel. kalau serat filamen adalah serat yang sangat panjang, misalnya serat sutera.

5.)stampel:domba, alpaca, unta, cashmer, mohair, kelinci, dan vicuna.

filamen: ulat sutra

Penjelasan:

semoga bermanfaat:)

JAN LUPA LIKE AND:)


10. ciri serat stapel dan filamen​


Jawaban:

Dalam dunia tekstil dikenal 2 jenis serat ditinjau dari panjangnya yaitu serat stapel dan serat filamen. Serat stapel adalah serat yang pendek dengan rentang panjang sampai 6 inchi. Serat stapel bisa terbentuk secara alami dari alam atau dibuat dengan sengaja. Serat stapel yang terbentuk secara alami biasanya dihasilkan dari serat-serat alam misalnya saja serat kapas. Sedangkan serat stapel yang dibuat secara sengaja umumnya semua jenis serat buatan dapat dibentuk stapel yaitu dengan cara dipotong-potong.

ilustrasi serat stapel kapas yang dipuntir

Serat filamen adalah serat yang sangat panjang. Serat filamen dapat terbentuk secara alami ataupun dibuat secara sengaja. Serat filamen yang terbentuk secara alami misalnya adalah serat sutera yang diambil dari kepompong ulat sutera. Adapun serat filamen yang diproduksi secara sengaja adalah semua jenis serat buatan. Serat buatan dibuat dengan pemintalan serat buatan dimana hasil seratnya berbentuk filamen, adapun pada proses akhir, serat tetap dapat berbentuk filamen ataupun berbentuk stapel dengan cara ditambahkan proses pemotongan sehingga berukuran stapel.


11. apa pengertian dari serat stapel dan serat filamen?


stapel adalah serat yang berbentuk rambut hewan yang di sebut wol. contohnya:domba,alpaca,unta,cashmer,,mohair,DLL

filamen adalah serat yang berbentuk jaringan
contohnya:larva ulat sutera


Maaf jika salah


12. Tuliskan contoh dari serat stapel dan serat filamen


Jawaban:

- SeratFilamen yang berasal dari dalam tubuh hewan. Contohnya: Kepompong ulat sutra.

- Serat Stapel yang muncul dari bagian permukaan dari hewan. Contoh: Helai rambut domba.


13. Apa kebaikan dan keburukan dari Serat stapel dan serat dari filamen​


Jawaban:

serat Stapel, adalah serat pendek dan umumnya serat alam berbentuk stapel.

erat filamen adalah serat yang sangat panjang, misalnya serat sutera. semua serat buatan awalnya dibuat dalam bentuk filamen.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU JANGAN LUPA DI FOLLOW YA TERIMAKASIH


14. menjelaskan serat stapel dan filamen


serat dari stapel merupakan serat yang berbentukrambur hewan yang disebut dengan wol , sedangkan serat dari filamen merupakan serat yang berbentuk jaringan

15. jelaskan perbedaan serat dari hewan:serat dari stapel dan serat dari filamen​


Jawaban:

Serat Stapel, adalah serat pendek dan umumnya serat alam berbentuk stapel. kalau serat filamen adalah serat yang sangat panjang, misalnya serat sutera. semua serat buatan awalnya dibuat dalam bentuk filamen.

mudah mudahan membantu kak


16. sebutkan 5 perbedaan serat filamen dan serat stapel!


Jawaban:

serat Stapel, adalah serat pendek dan umumnya serat alam berbentuk stapel.

kalau serat filamen adalah serat yang sangat panjang, misalnya serat sutera. semua serat buatan awalnya dibuat dalam bentuk filamen.


17. serat stapel filamen benang atau kain merupakan jenis bahan tekstil berdasarA. jenis warna atau motifB. karakteristik bahan serat alamC. bentuk seratD. konstruksi serat​


Jawaban:

jawabannya D.konstruksi serat


18. persamaan dan perbedaan pengolahan serat stapel dan serat filamen


Penjelasan:

perbedaan:

seratstapelberbentukpendek

seratfilamenberbentuksangatpanjang.

persamaan:

samasamaserat


19. kerajinan serat stapel dan filamen? ​


Jawaban:

Serat filamen

Kain Sutra

Baju Sutra

Sarung Sutra

Sepatu Sutera

serat stapel

Sapu , karpet , anyaman , tali

Jawaban:

Serat filament adalah serat dari hewan yang berbentuk rambut. Contohnya wol yang dapat berasal dari domba, unta, vilcuna, dll.

Sedangkan, serat stapel adalah serat dari hewan yang berbentuk jaringan. Contohnya sutera yang berasal dari kepompong ulat sutera.


20. contoh serat stapel dan serat filamen


serat stapel ( serat yang berbentuk rambut hewan/wol )
Contohnya = alpaca,unta,kasmir,mohair,kelinci,domba.

serat filamen ( serat yang berbentuk jaringan )
Contohnya = ulat sutera.

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak