Cerpen Tentang Ibu Beserta Strukturnya


Cerpen Tentang Ibu Beserta Strukturnya

tolong buatkan saya teks cerpen yang berjudul kasihsayang ibu beserta struktur nya

Daftar Isi

1. tolong buatkan saya teks cerpen yang berjudul kasihsayang ibu beserta struktur nya


kasih sayangku kepada ibu
ibu terimaksih atas jasa perjuangan mu yang telah melahirkan ku sampai sejak ini

2. tentukan struktur teks cerpen kupu kupu ibu beserta kalimatnya dan tuliskan alasannya!!


Orientasi : sepulang sekolah, ning melihat sepasang kupu" dan perempuan yang ayah ceritakan. namun, perempuan itu tidak seperti yang ayah ceritakan. dia tidak menyeramkan, bahkan dia sangat cantik.
komplikasi : ayah mengingatkan cerita tentang perempuan itu lagi kepada ning agar tidak datang ke taman tersebut. namun, ning tetap datang ke taman itu
resolusi : ayah menghibur ning agar tidak sedih lagi karena tidak dapat menemui ibunya. namun, ning tetap bersikeras ingin menemui perempuan itu...

3. Ibuku Cintaku Contoh Cerpen lucu Singkat Beserta Struktur dan Unsur Intrinsiknya 1 ORIENTASI Pagi hari itu burung burung berkicau dengan suara indah, ayam berkokok, ibukku membangunkanku dari mimpiku, bintang yang masih TK ini mulet mulet seperti masih ingin tidur. Saat persiapan sekolah sudah siap. Ibuku mengambil termos esnya untuk jualan keliling. Lalu kita berangkat ke sekolahku ABSTRAKSI Sesampainya di sekolah ibuku menungguiku sampai pelajaran usai. Saat pulang sekolah aku diantar pulang oleh ibuku. Lalu aku ditinggal oleh ibuku untuk berjualan es lilin keliling “Bu kemana?” tanyaku “Ibu mau jualan dulu kamu di sini aja sama yangti” KOMPLIKASI Aku di rumah sama yangti. Aku tidak pernah tau ibuku jualan kemana tapi yang jelas ibuku hanya membawa satu termos es kecil berisi es lilin dan jumlahnya tidaklah banyak. Karena ibuku tidak cukup mempunyai modal untuk membeli bahan bahannya. Hari itu ibuku tetap saja pulang malam. Esok harinya memasuki tarawih yang pertama aku diajak ibuku shalat di masjid dekat rumah saat di masjid banyak sekali anak anak dan orang yang melihatku seperti seolah olah mereka mengejek. Dan ibuku diejek oleh anak anak disana “Wasool” begitulah katanya. Dan aku pun ditanya sambil diejeknya pula. EVALUASI Saat hari ulang tahunku mendekat. Ibuku pulang kerja semakin malam. Ibuku hanya bilang “Bintang kamu di rumah saja ya. Ibu cari uang buat ulang tahun kamu” ibuku mengatakan itu dengan nada menghibur, hati bintang sangatlah senang. Bintang main kesana kemari sambil menceritakan kepada temanya “Aku loh sebentar lagi ulang tahun, dirayakan di sekolahku, kamu dateng ya” begitulah kata bintang. RESOLUSI Ternyata ibu bintang itu bekerja sampai jauh sekali dengan rumahnya. Saat hari ulang tahunya bintang tiba bintang senang sekali di sekolah tapi sedihnya karena tak punya cukup uang, ayam seperempat pun jadi. Emtah dipotong sekecil apa itu?. Saat bintang membuka nasi kotak. Itu ia berkata “ibu ayamnya kecil banget bu” lalu ibunya berkata “Nak hanya itu yang bisa ibu beri buat kamu. Ibu gak punya cukup uang nak. Gak papa kan yang penting kamu bahagia” KODA Saat sore harinya bintang dan ibunya terlihat bersepeda di tengah derasnya hujan. Mereka bermain hujan dengan gembira ria. Banyak orang yang mengejek mereka gila tapi bintang hanya berkata “ibuku cintaku aku bahagia bersamamu walau banyak yang mengejekmu aku tetap bahagia bersamamu” CARILAH UNSUR INTRINSIK CERPEN DIATAS!!!


1. Tema = keluarga atau kasih sayang ibu

2. Alur = maju

3. Latar waktu = pagi, sore, malam

Latar tempat = sekolah, masjid

Latar suasana = sedih, ceria

4. Tokoh = Bintang (protagonis), ibu bintang (protagonis), yangti (protagonis), anak-anak nakal (antagonis)

5. Watak = bintang = sabar, baik, pengertian, tegar

Ibu bintang = ulet, pekerja keras, sabar, baik

Anak anak = nakal

6. Sudut pandang = orang pertama serba tahu

7. Amanat = kita harus bersyukur dengan keadaan dan jangan malu mengakui ibu kita apapun kondisinya




4. Pertama-tama, marilah kita berdo'a semoga pertandingan ini lancar dan sukses. Anak-anak yang kamibanggakan, tunjukkanlah ketrampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit. Di tempatinilah, apa yang kalian miliki dipertaruhkan demi mengejar prestasi. Kalian harus berjuang dengankeras. Hal yang paling penting adalah semangat dan kebersamaan.17. Kalimat penutup pidato yang tepat untuk isi pidato tersebut adalah...A. Tumbuhkanlah semangat dan sportivitas yang tinggi, semoga membawa kesuksesan.B. Kami percaya dengan usaha keras dan kerja sama yang baik pasti menang.C. Bersyukurlah kalian mempunyai semangat yang tinggi untuk mengejar prestasi.D. Akhirnya, kami ucapkan selamat bertanding semoga kalian berjaya, terima kasih.18. Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali pembacaan naskah pidato ialah ...A. Hadirin yang saya hormati, berikut ini saya sampaikan pidato BapakB. Hadirin yang saya hormati, saya akan menyampaikan pidato yang ditulis oleh BapakC. Hadirin yang saya hormati, izinkanlah saya menyampaikan pidato yang berjudul...D. Hadirin yang saya hormati, untuk menghemat waktu, baiklah saya bacakan pidato ini.Bacalah kutipan naskah pidato berikut!Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan para undangan, aksi untuk melawan korupsi harus ditangani dengarserius karena kita mengharapkan korupsi akan terkikis, lenyap dari negara kita,... Sikap jujur harusditerapkan agar menjadi generasi pengganti yang lebih baik dari sekarang.19. Kalimat persuasif yang sesuai dengan penggalan naskah tersebut adalah...A. Untuk itu marilah bersarna-sama melawan korupsi.B. Jadi, marilah kita menjaga negara kita dengan baik.C. Jauhilah para koruptor dan manipulasi di negeri ini.D. Janganlah melawan manipulasi, tetapi teruslah berjuang.20. Bacalah kutipan isi pidato berikut!Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistemdalam tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali tepenyakit.. Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitaminmineral yang lebih baik. Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. Telagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.Berdasarkan ciri kebahasaan, kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat ...B. keduaA. pertamaC. ketigaD. kelima21. Jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan suatu kisah yang di alami stokoh secara ringkas disertai berbagai konflik dan terdapat penyelesaian dari masalah yang dihadapi.Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....A. CerpenB. PantunC. SyairD. Biografi22. Nilai atau Pelajaran yang bisa di dapat dari teks cerita pendek oleh pembaca (Struktur Cerpen)A. AbstrakB. OrientasiC. ResolusiD KodaCermati petikan teks cerpen berikut ini!Perempuan itu mulai duduk dan segera membuka sebuah map yang berisi kertas ketikan. Dia membamapitu. Setelah beberapa lembar dibaliknya, tiba-tiba dia nampak seperti orang yang sedang berdebar-dmukanya merah dan senyumnya merekah, gelagat seperti itu diperhatikan serius oleh teman sesama pegyang duduk di depan atau disampingnya.23. Struktur kutipan cerpen tersebut adalah...A. Komplikasi B. EvaluasiC. ResolusiD. Koda24. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinyaperistiwa dalam cerpen terdapat dalam ...A. AbstrakB. OrientasiC. KomplikasiD. Koda​


Jawaban:

17 d

18 c

19 a

20 b

21 a

22 d

23 a

24 b

semoga membantu ya..maaf kalau ada yg salah


5. ibuku kumpulan cerpen dilarang mencintai bunga-bunga adalah kumpulan cerpen karangan Kuntowijoyo buku ini adalah kumpulan cerita yang terdiri atas 10 cerpen cerpen yang pertama dan utama disajikan adalah dilarang mencintai bunga-bunga cerpen itu pernah menjadi juara pertama dalam sayembara majalah sastra pada tahun 1968 Kuntowijoyo adalah salah satu seorang sastrawan sejarawan sekaligus akademis yang mumpuni di Indonesia ia telah menghasilkan banyak karya sastra dalam bentuk essay prosa puisi cerpen novel dan drama bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bersahabat dengan tetangganya sesat kakek penikmat tanaman bunga banyak yang diajarkan kepakai kepada si cucu baru bunga digambarkan sebagai perasaan yang halus dan jati diri yang sesungguhnya sementara keributan dalam kerja digambarkan sebagai nafsu dunia yang membuat manusia menjadi Tambak untuk menyimpulkan bahwa manusia harus mampu menggabungkan kekuatan hati akal dan tengah-tengah untuk Kebahagiaan sejati terlalu berat pada suatu Sisi bisa jadi akan memiliki Akibat yang kurang baik namun pada akhirnya manusia lain memilih sendiri jalan yang akan mereka tempuh Pertanyaan1.apa saja informasi penting yang kamu dapatkan dalam teks di atas 2.apa struktur teks paragraf pertama dan kedua di atas Berikan alasanmu 3.apa saja kata rujukan yang terdapat dalam teks diatas sertakan dengan kalimatnya JANGAN NGASALL!!!!!!!!​


Jawaban:

1.mengisahkan seseorang anak laki laki yang menyukai bunga tetapi ditentang keras oleh ayahnya.

2. stuktur teks pertama = Definisi umum

yaitu bagian pengenalan.contoh dlm teks Buku kumpulan cerpen " dilarang mencintai bunga bunga "

stuktur teks kedua= dekripsi

yaitu bagian isi Dari teks, menjelaskab secara detail mengenai objek

3

Penjelasan:

cuman bisa bantu segitu.


6. Perhatikan teks cerpen berikut!Judul Cerpen : Berbagi Kasih dengan Sahabat1.) Tiba-tiba seisi kelas panik bercampur sedih, dan aku melihat wajah Andre tampak kesedihan yang begitu mendalam. Kemudian bu guru mengizinkan Andre untuk pulang.Ketika bel pulang berbunyi, aku menghimbau seluruh teman sekelas untuk jangan pulang dulu. Aku mengajak mereka semua untuk melakukan penggalangan dana kepada seluruh lapisan guru dan siswa/i di sekolah mulai besok.Sepulangnya dari sekolah besok, aku juga mengajak mereka untuk melakukan penggalangan di tepi jalan raya. Tanpa pikir panjang, semua teman sekelas setuju.2.) Tiba-tiba pintu kelas ditotok oleh seseorang. Ketika bu guru membukanya, ternyata yang datang adalah Pak Imron, yang tidak lain yakni Pamannya Andre, adek kandung dari ibunya.“Tok..tok..tok..” suara ketukan pintu berbunyi.“Iya, silakan masuk..” sambut Bu guru.“Permisi bu, saya izin menjemput Andre untuk membawanya pulang..” ucap Pak Imron.“Ada persoalan apa ya pak…?” Tanya bu guru.“Begini bu, keluarga Andre baru saja mengalami musibah, rumahnya kebakaran dan semuanya habis dimakan api. Untungnya tidak ada korban jiwa sedikitpun..” sambung Pak Imron.3.) Setelah penggalangan di sekolah dan tepi jalan raya selesai. Aku dan teman-teman sangat bersyukur karena dana yang terkumpul cukup banyak, yakni 16 juta rupiah. Aku dan teman-teman langsung menuju kediaman Andre dan keluarganya.Sesampainya disana, aku melihat kesedihan Andre dan keluarganya begitu mengiris hati, mengingat semua isi rumah habis dilalap api.“Assalamualaikum bu, pak, nde, aku dan teman-teman mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang kalian hadapi. Ini, ada sedikit bantuan dari teman-teman dan saudara, semoga bisa meringankan beban kamu dan keluarga ya ndre..” ucapku.Andre tampak sedikit senang dan kemudian langsung memeluk kami semua, seraya berkata…“Terima kasih banyak teman-teman atas bantuannya. Terima kasih juga atas kehadiran dan ucapan belasungkawanya. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian dan para penyumbang..” tuntas Andre.Kamipun berkumpul dan mencoba menghibur Andre dan keluarganya hingga menjelang sore.4.) Namaku Riko, seorang Siswa SMP kelas IX asal Bogor. Aku memiliki sahabat bernama Andre, yang merupakan teman setia dan sekelas sejak di bangku sekolah dasar.5.) Hari ini adalah hari Sabtu, dimana mata pelajaran hanya 3 mapel. Pada mapel terakhir, yakni Bahasa Inggris. Semua berjalan seperti biasa. Hari telah menunjukkan pukul 13.20, tandanya sebentar lagi akan pulang.1. Urutkanlah teks cerpen di atas berdasarkan struktur yang tepat! Sertakan keterangan bagian abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi dan resolusi! *2. Apa tema cerpen tersebut? *3. Tokoh mana yang paling kamu sukai? Berikan alasannya! *4. Tuliskan pesan moral yang terkandung di dalam teks !!​


Jawaban:

1. 4-5-2-1-3

2. Tema : persahabatan, sosial, pertemanan

3. Tokoh riko, karena ia sosok yang empati dan baik hati. Ia juga kreatif dengan sikapnya dalam menggalang dana untuk sahabatnya

4. Pesan moral nya ialah kita harus saling tolong menolong dan berempati antar sesama manusia terutama yang sedang mengalami musibah.


7. Sudah seminggu ini Aryo berkelakuan tak seperti biasa. Bocah itu nampak murung dan selalu mengurung dirinya di kamar. Padahal, biasanya Aryo adalah anak yang ceria. Memang, sehari-hari ia tak secerewet Winda, adiknya. Tapi Aryo bukanlah anak pendiam, walaupun dalam beberapa hal agak tertutup. Sebagai ibunya, ada perasaan khawatir juga, kenapa Aryo jadi lebih suka masuk kamar tiap pulang sekolah. Padahal, biasanya pulang sekolah Aryo langsung menemuiku dan sibuk bercerita ini itu, terutama tentang teman-temannya di sekolah.Pernah suatu kali kutegur jagoanku itu, ketika untuk ketiga kalinya ia langsung masuk kamar sepulang sekolah dan tak keluar lagi sampai sore hari saat waktunya mandi. Kuketuk pintu kamarnya yang ternyata tak terkunci sambil duduk di tepi ranjang, kuusap kepalanya yang sedang tertelungkup di bantal.…1. Tulislah tokoh dan karakternya dalam kutipan cerpen tersebut, dan sertakan kutipan cerpen yang mendukung jawabanmu!2. Tulislah latar dalam kutipan cerpen tersebut, dan sertakan kutipan cerpen yang mendukung jawabanmu!3. Jelaskan nilai kehidupan yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut!4. Jelaskan kutipan cerpen tersebut termasuk bagian struktur yang mana! Berikan alasanmu!5. Jelaskan gaya bahasa yang digunakan pada kalimat-kalimat berikut!a. Tapi Aryo bukanlah anak pendiam, walaupun dalam beberapa hal agak tertutup.b. Marwan mendengar teriakan sopir yang menyuruh hati-hati, tetapi bocah itu telah melesat menuju kotak pos di pagar rumah.c. Ia menduga telah terjadi kebakaran dan makin panik membayangkan api mulai melahap kasur.d. “Ya Allah! Pak Kromo ini!” Kesunyian yang berat menyusul seruan yang menggemparkan itu.​


Jawaban:

Penjelasan:

Aryo . Ceria jadi pendiam


8. Singa Yang MalasTigor adalah seekor singa jantan yang malas. Ia tidak pernah membersihkan tubuhnya. Kakinya dibiarkan penuh lumpur. Surainya yang panjang dan tebal selalu kusut.Seekor burung pipit tertarik untuk membuat sarang di situ. Ia menaruh jerami kering di surai Tigor dan menyusunnya menjadi sarang yang nyaman.Tigor tidak merasa terganggu dengan kesibukan si Burung Pipit. Si Burung Pipit pun kemudian bertelur dan mengeram. Tak lama kemudian muncullah anak-anak pipit yang lucu.Setiap merasa lapar, anak-anak pipit itu mencicit-cicit. Tetapi, Tigor tak merasa terganggu. Ia membiarkannya saja. Ia tidak berusaha melemparkan mereka dari surainya, seperti saran teman-temannya. Sebaliknya, ke mana pun pergi, ia membawa sarang itu. la menyayangi burung-burung kecil itu. Setiap kali bersua dengan hewan lainnya, ia menegakkan kepalanya seolah memamerkan anak-anak pipit itu.Pada suatu hari, Tigor berjalan-jalan. Di tengah jalan, ia bertemu dengan seekor singa betina yang cantik. Tigor langsung tertarik dan ingin mengundang singa betina itu makan bersamanya.Singa betina itu menatap Tigor."Tidak. Aku tak sudi pergi bersamamu. Kau kotor, menjijikkan," ujarnya mencemooh. Ia lalu bergegas meninggalkan Tigor.Tigor tersinggung mendengar hinaannya. Hatinya terluka. Ia lalu menemui ibunya untuk meminta nasihat.Baca JugaMANAJEMEN KEUANGANHakikat Karya Ilmiah (Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan Penulisan, Fungsi dan Manfaat)Pengertian Proposal Menurut Beberapa AhliPerbedaan Ceramah dan Pidato Dilihat dari Beberapa AspekContoh Teks Ceramah Tentang Sunatan (Khitan)Cerpen Di Ufuk Harapan Karya Yogas ArdiansyahCerpen Akhirnya Ku Tahu Namanya karya IA_AICerpen Intan Yang Malang Karya IA_AICerpen Andi Karya Afrita ArisantiCerpen Pembunuh Ibu Karya Rahmy Madina"Ibu ...." panggil Tigor.Ibu Tigor mengawasi anaknya yang amat kotor. Matanya membelalak, ketika ia melihat sebuah sarang pada surai anaknya. "Kau benar-benar malas, Tigor! Kenapa tak kaurawat badanmu hingga kotor begini!" tanya ibu Tigor dengan galak.Tigor diam saja.Ibunya langsung bertindak. Ia mengambil sarang dari surai Tigor. "Tempatnya bukan di sini. Tapi di sana!" katanya sambil memindahkan sarang itu ke atas pohon. Lalu, ibu Tigor memandikan anaknya, menggosok badannya dan menyikat surainya. Dua jam lamanya Tigor tersiksa dengan perlakuan ibunya. Tetapi, ia diam saja. Ia ingin tampan dan menarik.Kini, Tigor sudah rapi dan bersih. Badannya mengkilap. Surainya megar dan menawan."Terima kasih, Ibu!" ujar Tigor sambil mengagumi ketampanannya. "Aku berjanji akan rajin merawat diri!"Ibunya tersenyum senang.Mulai saat itu, Tigor rajin bersolek. Penampilannya rapi dan tampan.Suatu siang, ia bertemu lagi dengan Singa Betina yang cantik yang pernah disapanya."Selamat siang!" sapa Tigor sopan.Singa betina itu memandangnya dan tersenyum ramah."Kalau kau tak keberatan, aku ingin mengundangmu makan!""Senang sekali mendengarnya," jawab si Singa Betina bahagia.Akhirnya, Tigor berhasil mengundang si Singa Betina idamannya. Dalam perjalanan, singa betina itu bercerita,"Aku bangga sekali berjalan bersamamu. Kau tampan dan gagah. Sebelumnya, ada singa jantan mengundangku. Aku langsung menolaknya. Sebab ia kotor dan menyebalkan. Yang menggelikan, ada sebuah sarang pada surainya. Lucu bukan?"Tigor meringis. Dalam hati ia merasa geli. Sebab, temannya itu tidak menyadari bahwa singa jantan itu adalah dirinya. Tentu saja ia tidak membongkar rahasianya. Malu kan!jelaskan struktur penulisan teks fabel di atas, sertai dengan bukti untuk memperkuat penjelasanmu!


Fabel merupakan salah satu jenis karya sastra dalam Bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, yang dimaksud dengan fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Fabel biasanya dikenal karena 2 hal yaitu para karakter hewannya serta pendidikan moral dan budi pekerti yang terkandung di dalamnya.

Pada kesempatan kali ini, soal menyajikan kita dengan satu fabel berjudul "Singa yang Malas". Kemudian, kita diminta untuk menjelaskan struktur penulisan fabel tersebut, disertai dengan bukti pada fabel tersebut untuk memperkuat penjelasan kita.

Sekarang, izinkan kakak untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Setiap cerita fabel, seperti karya sastra pada umumnya, dibangun oleh beberapa struktur. Secara khusus, cerita fabel dibangun oleh 4 struktur yang berbeda dan tentunya, masing-masing struktur memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut struktur-struktur tersebut:

1) Orientasi
Dalam fabel, orientasi adalah bagian yang terdapat pada awal cerita fabel dan berisikan pengenalan karakter, latar waktu dan tempat, tema dan lain-lain.

Pada cerita fabel di atas, struktur orientasi dapat ditemukan pada bagian berikut:

Tigor adalah seekor singa jantan yang malas. Ia tidak pernah membersihkan tubuhnya. Kakinya dibiarkan penuh lumpur. Surainya yang panjang dan tebal selalu kusut.


2) Komplikasi
Pada cerita fabel, yang dimaksud dengan komplikasi adalah bagian klimaks yang berisi puncak masalah yang dialami oleh para karakter.

Pada cerita fabel di atas, bagian komplikasi terdapat pada bagian berikut:

"Tidak. Aku tak sudi pergi bersamamu. Kau kotor, menjijikkan," ujarnya mencemooh. Ia lalu bergegas meninggalkan Tigor.

Tigor tersinggung mendengar hinaannya. Hatinya terluka.


3) Resolusi
Pada cerita fabel, yang dimaksud dengan struktur resolusi adalah bagian yang berisi pemecahan masalah yang dialami oleh karakter pada fabel.

Pada cerita fabel dia tas, struktur resolusi terdapat pada bagian berikut:

Ibunya langsung bertindak. Ia mengambil sarang dari surai Tigor. "Tempatnya bukan di sini. Tapi di sana!" katanya sambil memindahkan sarang itu ke atas pohon. Lalu, ibu Tigor memandikan anaknya, menggosok badannya dan menyikat surainya. Dua jam lamanya Tigor tersiksa dengan perlakuan ibunya. Tetapi, ia diam saja. Ia ingin tampan dan menarik.

Kini, Tigor sudah rapi dan bersih. Badannya mengkilap. Surainya megar dan menawan.


4) Koda
Pada cerita fabel, yang dimaksud dengan koda adalah bagian pada cerita yang berisikan amanat atau pesan kepada para pembaca.

Pada cerita fabel di atas, struktur koda terdapat pada bagian berikut:

Tigor meringis. Dalam hati ia merasa geli. Sebab, temannya itu tidak menyadari bahwa singa jantan itu adalah dirinya. Tentu saja ia tidak membongkar rahasianya. Malu kan!



Contoh lain tentang fabel yang bisa kamu pelajari dapat kamu temukan pada halaman berikut:
https://brainly.co.id/tugas/9928816


Simpulan:
Fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Fabel biasanya dikenal karena 2 hal yaitu para karakter hewannya serta pendidikan moral dan budi pekerti yang terkandung di dalamnya.


Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Kategori: Sastra
Kata kunci: fabel, struktur, orientasi, komplikasi, resolusi, koda

9. 13. urutan struktur fabel yang benar adalah... *A. orientasi, koda, komplikasi, resolusiB. orientasi, komplikasi, koda, resolusiC. komplikasi, resolusi, koda, orientasiD. orientasi, komplikasi, resolusi, koda14. definisi surat pribadi yang tepat ialah... *A. surat yang bersifat pribadi dibuat oleh perorangan dan dikirim untuk peroranganB. surat yang bersifat resmi dibuta oleh perorangan dan dikirim untuk peroranganC. surat yang bersifat pribadi dibuat oleh perorangan dan dikirim untuk lembaga/instansiD. surat yang dibuat oleh lembaga dan dikirim untuk lembaga15. Perhatikan penggalan surat pribadi berikut!Hai Sabrina apa kabar? Apakah kamu sehat? Aku juga dalam keadaan sehat. Sahabatku, Sabrina sebentar lagi kita akan menghadapi ulangan. Apakah kamu sudah mempersiapkannya?aku harap kamu lebih giat lagi belajarnya. Supaya menjadi juara lagi. Maksud isi surat pribadi di atas ialah... *A. Memberitahukan bahwa sebentar lagi ulanganB. Memberikan semangat agar lebih giat lagi belajar menghadapi ulanganC. Mengharap menjadi juara kelasD. Memberitahukan kalau liburan akan ke rumah sahabatnya16. Perhatikan kutipan surat dinas/surat resmi berikut!Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat tulis kantor yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.Balasan yang tepat terhadap surat penawaran barang di atas ialah... *A. Dengan mengirimkan surat ini, kami telah sepakat untuk melakukan pembelian terhadap alat tulis kantor yang perusahaan Bapak/ibu tawarkan.B. Dengan ini kami tidak dapat menerima surat pengunduran diri Saudara.C. Dengan ini, kami mengundang Bapak/Ibu pada acara tersebut.D. Atas perhatian dan kerjasama perusahaan Bapak/ibu kami ucapkan terimakasih.17. Berikut yang merupakan surat dinas yaitu... A. surat undangan ulang tahun temanB. surat undangan pernikahanC. surat keterangan kehilanganD. surat izin mengemudi18. Ciri-ciri surat pribadi ialah... *A. menggunakan kata sapaan yang akrab dan emotifB. menggunakan kata sapaan yang formalC. menggunakan bahasa bakuD. bahasa tidak santun19. ciri-ciri surat resmi/dinas ialah... *A. menggunakan kata sapaan yang akrab dan emotifB. menggunakan kata sapaan yang formal, ragam bahasa bakuC. menggunakan bahasa nonformalD. menggunakan bahasa yang santai dan bebas20. Kop/kepala surat, nomor surat, tanggal surat, perihal, lampiran nama dan tandatangan pihak yang memperkuat surat merupakan bagian struktur... A. surat dinas/resmiB. surat pribadiC. surat undangand. surat izin21. Secara garis besar jenis buku terdiri atas dua bagian yaitu... A. buku umum dan buku non umumB. buku fiksi dan buku non fiksiC. buku pengetahuan dan buku sejarahD. buku novel dan cerpen22. Unsu-unsur buku fiksi ialah... A. isi bukuB. tokoh dan penokohanC. cara menyajikan isi bukuD. sistematika buku23. Berikut yang bukan merupakan judul buku non fiksi yaitu... *A. Biografi SoekarnoB. Budidaya Ikan ArwanaC. Cara Memelihara Ikan LeleD. siti Nurbaya24. Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Sinonim dari kata "terik" yaitu...A. dinginB. hangatC. sejukD. panas25. cermatilah paragraf berikut: penulis menggunakan kalimat kompleks yang tidak mudah dipahami. Kalimat tersebut merupakan sebuah komentar terhadap buku dari sisi... A. isiB. bahasaC. tampilan fisik/cover bukuD. gambar buku​


Jawaban:

13.D. orientasi, komplikasi, resolusi, koda

hanyya itu yang saya tau


10. carilah makna kata dan struktur cerpen pada cerita malin kundang berikut ini: Malin Kundang Alkisah, hiduplah seorang perempuan miskin di sebuah kampung nelayan di Pantai Air Manis. Perempuan miskin setengah baya tersebut mempunyai seorang anak lelaki tunggal bernama Malin Kundang. Malin Kundang sejak kecil telah ditinggal mati oleh bapaknya. Jadilah Malin Kundang anak yatim, yang sehari-hari dirawat dan dibesarkan oleh ibunya dengan mencari kayu api atau menangkap ikan di tepi pantai. Dengan penuh kasih sayang Malin Kundang dibesarkan ibunya hingga beranjak remaja. Pada suatu hari di tengah deruan ombak pantai Air Manis, Malin Kundang mengutarakan maksud hatinya kepada ibunya. Malin Kundang bermaksud untuk pergi merantau ke negeri seberang guna merubah nasib hidup dan masa depannya. Sang ibu tak kuasa menahan dan melepas anak yang dicintai dengan cucuran air mata. Tinggallah ibunya seorang diri dan berdo’a semoga Malin Kundang berhasil di rantau orang. Bulan berganti, tahun berlalu, terdengarlah berita dari nakhoda yang sering berlabuh di Pantai Air Manis. Sungguh tak dapat dibayangkan ternyata Malin Kundang telah menjadi kaya dan mempunyai istri yang cantik di rantau sana. Alangkah bahagianya ibu Malin Kundang mendengar kabar baik tersebut. Tiap malam sang ibu berdo’a semoga Malin Kundang segera kembali. Sungguh sang ibu sangat merindukannya. Pada suatu hari merapatlah sebuah kapal besar membawa Malin Kundang di pantai Air Manis. Hati sang ibu sungguh sangat bahagia, karena do’anya dikabulkan Tuhan untuk dapat kembali bertemu dengan anaknya yang telah berpuluh tahun pergi jauh dari pangkuannya. Main Kundang tampak gagah turun dari kapal bersama istri cantiknya. “Malin, Malin, ini ibu nak“, sahut ibu sambil berlinangan air mata karena bahagianya. Akan tetapi ternyata Malin Kundang telah berubah dan sombong, ia tidak mau mengakui wanita yang datang dengan baju yang compang-camping itu sebagai ibunya. “Saya tidak punya ibu yang hina dan miskin seperti kamu, dasar tua bangka yang tak tahu diri!”, begitu kata Malin Kundang kepada wanita yang memang adalah ibu kandungnya. Hati sang ibu tersayat bak sembilu, bagai petir disiang hari, tak disangka anak yang disayangi dan dirindukan sepanjang hari melukai hatinya dan durhaka kepadanya. Malin Kundang lantas berlalu dan meninggalkan ibunya yang masih bersimpuh sambil menangis sedih. Tak lama kemudian kapal Malin Kundang mulai bergerak meninggalkan sandaran. Sang ibu berdo’a sambil meneteskan air mata. “Ya Tuhan, kalau memang Malin Kundang anakku, tunjukkanlah kebesaran-Mu kepada ku”. Tak lama kemudian datanglah badai disertai petir dan gelombang laut yang dahsyat. Tak pelak kapal Malin Kundang dihantam gelombang laut yang datang secara tiba-tiba. Malin Kundang sempat memanggil nama ibunya, namun kebesaran Tuhan telah datang, Malin Kundang si anak durhaka tenggelam bersama kapalnya dan terdampar di tepi Pantai Air Manis. Konon karena kutukan ibunya, Malin Kundang bersama istrinya berubah menjadi batu. #Tolong dibantu


struktur cerpen: orientasi, komplikasi, resolusi.

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak