Perlengkapan Panggung Pergelaran Musik Sering Disebut


Perlengkapan Panggung Pergelaran Musik Sering Disebut

Kak mau nanyaperlengkapan panggung pergelaran musik sering disebut...?​

Daftar Isi

1. Kak mau nanyaperlengkapan panggung pergelaran musik sering disebut...?​


Jawaban:

Perlengkapan panggung pergelaran musik sering disebutDekorasi

#SemogaMembantu^_^


2. perlengkapan panggung pergelaran musik sering disebut a.hiasan b.ornamen c.dekorasi d.kontak e.pentas​


Jawaban:

B.ornammen

Penjelasan:

karena setahu saya peralatan musik disebut ornamen

MAAF KALO SALAH

Jawaban:

Dekorasi atau hiasan.

Penjelasan:

semoga membantu


3. sebutkan macam-macam perlengkapan pergelaran musik


suling, dram, gitar, biola, maaf kurang jelas

4. apa macam-macam perlengkapan pergelaran musik


Pergelaran Musik
a. Penataan Ruang Pergelaran. ruang pergelaran adalah ruangan atau tempat dimana kegiatan pergelaran tersebut dilaksanakan. Ruang pergelaran meliputi panggung untuk kegiatan pentas, ruangan untuk penonton/pengunjung, ruang ganti pakaian/rias, ruang transit, ruang konsumsi dan ruang panitia. Panggung merupakan sarana pergelaran yang paling penting, oleh karena itu perlu diadakan setting panggung atau penataan panggung. Setting panggung untuk masing-masing pergelaran tidak sama, tergantung dari materi yang akan dipentaskan. Setting panggung untuk paduan suara berbeda dengan setting untuk ansamble musik atau yang lainnya. Ada beberapa bentuk panggung yang bisa digunakan untuk pergelaran, diantaranya adalah : bentuk procenium, bentuk tapal kuda, bentuk arena. Panggung memerlukan perhatian khusus, dikarenakan sebelum acara dimulai perhatian seluruh pengunjung/penonton terfokus/terpusat di panggung. Apabila pergelaran musik dilakukan di aula sekolah yang sudah memiliki panggung, maka perlu di dekorasi/dihias sehingga panggung tampak asri dan menarik. Alat/perlengkapan yang mendukung dekorasi haruslah dapat mencerminkan tema pergelaran. Dalam mempersiapkan pergelaran hendaknya memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan penataan ruang pergelaran, yaitu tentang dekorasi, pencahayaan/lighting, sound system, dan penampilan tema.
1.Dekorasi Dekorasi harus disesuaikan dengan tema dan tempat kegiatan pergelaran. Dengan dekorasi yang baik dan sesuai dengan tema yang ada, maka suasana akan tampak lebih terkesan dan dapat membawa pada situasi yang menggembirakan. Jenis dan ukuran tulisan, gambar dan hiasan, serta background nya harus disesuaikan dengan tema dan tempat pergelaran. 2.Pencahayaan (Lighting) Pencahayaan merupakan faktor pendukung yang sangat penting untuk keberhasilan dalam pelaksanaan pergelaran seni musik, terlebih lagi apabila pelaksanaan pergelaran musik tersebut dilaksanakan pada malam hari. Dengan tata lampu (lighting) yang baik, maka pergelaran musik tersebut akan tampak lebih semarak dan hidup.
3.Sound System (Tata Suara) Sound system merupakan faktor pendukung yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah pergelaran, dengan tata suara yang baik dan memadai pergelaran tersebut akan nyanman untuk dinikmati.
4.Penampilan Tema Penampilan tema pergelaran harus dapat terbaca dengan jelas, dan tidak mengganggu pelaksanaan pergelaran. Bentuk dan besarnya tulisan serta warna yang digunakan harus disesuaikan dengan dekorasinya. Selain penataan ruang pergelaran, ada kegiatan lain yang tidak kalah penting, yaitu mempersiapkan kelengkapan pergelaran. Kelenfgkapan-kelengkapan yang harus ada pada kegiatan pergelaran musik antara lain :
a. Peralatan musik
b. Partitur musik
c. Trap untuk penyanyi
d. Sound system
e. Kostum pemain

b. Pelaksanaan Acara Pelaksanaan pergelaran seni musik tingkat kelas dapat dibuka oleh wali kelas masing-masing. Namun sebelum acara dimulai terlebih dahulu harus dibuat rancangan susunan acara yang akan disuguhkan kepada penonton. Hal-hal yang perlu di masukkan dalam rancangan acara yaitu:
1. Waktu/durasi/lamanya acara
2. Pola acara
3. Variasi acara,
4. Puncak acara

5. sebutkan macam-macam perlengkapan pergelaran musik


keybord, gitar,drumb,speaker

6. Peran penting dalam pergelaran musik adalah? A. Tata panggung. B. Perlengkapan. C. Tema. D. Dokumentasi. E. Tata rias.


" ( B ) Perlengkapan "

7. Perlengkapan yang digunakandalam tari disebut ....a. musikb. panggungc.propertid. sepatu​


Jawaban:

c. properti jawabannya.

Jawaban:

C. properti

Penjelasan:

Maaf kalau salah


8. Sebutkan jenis-jenis panggung Pada pergelaran teater


panggung arena, panggung proscenium/panggung di dalam gedung1. panggung portable
2. panggung arena
3. panggung terbuka
4.panggung kereta
5. panggung prosenium atau panggung pigura

maaf ya kalau salah

9. sebutkan jenis jenis panggung pada pergelaran teater?


1. Panggung jenis area.
2. Proscenium
3. ThrustMenurut saya Jenis - jenis panggung pada dasarnya da
Pat dibedakan antara lain
∆ panggung arena
∆ panggung proseni um
∆ panggung campuran

10. sebutkan ciri ciri panggung pergelaran yang baik


yang memiliki dekorasi yang bagus...dan rapi...
yang memiliki desain yang bagus

11. kelengkapan yang ada dalamkegiatan pergelaran musik


yg terutama adalah alat musik personal Dan busana yg dipakai

12. sebutkan kelengkapa kelengkapan yg harus ada pada kegiatan pergelaran musik


alat musik,tmpat pagelaran,pemain musikAda pemainnya, ada tempat, ada alat alat musik yang akan digunakan

13. Uraian singkat lokasi panggung, tata panggung, pemain musik, petugas acara, peralatan, properti panggung, dan pemain dalam pegelaran musik jazz


Kategori Soal : Seni - Pagelaran Musik Jazz
Sub - Kategori : Penataan Panggung
Kelas : SMP
Pembahasan :

Lokasi panggung : Dapat berupa indoor ataupun outdoor, tergantung dari jumlah target penonton dan format acara

Tata panggung : Bersifat simpel, elegan, tidak terlalu banyak aksesoris, didukung dengan penataan cahaya, serta penempatan sound system dan perkabelan yang rapi.

Pemain musik : Sekali lagi, hal ini tergantung pada format acara dan format pemain. Penyajian musik jazz dapat berupa solo hingga dalam grup besar. Untuk jenis grup, pemain jazz dapat terdiri dari pianis, vokalis, drummer, gitaris, pemain bass, saxophone, flute, dan lain sebagainya. Saat ini, dengan adanya versi kontemporer dari jenis jazz seperti jazz-ethnic, pemain musik juga dapat terdiri dari pemain musik tradisional seperti pemain koto (kecapi Jepang), gamelan, sasando, dan alat musik Non-Western lainnya.

Petugas acara: Petugas acara terdiri dari petugas keamanan, penanggung jawab pemain musik, kru alat musik, kru lighting dan follow spot, kru sound system, penjaga rundown acara, kru properti, kru konsumsi, runner, floor director, dan penjaga tiket masuk.

Properti panggung : tirai, stand part, stand mic, stand gitar, stand bass, screen (bila dibutuhkan), kabel, asap (smoke), monitor speaker, lampu penerangan panggung, riser pada stage.


That's all from me. Every comments are welcome.
Cheers!

14. Background panggung yang digunakan dalam pergelaran musik dinamakan


Jawabannya Tata pentas 
Maaf kalau salah ya.. dinamakan tata pentas

15. Agar peserta pergelaran musik dapat mbiasakan diri dengan susasana pergelaran perlu di adakan .....a.geladi bersih b.pengepasan kostum c.pengaturan panggung d.latihan pergelaran e.pergelaran musik


a. geladi bersih

maaf kalau salaha.geladi bersih
maaf kalo salah

16. sebutkan kelengkapan yang ada dalam kegiatan pergelaran musik


Tempat,pemain,alat musik,waktu,kekompakan

semoga membantu

17. Sebutkan macam-macam bentuk panggung pergelaran atau pementasan​


Jawaban:

panggung proscenium, panggung thrust, dan panggung arena

Penjelasan:

Jenis-jenis Panggung

Panggung adalah tempat berlangsungnya sebuah pertunjukan dimana interaksi antara kerja penulis lakon, sutradara, dan aktor ditampilkan di hadapan penonton. Di atas panggung inilah semua laku lakon disajikan dengan maksud agar penonton menangkap maksud cerita yang ditampilkan.Seperti telah disebutkan di atas bahwa banyak sekali jenis panggung tetapi dewasa ini hanya tiga jenis panggung yang sering digunakan. Ketiganya adalah panggung proscenium, panggung thrust, dan panggung arena.

1 Arena

Panggung arena adalah panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung (Gb.274). Penonton sangat dekat sekali dengan pemain. Agar semua pemain dapat terlihat dari setiap sisi maka penggunaan set dekor berupa bangunan tertutup vertikal tidak diperbolehkan karena dapat menghalangi pandangan penonton. Karena bentuknya yang dikelilingi oleh penonton, maka penata panggung dituntut kreativitasnya untuk mewujudkan set dekor. Segala perabot yang digunakan dalam panggung arena harus benar-benar dipertimbangkan dan dicermati secara hati-hati baik bentuk, ukuran, dan penempatannya. Semua ditata agar enak dipandang dari berbagai sisi.

2 Proscenium

Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch). Bingkai yang dipasangi layar atau gorden inilah yang memisahkan wilayah akting pemain dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah (Gb.276). Dengan pemisahan ini maka pergantian tata panggung dapat dilakukan tanpa sepengetahuan penonton.

3 Thrust

Panggung thrust seperti panggung proscenium tetapi dua per tiga bagian depannya menjorok ke arah penonton. Pada bagian depan yang menjorok ini penonton dapat duduk di sisi kanan dan kiri panggung (Gb.277). Panggung thrust nampak seperti gabungan antara panggung arena dan proscenium.


18. cara melatih diri agar tak demam panggung saat pergelaran musik


selalu berlatih
klo udh mau masuk panggung, ambil napas dalam sebelum tampil
relax
berdoa kpd tuhan YME
percaya klo kamu bisa krn kamu tlh berlatih


berdasar pengalaman aj sih

19. Sebutkan 2 jenis panggung pergelaran tari dan jelaskan masing masing 2 jenis panggung tersebut


Penjelasan:

1. Panggung Arena

Panggung arena adalah panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung (Gb.274). Penonton sangat dekat sekali dengan pemain. Agar semua pemain dapat terlihat dari setiap sisi maka penggunaan set dekor berupa bangunan tertutup vertikal tidak diperbolehkan karena dapat menghalangi pandangan penonton. Karena bentuknya yang dikelilingi oleh penonton, maka penata panggung dituntut kreativitasnya untuk mewujudkan set dekor. Segala perabot yang digunakan dalam panggung arena harus benar-benar dipertimbangkan dan dicermati secara hati-hati baik bentuk, ukuran, dan penempatannya. Semua ditata agar enak dipandang dari berbagai sisi.

2. Panggung Proscenium

Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch). Bingkai yang dipasangi layar atau gorden inilah yang memisahkan wilayah akting pemain dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah (Gb.276).


20. agar peserta pergelaran musik dapat membiasakan diri dengan suasana pergelaran perlu diadakan.....a. geladi bersihb. pengelasan kostumc. pengaturan panggungd. latihan pergelarane. pergelaran musik


Jawaban:

d.latihan pergelaran

Penjelasan:

karena, jikalau karya seni musik suatu Pergelaran Tdk diadakan latihan Pergelaran Maka disat diadakannya acara pergelaran tersebut maka Tdk akan terjadinya suatu kekompakan antar pemain suatu Pergelaran juga Akan Jadi Kacau dan Berantakan,KaRena Tdk sesuai dgn alur/jalannya Suatu Pergelaran


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak