Dialog Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Pendidikan


Dialog Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Pendidikan

Buatlah dialog bahasa indonesia 2 orang tentang pendidikan

Daftar Isi

1. Buatlah dialog bahasa indonesia 2 orang tentang pendidikan


Jawaban:

DIALOG 1

Raka: Di, kamu mau ikutan kursus musik tidak?

Radi: Sepertinya tidak, Ka. Memang kenapa ya?

Raka: Loh, kok tidak? Bukannya waktu itu kamu bilang kalau kamu ingin kursus musik?

Radi: Aku menolak ajakanmu untuk kursus musik soalnya aku sendiri sekarang sudah kursus musik di rumah.

Raka: Oh, ya? Jadi kau mengundang guru musik ya supaya kamu bisa kursus musik di rumah?

Radi: Bukan begitu, Ka. Jadi begini, aku belajar atau kursus musik di rumah itu bukan dengan memanggil guru musik, melainkan melalui sebuah situs yang menyediakan kursus musik secara online. Jadi, waktu itu aku iseng-iseng berselancar di Google, tiba-tiba aku menemukan satu situs yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin belajar musik. Setelah kubuka dan kutelusuri situsnya, ternyata konten-konten pembelajarannya sangat menarik. Selain itu, situs tersebut juga tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin belajar musik di situs itu.

Raka: Wah, menarik sekali, Di. Kalau boleh tahu apa nama situsnya?

(Radi pun menyebutkan nama situs yang telah dia ceritakan itu)

Raka: Nanti aku buka ya situsnya. Wah, di zaman sekarang ini ternyata kita bisa belajar apapun secara praktis dan gratis melalui internet, sehingga belajar apapun jadi terasa praktis dan mudah.

Radi: Iya Ka, betul sekali. Tapi kemudahan dan kepraktisan belajar di internet jangan sampai membuat kita berleha-leha, Ka. Kita harus tetap belajar secara tekun dan serius agar ilmu yang kita pelajari di manapun (termasuk di internet) bisa kita serap dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Raka: Wah, ucapanmu bijaksana sekali, Di.

Radi: Ah, kau ini bisa saja!

Percakapan pun dihentikan karena bel masuk sudah berbunyi kembali.

DIALOG 2

Anna: Michell, adikmu yang bernama Joanna sekarang sekolah di mana?

Michell: Sekarang dia homeschooling Na; sekolah di rumah.

Anna: Oh ya? Sejak kapan adikmu mulai homeschooling?

Michell: Sejak beberapa hari yang lalu.

Anna: Lalu, siapa yang mengajar adikmu dan kenapa harus homeschooling?

Michell: Orang tuaku mendatangkan guru khusus untuk mengajar adikku. Dia terpaksa di-homeschooling-kan orang tuaku karena adikku termasuk anak berkebutuhan khusus, jadi dia harus diberi pola pendidikan yang berbeda dibanding anak lainnya. Selain itu, orang tuaku juga bisa mengamati langsung perkembangan adikku jika dia belajar di rumah.

Anna: Oh, begitu. Semoga saja nanti adikmu bisa menjadi anak yang pintar dan baik.

Michell: Amin, terima kasih ya Anna.

Anna: Sama-sama Michell

Penjelasan:BEBAS MAU PILIH YG MANA AJA ^^

JANGAN LUPA JDIKAN JAWABAN TERBAIK,DAN FOLLOW JUGA AKUN INI


2. Quiz Bahasa Indonesia :1. Pembicara 1 : “Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan harus ditingkatkan. Sekarang, dampak negatif dari perilaku seenaknya mulai terasa. Pembicara 2 : “Ya, isu global warming atau pemanasan global bukan sekedar wacana, tetapi sudah terasa dampaknya, seperti peningkatan air pasang laut dan suhu udara yang semakin panas.”Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut membahas masalah?2. Harga di pasar mungkin bisa lebih, Fa! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli disini saja sudah untung” kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja. “Hm…kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” Tanya Difa.Nek Zahwa tampak menimbang-nimbang. “Boleh saja. Asal nanti kalian tidak dimarahi orang tua kalian.Nilai didik yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah?a. Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknyab. Kita harus menolong orang yang kesusahanc. Nenek yang lemah harus kita manfaatkand. Kita harus pasrah menerima nasibJawab beserta penjelasannya​


Bismillah....

Jawaban:

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut masalah tentang adanyadampaknegatifpemanasanglobalyangmulaimuncul.B.Kitaharusmenolongorangyangkesusahan.

Penjelasan:

Karena, bisa dibaca/dibuktikan dengan isi Pembicaraan 1 yaitu bahwasanya dampak negatif dari alam yang tidak diperhatikan oleh warga sudah mulai muncul. Dan pada isi Pembicaraan 2 yaitu bahwasanya pemanasan global adalah nyata dan telah terbukti/terlihat akibat² dari pemanasan global itu sendiri. Karena, pada teks/cerita menceritakan tentang ada seseorang bernama Difa yang ingin menolong seorang nenek dalam berdagang yang ia sendiri tidak kuat lagi untuk bekerja (nenek).

Maafbilapenjelasansayakurangdimengerti

1. Dampak dari pemanasan global warning untuk pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan

2. b. Kita harus menolong orang yang kesusahan

PEMBAHASAN

1.dialog interaktifadalahisipembicaraanpentingpadabagiandialogyangdisampaikan

CONTOH

Pembicaraan 1

Covid-19 mengganggu kesehatan masyarakat Indonesia sehingga sekolah masuk ditunda terlebih dahulu dan belajar di rumah sebagai gantinya agar memutus rantai covid-19

Pembicaraan 2

Sekolah di Jakarta mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2021 tapi sepat di tunda pada tanggal 25 Maret 2021 karena masih meningkatnya penyebaran Covid-19 di Jakarta sehingga mengadakan pembelajaran dirumah .

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut membahas masalah?

=PenundaansekolahkarenaaCovid-19yangmasihmeningkatsehinggamasyarakatharusbelajardirumah

2.DidalamCerpenmenceritakanDifamenolongNenekuntukberbelanjacerpenkisahyangdapatkitaambildaricerpentersebutadalahKita harus menolong orang yang kesusahan

BUKTIDAFAMEMBANTUNENEKKESUSAHAN

Harga di pasar mungkin bisa lebih, Fa! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli disini saja sudah untung” kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja. “Hm…kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” Tanya Difa.

( TAHAP TAHAP DALAM BERITA BISA LIHAT DILAMPIRAN )

PELAJARILEBIHLANJUT

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif

https://brainly.co.id/tugas/16781639

SEMOGAMEMBANTU

3. Quiz Bahasa Indonesia : 1. Pembicara 1 : “Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan harus ditingkatkan. Sekarang, dampak negatif dari perilaku seenaknya mulai terasa. Pembicara 2 : “Ya, isu global warming atau pemanasan global bukan sekedar wacana, tetapi sudah terasa dampaknya, seperti peningkatan air pasang laut dan suhu udara yang semakin panas.” Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut membahas masalah? 2. Harga di pasar mungkin bisa lebih, Fa! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli disini saja sudah untung” kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja. “Hm…kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” Tanya Difa. Nek Zahwa tampak menimbang-nimbang. “Boleh saja. Asal nanti kalian tidak dimarahi orang tua kalian. Nilai didik yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah? a. Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya b. Kita harus menolong orang yang kesusahan c. Nenek yang lemah harus kita manfaatkan d. Kita harus pasrah menerima nasib Jawab beserta penjelasannya​


Pertanyaan:

Quiz Bahasa Indonesia :

1. Pembicara 1 : “Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan harus ditingkatkan. Sekarang, dampak negatif dari perilaku seenaknya mulai terasa.

Pembicara 2 : “Ya, isu global warming atau pemanasan global bukan sekedar wacana, tetapi sudah terasa dampaknya, seperti peningkatan air pasang laut dan suhu udara yang semakin panas.”

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut membahas masalah?

2. Harga di pasar mungkin bisa lebih, Fa! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli disini saja sudah untung” kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja.

“Hm…kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” Tanya Difa.

Nek Zahwa tampak menimbang-nimbang. “Boleh saja. Asal nanti kalian tidak dimarahi orang tua kalian.

Nilai didik yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah?

a. Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya

b. Kita harus menolong orang yang kesusahan

c. Nenek yang lemah harus kita manfaatkan

d. Kita harus pasrah menerima nasib

Jawab beserta penjelasannya

Jawaban:

1. Dampak dari pemanasan global warning untuk pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan

2. b. Kita harus menolong orang yang kesusahan

Pembahasan:

1. dialog interaktif adalah isi pembicaraan penting pada bagian dialog yang disampaikan

CONTOH

Pembicaraan 1

Covid-19 mengganggu kesehatan masyarakat Indonesia sehingga sekolah masuk ditunda terlebih dahulu dan belajar di rumah sebagai gantinya agar memutus rantai covid-19

Pembicaraan 2

Sekolah di Jakarta mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2021 tapi sepat di tunda pada tanggal 25 Maret 2021 karena masih meningkatnya penyebaran Covid-19 di Jakarta sehingga mengadakan pembelajaran dirumah .

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut membahas masalah?

= Penundaan sekolah karenaa Covid-19 yang masih meningkat sehingga masyarakat harus belajar dirumah

2. Di dalam Cerpen menceritakan Difa menolong Nenek untuk berbelanja cerpen kisah yang dapat kita ambil dari cerpen tersebut adalah Kita harus menolong orang yang kesusahan

BUKTI DAFA MEMBANTU NENEK KESUSAHAN

Harga di pasar mungkin bisa lebih, Fa! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli disini saja sudah untung” kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja. “Hm…kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” Tanya Difa.

Kesimpulan:

Jadi, Jawabannya adalah :

1. Dampak dari pemanasan global warning untuk pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan

2. b. Kita harus menolong orang yang kesusahan

Pelajari lebih lanjut:

Isi pembicaraan dalam dialog interaktif

brainly.co.id/tugas/16781639

Detail Jawaban:

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : 9,10

Bab : Dialog Interaktif dan Teks Cerpen

Kata Kunci : Dialog, Cerpen

Kode Soal : 2

Kode Kategorisasi : 1.2.2

Answer by :

[tex]9cbahasaindonesia[/tex]

#BelajarBahasaBersama9CBahasaIndonesia

#AyoBelajar


4. 01. Berikut ini yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial budaya adalah..? A. Penduduk yang heterogen. B. Sistem terbuka dalam masyarakat. C. Sistem pendidikan formal yang maju. D. Sikap masyarakat yang sangat tradisional.02. Salah satu jenis penemuan baru berpengaruh menjalar dari suatu bidang ke bidang lain adalah penemuan . . . . A. televisi B. mesin uap C. kereta api D. telepon seluler03. Perhatikan hal-hal di bawah ini ! 1) Pengaruh budaya lain. 2) Peperangan. 3) Bertambahnya penduduk. 4) Bencana alam. Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan faktor eksternal perubahan sosial budaya? A. (1, 2 dan 3) B. (1, 3 dan 4) C. (1, 2 dan 4) D. (2, 3 dan 4)04. Contoh situasi yang menandai terjadinya disintegrasi sosial sebagai akibat perubahan sosial adalah . . . . A. meningkatkan wibawa B. solidaritas kelompok meningkat C. timbul kebersamaan dalam masyarakat D. masyarakat kurang mematuhi norma yang berlaku05. Pergolakan daerah di Indonesia dapat digolongkan sebagai gerakan separatis apabila bertujuan untuk . . . . A. menuntut otonomi daerah B. memisahkan diri dari Indonesia C. menentukan kebijakan pemerintah D. menuntut pemerataan pembangunan06. Sebagai pelajar sebaiknya kita menyikapi segala bentuk perubahan sosial dan budaya dengan sikap ... . A. apriori terhadap segala bentuk pengaruh perubahan B. menerima setiap perubahan tanpa terkecuali C. apatis terhadap setiap pengaruh perubahan D. kritis & terbuka serta memfilter semua jenis perubahan07. Deklarasi Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 termasuk dalam kategori ... . A. evolusi B. rotasi C. revolusi D. reformasi 08. Perhatikan ciri masyarakat berikut..! (1) Terbuka terhadap kritik dan saran. (2) Pola pikirnya bersifat religius. (3) Kontrol sosial bersifat formal. (4) Mobilitas sosialnya sangat dinamis. (5) Ikatan sosialnya cenderung menguat. Dari ciri-ciri di atas yang termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah .... A. 1,2, dan 3 B. 1,3, dan 5 C. 1,2, dan 4 D. 1, 2, dan 509. Dampak positif dari perubahan sosial budaya adalah .... A. penemuan iptek B. sikap individulistik C. gaya hidup westernisasi D. kesenjangan sosial 10. Perubahan mode rambut dari masa ke masa dikategorikan sebagai perubahan yang sedikit pengaruhnya serta memiliki ruang lingkup yang tidak luas karena . . . . A. hanya terjangkau oleh golongan tertentu B. hanya terkait dengan kebutuhan ekonomi C. hanya melibatkan golongan kaum muda D. tidak ada kaitannya dengan perubahan sosial11. Dampak negatif perubahan sosial budaya adalah … . A. semakin rekatnya integrasi dalam masyarakat B. terjadinya proses ketertinggalan budaya (cultural lag) C. dapat mengadopsi semua unsur kebudayaan dari luar D. terjadinya proses modernisasi dalam berbagai bidang12. Faktor pendorong penemuan baru yang berkaitan dengan sikap negatif, adalah .... A. adanya tekanan dari berbagai pihak luar B. sadar akan kekurangan yang dimiliki C. rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih D. sistem sosial yang terbuka terhadap perubahan13. Faktor penyebab adanya perubahan sosial dan budaya yang berasal dari luar masyarakat adalah .... A. perubahan jumlah penduduk B. kontak dengan kebudayaan lain C. sistem pendidikan formal yang maju D. sikap menghargai hasil karya orang lain14. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang termasuk dalam contoh perubahan sosbud berpengaruh besar… A. Perubahan mode pakaian. B. Perubahan sitem pendidikan. C. Perubahan dalam logat bahasa. D. Perubahan organisasi masyarakat.15. Konsep yang menyatakan bahwa perubahan sosial budaya sesuatu yang konstan dan dapat mengganggu keseimbangan yang ada dalam masyarakat adalah teori … . A. siklus B. konflik C. evolusioner D. fungsional16. Salah satu contoh bentuk perubahan sosial yang bersifat progres adalah . . . . A. penemuan ponsel meningkatkan sistem komunikasi B. tayangan televisi menyebabkan siswa kurang belajar C. banyak remaja putri berganti aneka mode rambut D. pemanfaatan energi listrik mengurangi energi fosil17. Manakah contoh berikut yang merupakan perubahan sosial yang direncanakan? A. Revolusi Perancis B. Gempa bumi C. Diversifikasi industri D. Perubahan mode kemeja18. Dialog antar umat beragama dalam mengatasi masalah merupakan contoh adanya . . . . A. modernisasi di bidang agama B. gejala sekularisasi di Indonesia C. akomodasi untuk menghindari konflik D. campur tangan pemerintah di bidang agama19. Berikut ini yang termasuk ciri masyarakat tradisional adalah . . . . A. cara berpikir rasional B. terbuka pada perubahan C. memiliki aturan yang mengikat D. pengendalian sosial yang longgar20. Jakarta adalah salah satu potret kota besar yang telah mengalami modernisasi. Berikut ini yang bukan syarat terjadinya modernisasi, adalah. . . . A. cara berpikir yang baik dan ilmiah B. sistem managemen yang handal C. selalu macet sepanjang jalan perkotaan D. adanya sistem input data yang baik dan teratur​


Jawaban:

1.a.penduduk yang heterogen

2.a.televisi

3.c.(1,2dan 4)

4. b. solidaritas kelompok meningkat

5.a.menuntum otonomi daerah

6.a aopriro

5


5. Cermatilah kutipan teks nogosiasi berikut ini akan soal nomor 1 m 2 Nita bu kelas dua nanti masuk jurusan IPs. ya? (1) Ibu loh, kenapa nak ? bukannya kan pandai matematika. Kenapa tidak akan IPA saja ? sepertinya, jurusan IPA lebih cocok untukmu 2) Nita aku suka mata pelajaran sosiologi, Bu. Aku ingin menjadi sosiolog Lagi puaskan tetap bisa belajar matematika meskipun memilih jurusan IPS. (3) : oh, ya sudah kalau begitu. Yang penting karma harus rajin belajar, ya (4) Nita pasti, bu. Terima kasih. (5) Ibu 1. Bagian yang merupakan penawaran dalam kutipan teks negosiasi tersebut dan nomor a 1 dan 2 c. 2 dan 3 b. 1 dan 5 d. 3 dan 4 e. 4 dan 5 2. Berdasarkan strukturya, dialog yang ditunjukkan oleh nomor (1) termasuk bagian ... a. Orientasi c. penawaran e. penutup b. Pengajuan d. persetujuan 3. Berikut ini yang termasuk salam pembuka dalam surat penawaran adalah.... a Dengan hormat c. hormat kami b. Wassalam d. hronmat saya e. salam kami Bacalah kutipan berikut ini ! Tim afirmatif : Maraknya sinteron - sinteron remaja saata ini sangat merugikan karena kurang mendidik. Hal - hal yang ditampilkan dalam sinteron, sperti kisah percintaan, perceraian, bahkan kenakalan remaja, berpengaruh negatif terhadap perkembangan mental dan moral anak. Lebih baik, sinetron tidak ditayangkan dan diganti dengan program lain yang lebih bermanfaat. Tim oposisi : sinetron juga memiliki sisi positif. Anak-naka yang merasa lelah setelah pulang bersekolah dapat terhibur dengan adanya sinetron. Dengan kata lain, sinetron dapat memeberikan hiburan dan kesenangan bagi penontonnya. Bukan hanya itu, banyak juga sisi-sisi positif atau hikmah yang dapat dipetik dari sebuah sinetron. 4. Berdasarkan kutipan argumen tersebut, mosi atau topik yang tepat adalah a Sinetron membawa pengaruh negatif b. Sinteron mempunyai sisi menghibur c. Sinteron menayangkan kisah percintaan d. Sisi positif dan negatif sinetron e. Tayangan sinteron di TV 5. Cermatilah mosi berikut! Penggunaan bahasa asing menurunkan semanagat nasionalisme bangsa Indonesia Berdasarkan mosi tersebut, argumen yang tepat diutarakan oleh tim oposisi adalah ... a Benah bahwa masyrakat yang menggunakan bahasa sebagai bahasa sehari-hari memanjukkan penurunan sikap nasionalisme b. Saya tidak setuju justru dengan mencoba berbahasa lain, pengetahuan masyarakat Indonesia akan bertambah. Hal tersebut tentunya tidak akan menghilangkan rasa cinta tanah air 4. Saya sangat menyesalkan orang-orang yang fasih berbahasa asing, tetapi tidak b]paham benar penggunaan bahasa Indonesia. Lalu, dimana letak nasionalisme kita? d. Saya tidak sependapat dengan tim lawan. Bukan untuk menambah pengetahuan, tetapi justru berkurang pengetahuan dan rasa cintanya terhadap bahasa Indonesia. e. Kini, masyaralunt menggantikan bahasa persamaan dengan bahasa lain. Jelas, itu adalah tanda dari menurunnya semangat nasionalisme bangsa


1.C 2 dan 3

2.b pengajuan

3.a dengan hormat

4.a sinetron membawa pengaruh negatif


6. Cermati kutipan cerpen berikut, lalu kerjakan soal nomor 15 dan 16!(1) Dan, seperti hari-hari sebelumnya Marni tetap diam seribu bahasa. (2) Berat rasanyameninggalkan kota ini. (3) Bandung terlalu indah untuk ditinggalkan. (4) Di sini semua tersediadan mudah, teman-temannya banyak, dan lebih banyak lagi temannya di medsos. (5) Adabergrup-grup. (6) Grup pengajian, grup alumni SD hingga SMK, grup arisan, grup canda-canda, dan banyak lagi.Aceh adalah tempat yang sangat jauh, di ujung Indonesia. Marni tak bisa membayangkanhidup di sana, pinggir laut Ujong Blang meskipun tah jauh dari Lhokseumawe.(Dikutip dari cerpen berjudul Merantau karya Oj Hara)15. Tema kutipan cerpen tersebut adalah....a. kenangan indahc. kota kelahiranb. rencana merantaud. kota harapan16. Bukti Marni tinggal di kota terdapat pada kalimat bernomor.a. (1) dan (2)c. (4) dan (5)b. (2) dan (3)d. (5) dan (6)Cermati kutipan cerpen berikut, lalu kerjakan soal nomor 17 dan 18!"Surat yang indah," gumamku."Surat yang menyadarkan aku, kekerasan semestinya tidak boleh terjadi di duniapendidikan." Pakde menghela napas."Sekalipun kekerasan itu demi kebaikan?""Dengan alasan apa pun kekerasan tetaplah kekerasan, Rey.""Tapi toh Yusro justru menganggap sebagai berkah?""Itu karena ia mau mengambil sisi positifnya. Kalau tidak, boleh jadi tamparanku akanmenjelma dendam kesumat yang terbawa seumur-umur." Lagi, Pakde menghela napas."Kekerasan yang kulakukan merupakan noktah hitam yang menodai karierku sebagai guru(Dikutip dari cerpen berjudul "wasiat" karya Mukti Sutarman Espe)17. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh adalah melaluia. dialog tokohc. pernyataan tokoh lainb. penyataan pengarangd. perilaku tokoh18. Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....a. Guru harus rajin mendokumentasikan peristiwa penting.b. Semua orang pernah melakukan kesalahan dalam tugasnya.c. Kekerasan tidak perlu dilakukan walau dengan tujuan baik.d. Kekerasan tidak pernah terjadi di dunia pendidikan19. Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...a. Kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan kedisiplinanb. Kita meninggalkan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan masalahc. Kekerasan boleh dilakukan jika sangat terpaksa dan tujuannya baikd. Kekerasan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja jika tidak ada pengendalian diriKaka kaka mohon dijawab ya nanti kalo jawabannya benar aku jadikan jawaban terbaik​


Jawaban:

15.A

16.C

17.A

18.C

19.A


7. 14.Cahaya lilin berkedip-kedip di keremangan ruangan dan bayang-bayang menyeramkan menari-nari di dinding kubah yang dingin.Leo manatap gambar-gambar misterius itu dengan penuh rasa ingin tahu. Beberapa tampak seperti lukisan dan sepertinya dilukis dengan sangat teliti. Gambar yang lain menyerupai hewan dan dikelilingi lingkaran berbentuk oval.Watak tokoh dalam kutipan cerita tersebut digambarkan melalui ....A. pikiran tokohB. diungkapkan tokoh lainC. digambarkan langsung oleh penulis. D. dialog antar tokoh15. Dengarkanlah wahai kawan sejati, syair sederhana dari lubuk hati, tentang hidup dunia fana ini, tentang kerikil yang kena dihadapi.Makna kerikil pada kutipan syair tersebut adalah....A. jalan berbatuB. kesedihanC. cobaan16. Wahai anak-anakkuberbagggalah hati tak patut bagimu rendah hatilah hidupmu selaludisayangilah engkau oleh temanmuMakna rendah hati pada kutipan syair tersebut adalah....A. tinggi hati B. congkak.C.tidak sombongD. penyabar17. Salah satu hewan yang berkomunikasi lewat suara adalah (...) burung camar yang mempunyai paruh yang kuat dan kaki berelaput. Biasanya, burung yang hidup secara berkelompok dalam jumlah besar mempunyai berbagai macam bahasa. Begitu juga dengan burung camar.Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah......A. jenis B. kawananC. segerombolD. sifat18. Sania dikenal anak yang mudah tersenyum. Setiap kali bertemu dengannya, baik itu orang tua maupun sebayanya, ia tidak pernah lupa untuk tersenyum. Oleh karena itu, banyak yang menyayanginya.Ungkapan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah...A. rendah hatiB. murah senyum C. murah hatiD. manis bibir19.Petunjuk Umum(1) Tambahkan gula sebanyak 2 sendok(2) Siapkan perasan lemon dan teh hangat (3) Jika ingin disajikan dingin, tambahkan es batu (4) Masukan perasan lemon ke dalam teh hangat(5) Aduklah sampai gula larutUrutan yang tepat untuk membuat teh lemon adalah.....A. 2-4-1-5-3B. 2-1-4-3-5C. 4-2-5-1-3D. 4-1-5-2-320.Alamku lestari, hidupku......Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah......A. bermartabat B. terlindungiC. terjagaD. hemat:21. Setiap peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, sekolah kami mengadakan berbagal lomba. Setiap peserta lomba berkompetensi untuk menjadi pemenang lomba. Kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang digaris bawahi adalah.....A berkompeten B berkompetisiC berebutDberkomunikasi22.Kalimat berikut ini yang menggunakan ejaan yang tepat adalah.... A. Para atlit berlatih dengan sungguh-sungguhB. Ruangan ini cuup lembab karena tidak ada sirkulasiudara C. Bacalah kutipan berita tersebut dengan saksamaD. Tidak lama lagi ujian praktek akan dilaksanakan23. Kalimat berikut ini yang menggunakan ejaan yang tepat adalah......A Para atlit berlatih dengan sungguh-sungguh B. Ruangan ini cuup lembab karena tidak ada sirkulasi udaraC. Bacalah kutipan berita tersebut dengan saksamaD. Tidak lama lagi ujian praktek akan dilaksanakan24.Topik: Membaca TerbatasIndikator: Peserta didik dapat memvariasikan unsur teksPetunjuk Membuat Mainan Terjun Payung(1) Gabungkan ujung benang, kemudian ikat boneka!(2) Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik!(3) Buatkan lingkaran pada plastik sampul buku!(4) Lemparkan ke udara, tampaklah orang terjun!(5) Gunting plastik sesuai pola, kemudian beri lima lubang untuk benang padapinggirnya!Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf eksposisi yang benar adalah ....A. (3)-(4)-(2)-(5)-(1) B (3)-(5)-(2)-(1)-(4)C (3)-(5)-(4)-(1)-(2)D (3)-(2)-(1)-(5)-(4)25. Di kala sang surya mulai tenggelam. Aku duduk di tepi sungai sendirianPuisi tersebut melukiskan waktu.....A.. malam hariB. sore hariD. pagi hariC. siang hari26.(1) Aku memutuskan untuk membawanya pulang dan memeliharanya. (2) Di balik kelucuannya, tersirat wajah memelas seolah memohon padaku untukmembawanya pulang.(3) Warna kekuningan yang menyelimuti bulu putihnya berasal dari debu-debu yangmenempel pada tubuhnya.(4) Kubersihkan debu itu perlahan, dan kucing ini kelihatan sangat manis dan lucu.Susunan kalimat agar menjadi paragraf yang baik adalah.....A. (3), (4), (2), dan (1) B. (1), (2), (4), dan (3)C. (2), (1), (3), dan (4) D. (4), (2), (1), dan (3)27: Semasa hidupnya R.A kartini memperjuangkan hak perempuan Indonesia agarmendapatkan pendidikan di sekolah. Perjuangan tersebut tentu mendapat perlawanan.Hal ini karena Semasa RA Kartini, perempuan Indonesia dilarang bersekolah.Latar cerita yang terdapat pada paragraf di atas adalah..masa penjajahanA. B. masa sekolahC masa kemesdekaan D masa kerajaan​


Jawaban:

a

b

d

a

c

a

d

b

b

a

b

d

a

c

maaf kalau bener

Jawaban:

14. A pikiran tokoh

15. A jalan berbatu

16. C tidak sombong

17. D sifat

18. B murah senyum

19. B 2-1-4-3-5

20. C terjaga

21. B berkompetisi

22. A para atlit berlatih dengan sungguh sungguh

23. B ruangan ini cukup lembab karena tidak ada sirkulasi

24. B 3-5-2-1-4

25. B sore hari

26. C 2, 1 , 3 dan 4

27. B masa sekolah

Penjelasan:

MAAF JIKA SALAH JIKA SALAH SILAHKAN KOREKSI LAGI OK?JADIKAN JAWABAN TERBAIK JIKA BENAR^^

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak