Berikut Merupakan Contoh Dari Cerminan Diri Menurut Cooley Adalah


Berikut Merupakan Contoh Dari Cerminan Diri Menurut Cooley Adalah

Merupakan contoh dari cerminan diri menurut cooley adalah ?

1. Merupakan contoh dari cerminan diri menurut cooley adalah ?


Jawaban:

Tuh ngetik di catatan pribadi

Penjelasan:

NggakScrenshot&nggakCopas!!!!


2. contoh dari cerminan diri menuru cooley adalah


Cooley (1964) mengusulkan konsep Looking Glass Self (cermin diri) untuk menggambarkan suatu analogi perkembangan diri melalui cermin, di mana cermin memantulkan apa yang ada didepannya, dari sana seseorang melihat dirinya: ganteng, cantik, perkasa, dan ramah. Terdapat tiga unsure dalam Looking Glass Self (cermin diri):
1. Anda membayangkan bagaimana anda tampak bagi mereka di sekeliling kita. Sebagai contoh, kita dapat berpikir bahwa orang lain menganggap anda sebagai seorang peramah atau pemarah.
2. Anda menafsirkan reaksi orang lain. Anda menarik kesimpulan bagaimana orang lain mengevaluasi anda. Apakah mereka menyukai anda karena anda seorang peramah?
3. Anda mengembangkan suatu konsep-diri (self-concept). Cara anda menginterpretasikan reaksi orang lain terhadap anda memberikan anda perasaan dan ide mengenai diri anda sendiri. Suatu refleksi diri yang menyenangkan dalam cerminn diri social ini mengarah pada suatu konsep diri yang positif; suatu refleksi negative mengarah ke suatu konsep diri negative.
Melakukan cermin diri tidak berhenti pada suatu masa, misalnya masa dewasa yang dianggap telah memiliki konsep-diri yang mapan dan tetap; sebaliknya konsep diri dibangun terus-menerus sepanjang hayat. Dengan demikian, konsep diri menurut Cooley merupakan produk yang tidak pernah selesai dibentuk, bahkan sampai usia lanjut.
Bagaimana relevansi Looking Glass Self (cermin diri) pada proses perkembangan diri di masyarakat saat ini? Kalau kita cermati apa yang dilakukan oleh para pejabat public dan politisi yang bersaing meraih kekuasaan pada berbagai tingkatan, seperti anggota legislatif dan elite eksekutif (pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota), ternyata mereka mengeksplorasi dan mengintensifkan pemanfaatan efek cermin cermin diri bagi pencitraan diri menjadi positive sesuai denagn konstruksi yang diharapkan. Pencitraan diri melibatkan berbagai cara dan teknik efek citra melalui media sehingga apa yang dikatakan, bagaimana mengatakannya, dan dalam situasi apa hal ini dikatakan meminta pertimbangan berbagai ahli (seperti politik, sosiologi, militer, agama, etika, komunikasi, dan psikologi). Seseorang bias mendapat pencitraan positif karena meraih award antikorupsi karena diberikan oleh suatu lembaga yang dibuat seolah independen pada saat sekian bulan menjelang suatu pemilihan, misalnya. Pencitraan positif ini dikristalkan melalui penyebaran informasi sedemikian rupa melalui berbagai media massa. Padahal sejatinya, orang ini tidak begitu serius memberantas korupsi atau melakukan suatu program antikorupsi. Konsekuensi pencitraan seperti ini rating-nya menjadi naik dimata pemilih. Sehingga pemilih memberikan suara terbanyak pada kandidat yang memperoleh award antikorupsi ini.
kalau kepanjanggan maaf

3. Jelaskan Proses Pembentukan kepribadian menurut Charles Horton Cooley dalam teori cermin diri!


mengeksplorasi dan mengintensifkan pemanfaatan efek cermin diri bagi pencitraan diri mnjdi positive sesuai dgn kontruksi yg diharapkan.
kalo ga salah:)

4. definisi sosiologi menurut charles horton cooley


Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengembangkan konsep mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yang tidak terpisah antara individu dengan masyarakat.mapel : sosiologi / IPS

sosiologi adalah ilmu pengetahuan antara hubungan timbal balik yaitu individu dan masyarakat

5. Gambaran seseorang akan dirinya sendiri menurut Cooley ditentukan oleh....


Perilaku organisasi tersebut terhadap reaksi ke org lainMenurut Cooley, seseorang berkembang melalui interaksinya dengan orang lain melalui tiga tahap, yaitu:
1. Seseorang mempunyai persepsi mengenai penilaian orang lain terhadapnya.
2. Seseorang mempunyai persepsi mengenai penilaian orang lain terhadap penampilannya.
3. Seseorang mempunyai perasaan apa yang dirasakannya sebagai penilaian orang lain terhadapnya.

Ia menganalogikan antara pembentukan diri seorang dengan perilaku orang yang sedang bercermin. Misalnya seseorang siswa memperoleh nilai rendah dalam ujian, ia merasa bahwa para gurunya menganggapnya bodoh, maka ia kurang dihargai dan siswa tersebut menjadi murung.



Mapel : Sosiologi

Kelas : XI SMA

Kategori : Fungsi kelompok social pada masyarakat

Kata kunci : Hubungan social, kekerabatan

 

Jika dilihat hubungan antara penyataan Cooley dengan kehidupan masyarakat zaman sekarang dapatlah diambil kesimpulan bahwa penyataan Cooley tersebut benar jika ditujukan pada masyarakat yang hidup di perkotaan. Sedangkan jika ditujukan pada masyarakat pedesaan, pernyataan Cooley tersebut adalah salah.

 

Penjelasan dari jawaban tersebut dapat dilihat dari pembahasan di bawah ini.


Pembahasan:
Kelompok primer adalah kelompok masyarakat yang dapat dikenali dengan ciri -ciri sikap saling kenal sama lain serta mempunyai kerjasama yang erat atau akrab yang melebur dalam kehidupan sehari – hari terus langgeng. Kelompok primer dapat kita lihat pada sekelompok anak yang satu permainan, dan perkumpulan rukun tetangga.

Fungsi kelompok primer adalah untuk membentuk kepribadian dasar, membentuk nilai nilai dasar kemanusiaan, menata dan melaksanakan kehidupan emosional, serta mengembangkan kecakapan social dasar, kultural, dan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat.


Kelompok primer dapat dikenali dengan ciri -ciri sebagai berikut:

1.      Adanya interaksi social sengah hubungan erat dan saling kenal satu dama lain di dalam kelompoknya.

2.      Hubungan yang erat tersebut bersifat irrasional karena tidak didasarkan oleh kepentingan melainkan empati sehingga anggotanya suka saling tolong menolong tanpa pamrih.

 

Kelompok sekunder adalah kelompok masyarakat yang dapat dikenali dengan ciri – ciri hubungan yang tidak saling mengenal satu sama lain secara pribadi, kurang akrab, serta hanya berkumpul hanya jika menemukan kepentingan yang sama sehingga hubungannya tidak langgeng. Kelompok sekunder ini dapat dilihat pada orang yang melakukan perjanjian sewa – menyewa dan juga pada orang yang melakukan hubungan jual -beli.

 

Masyarakat adalah sekelompok individu yang berkumpul bersama – sama dalam suatu sistem teratur yang didalamnya terdapat proses interaksi antara individu individu dalam kelompok dan mempunyai ketergantungan satu sama lain. Dalam kehidupan sehari hari masyarakat terbagi atas dua macam kelompk, yaitu masyarakt desa dan masyarakat perkotaan. 

Masyarakat desa mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:
1.      Adanya affektifitas dan orientasi kolektif, yakni hubungan kebersamaan yang didasari rasa kasih sayang mendalam, adanya kesetiaan, dan kemesraan yang membuat individu individu dalam masyarakatnya selalu hidup dengan saling tolong menolong dan bantu - membantu tanpa pamrih serta mudah simpati pada orang lain terurtama dalam kelompoknya.
2.      Adanya askripsi, hubungan kebersamaan dalam kelompok masyarakat didasarkan dengan sifat sifat khusus yang diperoleh tanpa sengaja, melainkan suatu kebiasaan yang didapat secara turun temurun.
3.      Adanya kekabaran, yakni ketidakjelasan atau ketidaktegasan secara eksplisit antara individu individu dalam hubungan yang dijalin sesama anggota kelompok sehingga sangat umum terjadi komunikasi dengan menggunakan bahasa tidak langsung dalam hubungan masyarakatnya. 

Masyarakat kota sendiri mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:
1.      Kurangnya hubungan yang didasari hubungan yang erat sehingga individu – individunya cenderung tidak saling kenal sehingga kurangnya rasa saling tolong menolong yang tanpa pamrih.
2.      Adanya pembagian kerja yang tegas dan batas - batas yang telah ditentukan diantara sesama warga.
3.      Kehidupan dalam bidang adat istiadat dan keagamaan kurang diperhatikan sebagai akibat dari terlalu memikirkan kehidupan duniawi.
4.      Mudahnya melakukan berbagai perubahan di kota -kota karena tingkat keterbukaanya yang tinggi.
5.      Masyarakat perkotaan cenderung individualis dimana mereka hanya memikirkan diri sendiri saja untuk diurus tanpa bergantung dan tanpa memikirkan orang lain karena minimnya hubungan kebersamaan.
6.      Kehidupan sehari – hari berjalan dengan cepat pada masyarakat perkotaan sehingga pembagian waktu sangat penting pada tiap individu warganya.



7. Jelaskan proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri!


1) Imajinasi tentang pandangan orang lain terhadap diri seseorang, seperti bagaimana pakaian atau tingkah lakunya di mata orang lain.
2) Imajinasi terhadap penilaian orang lain tentang apa yang terdapat pada diri masing-masing orang. Misalnya, pakaian yang dipakai.
3) Perasaan seseorang tentang penilaian-penilaian itu, seperti bangga, kecewa, gembira, atau rendah diri.

kelompok primer atau kelompok konkret

9. arti sosiologi menurut charles cooley


arti sosiologi menurut Charles Cooley/ Charles Horton Cooley ialah: Sosiologi ialah ilmu pengetahuan yg mengembangkan konsep mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yg tidak terpisah antara individu dengan masyarakat.
maaf ya kalau salah...

10. sejarah sosiologi menurut Charles Horton cooley​


Jawaban:

Menurut Charles Horton Cooley = Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengembangkan konsep mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yang tidak terpisah antara individu dengan masyarakat.


11. jelaskan proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri


Teori cermin adalah gambaran sesorang hanya bisa berubah dan berkembang dengan bantuan orang lain, dengan penilain serta pandangan dari orang lain terhadap seseorang.

Pembahasan

Proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri adalah dari Imajinasi terhadap penilaian, pandangan, perasaan orang lain terhadap diri seseorang, sehingga menimbulkan tindakan serta sifat terhadapd diri seseorang tersebut.

Contoh Teori cermin :

Seorang pemarah

Dalam keluarga teradapat, seorang anak yang sudah berumur dewasa tapi setiap hari marah terus karena tidak mau bekerja dan tidak memiliki uang. Seorang anak tersebut belum bisa disebut marah secara menyeluruh, karena masyarakat atau orang luar dari keluarga tersebut belum menanggap dia pemarah. Namun keluarga serta orang luar ( masyarakat) menyebut dia pemarah terus karena tidak mau bekerja dan buang waktu, serta tidak punya uang, pelabellingan secara terus menerus, maka orang tersebut tercap sebagi orang pemarah. Maka orang anak dewasas tersebut akan berpikir dia adalah orang pemarah, dan akan bertindak sebagai pemarah.

Pelajari lebih lanjut

1. Jelaskan Proses Pembentukan kepribadian menurut Charles Horton Cooley dalam teori cermin diri! https://brainly.co.id/tugas/8816172

2. Jelaskan proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri! https://brainly.co.id/tugas/13524277

3. Proses tahapan pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley https://brainly.co.id/tugas/4973785

-------------------------------

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: Bab 15 - Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode: 9.10. 15

#AyoBelajar


12. Klasifikasi menurut Charles H. Cooley dan Ellsworth farris


Klasifikasi Charles H. Cooley dan Ellsworth Farris

Menurut Cooley, di dalam masyarakat terdapat kelompok primer yang ditandai dengan pergaulan dan kerja sama tatap muka yang intim. Ruang lingkup terpenting kelompok primer adalah keluarga, teman bermain pada anak kecil, rukun warga, atau komunitas orang dewasa. Pergaulan intim ini menghasilkan keterpaduan individu dalam satu-kesatuan yang membuat seseorang hidup dan memiliki tujuan kelompok bersama. Farris meneruskan klasifikasi Cooley yang hanya menjelaskan kelompok primer. Menurut Farris, di dalam masyarakat juga terdapat kelompok sekunder yang formal, tidak pribadi  dan berciri kelembagaan. Contohnya kelompok organisasi, seperti koperasi, partai politik, dan lain sebagainya.


13. jelaskan proses terbentuk nya kepribadian menurut teori cermin sendiri/looking glass self dari charles hrton cooley!


Teori Cermin Diri (The Looking Glass Self) ini dikemukakan oleh Charles H. Cooley . Teori ini merupakan gambaran bahwa seseorang hanya bisa berkembang dengan bantuan orang lain. Setiap orang menggambarkan diri mereka sendiri dengan cara bagaimana orang-orang lain memandang mereka. Misalnya ada orang tua dan keluarga yang mengatakan bahwa anak gadisnya cantik. Jika hal itu sering diulang secara konsisten oleh orang-orang yang berbedabeda, akhirnya gadis tersebut akan merasa dan bertindak seperti seorang yang cantik. Teori ini didasarkan pada analogi dengan cara bercermin dan mengumpamakan gambar yang tampak pada cermin tersebut sebagai gambaran diri kita yang terlihat orang lain.

14. Bagaimanakah syarat adanya kerjasama menurut Charles H. Cooley?​


Jawaban:

Charles H. Cooley dalam Sarjono Soekanto hal. 66 (2013) menyebutkan: “Kerja sama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pendendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut.

Penjelasan:

Semoga Bermanfaat:)


15. definisi kelompok sosial menurut cooley​


Jawaban:

Definisi kelompok sosial menurut Charles H. Cooley adalah di dalam kehidupan sebuah masyarakat teradpat sebuah bagian dari masyarkat primer yang dimana hal tersebut kemudian akan dapat ditandai dengan sebuah bentuk pergaulan dan juga kerja sama akan tatap muka yang dimana kemudian intim.


16. Tipe"kelompk sosial menurut tharies M. cooley


Menurut Cooley ada 2 Tipe kelompok sosial yaitu Primer dan Sekunder

simplenya Primer itu informal, deket, kenal, akrab

kalo Sekunder itu formal, gadeket deket amat


gituu

semoga membantu


17. Jelaskan fungsi kerja sama menurut charles h. Cooley


Menurut Charles H. Cooley mengatakan bahwa kerja sama akan timbul jika seseorang atau kelompok yang sadar jika mereka memiliki kepentingan yang sama dan pada saat yang sama pula.

MAAF KALO SALAH

18. Jelaskan teori cermin diri mnurut charles horton cooley dan berukan contoh


Charles Horton Cooley adalah seorang sosiolog yang berasal dari Amerika, Charles memiliki teori yang terpengaruh dalam aliran romantik, yang mempunyai mimpi kehidupan bersama, rukun dan damai.

Pembahasan

Salah teori nya yaitu Looking glass self atau sering disebut teori cermin.

Teori cermin adalah gambaran bahwa eseorang hanya bisa berkembang dengan bantuan orang lain, setiap mengambarkan diri mereka sendiri dari pandangan orang lain terhadapa diri mereka.  

Contoh:

Seorang gadis cantik

Seseorang orang tua memanggil putrinya cantik, ini belum bisa membuktikan dia cantik menyeluruh dihadapan masyarakat, namun gadis/putrinya tersebut jika dianggap orang lain (masyarakat) dan serta orang tua mereka cantik secara terus menerus, maka gadis tersebut memang cantik dan gadis tersebut akan bertindak seperti gadis cantik sungguhan.

Pelajari lebih lanjut

1. Jelaskan proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri https://brainly.co.id/tugas/8333703

2. Jelaskan proses pembentukan kepribadian menurut charles horton cooley dalam teori cermin diri! https://brainly.co.id/tugas/13524277

----------------

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: Bab 15 - Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode: 9.10. 15

#TingkatkanPrestasimu


19. Apakah pemikiran menurut Charles horton cooley


Konsep diri menurut Charles Horton Cooley disebut looking glass self karena dalam setiap interaksi sosial, seseorang yang terlibat merupakan cerminan dan yang disatukan dalam identitas orang itu sendiri. Analisisnya mengenai pertumbuhan sosial individu, ia mengembangkan "diri sosial" menurut William James.
Dalam looking glass self ada tiga unsur yang dapat dibedakan, yaitu
(1) bayangan mengenai orang-orang lain melihat kita;
(2) bayangan mengenai pendapat yang dipunyai orang tentang kita,
(3) rasa diri yang dapat berarti positif atau negatif.
Tingkah laku orang seolah-olah merupakan cermin bagi imajinasi pribadi tertentu yang mempunyai tiga elemen, yaitu :
(1) imajinasi tentang bagaimana seseorang tampil;
(2) imajinasi tentang bagaimana orang lain menilai terhadap penampilan itu;
(3) reaksi-reaksi emosional terhadap penilaian orang lain.
Menurut Charles Horton Cooley konsep diri dibentuk oleh apa yang dinamakan kelompok primer. Dalam kelompok ini terdapat hubungan yang bersifat muka berhadapan dengan muka atau "wawanmuka" dan di sinilah terbentuknya watak manusia. Hubungan antara anggota sangat erat. Dalam anggota saling membaur sehingga tujuan yang akan dicapai akan ada kesamaan.
Faktor-faktor yang menyebabkan adanya hubungan yang mesra, yaitu :
(1) adanya rasa solidaritas yang tinggi di antara para anggatanya dan mereka merasa membutuhkan kepentingan yang sama;
(2) ada perasaan senasib dan sepenanggungan karena merasa mempunyai latar belakang sejarah yang sama.
Syarat yang harus dimiliki kelompok primer, yaitu :
(1) para anggota kelompok secara baik berdekatan antara yang satu dengan yang lainnya;
(2) jumlah anggota sedikit dan
(3) hubungan antara anggota kelompok bersifat langsung.

20. definisi sosiologi menurut charles horton cooley


Charles Horton Cooley = Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengembangkan konsep mengenai hubungan timbal balik dan hubungan yang tidak terpisah antara individu dengan masyarakat.

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak