Aplikasi Server Softswitch Berbasis Sip


Aplikasi Server Softswitch Berbasis Sip

Aplikasi Layanan Server Softswitch berbasis SIP ?

Daftar Isi

1. Aplikasi Layanan Server Softswitch berbasis SIP ?


Penjelasan:

Rayana sumber Indonesia llpl


2. 1.bagaimana konsep kerja server softswitch?2.apakah yang dimaksud sip dan softswitch?3.jelaskan bagaimanakah prosedur instalasi server softswitch berbasis sip?


1. Softswitch merupakan suatu alat yang bekerja pada jaringan VoIP. Softswitch menghubungkan antara jaringan sirkuit yang ada dengan jaringan paket. Jaringan tersebut meliputi jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler (GSM). Lalu bagaimana cara kerja Softswitch sendiri? Pada artikel kali ini akan kita bahas Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch yang merupakan bagian dari artikel bertema VoIP.

2. SIP adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yangbisa meliputi suara, video, dan text.

3. Pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1 Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.

Kedua ,selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Ketiga, Terakhir melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers.

semoga membantu...

3. Dibawah ini yang bukan merupakan komponen pada server softswitch berbasis sip adalah


Teknologi Informatika (TI) merupakan suatu istilah umum dalam teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa di bawah ini yang bukan merupakan komponen pada server softswitch berbasis sip adalah announcement protocol.

Pembahasan:

Manusia membutuhkan peran TI (Teknologi Informatika) dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk bekerja dan belajar. Pada saat kita mengalami kesulitan saat belajar, maka kita bisa mencari informasi melalui internet. Teknologi Informatika (TI) merupakan suatu istilah umum dalam teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa di bawah ini yang bukan merupakan komponen pada server softswitch berbasis sip adalah announcement protocol.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian TIK brainly.co.id/tugas/2038123

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


4. jelaskan cara mengakses layanan telekomunikasi berbasis jaringan ip dengan beberapa perangkat protokol dan aplikasi pada softswitch! ​


Cara mengakses layanan telekomunikasi berbasis jaringan ip dengan beberapa perangkat protokol dan aplikasi pada softswitch adalah dengan cara adalah  yaitu setelah sinyal diterima softswitch akan menganalisis panggilan yang masuk apakah berasal dari jaringan PSTN maupun Jaringan IP . Jikalau dipanggil menggunakan jaringan IP, softswitch lalu memperintahkan originating customer gateway serta terminating customer gateway untuk merutekan packetized voice stream dengan langsung.

Penjelasan:

Softswitch merupakan alat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan  jaringan kabel ke jaringan paket, termasuk PSTN, Internet berbasis IP,  TV kabel, dan  jaringan seluler yang ada. MGC  bekerja pada kontrol panggilan dan tingkat pemrosesan panggilan. MGC menyaring panggilan  masuk untuk menentukan jenis media panggilan dan tujuannya. Dari sana, MGC memberi sinyal kepada MG untuk membuat sambungan jaringan in-line atau antar-paket, atau sambungan jaringan antar-jalur, atau sebaliknya. Jika perlu, MGC meminta MG untuk melakukan  konversi media  sesuai kebutuhan, atau mentransfer panggilan secara langsung  jika tidak diperlukan konversi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang penjelasan konsep kerja server softwarch: https://brainly.co.id/tugas/8446555

#BelajarBersamaBrainly


5. Jelaskan pengertian server softswitch PBX​


Jawaban:

PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.

Penjelasan:


6. Software apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan Instalasi Server Softswitch berbasis SIP


Penjelasan:

Pengertian Softswitch

Softswitch merupakan switching berbasis software. Secara umum sistem softswitch merupakan suatu sistem komunikasi yang menggunakan elemen jaringan yang berupa software sebagai pusat pegendalian panggilan.

Pengertian SIP

SIP adalah suatu protokol pensinyalan apda layer aplikasi yang berfungsi untuk mengontrol suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna.

Prosedur Instalasi Server Softwitch Berbasis SIP

Instalasi server softswitch berbasis SIP yang akan dilakukan menggunakan Asterisk. Asterisk merupakan software IP PBX yang digunakan untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP. Asterisk adalah software open source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon reguler dengan telepon berbasis SIP (SIP Phones).

Dalam prosedur instalasi server softswitch berbasis SIP, sebenarnya tidak banyak yang harus diinstalasi untuk menjalankan Asterisk secara minimal yang hanya mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.

a. Autentikasi user dengan nomor telepon dan password.

b. Dial plan, untuk mengatur apa yang harus dilakukan untuk call ke sebuah nomor tertentu.

c. ENUM, agar Asterisk nantinya mengenali nomor +62---


7. Pada bidang apa saja ekstensi pada server softswitch digunakan ?


Jawaban:

Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan Server Softswitch  

Konfigurasi Ekstensi Server Softwitch

Penjelasan:


8. Jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch!


Berikut beberapa keuntungan menggunakan server softwitch :

Dapat membangun jaringan dengan lebih cepat dengan biaya yang sedikit dibandingkan dengan membangun pada sentral yang besar.Biaya operasi akan lebih ekonomis dan lebih mudah dibandingkan dengan jaringan yang terpisah.Dapat memberikan layanan dengan nilai tambah yang dapat meningkatkan persaingan antar perusahaan.Dapat memberikan layanan yang lebih mendetail dan personal yang mendukung upaya pemeliharaan dan penambahan pelanggan.Dapat meningkatkan serta mempercepat layanan next generation work.Jaringan lebih fleksibel untuk memebrikan dukungan dibeberapa aplikasi dan dari platform tunggal.Dapat menyederhanakan upgrade infrastuktur dengan sangat terbuka serta memusatkan fitur layanan lainnya.Pembahasan

Softwitch merupakan suatu alat yang dapat menghubungkan beberapa jaringan paket yang didalamnya terdapat jaringan telpon tetap, internet, kabel TV, dan juga jaringan seluler yang ada. Softwitch yang biasanya dikenal dengan IP-PBX merupakan :

Media gateway controller atau yang biasa disebut denan perangkat call agent yang merupakan salah satu elemen yang digunakan untuk mengontrol semua layanan komunikasi dan mengatur interaksi antar elemen jaringan lainnya.Aplication server merupakan salah satu entitas pengeksekusi aplikasi yang memiliki peran utama untuk menyediakan layanan logika dan ekseskusi.Media server.Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang konsep kerja server softwitch https://brainly.co.id/tugas/8446555

2. Materi tentang fungsional layanan yang dikerjakan server softwitch https://brainly.co.id/tugas/23420774

3. Materi tentang perangkat yang ada didalam softwich https://brainly.co.id/tugas/29440265

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Detail jawaban

Kelas: -

Mapel: TIK

Bab: -

Kode:-

#AyoBelajar

#SPJ2


9. jelaskan hubungan antara pbx server softswitch dengan telepon sip​


Telepon SIP adalah bagian integral dari infrastruktur PBX Server Softswitch. Adapun infrastruktur tersebut (PBX Server Softswitch) merupakan perangkat utama yang berperan untuk mengatur lalu lintas komunikasi panggilan telepon (perangkat komunikasi, bisa berbentuk telepon meja, telepon selular atau komputer yang menggunakan standar SIP) dari satu saluran ke saluran telepon yang lain.

Pembahasan

Telepon SIP

Sederhananya, telepon SIP merupakan perangkat dengan standar SIP dalam mengatur setiap panggilan telepon. Alih-alih menggunakan jaringan telepon tetap (PSTN) seperti Telkom, telepon SIP membawa seluruh pertukaran suara melalui jaringan berbasis IP yang lebih populer atau kita kenal dengan protokol VoIP (voice over internet protocol)

Telepon SIP sendiri bisa berbentuk perangkat keras yang menyerupai telepon pada umumnya, sedangkan yang lainnya bisa berbentuk sebagai perangkat lunak yang terpasang pada komputer/smartphone.

PBX Server Softswitch

Secara teknis PBX Server Softswitch berfungsi untuk mengatur lalu lintas komunikasi antar saluran telepon atau perangkat yang terdiri dari telepon bebasis SIP, dimana setiap perangkat telepon tersebut harus terdaftar di PBX Server Softswitch itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut

1. Pengaruh telepon pada kehidupan manusia https://brainly.co.id/tugas/17870513

2. VoIP dan manfaatnya https://brainly.co.id/tugas/20666116

3. Internet Protokol https://brainly.co.id/tugas/370574

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: TIK

Bab: Berbagai Jenis Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kode: 7.11.1


10. sebutkan aplikasi berbasis server?


rasanya sih microsoft accesssetauku sih microsoft access

11. Sebutkan peralatan yang di persiapkan sebelum melakukan penginstalan server softwitch berbasis SIP ! *​


Jawaban:

Peralatan yang dibutuhkan adalah:

Sebuah PC LinuxSambungan LAN Sambungan Internet


12. apa saja kebutuhan instalasi server softswich berbasis sip


1.router
2.kabel LAN
3.RJ45
4.Switch

13. Perbedaan sip request dan sip server


SIP server merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menerima. Sementara itu, SIP request merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menjawab.

Pembahasan

SIP merupakan singkatan dari Session Initiation Protocol. SIP sendiri merupakan suatu persinyalan protokol dan pengontrolan lapisan atau layer aplikasi. Fungsi dari SIP adalah untuk membangun dan mengakhiri sebuah sesi multimedia.

Sesi multimedia merupakan sebutan bagi sesi di mana pengguna suatu aplikasi saling bertukar data. Data tersebut dapat berupa teks, suara, maupun video. Di situ, tugas SIP adalah untuk menyediakan dasar bagi protokol aplikasi lain.

Berikut ini adalah fungsi 4 server SIP secara singkat:

Proxy server, yaitu server yang berfungsi sebagai server dan client. Server ini juga melakukan routing, memastikan request untuk pihak yang berizin, dan membuat kebijakan.Redirect server, yaitu server yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas request yang diberikan pengguna aplikasi.Registrar server, yaitu server yang berfungsi unutk menerima dan melakukan proses pada pemberitahuan pendaftaran dengan cara mengizinkan akses lokasi keberadaan suatu endpoint.Location server, yaitu server yang berfungsi untuk menyediakan layanan pada database abstrak dengan tujuan menerjemahkan keterangan pada domain jaringan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang beberapa perintah SIP https://brainly.co.id/tugas/23270703Materi tentang aspek yang membangun dan mengakhiri komunikasi multimedia https://brainly.co.id/tugas/25576471Materi tentang contoh kode yang mewakili respons server terhadap permintaan client​ https://brainly.co.id/tugas/35953489Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: TI

Bab: 2

Kode: 7.11.2

#AyoBelajar #SPJ2


14. Jelaskan perbedaan dari Aplikasi Server Softswitch Asterisk dengan Briker !


Jawaban:

briker adalah distribusi linux yg didalamnya terdapat aplikasi server yg memungkinkan pengguna mengimplementasikan layanan VoIP,membangun sentral teleponan sendiri.

Penjelasan:

semoga membantu ya kak tolong jadikan jawaban tercerdas


15. Aplikasi cpanel hanya support pada server berbasis​


Penjelasan:

server berbasis komputer

Jawaban:

Apa itu cPanel?

cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Dikutip dari Wikipedia, cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. tools ini dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Pernah mendengar kata cPanel Hosting sebelumnya? Ketika kamu membeli hosting ataupun berkutat dengan hosting, pasti akan menemui sebuah control panel yang akan membantumu dalam urusan setting. Nah, control panel tersebut dinamakan cPanel Hosting. Berikut adalah gambar dari tampilan tools ini.

Dikutip dari ReviewHell.com, tools ini dibuat dengan bahasa pemrograman Perl dan support custom plugin, IPv6 serta banyak server

Apa Fungsi cPanel?

Fungsi tools ini sebenarnya untuk mempermudah pengelolaan website, domain serta hosting itu sendiri. Dikutip dari cpanel.com, ada beragam fungsi tools ini yang wajib diketahui:

1.Mempermudah proses manajemen web hosting

2.Mempermudah customer dalam melakukan setting website

3.Mempermudah pengelolaan email

4.Mengatur pengelolaan domain seperti pembuatan subdomain, addon domain dan sebagainya

5.Melakukan pengaturan file

6.Mempermudah dalam manajemen database website

Apa Yang Bisa Saya Lakukan di cPanel Hosting?

Kamu bisa melakukan pengelolaan apapun di tools ini seperti pengelolaan file, database, email, domain, scan virus bahkan melakukan pengamanan hosting. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut di Hosting.

Pengelolaan File

Dengan adanya cPanel Hosting, kamu tidak perlu masuk ke server untuk hanya sekedar memindahkan file, membuat file baru, melakukan upload file website dan sebagainya. Dengan menu File Manager, kamu bisa melakukan semua hal tersebut dengan mudah. Ada juga menu Backup dan File Restoration yang memudahkan kamu dalam proses backup restore. Mau tahu berapa kapasitas hosting yang masih bisa digunakan? Kamu bisa klik Menu Disk Usage.

Pengelolaan Database

Kehadiran website tidak bisa dipisahkan dengan database. Bagi orang awam, membuat database di hosting secara manual mungkin menyusahkan. Nah, kehadiran tools ini ini akan mempermudah kamu tentunya. Di cPanel, ada 2 macam database populer yang bisa digunakan seperti MySQL dan PostgreSQL. Terdapat juga menu phpMyAdmin, phpPgAdmin, hingga remote MySQL.

sekian~~

maafklo salah:///


16. bisakah aplikasi berbasis web dibangun hanya dari sisi server?


Jawaban:

menurut aplikasinya yaapa kak

bisa atau tidak karena beda web dari sisi server

Penjelasan:

maksutnya kita tidak bisa untuk mwngambil kesempatan aplikasi yang kita dowloud kita tanya ke pencipta

^_^


17. bagaimana cara kerja softswitch berbasis SIP


Pengertian SIP
Apa itu SIP ? SIP adalah singkatan dari Session Initiation Protocol suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu user atau lebih. Sesi ini adalah pertukaran data antar user yang meliputi suara,video,dan text.
SIP tidak menyediakan layanan secara langsung tapi menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara realtime, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Dengan demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protocol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.moga bermanfaat :v

18. keuntungan menggunakan server softswitch​


Jawaban:

agar lebih mudah untuk menghitungnya


19. cara konsep kerja server softswitch ?


processing. MGC akan mengontrol panggilan
yang masuk untuk mengetahui jenis media
penggilan dan tujuannya. Dari situ, MGC
akan mengirikan sinyal ke MG untuk
melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan
sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun
interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan
sebaliknya. Jika diperlukan, MGC kan
meminta MG melakukan konversi media yang
sesuai dengan permintaan, atau langsung
meneruskan panggilan jika tidak diperlukan
konversi.
Antara MGC dan MG sendiri akan saling
berhubungan dengan protokol Megaco atau
MGCP (Media Gateway Control Protocol) .
Sementara itu, satu MGC akan berhubungan
dengan MGC yang lain, baik itu yang berada
di jaringan yang sama maupun berbeda,
dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu.
Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan
SS7 (Signalling System 7) , sementara jika
berhubungan dengan jaringan paket, maka
MGC akan menggunakan H.323 atau SIP
(Season Initiation Protocol) .
Sedangkan MG sendiri ‘hanya’ akan bekerja
sebagai converter antara jaringan sirkuit
dengan jaringan paket. Di sini fungsi
softswitch menjadi hanya setara dengan
‘switch analog’ dan tidak memberikan
layanan yang lain. MG juga bisa bekerja di
sisi pelanggan maupun penyedia layanan,
dimana softwitch bukan hanya berfungsi
sebagai converter, namun juga memberikan
feature lebih, termasuk dial-tone tentunya.
Pada posisi ini, maka softswitch akan
bekerja lebih kompleks.

20. Salah satu fungsi server jika dilihat dari Arsitektur Web adalah penyedia layanan aplikasi berbasis web. Coba anda sebutkan dan jelaskan apa saja yang dibutuhkan server agar dapat menjalankan aplikasi berbasis web tersebut ?


Salah satu fungsi server jika dilihat dari Arsitektur Web adalah penyedia layanan aplikasi berbasis web. Coba anda sebutkan dan jelaskan apa saja yang dibutuhkan server agar dapat menjalankan aplikasi berbasis web tersebut?

https://brainly.co.id/tugas/22636835

Hal-hal yang dibutuhkan agar sebuah server mampu menjalankan aplikasi berbasis web akan tergantung pada 2 hal yaitu spesifikasi hardware dan perangkat lunak. Misalnya seperti operating system, kontrol panel, aplikasi web server itu sendiri, database dan bahasa pemrograman yang harus diinstall.

Pembahasan:

Saya tidak akan menjelaskan banyak tentang hardware (perangkat keras) dan faktor eksternal lainnya, karena tanpa mengetahui detail perkiraan mengenai kebutuhan web itu sendiri akan sulit untuk menentukan spesifikasi yang tepat. Sebagai gambaran berikut ini adalah data yang biasanya dijadikan tolak ukur dalam memillih spesifikasi

seberapa kompeks jenis aplikasi web yang akan diinstal?seberapa besar kebutuhan ruang penyimpanannya?seberapa banyak traffic atau lalu lintasnya?

Nah, kalau untuk perangkat lunaknya sendiri akan seperti penjelasan berikut ini

Sistem operasi (OS) apakah akan menggunakan Windows, Linux atau OS yang lebih dikhususkan sebagai OS server. COntohnya CentOS, CloudLinux atau Red HatAplikasi kontrol panel atau user interface agar kita bisa mengelola aplikasi web dan mengkonfigurasikannya dengan mudah dan efisienAplikasi web servernya, misalnya seperti Apache, NGINX, Caddy atau LiteSpeedBasis data (Databse) jenis apa yang akan digunakan. Biasanya akan tergantung dari aplikasi web itu sendiriYang terakhir adalah bahasa pemrograman yang akan di install. Lagi-lagi akan tergantung pada pemrograman yang digunakan oleh aplikasi web-nya

Pelajari lebih lanjut:

1. Apa yang dimaksud dengan web server https://brainly.co.id/tugas/1599329

2. Apa yang dimaksud dengan DNS server https://brainly.co.id/tugas/785344

Detil jawaban:

Kelas: 7

Mapel: TIK

Bab: Bab 8 - Perangkat Lunak Komputer

Kode: 7.11.8

Kata kunci: server, web server


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak