Kegiatan 5 8 Bahasa Indonesia Kelas 8


Kegiatan 5 8 Bahasa Indonesia Kelas 8

Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 halaman 130 kegiatan 5. 1

Daftar Isi

1. Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 halaman 130 kegiatan 5. 1


Teks Eksplanasi (atau disebut juga teks eksplanatif(teks penjelasan)) adalah teks yang berisi tentang penjelasan sebuah proses. Didalam teks ini, proses yang dimaksud bisa darimana saja. Prosesnya bisa dari kenapa terjadi, kapan terjadi, atau juga alasan peristiwa itu disebabkan oleh perisitiwa lain.

Pembahasan

Teks bertopik "Sejarah Kabupaten Bandung" disebut teks eksplanasi karena, menjelaskan tentang sebuah 'proses'. Ingat!, teks eksplanasi adalah sebuah teks proses. Proses kenapa sesuatu terjadi, dll. Dan juga, teks eksplanasi juga berisi tentang fenomena - fenomena alam maupun sosial. Teks Eksplanasi yang bertopik "Sejarah Kabupaten Bandung" itu adalah salah satu contoh teks eksplanasi yang berfenomena sosial.

Berikut merupakan jawaban no.2 bahasa indonesia kelas 8 halaman 130 kegiatan 5. 1

A. Alam : gempa bumi, tsunami, angin topanB. Sosial : pemilu, kenakalan remaja, balapan liarC. Budaya : tarian massal, alat musik daerah, pagelaran

A. Topiknya bagus dan bahasanya mudah dimengerti.B. Bahasanya berbelit mohon di ganti.C. Topiknya tepat pada bacaan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pokok bahasan tek eksplanasi brainly.co.id/tugas/37992936

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


2. kegiatan 1.2 halaman 4 bahasa Indonesia kelas 8 halaman 5 yang c


ada subjek dan ada komentar


3. kak boleh bantu? ini tugas bahasa indonesia kelas 8 halaman 54 kegiatan 2.91. apakah iklan itu berstruktur dengan lengkap?2. Apakah informasi yang disampaikannya mudah dipahami?3. Apakah kata-katanya ringkas Dan persuasif?4. Apakah ilustrasinya memikat?5. Apakah iklan itu sudah sesuai produk yang dijual serta sesuai pula dengan khalayak sasarannya?​


Jawaban:

A.Iya,Iklan sudah berstruktur dengan lengkap

Karena iklan ber unsur:Headline(Judul),Subjudul,Isi iklan,komposisi dan gambar yang menarik,Slogan,Kalimat iklan,Nama dan alamat yang dapat dihubungi.

B.Iya,karena kata kata iklan harus mudah dipahami dan diingat konsumen agar konsumen tertarik.

C.Iya,Karena iklan Kalimatnya tidak perlu ber-Tele tele nanti konsumen tidak paham karena kepanjangan

D.Iya,Karena iklan Gambarnya harus memikat agar konsumen terpikat

E.Iya,karena yang membuat iklan itu ingin menyebarkan produk hasil mereka dan serta pula dengan khalayak sasarannya.

Penjelasan:

maaf kalo salah


4. Pelajaran Bahasa IndonesiaKelas VI BI. Jawablah titik-titik dibawah dengan tepat !1. Rangkaian peristiwa dari suatu cerita secara runtut disebut......2. Cara mengarang menepatkan dirinya terhadap cerita disebut...3. Rubrik adalah....4. Kegiatan mengubah puisi menjadi prosa disebut....5. Pengiriman uang melalui kantor pos disebut...6. Bercocok tanam tanpa tanah disebut....7. Tempat atau waktu kejadian dalam cerita disebut adalah...8. Tokoh yang berwatak jahat dalam cerita disebut...9. Wisata yang dilakukan di laut disebut...10. Dalam membuat laporan, Bahasa yang digunakan adalah bahasa....II. Jawablah pertanyaan dibawah ini !1. Apa yang dimaksud dengan pengumuman?....2. Sebutkan unsur-unsur intrinsik sebuah cerita !....3. Sebutkan bagian-bagian dari weselpos !....​


Jawaban:

1.alur

2.sudut pandang

3. kepala karangan (ruangan tetap) dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya

contoh: 'surat kabar membuka rubrik untuk menampung pendapat pembaca

4.parafrase

5.wesel

6.hidroponik

7.latar

8.antagonis

9 .wisata bahari

10 bahasa indonesia

B

1.Pengumuman merupakan pesan atau informasi yang disampaikan kepada orang banyak/khalayak masyarakat. Biasanya, pengumuman hanya menyampaikan pesan atau informasi yang menyangkut khalayak ramai.

2.unsur intrinsiknya terdiri dari tema, tokoh, alur, latar, perwatakan atau penokohan, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

3.Nama pengirim.

alamat pengirim.

nama penerima.

alamat penerima.

jumlah uang yang dikirim.

tanda tangan pengirim.

tanda tangan petugas kantor pos.

tanda tangan penerima

semoga membantu jadikan jawaban terbaik ya


5. LEMBAR KEGIATAN 5,3Kerjakan dengan berdiskusi bersama kelompokmul1. Nilai rapor Irma, siswa Kelas VIIIA adalah sebagai berikut:7, 6, 8, 5, 7, 9, 7, 7, 6. Tentukan:a. Kuartil bawah, median, dan kuartil atas;b. jangkauan interkuartii dan simpangan kuartil.2. Diketahui data nilai ulangan Bahasa Indonesia 15 siswa sebagai berikut.8. 6. 7. 8. 7, 5, 9, 6, 5, 8, 8, 10, 10.7.6.a. Tentukan nilai Q, Q. dan (z.b. Berapa banyak siswa yang nilainya di bawah Q.?c. Berapa banyak siswa yang nilainya di atas (,?d. Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut?3. Perhatikan tabel berikut.Nilai 3 4 5 6 7 8 9Frekuensi 1 3 2 8 12 10 3 2Tentukan:a. jangkauan;b. kuartil bawah, median, dan kuartil atas;c. jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil.​


Kuartil terdiri dari tiga macam yaitu :

> Kuartil tengah/median ( Q2 )  

> kuartil atas ( Q3 )  

> kuartil bawah ( Q1 )  

Dalam mencari nilai kuartil, dibedakan menjadi dua macam yaitu:  

1. kuartil data genap  

2. kuartil data ganjil.

Jangkauan Interkuartil ( H )

Jangkauan interkuartil atau Hamparan ( H ) adalah selisih antara kuartil ketiga ( Q3 ) dengan kuartil pertama ( Q1 ). Rumus jangkauan interkuartil = Q3 - Q1

Simpangan Kuartil ( Qd )

Simpangan Kuartil atau disebut Jangkauan Semi Antar Kuartil ( Qd ) yaitu setengah dari selisih kuartil ketiga dengan kuartil pertama. Maka Qd yaitu = [tex]\frac {1}{2}[/tex] x ( Q3 - Q1 )

Sedangkan Jangkauan ( Range ) adalah selisih data terbesar dengan data terkecil.

Pembahasan

1. Urutkan data dari terkecil sampai yg terbesar terlebih dahulu : 5, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 8, 9

a. Menentukan kuartil bawah, median dan kuartil atas

Menentukan kuartil bawah

Tentukan kuartil bawah dengan membagi data menjadi dua bagian sama besar.

5, 6, 6, 7

      |                

kuartil bawah  

     Q1  

Q1 = [tex]\frac {6 + 6}{2}[/tex]    

Q1 = [tex]\frac {12}{2}[/tex]    

Q1 = 6

Sehingga diperoleh kuartil bawah adalah 5,5.

Menentukan kuartil atas

Tentukan kuartil atas dengan membagi data menjadi dua bagian sama besar.

7, 7, 8, 9

     |                

kuartil atas

    Q3

Q3 = [tex]\frac {7 + 8}{2}[/tex]    

Q3 = [tex]\frac {15}{2}[/tex]    

Q3 = 7,5

Sehingga diperoleh kuartil atas adalah 7,5.

b. Menentukan jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil

Jangkauan interkuartil pada data tersebut yaitu :

= Q3 - Q1

= 7,5 - 6

= 1,5

Jangkauan interkuartil data tersebut adalah 1,5

Dan simpangan Kuartil ( Qd ), yaitu :

= [tex]\frac {1}{2}[/tex] x ( Q3 - Q1 )

= [tex]\frac {1}{2}[/tex] x 1,5

= 0,75

Sehingga diperoleh bahwa simpangan kuartil data tersebut yaitu 0,75

2. Maaf untuk pertanyaan no.2 nilai Q nya ada 2.

3. Urutkan data dari terkecil sampai yg terbesar terlebih dahulu :  

Nilai        Frekuensi     F kumulatif

  3                     1                   1

  4                     3                  4

  5                     2                  6

  6                     8                 14

  7                     12                26

  8                     10                36

  9                     3                 39

10                      2                 41

a. Menentukan Jangkauan, yaitu :

= data terbesar - data terkecil

= 10 - 3

= 7

b. Menentukan kuartil bawah, median dan kuartil atas

Cara mencari kuartil data ganjil yaitu :

Kuartil tengah/median ( Q2 ) =>  [tex]X_{\frac{1}{2}( n + 1 )}[/tex]

kuartil atas ( Q3 ) => [tex]X_{\frac{3}{4}( n + 1 )}[/tex]

kuartil bawah ( Q1 ) => [tex]X_{\frac{1}{4}( n + 1 )}[/tex]

Kuartil bawah ( Q1 ) yaitu :

Q1 = [tex]X_{\frac{1}{4}( n + 1 )}[/tex]

Q1 = [tex]X_{\frac{1}{4}( 41 + 1 )}[/tex]

Q1 = [tex]X_{\frac{1}{4} x 42 }[/tex]

Q1 = [tex]X_{10,5}[/tex] di kelas 6

Sehingga kuartil bawah ( Q1 ) = 6

Kuartil tengah/median ( Q2 ), yaitu :

= [tex]X_{\frac{1}{2}( n + 1 )}[/tex]

= [tex]X_{\frac{1}{2}( 41 + 1 )}[/tex]

= [tex]X_{\frac{1}{2} x 42 }[/tex]

= [tex]X_{21}[/tex] di kelas 7

Sehingga kuartil tengah ( Q2 ) = 7

Kuartil atas ( Q3 ), yaitu :

= [tex]X_{\frac{3}{4}( n + 1 )}[/tex]

= [tex]X_{\frac{3}{4}( 41 + 1 )}[/tex]

= [tex]X_{\frac{3}{4} x 42}[/tex]

= [tex]X_{31,5}[/tex] di kelas 8

Sehingga kuartil atas ( Q3 ) = 8

c. Menentukan jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil

Jangkauan interkuartil pada data tersebut yaitu :

= Q3 - Q1

= 8 - 6

= 2

Jangkauan interkuartil data tersebut adalah 2

Dan simpangan Kuartil ( Qd ), yaitu :

= [tex]\frac {1}{2}[/tex] x ( Q3 - Q1 )

= [tex]\frac {1}{2}[/tex] x 2

= 1

Sehingga diperoleh bahwa simpangan kuartil data tersebut yaitu 1

Pelajari lebih lanjutMateri tentang kuartil atas,tengah dan bawah brainly.co.id/tugas/22714163 Materi tentang jangkauan kuartil brainly.co.id/tugas/5286351 Materi tentang kuartil, jangkauan dan simpangan kuartil brainly.co.id/tugas/22784206

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil jawaban Kelas : 12 Mapel : Matematika  Bab :  Data Tunggal Kode : 12.2.4

Kata Kunci : kuartil atas, tengah, bawah dan jangkauan interkuartil, simpangan kuartil.


6. TUGAS TERSTRUKTUR 1 PEND. BAHASA INDONESIA DI SD Silahkan kerjakan soal-soal di bawah ini. Untuk jawaban ditulis tangan dan hasilnya difoto, dikirim sesuai jadwal yang sudah disetting pada LMS. Tidak dibenarkan melakukan plagiat dalam bentuk apapun. Bagi yang melakukan plagiat berdasarkan pelacakan online, maka dinyatakan gagal untuk TT-1, dan nilai TT-1 0. Bobot maksimal 100. Jika Anda mengerjakan dengan baik dan mendapatkan bobot 100 maka nilai akhir Anda adalah 100. Selamat mengerjakan TT-1. Semoga sukses. 1. Mengacu pada rumusan konsep belajar, apakah setiap kegiatan pembelajaran secara serta merta menjadikan siswa belajar? 2. Setujukah Anda bahwa anak belajar bahasa melalui strategi uji-coba? Jelaskan pendapat Anda! 3. 4. Jelaskan, bagaimanakah kaitan antara ketiga tipe belajar yang melibatkan bahasa dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SD! 5. Apakah B2 Saudara? Jelaskan, bagaimana Anda mempelajari B2 tersebut! 6. Jelaskan masing-masing prinsip dasar dari tujuh teori pemerolehan B2 dengan bahasa Anda sendiri! 7. Salah seorang siswa disuruh maju ke depan kelas untuk menceritakan apa-apa yang dilihat ketika dia berangkat menuju sekolah. Kegiatan pembelajaran ini untuk melatih keterampilan apa saja? Sebutkan dengan penjelasan singkat! 8. Sebutkan salah satu indikator kompetensi dasar "Mendeklamasikan puisi anak atau syair lagu"! 9. Jika kompetensi dasarnya "Bermain peran yang berkaitan dengan isi cerita". Coba Anda sebutkan salah satu indikatornya! 10. Dapatkan aspek keterampilan berbahasa dipadukan dengan aspek sastra? Coba Anda beri contoh materi pokok apa, dan bagaimana hasil belajarnya! Berdasarkan cara anak mempelajari bahasa, jelaskan, bagaimanakah semestinya pembelajaran bahasa di SD dilakukan?​


Jawaban:

1234567890

Penjelasan:

1234567890


7. ruan POHURUManB.Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!1. Konjungsi yang menggunakan kata hubung seperti karena dan sebab disebut ..2. Jenis persuasif yang dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatubarang atau bentuk jasa tertentu adalah .Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk menyampaikan keinginanpembicara pada seseorang, agar mengikuti ajakannya atau perintahnya disebut ...4. Hal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi disebut5. Tonil kemudian berkembang diganti dengan istilah sandiwara oleh ....6. Drama yang dialognya dinyanyikan dan juga diiringi oleh musik disebut ...7. Gabungan antara seni drama dan dan seni tari disebut ....8. Pesan yang disampaikan penulis kepada penonton berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikanpola atau teladan disebut ...9. Buku yang berisi kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulisdisebut ....10. teknik membaca dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul-judul berita di surat kabar di sebut.. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 - SPI​​


Jawaban:

1 gak tau

2gak tau

3 gak tau

4gak tau

5 gak tau

6gak tau

7 gak tau

8 gak tau

9 gak tau

10 gak tau


8. 3. Salah satu tradisi dari daerah Jawa Barat yaitu ...upacara ngaben c dugderan* tradisi Sisingaand. Rambu Solo'4. Contoh kegiatan yang mendukung keberagaman budaya di Indonesia adalaha. mengadakan pementasan tarian dan berbagai daerahb. mengadakan pertunjukan seni dari daerah sendinC. menampilkan tarian asing di berbagai acarad. menggunakan bahasa daerah dalam setiap kesempatan5 Miko bersekolah di SD Persatuan. Murid-murid di kelas Miko berasal dari daerah yangberbeda-beda. Ada yang berasal dari suku Aceh, ada yang berasal dari suku Batak Betawi, danlain sebagainya.Keragaman yang tampak dari cerita di atas adalah keragaman6. Bahasa yang dituturkan di daerah tertentu dinamakan bahasa7. Tradisi lompat batu berasal dari daerah8. Mengapa Indonesia memiliki keragaman bahasa daerah?Jawab:9. Sikap apa yang diperlukan agar kerukunan dan persatuan tetap terjaga?Jawab:10. Jelaskan pentingnya menghargai adat istiadat dari daerah lain!Jawab:Bahasa Indonesia (KD 3.4)1. Perhatikan pernyataan berikut!(1) Persuasif(2) Puitis(3) Singkat, jelas, dan menarikCiri bahasa pada iklan terdapat pada nomora (1)c. (1) dan (3)b. (2)d. (1), (2), dan (3)​


Jawaban:

3. ngaben

4. A. mengadakan pementasan tarian dan berbagai daerah

5. suku

6. daerah

7. sumatra Utara

8. karena bangsa indonesia adalah bngsa yang kaya,kaya akan adat,budaya,maupun bahasa,berbagai jenis suku bangsa membuat banyak nya keragaman akan semua hal,salah satunya bahasa,maka dari itu indonesia memiliki bahasa daerah.

9. toleransi, saling menghormati dan menghargai, dan bersikap baik terhadap sesama

10. Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak suku. Maka pastilah Indonesia mempunyai keanekaragaman yang banyak pula. Indonesia terdiri dari banyak sekali suku Keanekaragaman ini harus dihormati karena semboyan kita adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Dan kita sebagai seseorang yang bertempat dan tinggal di negara Indonesia, kita harus menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu jua).

Oleh karena itu kita harus saling menghormati kebudayaan yang sangat

1. C. 1 dan 3

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT YA

JADIKAN JAWABAN INI YG TECERDAS YA


9. 1. Salah satu kegiatan di lingkungan masyarakat yang mencerminkan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan adalah menjaga keamanan lingkungana. benarb. salah2. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat tetapi tetap berwarnaa. benarb. salah3.Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah Tiga Serangkaia. benarb. salah4.Wilayah Indonesia didiami oleh banyak suku bangsa dengan berbagai keanekaragaman. Sikap kita terhadap keanekaragaman tersebut adalah menghormatinyaa. benarb. salah5.Salah satu tindakan yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah menganggap budaya sukunya paling tinggia. benarb. salah6. Persatuan Indonesia sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan lambang pohon beringina. benarb. salah7.Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah Kongres Pemuda IIa. benarb. salah8.Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia harus dijaga. Untuk mewujudkan hal tersebut, sikap yang harus dipupuk adalah ekstremismea. benarb. salah9.Putu, Wirya, dan Samuel berasal dari daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka menjadi ternansatu kelas. Dalam keseharian, mereka menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Contoh di atas merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pertikaiana. benarb. salahMOHON DIBANTUSEKIAN TERIMA GAJI​


Jawaban:

1. a. benar

2. b. salah

3. b. salah

4. a. benar

5. a. benar

6. a. benar

7 a. benar

8. b. salah

9. b. salah

Jawaban

1 . A

2 . B

3 . B

4 . A

5 . B

6 . B

7 . A

8 . A

9 . B


10. 1. Sikap yang perlu dimiliki agar perbedaan tidak menimbulkan permasalahan adalah … 2. Sikap yang tidak perlu dikembangkan dalam keluarga untuk menciptakan persatuan dan kesatuan adalah … 3. Manfaat hidup rukun antara lain … 4. Hidup rukun meskipun berbeda agama merupakan sikap yang menunjukkan … 5. Alat yang ampuh dimiliki bangsa Indonesia untuk meraih, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan adalah … 6. Akibat yang ditimbulkan jika tidak ada kerukunan di masyarakat adalah … 7. Yang harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah … 8. Contoh hidup rukun dalam perbedaan adalah … 9. Sikap yang tidak diperlukan dalam menjaga kerukunan adalah … 10. Bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku dan tiap-tiap suku di daerahnya memiliki bahasa yang berbeda. Perbedaan bahasa tidak menjadikan Indonesia terpecah, namun tetap bersatu karena memiliki ahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Tentang bahasa persatuan dapat ditemukan pada … 11. Selain dengan pertempuran, untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia juga ditempuh melalui … 12. Semboyan yang menyatukan keberagaman bangsa Indonesia adalah … 13. Cara menciptakan keharmonisan dalam perbedaan adalah … 14. Bekerja sama membersihkan kelas adalah Tindakan yang mencerminkan … 15. Arti kata persatuan adalah … 16. Perundingan yang dilaksanakan di atas kapal milik Amerika Serikat adalah … 17. Contoh kerja sama dalam belajar misalnya … 18. Cara menghargai keragaman budaya daerah saat pementasan tari dari daerah lain adalah … 19. Yang termasuk usaha diplomasi adalah … 20. Kegiatan yang bukan menunjukkan persatuan misalnya Tolong aku , besok aku kumpul


Jawaban:

no 1: toleransi

no 2:ke egoisan

no 3:tidak ada keributan

no 4:toleransi

no 5:-(kurang tau kak maaf)

no 6:akan tercipta keributan

no 7:tidak egois dan saling toleransi

no 8:saling tolong menolong meskipun berbeda agama

no 9:berantam

no 10:-(kurang tau kak maaf)

11:-(kurang tau kak maaf)

12:bhineka tunggal ika

13:saling megalah kepada kepada adik

14:3(tiga)

15:-(kurang tau kak maaf)

16:-(kurang tau kak maaf)

17:kerja kelompok

18:meghormati budaya suku lain

19:-(kurang tau kak maaf)

20:tidak mau kerja sama

Penjelasan:MAAF KAK KALAU ADA YG SALAH JANGAN REPORT YA KAK

KALAU BENAR JADIKAN TERCERDAS YA KAK ^_^


11. Soal Ujian semester Genap TP. 2019/2020Mapel : Bahasa IndonesiaKelas : XI ( Sebelas)Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !1. Jelaskan pengertian teks eksplanasi?2. Sebutkan macam - macam komentar dalam teks eksplanasi ?3. Jika kalian dikritik, sikap apa yang harus kalian tunjukkan, jelaskan alasannya ?4. Buatlah struktur teks eksplanasi ?5. Jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi ?6. Jelaskan pengertian pidato dan khotbah ?7. Jika sedang melihat kegiatan ceramah dalam suatu acara, apa yang membuat ceramah tersebut menarik untuk dilihat dan didengar ?8. Apakah ketika ibu/ayah di rumah menasehati kita bisa disebut sebagai ceramah, jika ya ataupun tidak, jelaskan alasannya?9. Sebutkan jenis-jenis informasi ?10. Buatlah ceramah singkat penting penggunaan masker?Terima kasih​


JAWABAN:

1.Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

2.Pujian,kritik,saran,pesan.

3.Saat mendengarkan, tak perlu membantah atau menyangkal. Memahami kritik tersebut membuat Anda menganalisis diri sendiri.

4.Pernyataan umum, dilanjutkan dengan urutan sebab akibat dan diakhiri dengan interpretasi.

5. (1) Menentukan topik atau suatu kejadian yang menarik, di kuasai, dan aktual.

(2)Menyusun kerangka teks, yakni dengan mengembangkan topik utama ke dalam rincian rincian topik yang lebih spesifik.

(3)Mengumpulkan bahan, berupa fakta atau pendapat para ahli.

(4)mengembangkan kerangka yang telah di susun menjadi teks eksplanasi.

6. (1) Pengertian Pidato.

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum (khalayak).

(2)Pengertian Khotbah

Khotbah adalah pidato lisan yang dibuat oleh seorang nabi atau anggota ulama mengenai hal-hal alkitabiah, teologis, agama atau moral, biasanya memegang perilaku kepercayaan, hukum atau manusia dalam konteks sekarang atau masa lalu.

7.Karena ceramah itu sendiri mengandung makna mengajari tentang kehidupan didunia maupun diakherat dan juga menarik karena ada unsur menghibur.Jafi para pendengar tidak bosan mendengarkannya.

8.Ya, karna nasihat/ceramah sama saja untuk memberikan kita arahan yang benar.

9.(1)Informasi berdasarkan fungsi : informasi berdasarkan materi dan kegunaan materi.

(2) Informasi berdasarkan format penyajian : Informasi berdasarkan bentuk format penyajian.

(3)Informasi berdasarkan lokasi peristiwa : Informasi berdasarkan lokasi eperisriwa berlangsung.

10. Tujuan pakai masker ini guna mencegah penularan dan penyebaran covid-19. Menurut Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, kewajiban untuk mengenakan masker ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO.

PENJELASAN:

Maaf kalau ada yang salah, semogamembantu ya ^.^


12. Soal IPS buka buku bupena tema 3 dari subtema 1 materinya 1. Pengaruh interaksi sosial terhadap pembangunan di bidang apa saja di masyarakat Indonesia 2. Apa yang kamu lihat interaksi sosial masyarakatdi pasar? 3. Soal 3 sampai nomor 6 kerjakan halaman 170 soal IPS nya 7. Aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi bertujuan untuk... 8. Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan antara lain kegiatan ..., ...,dan... 9. Apa pengertian dari pembangunan ? 10. Indonesia melakukan pembangunan bertujuan untuk... 11. Setiap proses pembangunan yang dilakukan perlu kerjasama untuk memperkuat persatuan dan... 12. Soal untuk nomor 12 buka halaman 192 soal IPS 1 sampai 5 16. Tuliskan 3 contoh masing-masing budaya di Indonesia berdasarkan suku bangsa a. Rumah adat b. Pakaian adat c. Senjata tradisional d. Makanan khas e. Upacara adat f. Senjata adat g. Suku bahasa h. Dan kesenian daerah Soal IPS buka buku bupena tema 3 dari subtema 1 materinya 1. Pengaruh interaksi sosial terhadap pembangunan di bidang apa saja di masyarakat Indonesia 2. Apa yang kamu lihat interaksi sosial masyarakatdi pasar? 3. Soal 3 sampai nomor 6 kerjakan halaman 170 soal IPS nya 7. Aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi bertujuan untuk... 8. Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan antara lain kegiatan ..., ...,dan... 9. Apa pengertian dari pembangunan ? 10. Indonesia melakukan pembangunan bertujuan untuk... 11. Setiap proses pembangunan yang dilakukan perlu kerjasama untuk memperkuat persatuan dan... 12. Soal untuk nomor 12 buka halaman 192 soal IPS 1 sampai 5 16. Tuliskan 3 contoh masing-masing budaya di Indonesia berdasarkan suku bangsa a. Rumah adat b. Pakaian adat c. Senjata tradisional d. Makanan khas e. Upacara adat f. Senjata adat g. Suku bahasa h. Dan kesenian daera Buku Bupena kelas 5


Jawaban:

b

Penjelasan:

karena saya pernah belajar


13. entukan ketua kelas.Berdasarkan ilustrasi tersebut yang bukan contoh penerapan sila keempatpancasila adalaha. Dilakukan pemungutan suara.HOTSb. Teman sekelas memberikan usulanc. Mengumumkan hasil kesepakatan yang dicapai.d. Guru menunjuk Adi memimpin pemilihan ketua kelas.3. Pengamalan Pancasila sila keempat merupakan contoh perbuatan yang4. Sila Keempat Pancasila dilambangkan dengan5. Musyawarah dilaksanakan atas dasar6. Kegiatan musyawarah dilakukan dengan tujuan untuk7. Sebutkan salah satu nilai luhur yang dapat diambil dari sila keempat!8. Sebutkan contoh permasalahan yang dapat diselesaikan melalui musyawarah!9. Sebutkan kegiatan di desamu yang mencerminkan pengamalan sila keempat!10. Sebutkan beberapa contoh musayawarah dalam kehidupan sehari-hari!Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia (KD 3.1)• Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jujur!​


Jawaban:

a. dilakukan pemungutan suara


14. 1. Dari 40 siswa di suatu kelas diperoleh data sebagai berikut: 19 siswa menyukai matematika, 12 siswa menyukai bahasa Inggris, 16 siswa menyukai bahasa Indonesia, 8 siswa menyukai Matematika dan Bahasa Inggris, 6 siswa menyukai Matematika dan Bahasa Indonesia, 5 siswa yang menyukai bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan 2 orang siswa menyukai ketiga mata pelajaran tersebut. Banyak siswa yang hanya menyukai 1 mata pelajaran saja adalah.... 2. Dalam kegiatan literasi di SMP Cahaya Bangsa Setiap anak diwajibkan untuk membaca buku sebelum pembelajaran dimulai yang dilakukan dari hari Senin sampai Kamis. Pada hari Senin seorang anak membaca 1/5 bagian buku, pada hari Selasa 1/3 bagian buku pada hari Rabu 1/6 bagian buku, dan pada hari Kamis anak itu membaca 18 halaman. Banyaknya halaman buku yang dibaca anak tersebut berturut -turut adalah.... 3. Tata dan Titi adalah dua orang kakak beradik yang bermaksud menabung di sebuah bank. Mereka membuka rekening awal dengan perbandingan 3 : 5. Apabila salah satu diantara mereka menabung kembali sebesar Rp30.000 maka perbandingan uang mereka adalah 1 : 2. Jumlah tabungan mereka ketika menabung pertama kali adalah....Tolong bantu ya,, pake cara..Terimakasih..


pake diagram batang lingkaran


15. ruan POHURUManB.Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!1. Konjungsi yang menggunakan kata hubung seperti karena dan sebab disebut ..2. Jenis persuasif yang dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatubarang atau bentuk jasa tertentu adalah .Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk menyampaikan keinginanpembicara pada seseorang, agar mengikuti ajakannya atau perintahnya disebut ...4. Hal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi disebut5. Tonil kemudian berkembang diganti dengan istilah sandiwara oleh ....6. Drama yang dialognya dinyanyikan dan juga diiringi oleh musik disebut ...7. Gabungan antara seni drama dan dan seni tari disebut ....8. Pesan yang disampaikan penulis kepada penonton berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikanpola atau teladan disebut ...9. Buku yang berisi kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulisdisebut ....10. teknik membaca dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul-judul berita di surat kabar di sebut.. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 - SPI​


Jawaban:

1. Konjungsi yang menggunakan kata hubung seperti karena dan sebab disebut  konjungsi sebab akibat

2. Jenis persuasif yang dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu  barang atau bentuk jasa tertentu adalah persuasi advertensi/iklan

3.Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk menyampaikan keinginan  pembicara pada seseorang, agar mengikuti ajakannya atau perintahnya disebut  kalimat perintah

4.  Hal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi disebut fakta

5. Tonil kemudian berkembang diganti dengan istilah sandiwara oleh P.K.G Mangkunegara VII

6. Drama yang dialognya dinyanyikan dan juga diiringi oleh musik disebut opera.

7. Gabungan antara seni drama dan dan seni tari disebut sendratari.

8. Pesan yang disampaikan penulis kepada penonton berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan  pola atau teladan disebut amanat.

9. Buku yang berisi kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis  disebut buku non fiksi

10.  teknik membaca dilakukan sebelum kegiatan membaca, misalnya saat membaca judul-judul berita di surat kabar disebut selecting/teknik baca-pilih


16. Ayo tunjukan sikapmu terhadap pertanyaan-pertanyaan pada tabel berikut kerjakan sesuai Pemahaman konsep mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.setuju tidak setuju alasannya...1.mempelajari kesenian dari daerah lain2.menanggung-agungkan suku bangsanya sendiri3.memilih ketua kelas berdasarkan ke samaan daerah asal4.memili milih teman berdasarkan kesamaan daerah asal 5.tidak mengikuti upacara bendera6. mengibarkan bendera merah putih setiap hari besar kenegaraan7. mempelajari bahasa asing8.berdiam diri dirumah ketika ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya9.lebih memilih memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malamPENJELASANNYAkelas vbuku tema 7halaman 75 buku tematik​


Jawaban:

httsw.wa me.28482838248


17. IL Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut dengan tepat1. Bangga menggunakan Bahasa Indonesia terutama bahasa Indonesia yang ... dan2. Bangga terhadap bangsa Indonesia harus dimulai dari3. Cerita yang tidak benar-benar terjadi disebut...4. Membaca dengan suara keras disebut membaca5. Jika uap air di udara bercampur dengan gas-gas beracun hasil buangan karena bahan bakarkendaraan bermotor dan pabrik akan membentuk6. Awan yang berada di langit sebenamya merupakan kumpulan7. Orang atau kelompok yang melakukan kegiatan produksi disebut8. Pak Riko menanam kedelai. Bu Nini menjahit baju sekolah. Pak Riko dan Bu Nini melakukankegiatanllustrasi gambar-gambar yang dirangkai secara bersambung dan mendukung suatu centadisebut10. Gambar ilustrasi dibuat sederhana dengan tujuan...73 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 Semester Genap​


Penjelasan:

1. baik dan benar

2. diri sendiri

3. fiktif

4.


18. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar! 1. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah .... 2. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa ..... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah .... 3. Putu, Wirya, dan Samuel berasal dari daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka menjadi ternan satu kelas. Dalam keseharian, mereka menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Contoh di atas merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan .... 4. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti .... 5. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan pesatuan dan kesatuan dinamakan ...... 6. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah .... 7. Semangat persatuan dan kesatuan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sikap yang menunjukkan hal tersebut adalah .... 8. Apa manfaat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan? 9. Tuliskan 2 manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi! pls jawab aku :,) pls besok dikumpul


1. Hari Sumpah Pemuda

2. Persatuan

3. Bhinneka Tunggal Ika

4. Frasa Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti Berbeda-beda tetapi tetap satu

5. Wawasan Nusantara

6. Boedi Oetomo/Budi Utomo

7. Menghargai pendapat orang lain

8. Mengembangkan kepribadian bangsa, menjadi pemersatu suku, ras, dan antargolongan, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan

9. Terciptanya hubungan kerjasama dan saling tolong-menolong memenuhi kebutuhan sekunder


19. Menentukan Perbedaan kondisi Politik di Setiap Negara ASEAN| KegiatanLengkapi tabel berikut ini dengan keterangan yang tepat.IbukotaKepalaKepalaNegaramenjadiBrur.negaraPBB. KemelibatkterlibatdaerahBahasaResmiNo.SistemNegara Pemerintahan Pemerintahan NegaraJakartaBahasaIndonesiaRepublik-1.AyoIndonesiaPresidenPresiden2. Malaysia1. Tentu2. Tentudalar3. Tulis3.BruneiDarussalam• Pe4. Singapura5.ThailandAL6. FilipinaIsilat7. MyanmarNo8. Laos9. Kamboja10. Vietnam6Kupetik 6A untuk SD/MI Kelas VI​


Jawaban:

saya tidak tahu tolong tanya yang lain saja memeng saya tidak bis


20. I. Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut dengan tepat!1. Bangga menggunakan Bahasa Indonesia, terutama bahasa Indonesia yang ... dan2 Bangga terhadap bangsa Indonesia harus dimulai dari ....3. Cerita yang tidak benar-benar terjadi disebut4. Membaca dengan suara keras disebut membaca5. Jika uap air di udara bercampur dengan gas-gas beracun hasil buangan karena bahan bakarkendaraan bermotor dan pabrik akan membentuk6. Awan yang berada di langit sebenarnya merupakan kumpulan7. Orang atau kelompok yang melakukan kegiatan produksi disebut8. Pak Riko menanam kedelai. Bu Nini menjahit baju sekolah. Pak Riko dan Bu Nini melakukan9. Mustrasi gambar-gambar yang dirangkai secara bersambung dan mendukung suatu ceritadisebut10. Gambar ilustrasi dibuat sederhana dengan tujuankegiatanTema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 Semester Genap​


Jawaban:

1. baik dan benar

2. diri sendiri

3. dongeng

4. membaca nyaring

5. karbondioksida

6. kristal yang membeku

7. produsen

8. pekerjaan

9. maaf tidak tahu

10. memperjelas dan memperkuat isi cerita


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak