Kegiatan 6.5 bahasa indonesia kelas 8 halaman 167
1. Kegiatan 6.5 bahasa indonesia kelas 8 halaman 167
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap suatu karya. Sebuah teks ulasan yang baik mampu menyajikan penilaian yang jujur, obyektif, berimbang, menyeluruh, dan mendetil terhadap suatu karya agar mampu menjadi referensi bagi masyarakat dalam membuat keputusan.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan yang terkait tentang teks ulasan "Atheis". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
PERTANYAAN
A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut secara jelas!
JAWABAN
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis
2. Novel memberikan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi
3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. -> Orientasi
4. Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas
5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. -> Sinopsis
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: teks ulasan, atheis
2. Kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167
Jawaban:
D
Penjelasan:
Kunci jawaban dari soal buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167 adalah D, yaitu jawaban yang menyatakan bahwa lagu berjudul 'Anak Kecil' dipopulerkan oleh Rano Karno.
Pertanyaan Terkait:
Apa jawaban dari soal buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167?
https://brainly.co.id/tugas/21088471https://brainly.co.id/tugas/24799423https://brainly.co.id/tugas/21194520Support: https://trakteer.id/dakunesu/tip
3. jawaban pada buku paket bahasa indonesia halaman 167 kurikulum 2013 kelas 8
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian tentang suatu karya, baik karya sastra atau pertunjukan, untuk memberikan wawasan dan dasar bagi masyarakat untuk memutuskan apakah mereka akan membaca atau menonton karya tersebut.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan pada halaman 167 buku Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
PERTANYAAN
A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut
secara jelas!
JAWABAN
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis
2. Novel memberikan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi
3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. -> Orientasi
4. Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas
5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. -> Sinopsis
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
kata kunci: teks ulasan, atheis
4. tolong jawab buku bahasa Indonesia semester ganjil halaman 167 di bagian B
Jawaban:
ga ada Poto/teks nya?bagaimana jawabnya??
Jawaban:
soalnya mana kk?
say g bisa jawab kalau g ad soal
5. TUGAS KELAS VII ( BAHASA INDONESIA)Jelaskan persamaan pantun, syair dan gurindam. Lihat halaman 167-168.PantunGurindamSyair
Jawaban:
PersamaanPantun,Syair,danGurindam.
Pantun, syair, dan gurindam, ketiganya merupakan sama-sama jenis dari puisi lama.Pantun, syair, dan gurindam, ketiganya sama-sama berfungsi sebagai nasihat.Kandungan isi dari pantun, syair, dan gurindam mempunyai nilai moral dan agama.Pantun, syair dan gurindam terdiri atas bait-bait meskipun jumlah barisnya berbeda.Pantun, syair, dan gurindam memiliki rima akhir yang sama, dengan kata lain ketiganya memiliki persamaan bunyi pada akhir baris.Semoga Membantu:)
Jawaban:
di foto ketiga sm tugasnya
Penjelasan:
maaf tulisan jelek
6. Halaman 167-168 Kelas 7 IPANo. 6-10 saja
Jawaban:
6. disebabkan oleh revolusi bumi
7. bumi berotasi 24 jam
bulan berevolusi sudah sebanyak 7,3 kali
8. gerhana bulan total, karena apabila matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus dan saat bumi dan bulan paling dekat satu sama lain
9. karena posisi mereka tidak selalu sama
10. karena bisa merusak mata. Sebaiknya jika ingin melihat kita harus memakai kaca mata atau alat untuk Rontgen
Penjelasan:
maaf ka kalau salah
7. buku tema 1 halaman 167 kelas 5
Jawaban:
1.Nangroe Aceh Darussalam
Pelabuhan Krueng Geukueh,
Pelabuhan Kuala Langsa, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Yoseph Iskandar, Tapaktuan,
2.Sumut
Pelabuhan Tanjung Balai, Pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara, Pelabuhan Belawan,
3.Sumbar
Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Muara, Padang
4.Riau
Pelabuhan Sungai Pakning, Dumai,
5.Kepri
Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Nongsa, Pelabuhan ASDP Desa Jagoh, Lingga, Pelabuhan ASDP Dompak, Tanjungpinang,
6.Jambi
Pelabuhan Jambi, Pelabuhan Idris Sardi, Muara Sabak
7.Sumsel
Pelabuhan Tanjung Api-api, Palembang,
8.Bangka Belitung
Pelabuhan Tanjung Pandan, Pelabuhan Pangkal Balam
9.Bengkulu
Pelabuhan Bengkulu, Bengkulu
10.Lampung
Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Panjang
11.Banten
Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten
12.Jakarta
Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Tanjung Priok
13.Jabar
Pelabuhan Cirebon, Pelabuhan Pramuka, Garut, Pelabuhan Pertiwi, Pamanukan, Subang
14.Jateng
Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap,
15.Daerah Istimewa Yogyakarta
Pelabuhan Tanjung Adikarto
16.Jatim
Pelabuhan Batu Guluk, Kamal, dan Kalianget, Madura, Pelabuhan Kalimas, Ketapang, Surindro Supjarso, Popoh, Pelabuhan Ujung, Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Tembaga, Tanjung Wangi
17.Bali
Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Benoa, Celukan Bawangm Amuk, dan Nusa Penida
18.Nusa Tenggara Barat
Lembar, Pelabuhan ASDP Kayangan, Pelabuhan Kabupaten Lombok Timur Labuhan Haji, Lombok
Pelabuhan Kapupaten Lombok Timur Tanjung Luar, Lombok
19.Nusa Tenggara Timur
Waingapu, Sumba, Pelabuhan Tenau, Kupang, Pelabuhan Bung Karno, Ende, Pelabuhan Ippi, Ende, Kabupaten Belu, Larantuka, Lorosay,
20.Kalbar
Dwikora, Kalimantan Barat
21.Kaltim
TPK Palaran,Samarinda, Semayang, Balikpapan
22.Kalteng
Palangkaraya, Sampit-Kotim, Kumai-Kobar, Bagendang-Sampit, Kuala Pembuang-Seruyan, Kalimantan Tengah
23.Kalsel
Banjarmasin, Batu Licin, Satui, Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin
24.Kalut
Malundung, Tarakan
25.Sulbar
Polewali, Sulawesi Barat
26.Sulut
Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara
27.Sulteng
Pelabuhan Pantoloan, Pantoloan, Sulawesi Tengah
28.Sultra
Kendari, Sulawesi tenggara, Buton, Sulawesi Tenggara
29.Sulsel
Makassar, Tanjung Ringgit, Palopo, Belopa, Malili, Pare Pare, Barru , Paotere, Pelabuhan penyeberangan Bajoe-Watampone
30.Gorontalo
Pelabuhan Gorontalo, Pelabuhan Anggrek, Kwandang
31.Maluku utara
Pelabuhan Ternate, Bul, Daruba Sanana, Tobelo, Labuha, Gebe, Jailolo, Soa Sio, dan Laiwui
32.Maluku
Pelabuhan Yos Soedarso, Banda, Tuhelu, Wahai, Waisarisa, Saumlaki, Namlea, Amahai, Geser, Leksula, Tual, Dobo, dan Wonreli
33.Papua Barat
Pelabuhan Sorong, Manokwari, Fak-fakm Kaimana, Bintuni, Taminabuan, dan Wasior
34.Papua
Pelabuhan Depapre, Jayapura, Biak, Merauke, Nabire, Agats, Pomako, dan Amahai
8. cara mengerjakan tema 1 kelas 5 halaman 166-167 plss
Jawaban:
No | Provinsi | Bandara
1 | Aceh | Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda
2 | Sumatera Utara | Bandar Udara Internasional Kualanamu
3 | Sumatera Barat | Bandar Udara Internasional Minangkabau
4 | Riau | Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II
5 | Kepulauan Riau | Bandar Udara Internasional Hang Nadim
6 | Jambi | Bandar Udara Sultan Thaha Saifuddin
7 | Bengkulu | Bandar Udara Fatmawati Soekarno
8 | Sumatera Selatan | Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II
9 | Kepulauan Bangka Belitung | Bandar Udara Depati Amir
10 | Lampung | Bandar Udara Internasional Radin Inten II
11 | Banten | Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta
12 | DKI Jakarta | Bandar Udara Halim Perdanakusuma
13 | Jawa Barat | Bandar Udara Internasional Kertajati
14 | Jawa Tengah | Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo
15 | DI Yogyakarta | Bandar Udara Internasional Yogyakarta
16 | Jawa Timur | Bandar Udara Internasional Juanda
17 | Bali | Bandar Udara Internasional Ngurah Rai
Lanjutannya aku kerjakan nanti ya! karena membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menjawab soal ini!
atau kamu juga bisa cari di google!
Artikel Terkait:
https://bobo.grid.id/read/083430867/30-nama-bandara-internasional-diindonesia-dari-banten-hingga-kalimantan-selatan
https://bobo.grid.id/read/083415039/daftar-nama-bandara-dan-pelabuhan-di-setiap-provinsi-cari-jawaban-kelas-5-tema-1
https://id.wikipedia.org/wiki/Provinsi_di_Indonesia
#TingkatkanPrestasiMu
9. Buku paket matematika kurikulum 2013 kelas 5 halaman 167 beserta caranya
Jawaban:
1. a.3.200 Ton
b.2011,950 Ton
c.2009,650 Ton
d.750 Ton
2. a.1650 Ton
b.2011,500 Ton
c.2009,300 Ton
d.950 Ton
3. 1650 Ton ÷ 1550 Ton = 1.064
10. bahasa Indonesia hal 167 kelas 8 kak, jawabannya jangan panjang" ya kak sy ga kuat nulis nya, btw makasih
Jawaban:
a.Identitaskarya:
penjelasan: terdiri dari judul, pengarang, penerbit, tahun penerbit dan tebal halaman.
b.Orientasi:
penjelasan: terletak pada paragraf pertama yang menjelaskan bahwa novel atheis pernah mendapatkan penghargaan dan diangkat ke layar perak dengan judul yang sama.
c.Sinopsis:
penjelasan: terletak pada paragraf kedua hingga paragraf kedelapan yang berisi ringkasan isi novel berdasarkan pendapat penulis.
d.Analisis:
penjelasan: pada teks ulasan ini tidak terdapat analisis.Analisis teks ulasan berupa paparan unsur intrinsik novel, seperti tema, tokoh dan latar.
e.Evaluasi:
penjelasan: Terletak pada paragraf kesembilan dan kesepuluh yang berisi pelajaran hidup. Kelebihan dari novel ini adalah bahasanya lugas dan mudah dipahami. Kekurangannya adalah novel ini sulit diperoleh karena langkah.
11. uji kompetensi semester 2 halaman 167 bhas madura kls 8
Jawaban:
gak semuanya punya buku bhs madura kak:)
12. Jawaban buku paket kelas 5 tema 1 halaman 167 plis
Jawaban:
soalnya mana nih kok ga ada
13. Tuliskan persamaan garis yang ditunjukkan tiap-tiap gambar berikut halaman 167 nomor 2A kelas vlll smp
Gambar tidak tersedia sehingga kita tidak dapat menentukan persamaan garisnya. Namun, kamu dapat menperkirakan persamaan sebuah garis dengan mengamati sifat garis pada grafiknya.
PembahasanGrafik fungsi didefinisikan sebagai bentuk visualisasi dari fungsi yang diberikan. Grafik fungsi dapat kamu buat pada sistem koordinat Kartesius. Dalam sistem koordinat Kartesius dua dimensi, terdapat dua sumbu saling tegak lurus. Sumbu pertama adalah sumbu horizontal, biasanya untuk variabel independen. Sumbu kedua adalah sumbu vertikal, umumnya untuk variabel dependen.
Karena soal mengindikasikan persamaan garis, maka persamaannya sangat mungkin adalah persamaan linear. Persamaan linear membentuk garis lurus pada grafiknya. Ciri-ciri persamaan linear adalah ia mengandung variabel yang pangkatnya satu.
Pelajari lebih lanjutSoal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear: https://brainly.co.id/tugas/18708841
#BelajarBersamaBrainly #SPJ9
14. uji kompetensi bab 6 halaman 167-168 ipa kelas 7
Pembahasan
1. Jelaskan susunan Tata Surya.
Tanggapan:
Sususan tata surya meliputi Matahari sebagai pusat dari tata surya, planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengorbit Matahari.
2. Mengapa Matahari yang menjadi pusat Tata Surya? Jelaskan.
Tanggapan:
Matahari menjadi pusat tata surya dikarenakan Matahari memiliki gravitasi yang sangat besar dibanding planet-planet lainnya, sehingga planet-planet di Tata Surya bergerak mengorbit Matahari berdasarkan lintasannya sendiri-sendiri
3. Dari manakah energi Matahari dihasilkan?
Tanggapan:
Energi matahari umumnya dihasilkan dari intinya yang memiliki suhu 15.000.000°C
4. Jelaskan perbedaan antara planet luar dan planet dalam.
Tanggapan:
Planet luar umunya terletak jauh dari matahari, ukurannya besar, dan memiliki banyak satelit, sedangkan planet dalam umumnya terletak dekat dari matahari, ukurannya kecil, dan memiliki sedikit satelit atau bahkan tidak sama sekali.
5. Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.
Tanggapan:
Meteoroid berbentuk potongan batu yang bergerak-gerak di luar angkasa.Meteor dihasilkan dari meteoroid yang habis terbakar di lapisan udara (atmosfer) bumi.Meteorit dihasilkan dari meteoroid yang tidak habis terbakar di atmosfer bumi dan akibatnya ia akan jatuh ke bumi.6. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut!
Tanggapan:
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pasang surut air laut antara lain
Revolusi bulan terhadap orbit matahariRotasi bumi terhadap porosnyaRevolusi bumi terhadap orbit matahari7. Selain berotasi dan berevolusi terhadap Bumi, Bulan juga bersama-sama dengan Bumi mengelilingi Matahari. Apabila ditentukan kala rotasi bumi satu hari, kala revolusi bumi 366 hari, serta kala revolusi dan rotasi bulan sama, yaitu 29,5 hari, ketika Bumi telah menempuh 1/4 lintasan revolusinya, maka berapa kali Bulan telah berevolusi dan berotasi? Jelaskan jawabanmu!
Tanggapan:
Jumlah Revolusi Bumi jika menempuh 1/4 lintasan
= 1/4 × Total Revolusi Bumi
= 1/4 × 366 hari
= 91,5 kali
Jumlah Revolusi dan Rotasi Bulan
= Revolusi saat 1/4 lintasan : kala revolusi dan rotasi bulan
= 91,5 kali : 29,5 hari
= 3,1 kali
Jadi, Jika bumi menempuh seperempat lintasan revolusinya Bumi telah berotasi sekitar 91,5 kali dan Bulan telah berevolusi dan berotasi sekitar 3,1 kali.
8. Jenis gerhana apakah yang terjadi berdasarkan gambar di bawah ini? Jelaskan.
Tanggapan:
Jenis gerhana yang terjadi berdasarkan gambar dibawah adalah Gerhana Bulan. Penjelasannya : Gerhana Bulan umumnya terjadi saatbposisi Bumi berada di tengah-tengah Matahari dan Bulan.
9. Mengapa gerhana Matahari hanya terjadi kadang-kadang saja ? Jelaskan.
Tanggapan:
Gerhana Matahari hanya terjadi kadang-kadang saat dikarenakan lintasan Bumi dan lintasan Bulan tidak berada pada garis yang sama dengan selisih sekitar 5°.
10. Mengapa ketika terjadi gerhana Matahari kamu tidak diperbolehkan untuk melihat Matahari secara langsung?
Tanggapan:
Disaat gerhana matahari berlangsung, bagian pupil mata kita tidak bisa bekerja dengan baik dan jika dipaksakan akan menyebabkan resiko kebutaan
Pelajari Lebih LanjutTeori terbentuknya alam semesta : brainly.co.id/tugas/22829290Sejarah terbentuknya bumi berkaitan dengan terbentuknya tata surya : brainly.co.id/tugas/9062719Yang dimaksud tata surya dan nggota tata surya : brainly.co.id/tugas/14517802Detail JawabanKelas : 8 SMP
Mapel : Biologi
Materi : Bab 10 : Tata Surya
Kode : 8.6.10
Kata Kunci : susunan tata surya, planet luar dan planet dalam, gerhana matahari dan bulan, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan
#TingkatkanPrestasimu
15. kunci jawaban halaman 167 tema 1 kelas 5
Jawaban:
yo ndak tau gak neng fotone
Jawaban:
yo ngak tau lah kok tanya saya
16. cara mengerjakan tema 1 kelas 5 halaman 166-167 plss
Jawaban:
Penjelasan:
mana gambar bukunyaa??
17. pliss jawab kak itu tema 9 kelas 5 halaman 167
Jawaban:
Bisa di searching di google aja itu kak
18. tolong dong bhs inggris kelas 8 hal 167
Jawaban Soal Bahasa Inggris Buku Paket kelas 8 halaman 167:
Dayu when she was a baby
1. She could not do anything.
2. Her parents and her elder brother took care of her.
3. She didn’t sleep with her mum.
4. She slept in a baby cot in her parents’ bedroom.
5. Her brother slept in his own bedroom.
6. Her mum breastfed her for two years.
7. When she cried, her parents and her brother calmed her down.
8. When she was afraid of something, they comforted her.
9. Her dad often carried her around in the morning sun.
10. When she got older, they spoonfed her.
11. She played with her brother.
12. She was naughty.
13. Her brother never got angry with her.
14. He was very patient with her.
Dayu when she was in kindergarten
1. She started her kindergarten when she was five years old.
2. She did her kindergarten for two years, one year in Kindy A and one year in Kindy B.
3. Her kindy was near her home.
4. She walked to her kindy with her mum or her brother.
5. Sometimes she went with her dad on his motorcycle.
6. In the classroom, her teacher read stories to the students.
7. The students sang happy songs.
8. They coloured pictures.
9. They played with dough and colourful paper.
10. In the playground, they played sliding.
11. They ran around.
12.They played hide-and-seek
Dayu’s sweet memories in the primary school
1. She and her friends often helped Pak Min, the janitor.
2. Because he had so much work to do.
3. We felt happy when we could him.
4. Her Physical Education (PE) teacher, Mr. Laode, often took the students to walk around the hills and along the river near her school.
5. They took a rest under the trees when they were tired.
6. She learned to ride on a bicycle in the school yard in the afternoon after school.
7. She could ride in the small streets in the neighbourhood with her friends.
8. She and her friends often spent hours chatting in the green grass near the Kelurahan office.
9. The boys climbed the big tree.
10. They swam in the river.
11. The river was still very clean at that time.
PembahasanDari soal di atas, kita tahu bahwa perlu menggunakan simple past tense jika kita ingin menceritakan kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau.
Simple Past tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi dan berakhir di masa lampau. Keterangan waktu yang sering digunakan pada simple past tense adalah:
1. Yesterday
2. Last night
3. Last week
4. Last month
5. Last year
6. Three days ago
7. Five weeks ago
8. two months ago
9. four years ago
10. this morning
11. this afternoon
12. dan lain lain
Pattern yang digunakan pada simple past tense adalah:
(+) S + V2
(-) S + did not + V1
(?) Did + S + V1?
Pelajari Lebih Lanjut https://brainly.co.id/tugas/2388717 Detil JawabanKelas: SMA
Mapel: B Inggris
Kategori: Grammar
Kata kunci: Simple past tense
19. Jawaban bahasa inggris kelas 7 halaman 167
Jawaban:
soalnya mana
Penjelasan:
soalnya GK jelas
20. tabel 3.6 halaman 167 matematika kelas 9
Lengkapilah tabel 3.6 di bawah ini, dengan mengisi koordinat bayangan hasil rotasi titik yang dimaksud.
Jawaban: (4, -2); (y, -x); (-y, x); (-7, -5); (-x, -y); (-x, -y).
Teman-teman dapat membuka materi Transformasi Geometri untuk memudahkan teman-teman dalam menjawab soal di atas. Penjelasan dan perhitungan selengkapnya, dapat teman-teman pelajari pada pembahasan berikut.
PEMBAHASANTransformasi GeometriTransformasi geometri adalah proses berubahnya setiap titik pada suatu koordinat menjadi titik koordinat lain menurut aturan tertentu. Perubahan ini merujuk pada perubahan bangun-bangun terhadap kedudukan maupun ukurannya.
RotasiRotasi adalah transformasi yang memindahkan titik-titik dengan cara memutar titik-titik tersebut sejauh α terhadap suatu titik tertentu. Rotasi pada bidang datar ditentukan oleh :
Titik pusat rotasiBesar sudut rotasiArah sudut rotasiJika arah rotasi diputar searah jarum jam, maka besar sudut rotasi negatif (-α). Jika arah rotasi diputar berlawanan jarum jam, maka besar sudut rotasi positif (α).
Untuk menentukan koordinat titik hasil rotasi, dapat dihitung menggunakan aturan berikut:
Rotasi sebesar [tex]90^{o}[/tex] dengan pusat (a, b)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (-y + a + b, x - a + b).
Rotasi sebesar [tex]180^{o}[/tex] dengan pusat (a, b)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (-x + 2a, -y + 2b).
Rotasi sebesar [tex]-90^{o}[/tex] dengan pusat (a, b)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (y - b + a, -x + a + b).
Rotasi sebesar [tex]90^{o}[/tex] dengan pusat (0, 0)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (-y, x).
Rotasi sebesar [tex]180^{o}[/tex] dengan pusat (0, 0)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (-x, -y).
Rotasi sebesar [tex]-90^{o}[/tex] dengan pusat (0, 0)Koordinat titik (x, y) akan menghasilkan koordinat bayangan (y, -x).
Jawab:
Titik (2, 4) dirotasikan sebesar [tex]90^{o}[/tex] searah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (4, -2).Titik (x, y) dirotasikan sebesar [tex]90^{o}[/tex] searah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (y, -x).Titik (x, y) dirotasikan sebesar [tex]90^{o}[/tex] berlawanan arah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (-y, x).Titik (7, 5) dirotasikan sebesar [tex]180^{o}[/tex] berlawanan arah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (-7, -5).Titik (x, y) dirotasikan sebesar [tex]180^{o}[/tex] searah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (-x, -y).Titik (x, y) dirotasikan sebesar [tex]180^{o}[/tex] berlawanan arah jarum jam dengan pusat rotasi (0, 0) menghasilkan bayangan (-x, -y).PELAJARI LEBIH LANJUT:Teman-teman dapat menemukan soal-soal yang sejenis dengan soal di atas, dengan tetap mengakses Brainly.co.id. Banyak sekali soal-soal yang ditanyakan, dan telah mendapatkan jawaban yang detail dan jelas dari kakak-kakak yang telah ahli di bidangnya masing-masing.
Beberapa contoh soal dapat dilihat pada link di bawah ini:
Rotasi: brainly.co.id/tugas/210599Rotasi: brainly.co.id/tugas/201595Transformasi Geometri: brainly.co.id/tugas/2353877DETAIL JAWABAN:Kelas: XII
Pelajaran: Matematika
Bab: 5 - Transformasi Geometri
Kode: 12.2.5
#AyoBelajar