membuat cerpen tentang cinta tanah air
1. membuat cerpen tentang cinta tanah air
Conton Cerpen cinta tanah air versi 1 :
Saya melangkahkan kaki ke sebuah tempat yaitu Anand Krishna Centre di tengah hiruk pikuk jalan Sunset Road yang penuh dengan modernisasi,sebuah pengalaman hidup karena telah mengikuti pembekalan dari Jurnalistik SHINDU belum lama ini.Tampak berbagai macam patung Dewa,arca Budha,patung Bunda Maria dan hiasan lampion. Sebenarnya tempat apakah ini? Sebuah perasaan berkecamuk dalam diri,sepertinya pergi ke sebuah tempat dengan nuansa perdamaian yang menerima segala perbedaan.“Rima mengapa kamu diam saja di pintu? Yuk masuk, kita lihat apa yang ada di dalam”,ajak Bli Wayan Suardi pemimpin tim berkunjung siang ini.“Oh, ‘Nggih Bli. Ini Rima lagi lihat-lihat. Tempatnya bagus,bersih dan tenang. Baru melihat dari luar saja sudah membuat hati Rima tentram Bli!” jawab saya penuh semangat.Segera saya memasuki tempat indah ini. Wah, tempat yang sungguh luar biasa. Terdapat patung,arca,gambar tokoh-tokoh dari penjuru agama dan lambang dari semua agama di dinding. Dari agama Hindu,Islam,Nasrani,Budha,dan agama yang dianut di negeri Yahudi. Semuanya tertempel di dinding tepi altar dengan tampak belakang sebuah kain berwarna ganda, bendera kita Sang Merah Putih. Begitu melihatnya sungguh merasa bersemangat teringat cerita Sejarah yang diceritakan guru minggu lalu.“Yu,kamu membawa brosur? Boleh saya lihat?” tanya saya pada salah satu peserta.“Oh ya kak Rima, ini ada penjelasan dari panitianya juga”,ujarnya penuh senyum.Rupanya ini adalah tempat untuk membangkitkan rasa nasionalisme,memupuk rasa persatuan,cinta kasih,menghargai perbedaan agama,memperdalam agama dan kepercayaan masing-masing insan,sekaligus terapi penyembuhan untuk menyelaraskan jiwa dengan alam semesta, sehingga dapat mengembangkan potensi dalam diri yang terpendam. Sungguh hal yang membuat diri saya heran sekaligus takjub,hal yang jarang sekali terdengar di negeri ini.“ Seandainya semua generasi muda Indonesia,
2. contoh cerpen tema cinta tanah air
buku anak bangsa mungkin
atau cinta tanah air
maaf kalo salah:)
3. Buat cerpen cinta tanah air yang menarik!!! Gak menarik awass ngawur awaass
Jawaban: duk duk duk duk bunyi sepatu ibu guru terdengar dari jauh anak anak yang bermain main pun melompat kembali ke tempat duduk mereka, selamat pagi buguru jawab anak anak, pagi anak anak ibuguru ada pr nih tentang cinta tanah air besok dikumpul bell pun tiba (mendadak pulang pula ^w^) mdp cepat cepat pulang dan bertanya ke ibunya bu cth cinta tanah air apa ibu pun ngawur tanah nak kamu cium air kamu nikahi ,kata ibu iih ibu mdp serius malah ngawur mdp pun bertanya ke kakak evy yang cantik kak cth cinta tanah air apa kak evy yang pintar menjawab belajarlah yang teguh untuk dapat lomba internasional dan belilah produk dallam negeri mdp lalu menulis yang di bilang kak evy pintar dan melakukan apa yang dibilang kak evy tentang cinta tanah air sejak hari itu mdp membeli produk negeri dan selalu dapat nilai A+ (nikah sama golem dafi minecraft mdp ingat kata ibu nikahi tanah) dalam kurung tak usah ditulis yaaa
Senin telah tiba. Seperti biasa, murid-murid SD Negeri 4 Sukamaju wajib mengikuti Upacara Bendera. Akan tetapi, Bayu selalu merasa malas mengikuti kegiatan upacara bendera. Murid kelas lima tersebut menganggap upacara bendera itu hanya membuat capek dan lelah.
Kemudian bel tanda upacara bendera pun berbunyi. Semua anak berjalan menuju ke lapangan sekolah. Bayu berjalan dengan sangat pelan.
“Ah, upacara lagi, upacara lagi,” bisik Bayu sambil berjalan menuju lapangan. Semua murid berbaris rapi sesuai dengan kelasnya masing-masing.
“Siaaapp Gerak!” teriak Rian, sang pemimpin upacara dengan lantang.
Bayu mengikuti perintah sang pemimpin upacara dengan sangat malas. Selama upacara berlangsung, Bayu hampir selalu menggerutu dalam hati. Baginya, upacara terasa sangat lama.
Baca Juga :Cerpen Anak tentang Olahraga
Setelah menahan lelah, akhirnya upacarapun selesai, Bayu segera berlari menuju kelas dengan gembira. Sejenak ia duduk di kursi lalu meluruskan kakinya.
Tak berapa lama, Ibu Guru kelas 5 masuk ke ruang kelas. Sesuai jadwal, pelajaran hari ini adalah IPS yang kebetulan membahas tema tentang perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan.
“Selamat pagi, anak-anak,” kata Ibu Guru memulai pelajaran.
“Selamat Pagi, Ibu Guru,” Anak-anak menjawab serempak.
“Anak-anak, pagi ini kita akan belajar tentang sejarah,”kata Ibu Guru.
“Sejarah sangat penting untuk kita ketahui, agar kita memiliki rasa cinta tanah Air Indonesia,” Tambah Ibu Guru.
Ibu Guru sangat pintar bercerita. Beliau bercerita tentang kisah perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Beliau bercerita dengan penuh ekspresi sehingga murid-murid terdiam dan menyimak dengan seksama setiap ucapan Ibu Guru.
Diceritakan oleh Ibu Guru, bahwa pada saat bangsa Indonesia belum merdeka, sangat susah untuk menunjukkan identitas sebagai bangsa Indonesia. Bahkan untuk mengibarkan bendera merah putih sangat dilarang oleh penjajah baik Belanda maupun Jepang. Bung Karno bersama dengan para pejuang lainnya akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Bendera Merah putih dikibarkan saat itu sebagai simbol Indonesia memiliki kedaulatan sendiri tanpa campur tangan penjajah.
“Anak-anak, bangsa Indonesia memprokamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, namun sebelum itu, pada saat Jepang berkuasa, rakyat Indonesia tidak diperbolehkan untuk mengibarkan bendera merah putih,” Kata Ibu Guru.
“Bendera yang boleh dikibarkan adalah bendera Jepang,” Ibu Guru menambahkan.
“Mengapa rakyat Indonesia tidak boleh mengibarkan bendera merah putih, Ibu Guru?”
“Karena, Jepang menganggap Indonesia merupakan bagian dari Jepang yang tidak boleh memiliki bendera sendiri,” Jawab Ibu Guru.
“Siapa yang berani mengibarkan bendera merah putih akan ditembak oleh tentara Jepang,” Sambung Ibu Guru.
“Kalau begitu, zaman dahulu tidak ada orang yang upacara bendera, bu?” Bayu bertanya.
“Ada, namun bendera yang dihormati adalah bendera Jepang, Bayu,” Jawab ibu Guru.
“Jadi anak-anak, alasan utama mengapa kalian tiap hari Senin mengikuti upacara bendera adalah agar kalian memiliki rasa cinta tanah air, memiliki disiplin dan juga untuk menghargai jasa para pahlawan,” Ibu Guru menambahkan.
“Coba kalian bayangkan seandainya kalian hidup di zaman penjajahan Jepang, pasti sangat susah bukan?” Tanya Ibu Guru.
“Iya bu”, Jawab anak-anak serempak.
Untuk sejenak Bayu terdiam. Ia sangat menyesal telah bersikap malas-malasan saat mengikuti Upacara bendera. Ia bertekad dalam hati, pada hari Senin berikutnya akan mengikuti Upacara Bendera dengan disiplin dan tertib. Bayu ingin menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Bahkan Bayu ingin menjadi petugas Upacara seperti Rian yang berteriak lantang.
“Siaaaappp Gerak!”
4. 6. Penggalan paragraf teks ulasan berikutyang merupakan bagian rekomendasiadalah .... HOTSa. Dengan demikian, tidak mengherankanjika setelah menonton film ini, banyakpenonton yang semakin mencintaiIndonesia. Film ini dapat ditonton olehberbagai kalangan usia. Namun, lebihdirekomendasikan untuk ditonton olehkalangan remaja agar lebih mencintaitanah air dan mawas diri untuk selalumenghindari permusuhan.b. Judul : Filosofi KopiPenulis : Dewi "Dee" LestariPenerbit : Bentang PustakaCetakan : I, Januari 2012Ketebalan : 152 halamanc. Siapa yang tak kenal denganW.S. Rendra, maestro dalam dunia senidan sastra. Antologi puisi ini merupakansebuah mahakarya dari W.S. Rendrayang belum pernah diterbitkan. Dalamantologi puisi ini, Rendra berusahamengkritik keadaan pada masanya.Buku ini diawali dengan sambutansejumlah sastrawan Indonesia dandilanjutkan dengan catatan dari editor.d. "Filosofi Kopi" dan "Mencari Herman"adalah dua cerpen tentang obsesi."Filosofi Kopi" bercerita tentang tokohyang terobsesi perihal kopi yangmempunyai cita rasa sempurna,sedangkan "Mencari Herman" berceritatentang tokoh yang terobsesi akan sosokHerman. Dua-duanya mendapatkanjawaban dari ketidaksengajaan dankesederhanaan.
Penggalan paragraf teks ulasan berikut yang merupakan bagian rekomendasi adalah A. Dengan demikian, tidak mengherankan jika setelah menonton film ini, banyak penonton yang semakin mencintai Indonesia. Film ini dapat ditonton oleh berbagai kalangan usia. Namun, lebih direkomendasikan untuk ditonton oleh kalangan remaja agar lebih mencintai tanah air dan mawas diri untuk selalu menghindari permusuhan
5. judul yang tepat untuk membuat cerpen dengan tema cinta tanah air, buat bulan bahasa besok senin
judul yang tepat untuk membuat cerpen dengan tema cinta tanah air, buat bulan bahasa besok senin "tanah airku, indonesiaku"1. Merdeka yang hilang : menceritakan tentang keadaan ekonomi Indonesia yang sekarang banyak dikuasai oleh perusahaan asing
2. Butir-butir tenggelam : Menceritakan tentang keadaan masyarakat Indonesia yang sekarang banyak melupakan butir-butir (nilai) yang terkandung dalam PANCASILA
6. Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat, dengan terbuat dari beberapa pipa bambu berbagai ukuran.Kata “angklung” sendiri berasal dari dua kata bahasa Sunda, yaitu “angkleung-angkleung” yang berarti diapung-apung dan “klung” yang berarti suara dari alat musik tersebut. Jadi, angklung berarti suara yang dihasilkan dengan cara diangkat atau diapung-apungkan.Pada abad ke-12 sampai ke-16, terdapat kerajaan Sunda di nusantara. Asal-usul terciptanya angklung dipercaya lahir pada masa itu. Di masa itu, rakyat dari kerajaan Sunda mempercayai bahwa dengan memainkan alat musik angklung dapat menghibur dan menyenangkan Nyai Sri Pohaci, yang diyakini sebagai dewi kesuburan.Seiring berkembangnya zaman, kini angklung tidak hanya dimainkan saat upacara adat saja, tapi juga dimainkan pada berbagai acara musik, sebagai alat musik pengiring tambahan yang sudah menyebar ke berbagai pelosok tanah air hingga mancanegara.Pada awal abad ke-20, Thailand mengadopsi alat musik angklung sebagai misi kebudayaan antara Thailand dan Indonesia. Bahkan angklung dapat ditemui di The Evergreen Stage Collage, sebuah universitas di Amerika Serikat.Untuk meningkatkan rasa cinta anak bangsa dengan alat musik angklung, pemerintah menggunakan gambar alat musik angklung pada uang logam Rp1.000 agar anak muda zaman sekarang dapat mengetahui bahwa negeri ini memiliki alat musik yang membanggakan.TOLONG buatkan cerpen dari cerita diatasterima kasih
Jawaban:
Ini semua soalnya?panjang bat
7. Tolong buat kan cerpen cinta tanah air sesingkat singkatnya... tolong di jawab dengan cepat yaaa soalnya tugas untuk besok
Aku kasih gambaran dikitlaa, susah ngetik banyak2, buat aja cerpen tentang seorang yang rajin disekolah menghargai teman yang berbeda suku, agama
pada suatu hari ada seseorang bernama kathrin iya sangat mencintai dunia kpop tetapi dia tidak menyukai sama sekali budaya indonesia padahal keluarganya sangat mendalami kebudayaan indonesialalu pada saat ulangan iya tidak belajar sama sekali tentang kebudayaan indonesia karena di berfikir kalau lebih asik melihat kpop dri pada belajar kebudayaan padahal itu adalah ualangan kenaikan kelas.pada akhirnya kethrin tidak bsa menjawab dan tidak naik kelas akhirnya dia menyesal dan ingin mempelajari budaya indonesiaa
amanat dri cerpen diatas:budaya lain tidak akan menghalangi kita untuk mencintai budaya kita sendiri
8. ada yang punya ide untuk membuat cerpen dengan tema cinta tanah air? terima kasih... :)
Ada seorang anak yg hidup sangat sederhana.dan pd ultah hari kemerdekaan indonesia,ia hanya bisa merayakan nya dengan sebuah bendera yg kecil. Di tahun ini, ia berencana merayakan hut RI dengan bendera yg lbih bsar.namun di tengah perjalanan banyak rintangan yg menghadang.
9. berikan contoh cerpen yang bertema anak muda kekinian yang berjiwa kebangsaan atau cinta tanah air"
Cinta tanah air, aku sangat mencitai mu, aku tidak akan menginjak injak mu, ohh tanah air ku
10. buatlah cerpen sunda tentang cinta tanah air!!pliss tolong dijawab besok dikumpulin
Mapél: B. Sunda
Kelas: 9
Katégori: Nulis Carpon
Kodeu: 13
Kecap konci: carpon, Cinta Tanah Air
Jawaban:
Poé ayeuna, kuring téh indit ka sakola. Bubuhan isuk kénéh inditna, kusabab imah kuring jeung sakola téh jauh. Jaba deuihan, kuring téh kudu leumpang. Kalah males da indit ka sakola téh.
Pas-pasan, ayeuna téh poéan Kemis. Aya ekstrakurikuler Pramuka. Kuring mah embung lamun ekstrakurikuler na téh ku Pa Agus. Soalna guruna nya lumayan galak.
Sanggeus kuring nepi ka sakola. Sajam kahareupna, bél asup téh geus disada. Kuring jeung sabalad-balad asup ka rohangan kelas 9-A. Baladan urang téh loba. Aya si Angga, Kardun, Dimas, Fajar, jrrd.
Pas keur jam palajaran nu terahir geus bérés, kuring jeung babaturan muru ka rohangan husus ékskul Pramuka. Tuluy, sanggeus arasup kabéhanana, ékskul Pramuka téh langsung dimimitian. Kusabab ayeuna mah pembina na Pa Agus, da sok dibagéankeun ari pembina na mah, jadi poé ayeuna téh bagéan Pa Agus.
Pa Agus tuluy nanya ka sakabéh siswa nu aya téh,
"Sok barudak, Bapa rék nanya. Ari haridep kabéh Cinta Tanah Air teu?"
Sontak ngajawab bareng kabéhanana, "Cinta pa!"
"Cing barudak, Bapa ayeuna rék nanya deui. Ari nu dimaksud Cinta Tanah Air téh saperti kumaha?"
Jep wé, barudak téh jarempé, jempling rohangan téh. Da meureun teu bisaeun ngajawabna gé. Sanggeus sabarah menitan, Pa Agus nanya ka hiji budak kelas 7, teu apal da kuring mah saha ngaranna mah. Bari tegas, Pa Agus nanya ka éta budak,
"Jang, ari nu dimaksud Cinta Tanah Air téh saperti kumaha?"
Si éta budak ngajawab "Teu apal Pa?".
Terus si Kardun ngaharéwos ka kuring,
"Sultan, ari cinta tanah air téh kumaha?" ceuk si Kardun nanya kakuring.
"Nu dimaksud Cinta Tanah Air téh nyaéta bisa ditunjukkeun ku cara mikaresep produk negeri, diajar sing suhud, jrrd." ceuk kuring.
"Naha teu dijawab atuh ku manéh?"
"Embung ah sieun. Guruna galak!" ceuk kuring bari kalem.
Tuluy, Pa Agus ngomong ka éta budak,
"Cenah cinta. Mana buktina? Sok cobaan ku manéh cium tah taneuh!"
Kapaksa si éta budak téh kudu nyium taneuh,
Pa Agus langsung ngagorowok,
"Bodo manéh mah, nu hartina Cinta Tanah Air téh bisa ditunjukkeun ku manéh saperti mikaresep produk negeri, diajar sing suhud, jeung sajabana."
Saréréa langsung unggeuk. Sigana mah nyadareun naon nu di maksud Cinta Tanah Air téh. Geuning teu hésé nya cinta tanah air téh. Ceuk kuring dina haté. Bél balik geus disada. Barudak ngalabring muru panto gerbang kaluar ti sakola.
Dijieun ku,
Sultan
#HayuDiajarSingSuhud
11. 1.Sejak pensiun jadi guru, ayah banyak berdia gakm diri. Ia tak pernah lagi tersenyum. Kadang aku berpikir nakal, jangan-jangan senyum ayah waktu masa pensiunnya tiba, tertinggal di dalam kelas. Kemudian murid-murid ayah menendang-nendangnya, atau piket pagi menyapunya dan membakar bersama sampah-sampah.Kutipan teks cerpen di atas merupakan tahapan alur ....2.Kepergian sejumlah tokoh pada saat kita memasuki seabad kebangkitan nasional seakan membawa pesan untuk kembali bangkit. Negeri ini membutuhkan pelopor dan pejuang yang memiliki integritas moral, memegang teguh prinsip, memiliki keberanian melawan ketidakadilan, tidak korupsi, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, dan mengutamakan perhatiannya terhadap perbaikan nasib rakyat kecil.Kepergian mereka seolah mengingatkan bahwa dewasa ini sifat-sifat itulah yang hilang dari kalangan elit bangsa kita saat ini. Karena itu, alih-alih kita bangkit dalam kehidupan dunia global yang semakin kompetitif sekarang ini, malah sebaliknya limbung sehingga mendekati ambruk. Meskipin demikian, kita tetap menaruh harap semoga para elit bangsa kita menyadari hal ini dan kembali menyulut api kebangkitan nasional sebelum padam. Rangkuman isi paragraf tersebut yang tepat adalah ...3.Selesai regristrasi, aku segera berlari menuju meja resepsionis mengambil kunci kamar 615. Aku sangat gembira karena lolos audisi. Saking semangatnya aku berlari menuju kamar hotel yang diperuntukkan aku. Lalu, tiba-tiba. Bruk! Tanpa sengaja aku menabrak seseorang yang muncul tiba-tiba dari sebuah lorong."Dasar otak udang!Apa yang sedang kau lakukan?" ucap orang yang aku tabrak itu.Makna simbolis "otak udang" pada kutipan teks cerpen tersebut adalah....
Jawaban:
1.alur campur, maju dan mundur
2.kepergian tokoh penting di indonesia membuat indonesia sempat tumbang.oleh karena itu kita butuh generasi baru yang mampu merubah indonesia menuju indonesia yang lebih baik.Jangan terlalu berharap kepada kaum elit bangsa ini karena isi pikiran mereka hanya harta
3.orang yang sangat bodoh
Penjelasan:
12. 6. Penggalan paragraf teks ulasan berikutyang merupakan bagian rekomendasiadalah .... HOTSa. Dengan demikian, tidak mengherankanjika setelah menonton film ini, banyakpenonton yang semakin mencintaiIndonesia. Film ini dapat ditonton olehberbagai kalangan usia. Namun, lebihdirekomendasikan untuk ditonton olehkalangan remaja agar lebih mencintaitanah air dan mawas diri untuk selalumenghindari permusuhan.b. Judul : Filosofi KopiPenulis : Dewi "Dee" LestariPenerbit : Bentang PustakaCetakan : 1, Januari 2012Ketebalan : 152 halamanc. Siapa yang tak kenal denganW.S. Rendra, maestro dalam dunia senidan sastra. Antologi puisi ini merupakansebuah mahakarya dari W.S. Rendrayang belum pernah diterbitkan. Dalamantologi puisi ini, Rendra berusahamengkritik keadaan pada masanya.Buku ini diawali dengan sambutansejumlah sastrawan Indonesia dandilanjutkan dengan catatan dari editor.d. "Filosofi Kopi" dan "Mencari Herman"adalah dua cerpen tentang obsesi."Filosofi Kopi" bercerita tentang tokohyang terobsesi perihal kopi yangmempunyai cita rasa sempurna,sedangkan "Mencari Herman" berceritatentang tokoh yang terobsesi akan sosokHerman. Dua-duanya mendapatkanjawaban dari ketidaksengajaan dankesederhanaan.
Jawaban:
Jawaban
1. = A.
Semoga membantu
Jangan lupa jadikan jawaban tercerdas ya
13. Berllah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, atau d di depan jawabanEvaluasi1. Sumber semangat, motivasi, danpenggerak perjuangan bangsa Indonesiaadalaha persatuan Indonesiab. kemerdekaan Indonesiac. perpecahan Indonesiad. adanya kebaikan seseorang2. Berikut ini termasuk. nilai-nilai luhur yangterkandung dalam persatuan dankesatuan, kecuali....a. cinta bangsa dan tanah airb. sikap rela berkorbanc. mengutamakan kepentingan pribadidi atas kepentingan organisasid. mengutamakan kepentingan bangsa 7. Komponen biotik pembentuk ekosistem3. Salah satu contoh tulisan nonfiksi adalah ....sawah, yaitu ....a. artikelc. kelembapanc. novela. belalangb. cerpend. puisib. cahaya matahari d. tanah4. Ide/gagasan yang menjadi pokok 8. Berikut ini merupakan contoh ekosistempengembangan paragraf disebut ....alami, kecuali....a gagasan penjelas c. paragrafa. terumbu karang c. sawahb. ide pokokb. hutand. pantaid. kesimpulanKalimat yang di dalamnya terdapat idepokok paragraf disebut....a. kalimat efektifb. kalimat tanyakalimat utamad. kalimat penjelas6. Suatu komponen fisik dan kimiawi yangada pada suatu ekosistem sebagaimedium untuk berlangsungnya suatukehidupan disebut....a ekosistemb. komponen kehidupanc. komponen biotikd. komponen abiotik
Jawaban:
1.a.persatuan indonesia.
2.c. mengutamakan kepentingan pribadi
di atas kepentingan organisasi.
3.a.artikel.
4.b.ide pokok.
5.c.kalimat utama.
6.d.komponen abiotik.
7.a.belalang.
8.c.sawah.
Penjelasan:
maaf kalau ternyata ada nomer yg lain.
Jawaban:
1.b.kemerdekaan Indonesia
2.c.Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan organisasi
3.a.artikel
5.c.kalimat utama
6.d.komponen abiotik
Penjelasan:
*Maaf kalo salah ya"
jadikan yang terbaik****
14. 20. Bacalah cerpen berikut!"Bagaimana jika temanya Merah Putih? Bukankah itu melambangkanKemerdekaan dan Persatuan? Jika temanya Merah Putih, maka itu menggambarkan bahwakita cinta tanah air”, Ibu Merita memberikan usulan dan sepakat, kami semua siswa SMPKampung Biru menyetujuinya."Tapi, bagaimana dengan biayanya, Bu? Bukankah untuk mempersiapkan cat danbendera kita membutuhkan biaya? Sedangkan kita tidak punya untuk membelinya," tanyaDewi kepada Ibu Merita. Sungguh, jelas terlihat, Ibu Merita sedih dan bingung harusberbuat apa."Hem, kalian semua tenang saja, kita pasti bisa mempersiapkannya. Dan masalahbiaya, niar Ibu yang memikirkannya. Dan besok, kita akan mulai menghias sekolah kitaini." Kemudian, Ibu Merita pergi meninggalkan aku dan kesembilan temanku.Dikutip dari: http://cerpenmu.com/cerpen-pendidikan seberkas-cahaya-di-kampung-biru.htmlAkibat konflik yang terjadi dalam cerpen tersebut adalah...A. Persiapan menghias sekolah berantakanB. Pertanyaan Dewi membuat Ibu Merita menjadi sedihC. Ibu Merita meninggalkan tokoh aku dan kesembilan temannyaD. Siswa SMP Kampung Biru menyetujui usulan Ibu Merita
Jawaban:A.persiapan menghias sekolah berantakan
Penjelasan:
15. tentukan unsur instrinsik cerpen keluar negeri untuk menggembalakan sapiini cerpen nya:Banyak orang bercerita tentang sejarah Indonesia dan Timor Leste, tetapi saya tidak paham karena saya belum lahir saat negara itu berdiri (Timor Leste). Ibu saya berasal dari Timor Leste, sedangkan bapak saya berasal dari Indonesia dari suku Batak, tetapi ibu saya sangat cinta Indonesia. Sekarang saya bersama ibu dan bapak tinggal di Indonesia dan selamanya demikian. Walaupun begitu, setiap liburan saya pasti ke Timor Leste. Entah liburan naik kelas, atau liburan Natal dan tahun baru. Atau liburan apa pun saya pasti ke Timor Leste.Sekalipun saya ke Timor Leste saat liburan, namun bukan berarti saya pergi berlibur. Saya ke Timor Leste untuk menggembalakan sapi-sapi nenek saya. Kebetulan nenek dari pihak ibu saya itu memang warga negara Timor Leste. Saya sangat mencintai nenek begitu juga sebaliknya, nenek pun sangat mencintai saya juga ibu dan kami sekeluarga. Sapi nenek saya lumayan banyak, yakni sekitar dua puluh ekor. Bayangkan jika saya tidak membantu nenek menggembalakan sapi-sapinya maka pasti nenek akan sendirian mengurus semuanya dengan kelelahan.Bisanya saya memulai perjalanan dengan jalan tikus. Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Walau melewati jalan tikus sungguh melelahkan, namun itu yang bisa saya lakukan. Saya katakan melelahkan karena saya harus berhati-hati sekali takut tertangkap. Biasanya saya berpakaian seadanya seperti anak-anak Timor umumnya yang sedang bermain. Jika berpapasan orang di jalan dan saya telah berada di tanah Timor maka saya berpura-pura sebagai seorang anak Timor Leste yang sedang bermain-main di hutan atau kebun. Namun jika saya takut ketahuan atau tertangkap polisi perbatasan atau tentara yang sedang beroperasi keamanan maka saya akan memakai karung goni menutupi seluruh tubuh saya, dan bersembunyi di balik rerumputan kering berdebu atau bukit-bukit batu. Sepanjang perjalanan melelahkan itu, saya sering kehausan dan sulit membeli air karena kami melintasi hutan dan bukit atau jalan yang sulit. Namun syukurlah, saya selalu tiba di rumah nenek dengan selamat.Nenek saya bernama Rei. Orang-orang memanggilnya nenek Rei. Sesampai di rumah nenek Rei saya mengucapkan salam kepada nenek. Lalu saya dan nenek pergi menggembalakan sapi ke sawah yang sudah dipotong padinya. Sore hari saya menggembalakan pulang sapi-sapi nenek kembali ke kandang. Saya melakukan itu setiap hari selama liburan.Pasti kalian tidak percaya kalau saya mengatakan saya sangat bangga bisa membantu nenek. Jika teman-teman berlibur di rumah masing-masing saja, atau berlibur ke tempat-tempat yang indah dan tidak bekerja, saya justru sangat merindukan saat liburan ke rumah nenek di Timor Leste, saya bangga sekali bisa untuk membantu nenek menggembalakan sapi-sapi nenek. Sapi-sapi itu sangat akrab dengan saya, dan mereka seakan tahu bahwa saya pasti akan datang saat liburan sekolah dan menggembalakan mereka.Akhirnya masa liburan pun selesai. Biasanya sehari sebelum selesai liburan, saya pasti pulang ke Indonesia ke Motain tempat tinggal saya. Sehari itu saya akan gunakan untuk menyiapkan segala sesuatu untuk masuk sekolah nanti. Saat yang ditunggutunggu pun tiba. Saya pamit pada nenek, namun karena bertepatan dengan ulang tahun saya maka saya dihadiahi seekor sapi oleh nenek saya.“Terima kasih, nek terima kasih,” saya terus saja mengucapkan terima kasih atas hadiah yang berharga dari nenek, yaitu seekor sapi. Saya membawa sapi itu ke Indonesia melalui jalan tikus. Kali ini saya lebih hati-hati lagi karena saya bersama sapi. Selama satu jam perjalanan, saya kadang tegang dan ketakutan, namun saya berhasil tiba di Indonesia, di rumah saya dengan selamat.Walaupun saya sangat mencintai nenek, tetapi saya juga sangat mencintai Indonesia. Saya memilih terus bersama orang tua saya di Indonesia karena jika berada di Indonesia saya bisa berlibur ke luar negeri, ke tempat nenek, di Timor Leste meskipun hanya dengan berjalan kaki. Semua itu sangat menyenangkan.
Banyak orang bercerita tentang sejarah Indonesia dan Timor Leste, tetapi saya tidak paham karena saya belum lahir saat negara itu berdiri (Timor Leste). Ibu saya berasal dari Timor Leste, sedangkan bapak saya berasal dari Indonesia dari suku Batak, tetapi ibu saya sangat cinta Indonesia. Sekarang saya bersama ibu dan bapak tinggal di Indonesia dan selamanya demikian.
Jika berpapasan orang di jalan dan saya telah berada di tanah Timor maka saya berpura-pura sebagai seorang anak Timor Leste yang sedang bermain-main di hutan atau kebun. Namun jika saya takut ketahuan atau tertangkap polisi perbatasan atau tentara yang sedang beroperasi keamanan maka saya akan memakai karung goni menutupi seluruh tubuh saya, dan bersembunyi di balik rerumputan kering berdebu atau bukit-bukit batu. Sepanjang perjalanan melelahkan itu, saya sering kehausan dan sulit membeli air karena kami melintasi hutan dan bukit atau jalan yang sulit. Namun syukurlah, saya selalu tiba di rumah nenek dengan selamat.
Nenek saya bernama Rei. Orang-orang memanggilnya nenek Rei. Sesampai di rumah nenek Rei saya mengucapkan salam kepada nenek. Lalu saya dan nenek pergi menggembalakan sapi ke sawah yang sudah dipotong padinya. Sore hari saya menggembalakan pulang sapi-sapi nenek kembali ke kandang. Saya melakukan itu setiap hari selama liburan.
Pasti kalian tidak percaya kalau saya mengatakan saya sangat bangga bisa membantu nenek. Jika teman-teman berlibur di rumah masing-masing saja, atau berlibur ke tempat-tempat yang indah dan tidak bekerja, saya justru sangat merindukan saat liburan ke rumah nenek di Timor Leste, saya bangga sekali bisa untuk membantu nenek menggembalakan sapi-sapi nenek. Sapi-sapi itu sangat akrab dengan saya, dan mereka seakan tahu bahwa saya pasti akan datang saat liburan sekolah dan menggembalakan mereka.
Akhirnya masa liburan pun selesai. Biasanya sehari sebelum selesai liburan, saya pasti pulang ke Indonesia ke Motain tempat tinggal saya. Sehari itu saya akan gunakan untuk menyiapkan segala sesuatu untuk masuk sekolah nanti. Saat yang ditunggutunggu pun tiba. Saya pamit pada nenek, namun karena bertepatan dengan ulang tahun saya maka saya dihadiahi seekor sapi oleh nenek saya.
“Terima kasih, nek terima kasih,” saya terus saja mengucapkan terima kasih atas hadiah yang berharga dari nenek, yaitu seekor sapi. Saya membawa sapi itu ke Indonesia melalui jalan tikus. Kali ini saya lebih hati-hati lagi karena saya bersama sapi. Selama satu jam perjalanan, saya kadang tegang dan ketakutan, namun saya berhasil tiba di Indonesia, di rumah saya dengan selamat.
Walaupun saya sangat mencintai nenek, tetapi saya juga sangat mencintai Indonesia. Saya memilih terus bersama orang tua saya di Indonesia karena jika berada di Indonesia saya bisa berlibur ke luar negeri, ke tempat nenek, di Timor Leste meskipun hanya dengan berjalan kaki. Semua itu sangat menyenangkan.
tinggal nentuin tema, tokoh, penokohan, alur, latar, amanat
16. penggalan paragraf teks ulasan Berikut yang merupakan bagian rekomendasi adalah a Dengan demikian tidak mengherankan jika setelah menonton film ini banyak penonton baik penonton yang semakin mencintai Indonesia film ini dapat ditonton oleh berbagai kalangan usia namun lebih dikirimin desikan untuk ditonton oleh kalangan remaja agar lebih mencintai tanah air dan mawas diri untuk selalu menghindari permusuhan B judul shopee kopi penulis Dewi Dee Lestari penerbit Bentang pustaka cetakan 1 Januari 2012 ketebalan 152 halaman C Siapa yang terkenal dengan WS Rendra dalam dunia seni dan sastra antologi puisi ini merupakan sebuah mahakarya dari WS Rendra yang belum pernah diterbitkan dalam antologi puisi ini Rendra berusaha mengerti keadaan pada masanya buku ini diawali dengan sambutan sejumlah sastrawan Indonesia dan dilanjutkan dengan catatan dari editor. D fisiologi kopi dan mencari Herman adalah 2 cerpen tentang oposisi philosophy kopi bercerita tentang tokoh yang berisi perihal kopi yang mempunyai cita rasa sempurna sedangkan mencari Herman bercerita tentang tokoh yang terobsesi akan sosok Herman dua-duanya mendapatkan jawaban dari ketidaksengajaan dan kesederhanaan
Jawaban:
jawabannya D
Penjelasan:
maaf kalo salah
17. Tuliskan judul yang tepat untuk membuat cerpen dengan tema cinta tanah air dan berikan gambaran ceritanya!
Judul: Negara ku, Surga ku
Tentang: ceritakan aja kekayaan alam Indonesia(banyaknya suku dan pulau namun tetap satu) tinggal dikembangin ajaa judul:pahlawan yang sungguh berjasa bagi negri ku (cerita in aja tentang perjuangan para pahlawan)
18. Kecewaadalah...b. senangId. dukaa ketakutan Ä‹ kesedihanb. kekhawatiran d. kekecewaanBacalah kutipan cerpen berikut!"Miarti, engkau belum insyaf. Engkau memikirkan dirimu sendiri. Tanah air memanggil putranya.Engkau telah sesat, engkau harus insyaf akan jaman sekarang ini.""Aku tak peduli. Tapi engkau tak kurelakan menjadi Heiho itu. Sekarang ada dua jalan.Pertama lemparkan baju monyet itu, dan kedua ceraikan aku dan pergilah sesuka hatimu.Pilihlah antara dua itu.""Miarti ..."a.. Cerita itu menggambarkan peristiwazaman ....Kemerdekaanb. Penjajahan Belandac. Penjajahan Inggrisd. Penjajahan JepangTema cerita tersebut adalah ....a. kehidupan sosialb. penderitaan karena dijajahC. cinta sejatid. perjuangan melawan penjajahBacalah kutipan cerpen berikut!"Ibu sering bilang, bapak jujur. Bapaktidak pernah membiayai keluarga denganmembantu bapak dengan bekerja sebagaipenyiar. Gaji ibu itulah yang disimpansebagai tabungan untuk biaya sekolah Irisnanti. Betapa mulianya ibu dan bapak."Teks tersebut merupakan kutipan cerpenbagian....a. Orientasic. Resolusib. Komplikasi d. Penyelesaian8. Bacalah kutipan cerpen berikut!"Pak." suara Iris memecah keheningandi ruang tengah itu."Kita belum sembahyang lohor."Keduanya kemudian meninggalkanruangan itu untuk memuji-Nya.nanananas Rapak tidak ingin membesarkan
Jawaban:
1.c.kesedihan
2.penjajahan jepang
3.c.cinta sejati
4.c.resolusi
Penjelasan:
maaf klo slh
:)
19. 6. Penggalan paragraf teks ulasan berikutyang merupakan bagian rekomendasiadalah ... HOTSa. Dengan demikian, tidak mengherankanjika setelah menonton film ini, banyakpenonton yang semakin mencintaiIndonesia. Film ini dapat ditonton olehberbagai kalangan usia. Namun, lebihdirekomendasikan untuk ditonton olehkalangan remaja agar lebih mencintaitanah air dan mawas din untuk selalumenghindari permusuhan.b. Judul : Filosofi KopiPenulis • Dewi "Dee" LestariPenerbit : Bentang PustakaCetakan : 1, Januari 2012Ketebalan : 152 halamanc. Siapa yang tak kenal denganW.S. Rendra, maestro dalam dunia senidan sastra. Antologi puisi ini merupakansebuah mahakarya dari W.S. Rendrayang belum pernah diterbitkan. Dalamantologi puisi ini, Rendra berusahamengkritik keadaan pada masanya.Buku ini diawali dengan sambutansejumlah sastrawan Indonesia dandilanjutkan dengan catatan dari editor.d. "Filosofi Kopi" dan "Mencari Hermanadalah dua cerpen tentang obsesi."Filosofi Kopiº bercerita tentang tokohyang terobsesi perihal kopi yangmempunyai cita rasa sempurna,sedangkan "Mencari Herman" berceritatentang tokoh yang terobsesi akan sosokHerman. Dua-duanya mendapatkanjawaban dari ketidaksengajaan dankesederhanaan.bantu kakak
Jawaban: d.
Maaf kalau salah.
20. 7.Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah,merupakan hal yang sangat penting dan bukan hal yang layak ditunda-tundaBagian isi teks pidato persuasir tersebut merupakan pendahuluan yang berisi ....8. Tanah di pekuburan umum itu masih basuh ketika para pentakziah sudah pulang. SementaraOgal masih duduk sambil sesekali menyeka air matanya. Ibu yang selama ini paling dia hormatidan cintai, tadi malam telah menghadap Tuhan Yang Maha Esa.Makna ungkapan menghadap Tuhan Yang Maha Esa pada kutipan cerpen tersebut adalah9. Sandi berjalan terburu-buru menuju sekolah. Hari ini jadwalnya untuk piket kelas. Sebelumlangkahnya sampai di gerbang sekolah, terdengar bel masuk menjerit kencang. la pasrah,terbayang wajah Amel yang akan dengan sadis memarahinya karena tidak piket.Tentukan kalimat yang mengandung majas personifikasi dalam kutipan cerpen tersebut!10. Tentukan sudut pandang pengarang dalam kutipan cerpen dalam soal nomor 9
Jawaban:
7. Yang Berisi: Penutup
8. Yaitu: Makna Religius
9. Yaitu: Bel Masuk menjerit Kencang
10. Sudut Pandang Orang Kedua
Penjelasan:
Semoga Membantu Ya