Contoh Paragraf Analogi Tentang Budaya Sunda


Contoh Paragraf Analogi Tentang Budaya Sunda

contoh paragraf analogi​

1. contoh paragraf analogi​


Jawaban:

Contoh 1 :

Mendidik anak sama seperti merawat sebuah tanaman. Dalam merawat tanaman, kita mesti merawat mereka secara telaten dan sabar, sehingga tanaman yang kita rawat bisa bertumbuh dengan semestinya. Begitu juga dengan mendidik anak. Perlu adanya ketelatenan dan kesabaran ekstra agar mereka dapat bertumbuh dengan semestinya. Oleh karena itu, kita harus mendidik anakkita dengan telaten dan sabar seperti halnya saat kita merawat tumbuhan.

Contoh 2 :

Arus informasi saat ini bagaikan hujan deras yang turun ke bumi. Banyaknya informasi yang lalu lalang di masyarakat akan membuat pembaca pusing sekaligus bingung dalam menentukan informasi yang valid dan informasi yang tidak valid. Mengasah daya kritis, serta selektif dalam memilih sumber informasi menjadi tips yang bisa dilakukan dalam membendung arus informasi yang deras seperti hujan.

Jawaban:

Contoh 1 :

mendidik anak sama seperti merawat sebuah tanaman. dalam merawat tanaman, kita mesti merawat mereka secara telaten dan sabar, sehingga tanaman yang kita rawat bisa bertumbuh dengan semestinya. begitu juga dengan mendidik anak, perlu adanya kelatenan dan kesabaran ekstra agar mereka dapat bertumbuh dengan semestinya. oleh karena itu, kita harus mendidik anak kita dengan telaten dan sabar seperti halnya saat kita merawat tumbuhan.

semoga bermanfaat:)


2. pengertian dan contoh paragraf analogi


"Paragraf Analogi merupakan paragraf yang penalarannya secara membandingkan antara 2 hal yang banyak berisi persamaan. Dalam membuat paragraf analogi ini kami diharuskan memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan. Proses berfikir ini adalah yang disebut proses berfikir Induktif."

3. Contoh paragraf analogi tentang pancasila


Paragraf analogi adalah sebuah paragraf yang menyajikan perbandingan satu hal dengan hal lain yang dianggap memiliki setidaknya satu hal yang sama di antara mereka. Hal-hal yang diperbandingkan pun tak semata-mata harus mengandung unsur fisik, melainkan dapat berupa nilai yang terkandung atau unsur tersirat lainnya.

Adapun paragraf dapat diartikan sebagai kelompok kalimat yang memiliki inti yang sama. Sebuah paragraf terdiri dari dua unsur yaitu gagasan utama dan penjelas. Gagasan utama berfungsi menyusun seluruh isi paragraf, sementara gagasan penjelas atau pendukung berfungsi menjelaskan gagasan utama.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan satu contoh paragraf analogi tentang Pancasila. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

CONTOH PARAGRAF

Pancasila bagi bangsa Indonesia ibarat darah yang mengalir di tubuh manusia. Tanpa Pancasila, tidak ada manusia Indonesia. Tanpa Pancasila, bangsa dan negara Indonesia tidak dapat hidup. Bahkan jika sebagian unsur dari Pancasila direnggut dari bagnsa Indonesia, kita akan mengalami kesulitan dalam mendefinisikan diri dan melakukan aktivitas kita, ibarat seseorang yang ditarik darah dari tubuhnya. Hal ini terjadi sebab Pancasila merupakan sari dari seluruh nilai, budaya, norma, serta tradisi bangsa Indonesia yang telah berjalan sejak nenek moyang kita.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang analogi:

https://brainly.co.id/tugas/2513582

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: paragraf, analogi, perbandingan, dua hal, unsur, sama, intrinsik, tersirat, Pancasila


4. bagaimana contoh teknik pengembangan paragraf analogi dan sebab akibat?


Penjelasan:

paragraf analogi merupakan salah satu dari paragraf yg memiliki penalaran induktif. paragraf analogi membandingkannya antara 2 hal yg memiliki kesamaan hampir sama atau hampir sama satu sama lain.

maaf kalau salah

Jawaban:

paragraf anologi adalah paragraf yang memaparkan suatu objek dengan menyamakan nya dengan objek lain yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu.

karena paragraf ini mengikuti penalaran induktif maka paragraf anologi memiliki pola sebagai berikut

-khusus

-khusus

-umum

paragraf anologi merupakan salah satu dari paragraf yang memiliki penalaran induktif. paragraf anologi sendiri merupakan suatu paragraf yang membandingkan antara dua hal yang memiliki kesamaan atau hampir satu sama lain yang akan di simpulkan di akhir paragraf.

Penjelasan:

semoga membantu


5. contoh wacana paragraf analogi tentang hukum?


Harja adalah anak yang penakut sikapnya ini membuatnya sering jadi bahan mainan teman-temannya. Bagai kerbau dicocok hidung ia selalu mengikuti apa kata orang lain. Sehingga ia tidak dapat berkembang dan selalu hanya bisa diam sama seperti kerbau yang hanya bisa diam ketika hidungnya dicocok untuk melakukan apa yang diinginkan tuannnya


6. contoh paragraf induktif yang bersifat analogi?


"Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan seperti jalan yang membuat seseorang terjatuh. Adapula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya?. Begitu pula menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan memahami pelajaran,kesulitan ekonomi, dan lain sebagainya. Apakah seseorang sanggup melaluinya?. Jadi menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mencapai puncaknya."

7. apa itu paragraf argumentasi analogi? dan apa contohnya?


paragraf analogi adalah paragraf yang penalarannya dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan.
contoh : Budi adalah anak yang penakut sikapnya ini membuatnya sering jadi bahan mainan teman-temannya. Bagai kerbau dicocok hidung ia selalu mengikuti apa kata orang lain. Sehingga ia tidak dapat berkembang dan selalu hanya bisa diam sama seperti kerbau yang hanya bisa diam ketika hidungnya dicocok untuk melakukan apa yang diinginkan tuannnya.


Paragraf Analogi adalah paragraf yang membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan.

contoh :
 Pertumbuhan tindak kejahatan korupsi di Indonesia terus bertumbuh pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul banyak tersangka lain yang terus menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Sama halnya seperti pepatah mati satu tumbuh seribu . Begitulah juga keadaaan tindak korupsi di negara ini yang terus tumbuh pesat dan merugikan banyak orang.

8. contoh paragraf analogi pendidikan


Paragraf Analogi adalah sebuah paragraph yang membandingkan dua hal dengan lebih banyak persamaan. Jadi singkatnya bahwa jika anda ingin membuat model paragaraf ini, maka diharuskan untuk bisa memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan.
Contoh:
Seorang yang menuntut ilmu itu bagaikan sedang mendaki puncak gunung, Saat mendaki itulah beribu banyak rintangan membentang hingga membuatnya jatuh tersungkur, ada juga semak – semak belukar yang sangat sulit untuk dilalui. Demikian juga pada orang yang sedang menuntut ilmu, ada banyak kesulitan yang menghadang seperti sulit dalam hal perekonomian, sulit untuk memahamai pelajaran dan yang lainya. Jadi menuntut ilmu itu layaknya seperti menaiki gunungn agar mencapai puncaknya.

9. Jelaskan apa itu paragraf analogi dan paragraf generalisasi, serta berikan masing-masing contohnya sebuah saja.


Paragraf Analogi adalah sebuah paragraph yang membandingkan dua hal dengan lebih banyak persamaan.

contoh paragraf analogi : Hampir semua atlet yang ada melatihan kebugaran fisisik untuk menyehatkan tubuh sekaligus membentuk otot – ototo yang kuat dan lentur. Begitu pula yang dilakukan oleh tentara dimana harus memerlukan latihan fisik dalam melindungi masyarakat di tanah air ini. Keduanya juga membutuhkan mental yang kuat untuk melawan para musuh – musuh di lapangan. Oleh karenanya menjadi atlet dan tentara harus ada modal fisik serta mental yang kuat.

Paragraf Generalisasi adalah  sebuah paragraf yang memiliki disusun berdasarkan kumpulan fakta atau data yang saling.

contoh paragraf geeralisasi : Pada ujian matematika yang diadakan dikelas 2B, hampir semua siswa mendapatkan nilai rata rata diatas 8. Hanya terdapat 2 siswa yang mendapat nilai 7,5 dan seorang siswa yang mendapat nilai 7. Namun ada juga cukup banyak siswa yang mendapat nilai 10. Sehingga bisa dikatakan bahwa siswa kelas 2B rata rata mempunyai kemampuan yang baik dalam mata pelajaran matematika.


Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili
Contoh :
Bensin merupakan jenis bahan bakar apabilaterkena api akan mudah terbakar. Demikian jugaminyak tanah, termasuk bahan bakar yang mudahterbakar. Solar pun demikian pula halnya, bilaterkena api akan mudah terbakar. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasemua jenis bahan bakar apabila terkena api.

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.
Contoh :
Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

10. Contoh paragraf induktif analogi tentang perempuan


CONTOH PARAGRAF INDUKTIF ANALOGI TENTANG PEREMPUAN.

Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci oleh ibunya. Seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan pendidikan yang diterimanya terutama Dari sang ibu yang mendidiknya. jika bayi di didik dengan baik oleh ibunya Dangan kasih sayang, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Seorang ibu yang mendidik anaknya bagaikan seseorang yang menulis di kertas.


11. Contoh paragraf analogi dan kesimpulannya


Belajar matematika butuh ketelitian apalagi ketika mempelajari beberapa bab tertentu yang butuh tingkat ketelitian yang tinggi. Sama seperti kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi.


12. Contoh paragraf analogi dengan judul seekor harimau


pada zaman dahulu iay

13. Buatlah contoh paragraf induktif analogi!


Jawaban:

contoh paragraf induktif anologi:

Padi yang terhampar di ladang sana di ibaratkan sebagai sifat yang harus dimiliki oleh manusia. Hal ini karena padi semakin berisi semakin merunduk. Itupun yang harusnya terjadi pada manusia semakin dirinya pintar maka harusnya dirinya semakin rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Sebagai manusia jika kita semakin pandai dan semakin banyak wawasan maka kita alangkah lebih baik jika seperti padi yakni semakin dermawan. Padi yang kosong adalah seperti orang yang sombong. Ornag yang sombong adalah orang yang di ibaraktan seperti padi karena di rinya seakan – akan memiliki banyak manfaat padalah sebenarnya tidak memiliki apa – apa hanya saja dirinya mampu menyombongkan diri. Maka dari itu sebagai seseorang yang memiliki kepandaian dan akal sehat maka ada baiknya kita hisup seperti padi, semakin tua semakin merunduk.

Penjelasan:

semoga membantu

#maaf kalo salah


14. buatlah contoh paragraf dengan pola pengembangan analogi


Busur panah yang mengarahkan ke arah mana anak panah meluncur. Busur panah juga yang mengatur kekuatan untuk mendapatkan kecepatan yg diinginkan. Namun, begitu anak panah meluncur, sasaran blm tentu berhasil diraih, banyak faktor lain yg mempengaruhi, seperti arah angin. Begitu pula orang tua sebagai busur yg mengarahkan anaknya sbg anak panah. Orang tua memberikan arahan dan anak panahlah yg menentukan kesuksesan dia.Contoh Paragraf Analogi

Contoh Paragraf Analogi 1:

Budi adalah anak yang penakut sikapnya ini membuatnya sering jadi bahan mainan teman-temannya. Bagai kerbau dicocok hidung ia selalu mengikuti apa kata orang lain. Sehingga ia tidak dapat berkembang dan selalu hanya bisa diam sama seperti kerbau yang hanya bisa diam ketika hidungnya dicocok untuk melakukan apa yang diinginkan tuannnya.


Contoh Paragraf Analogi 2:


Belajar dengan menggunakan buku dan kertas seperti pedang yang berkepala dua . Jika menggunakan kertas terlalu banyak dapat menyebabkan hutan gundul dan pemansan global terjadi. Tapi apabila tidak menggunakan kertas dapat menyebabkan orang tidak dapat belajar dengan baik apalagi yang memiliki tingkat ekonomi terbatas serba salah untuk mengambil keputusan seperti saat menggukan pedang berkepala dua yang bisa menyerang 2 arah yang berlawanan.  


Contoh Paragraf Analogi 3:


Pertumbuhan tindak kejahatan korupsi di Inodnesia terus bertumbuh pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul banyak tersangka lain yang terus menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Sama halnya seperti pepatah mati satu tumbuh seribu . Begitulah juga keadaaan tindak korupsi di negara ini yang terus tumbuh pesat dan merugikan banyak orang.


Contoh Paragraf Analogi 4:

Belajar matematika butuh ketelitian apalagi ketika mempelajari beberapa bab tertentu yang butuh tingkat ketelitian yang tinggi. Sama seperti kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi.



Contoh Paragraf Analogi 5:


Ternyata monyet merawat anaknya mirip dengan cara menusia merawat anaknya. Mereka juga menyusui anaknya dan tentunya mereka juga selalu menggendong anaknya penuh belas kasih. Induk monyet juga sangat mengjaga anaknya dari marabahaya sama seperti ibu kita yang juga selalu menjaga kita.


Saya kira contoh contoh diatas sudah cukup untuk membuat kamu mengerti tentang topik kita yaitu paragraf analogi.


15. contoh paragraf analogi tentang guru dan lentera


Paragraf Analogi adalah paragraf yang penalarannya dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dalam membuat paragraf analogi ini kita diharuskan memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan. Proses berfikir ini ialah yang disebut proses berfikir Induktif. Jadi proses berfikir induktif ialah proses berfikir yang bergerak dari pandangan umum lalu menuju kepada penjelasan yang lebih khusus lagi. Atau bisa dengan mudah kita pahami bahwa Berfikir induktif bisa dikatakan dengan meletakkan gagasan utama di awal paragraf seperti pada paragraf induktif.

16. tuliskan 5 contoh paragraf analogi


Berikut adalah 5 contoh dari paragraf analogi:

Paragraf 1

Arus informasi di zaman sekarang sudah mengalir deras seperti air hujan. Seperti yang kita tahu, hujan deras dapat menyebabkan banjir. Jika kita berjalan dengan tidak hati-hati di tengah banjir, kita bisa terseret arus. Begitu juga jika kita gagal menyaring arus informasi, maka kita bisa tenggelam dalam informasi yang berbahaya. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar menyaring arus informasi agar tidak terseret arus yang tidak benar.

Paragraf 2

Jika masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah, maka pikirkanlah seolah-olah sedang mencari pasangan hidup. Selayaknya mencari pasangan, memilih jurusan juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan kecocokan. Kita juga harus melakukan pendekatan terlebih dahulu dan mencari tahu karakteristik jurusan tersebut dan mencocokkannya dengan diri sendiri, sama seperti mencari pasangan.

Paragraf 3

Dalam mencapai kesuksesan, ada banyak hal yang harus kita persiapkan. Sama seperti ketika ingin mendaki gunung, tentu banyak persediaan yang harus dibawa untuk memastikan keselamatan kita. Begitu juga dalam hidup, kita harus membekali diri dengan mentalitas, pengetahuan, dan doa sehingga kita dapat mencapai kesuksesan, selayaknya seperti mendaki gunung.

Paragraf 4

Menasehati orang dengan pemikiran yang tertutup sama sulitnya dengan menguras air di laut menggunakan ember. Sekeras apa pun kita berusaha menimba air laut dan memindahkannya ke tempat lain, tetap saja laut seakan punya air yang tak ada habisnya. Begitu juga orang yang berpikiran tertutup, mereka akan menolak saran dari kita dan bersikukuh dengan pendiriannya seperti air laut yang tidak mau dipindahkan.

Paragraf 5

Orang yang tidak memiliki banyak wawasan pada dasarnya sama saja dengan tong yang kosong. Ketika kita memukul tong kosong, maka suaranya akan jauh lebih nyaring. Begitu juga dengan orang dengan wawasan sempit. Mereka biasanya suka berkoar-koar lebih keras daripada orang yang berwawasan. Sama seperti tong kosong yang nyaring bunyinya.

Pembahasan

Paragraf analogi adalah jenis paragraf penalaran induktif yang membandingkan antara dua hal yang hampir memiliki kesamaan kemudian disimpulkan persamaannya di akhir paragraf.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh paragraf analogi tentang Pancasila https://brainly.co.id/tugas/22662540Materi tentang pengertian generalisasi, analogi, dan sebab akibat https://brainly.co.id/tugas/9766941Materi tentang paragraf analogi rumah dan negara https://brainly.co.id/tugas/15990379

Detail jawaban

Kelas : 11

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Menyunting Beragam Teks

Kode : -

#AyoBelajar


17. contoh paragraf induktif analogi


Budi adalah anak yang penakut sikapnya ini membuatnya sering jadi bahan mainan teman-temannya. Bagai kerbau dicocok hidung ia selalu mengikuti apa kata orang lain. Sehingga ia tidak dapat berkembang dan selalu hanya bisa diam sama seperti kerbau yang hanya bisa diam ketika hidungnya dicocok untuk melakukan apa yang diinginkan tuannnya.

18. tolong buatkanlah saya contoh kalimat paragraf analogi


perubahan alam semesta yang mengembang dapat dijelaskan dan disimpulkan dari apa yang terjadi pada balon karet yang dikembungkan. sebelumnya, balon karet itu diwarnai. Ketika dikembungkan, warna pada balon karet itu ikut mengembang. semakin besar balon itu mengembang, semakin pudar warnanya. warna itu memudar karena warna makin berkurang dan mengembang. cahaya bintang - bintang di angkasa juga semakin berkurang intensitasnya. para ahli menyimpulkan bahwa bintang - bintang itu makin menjauh  dari kita dan alam semestapun mengembang.


19. Buatlah paragraf dengan pola induktif dengan cara analogi tentang seni budaya


Pada saat ini remaja lebih menukai tari-tarian dari barat seperti breakdance, Shuffle, salsa (dan Kripton), modern dance dan lain sebagainya. Begitupula dengan jenis musik umumnya mereka menyukai rock, blues, jazz, maupun reff tarian dan kesenian tradisional mulai ditinggalkan dan beralih mengikuti tren barat. Penerimaan terhadap bahaya luar yang masuk tidak disertai dengan pelestarian budaya sendiri. Kesenian dan budaya luar perlahan-lahan menggeser kesenian dan budaya tradisional.
Semoga membantu :)

20. buatlah contoh paragraf analogi


Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan seperti jalan yang membuat seseorang terjatuh. Adapula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya?. Begitu pula menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan ekonomi, kesulitan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah seseorang sanggup melaluinya?. Jadi menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mencapai puncaknya  ini jawabanya yuntuk mendaki sebuah gunung sangat tinggi maka perlu persiapan persiapan dan juga mental yg kuat supaya sesampainya dengan selamat di sebabkan akan banyak sekali halangan dan rintangan yg nantinya akan menghadang ke depan apabila salah melangkah maka kita malah terperosok serta jatuh ke jurang begitu pula sebaliknya untuk mencapai puncak kesuksesan sangat perlu adanya persiapan2 matang serta mental yg kuat dan persiapan2 diantara nya adalah ilmu pengalaman dan juga keahlian khusus apabila tidak mempunyai persiapan yg mental maka kita juga akan mengalami yg sama dengan memanjat gunung yg tanpa persiapan yaitu kita dapat terperosok ke jurang dan tidak sampai ke puncak kesuksesan mencapai kesuksesan pula halnya seperti mencapai sebuah gunung yakni memerlukan persiapan persiapan dan juga mental yang sangat kuat
semoga membantu:)

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak