kunci jawaban buku paket ips kelas 8 halaman 127
1. kunci jawaban buku paket ips kelas 8 halaman 127
Jawaban:
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 127 - 133 Uji Kompetensi Bab 2
A. Pilihan Ganda
1. c. vertikal naik
2. d. situasi politik
3. b. 1 dan 3
4. b. seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi
5. b. menyesuaikan gaya hidup hedonis
6. d. kegagalan komunikasi bahasa
7. d. 2 dan 4
8. e. mempelajari seni bela diri karate
9. a. keseragaman agar tercapai kedamaian
10. c. penyambutan tamu
11. d. perbedaan kepentingan
12. b. memaksakan kehendak
13. b. heterogenitas kelompok
14. a. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda
15. b. konsensus bersama tentang nilai
. Esai
1. Jelaskan perbedaan dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun!
Jawaban :
- Mobilitas sosial naik adalah peningkatkan dalam status sosial seseorang, dari kedudukan yang lebih rendah ke kedudukan yang lebih tinggi. Contohnya : promosi jabatan
- Mobilitas sosial turun adalah penurunan status sosial seseorang, dari kedudukan yang lebih tinggi ke kedudukan yang lebih rendah. Contohnya : pemecatan jabatan
2. Untuk mendapatkan jabatan politik tertentu, tentu terdapat persaingan yang dapat memunculkan konflik sosial.
Jawaban :
- Menghindari sifat fanatisme
- Meningkatkan sikap saling menghargai
- Melakukan politik sehat
- Menjunjung tinggi sportifitas
3. Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?
Jawaban :
Karena ekonomi rendah dapat menyebabkan kesulitan dalam meningkatkan taraf hidup maupun pendidikan. Hal ini berbeda dengan orang yang memiliki ekonomi tinggi, mereka dapat dengan mudah untuk melakukan mobilitas sosial dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik.
4. Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?
Jawaban :
- Adat istiadat
- Agama
- Suku
- Tradisi
- Lingkungan
5. Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?
Jawaban :
Akulturasi adalah proses penyatuan dua budaya yang berbeda tanpa menghilangkan ciri khas budaya aslinya. Sedangkan Asimilasi adalah proses penyatuan dua budaya tetapi menghilangkan ciri khas budaya aslinya dan menciptakan budaya baru.
6. Jelaskan syarat agar terjadi integrasi sosial!
Jawaban :
- Masyarakat harus memiliki pola pikir bahwa mereka telah mampu memenuhi kebutuhan satu dengan yang lainnya.
- Masyarakat harus membuat kesepakatan terhadap norma yang telah ditegaskan kendati tidak dituliskan secara resmi tetapi sudah dengan sendirinya akan turun-temurun.
- Norma sudah dilaksanakan secara konsisten dalam jangka waktu tertentu yang relatif lama
Penjelasan:
Semogamembantu
Maafjikasalah
2. Ips kelas 8 smp halaman 127-131 ada yang bisa jawab gaa
Penjelasan:
semoga membantu yh dan jangan lupa jadikan jawaban tercerdas Alhamdulillah tugas kita samaan tapi punya aku udah selesai3. Jawaban ips kelas 8 halaman 127-131tolong jawab besok dikumpul
Soal nya mana sayang --"
4. kunci jawaban fiqih kelas 8 halaman 127
1. B
2.D
3.A
ada lagi kah?
5. terjemahan bahasa inggris kelas 8 halaman 127-128
Jawaban:
Hal 127 128
1. Aku mendapat nilai 90 di bahasa Inggris dan 65 di sejarah. Untukku, bahasa Inggris lebih mudah daripada sejarah. Sejarah lebih sulit daripada bahasa Inggris.
2. saya membeli kotak pensil yang indah ini hanya dengan harga lima belas ribu rupiah dan dompet plastik yang sangat sederhana ini seharga dua puluh ribu rupiah. Lucu bukan? Kotak epnsil lebih indah tetapi lebih murah. Dompetnya lebih sederhana tapi harganya lebih mahal.
3. Saya suka mawar. Mereka lebih indah dari bunga lainnya
4. Mari kita duduk dibangku dibawah pohon. Menurut saya lebih nyaman disana. Teduh dan dingin
5. Saya melihat malin kundang diTv tadi malam . Menurut saya bukunya lebih menarik dari pada filmnya
6. Saya pikir Edo adalah murid yang sangat baik. Dia lebih rajin dari kita semua! Dia selalu mendapat nilai bagus di semua mata pelajaran
6. jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 127 sampai 129
Jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 127 sampai 129. Soal yang dimaksud adalah soal uji kompetensi 3 Bab Relasi dan Fungsi yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Karena soalnya terlalu banyak maka disini saya akan menjawab soal no 15 – 20. Untuk jawaban no 1 – 14 bisa dilihat di link berikut: https://brainly.co.id/tugas/17769381
Pembahasan15) Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13) maka nilai f(31) adalah …
Jawab
f(2x + 1) = f(31)
2x + 1 = 31
2x = 31 – 1
2x = 30
x = 15
Jadi
f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13)
f(2(15) + 1) = (15 – 12)(15 + 13)
f(30 + 1) = (3)(28)
f(31) = 84
Jawaban D
16) Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi
(a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y)
(b) f(0) = 2
Nilai dari f(2016) adalah …
Jawab
Jika y = 0, maka:
f(x + y) = x + f(y)
f(x + 0) = x + f(0) ⇒ f(0) = 2
f(x) = x + 2
Jadi
f(2016) = 2016 + 2 = 2018Jawaban D
17) Diketahui fungsi bilangan real f(x) = [tex]\frac{x}{1 - x}[/tex], untuk x ≠ 1. Nilai dari f(2016) + f(2015) + … + f(3) + f(2) + f([tex]\frac{1}{2}[/tex]) + f([tex]\frac{1}{3}[/tex]) + … + f([tex]\frac{1}{2015}[/tex]) + f([tex]\frac{1}{2016}[/tex]) adalah …
Jawab
Untuk menjawab soal tersebut, kita pasangkan fungsi-fungsi dengan angka yang sama yaitu
f(2) + [tex]f(\frac{1}{2})[/tex]
= [tex]\frac{2}{1 - 2} + \frac{\frac{1}{2}}{1 - \frac{1}{2}} [/tex]
= [tex]\frac{2}{-1} + \frac{\frac{1}{2}}{\frac{1}{2}} [/tex]
= –2 + 1
= –1
f(3) + [tex]f(\frac{1}{3})[/tex]
= [tex]\frac{3}{1 - 3} + \frac{\frac{1}{3}}{1 - \frac{1}{3}} [/tex]
= [tex]\frac{3}{-2} + \frac{\frac{1}{3}}{\frac{2}{3}} [/tex]
= [tex]-\frac{3}{2} + \frac{1}{2} [/tex]
= [tex]-\frac{2}{2}[/tex]
= –1
:
f(2015) + [tex]f(\frac{1}{2015})[/tex]
= [tex]\frac{2015}{1 - 2015} + \frac{\frac{1}{2015}}{1 - \frac{1}{2015}} [/tex]
= [tex]\frac{2015}{-2014} + \frac{\frac{1}{2015}}{\frac{2014}{2015}} [/tex]
= [tex]-\frac{2015}{2014} + \frac{1}{2014} [/tex]
= [tex]-\frac{2014}{2014}[/tex]
= –1
f(2016) + [tex]f(\frac{1}{2016})[/tex]
= [tex]\frac{2016}{1 - 2016} + \frac{\frac{1}{2016}}{1 - \frac{1}{2016}} [/tex]
= [tex]\frac{2016}{-2015} + \frac{\frac{1}{2016}}{\frac{2015}{2016}} [/tex]
= [tex]-\frac{2016}{2015} + \frac{1}{2015} [/tex]
= [tex]-\frac{2015}{2015}[/tex]
= –1
Jadi penjumlahan yang menghasilkan –1 adalah 2016 – 1 = 2015 pasang
(dikurang satu karena pasangan f(1) dan f(1/1) tidak kita hitung)
Sehingga hasil dari penjumlahan soal diatas adalah
= (–1) + (–1) + (–1) + … + (–1) ⇒ sebanyak 2015
= (–1) . 2015
= –2015
Jawaban tak ada di option
18) Untuk setiap bilangan bulat x didefinisikan dengan fungsi f dengan f(x) adalah banyaknya angka (digit) dari x, contoh: f(206) = 3 dan f(2016) = 4. Nilai f(2²⁰¹⁶) + f(5²⁰¹⁶) adalah …
Jawab
Kita lihat pola f(2ⁿ) + f(5ⁿ)
Jika n = 1
f(2¹) + f(5¹) = f(2) + f(5) = 1 + 1 = 2Jika n = 2
f(2²) + f(5²) = f(4) + f(25) = 1 + 2 = 3Jika n = 3
f(2³) + f(5³) = f(8) + f(125) = 1 + 3 = 4Jika n = 4
f(2⁴) + f(5⁴) = f(16) + f(625) = 2 + 3 = 5Jadi berdasarkan pola diatas f(2ⁿ) + f(5ⁿ) hasilnya adalah (n + 1)
berarti
f(2²⁰¹⁶) + f(5²⁰¹⁶) = 2016 + 1 = 2017
Jawaban D
19) Dari diagram panah pada soal, pernyataan yang benar adalah
Jawab
No (i) dan (iv) yaitu (i) Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B dan (iv) Dengan demikian pengertian korespondensi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota himpunan B hanya mempunyai satu kawan
Jawaban C
20) Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = {a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah …
Jawab
n(X) = n(Y) = 5, maka banyak korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah
= 5 × 4 × 3 × 2 × 1
= 120
Jawaban B
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang relasi dan fungsi
Jawaban no 1 sampai 14: https://brainly.co.id/tugas/17769381 Relasi himpunan A dan B: brainly.co.id/tugas/9851863 Pasangan berurutan dari suatu relasi: brainly.co.id/tugas/10809447------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Relasi dan Fungsi
Kode : 8.2.2
Kata Kunci : Jawaban matematika kelas 8 semester 1 halaman 127 sampai 129
7. jawaban pilihan ganda PJOK kelas 8 halaman 127
Jawaban:
1a
2d
3c
4c
5c
6a
7d
8b
9c
10b
11d
12a
13a
14b
15a
8. Bantu Kak,ips Kelas 8 hal 127-132
Jawaban:
Dampak positif urbanisasi bagi desa sebagai berikut:
1. Meningkatnya kesejahteraan penduduk melalui kiriman uang dan hasil pekerjaan di kota.
2. Mendorong pembangunan desa karena penduduk sudah melihat kemajuan dikota.
3. Bagi desa yang padat penduduknya, urbanisasi dapat mengurangi jumlah penduduk.
4. pengangguran jumlah pengangguran di pedesaan.
dampak negatif
1 desa menjadi sepi dan kekurangan tenaga kerja
2 pembangunan di desa terhambat
3 industri kecil atau rakyat menjadi tidak berkembang
4 banyaknya fasilitas potensi desa yang terbengkalai
Dampak positif urbanisasi bagi kota sebagai berikut:
1. Kota dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
2. Semakin banyaknya sumber daya manusia yang berkualitas.
3 pembangunan di kota menjadi lebih cepat
4 industri berkembang dengan baik
* Dampak negatif urbanisasi bagi kota sebagai berikut:
1. Timbulnya pengangguran.
2. Munculnya tunawisma dan gubuk-gubuk liar di tengah-tengah kota.
3. Meningkatnya kemacetan lalu lintas.
4. Meningkatnya tindakan kriminal dan bentuk masalah sosial lainnya.
9. jawaban buku paket bahasa jawa kelas 8 halaman 127
Jawaban:
mana cerita dek kok gak ada
10. bahasa jawa kelas 8 halaman 127 semester 2
Jawaban:
udah dibalikin bukunyaa
11. Pai kelas 8 halaman 127-130 Soal difoto
Jawaban:
1.B
2.A
3.C
4.D
5.A
6.B
7.D
8.B
9.C
10.B
12. Tolong bantu Tugas Ips hal 127-131 KELAS 8
Contoh saluran mobilitas sosial pada bidang organisasi profesi adalah PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).
Pembahasan1. Pak Amir mengajar SMA sebagai guru. Setelah beberapa tahun, ia kini menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kasus ini merupakan contoh mobilitas sosial . . . .
Jawab : (C) Vertikal Naik
Mobilitas sosial vertikal naik adalah mobilitas yang menjadikan adanya peningkatan status, kedudukan, derajat, serta menjadikan jiwa menjadi lebih bahagia.
Pelajari juga tentang contoh mobilitas sosial, baca di brainly.co.id/tugas/127213172. Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas sosial adalah . . . .
Jawab : (D) Situasi Politik
Pada kelompok masyarakat tidak mampu, kelompok ini sangat bergantung kepada situasi politik untuk mendorong mobilitas sosial. Apabila situasi politik di negaranya kondusif, maka perekonomian (harga barang stabil) dan sistem pendidikan berjalan dengan baik.
3. Perhatikan beberapa contoh saluran mobilitas sosial di bawah ini:
1) PGRI
2) APKOM DIY
3) IDI
4) PBB
5) IMI
Yang termasuk contoh saluran mobilitas sosial pada bidang organisasi profesi adalah . . . .
Jawab : (B) 1 dan 3
PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) IDI (Ikatan Dokter Indonesia)4. Di bawah ini contoh faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah . . . .
Jawab : (B) Seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
Pelajari juga tentang asimilasi, akulturasi, akomodasi, dan kontraversi, baca di brainly.co.id/tugas/533205. Di bawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik, adalah . . . .
Jawab : (B) Menyesuaikan gaya hidup hedonis
Gaya hidup hedonis/hedonisme adalah pandangan yang menanggap kesenangan/kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
6. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia memiliki dampak positif, kecuali . . . .
Jawab : (D) Kegagalan Komunikasi Bahasa
7. Perhatikan nama suku bangsa Indonesia :
1) Minangkabau
2) Gayo
3) Osing
4) Aneuk Jamee
5) Ngaju
Yang termasuk suku bangsa Indonesia berasal dari provinsi NAD adalah . . . .
Jawab : (D) 2 dan 4
Suku Minangkabau, suku bangsa berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Suku Osing, suku bangsa berasal dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Banyuwangi. Suku Ngaju, suku bangsa berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan.8. Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah . . . .
Jawab : (E) Mempelajari seni bela diri karate.
Seni bela diri karate merupakan seni bela diri yang bukan berasal dari Indonesia.
9. Pluraritas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan . . . .
Jawab : (A) Keseragaman agar tercapai kedamaian.
Pluralitas bermakna keberagaman atau kemajemukan yang terdapat dalam suatu bangsa yang mendorong tumbuhnya persatuan dan kesatuan.
10. Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara . . . .
Jawab : (C) Penyambutan Tamu
Seiring dengan perkembangan zaman, tari-tarian daerah yang sebelumnya dipergunakan sebagai acara keagamaan, sesaji, syukuran, hingga perang kemudian beralih fungsi menjadi tari ciri khas kedaerahan untuk penyambutan tamu.
11. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan. Pemberian upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan.
Kasus di atas menggambarkan konflik terjadi karena faktor . . . .
Jawab : (D) Perbedaan Kepentingan
Konflik kepentingan kerap sekali menjadi sumber utama konflik antara buruh dengan pengusaha. Buruh menginginkan upah yang sesuai, namun pengusaha menginginkan pemberian upah yang minimum agar profit perusahaan dapat ditingkatkan.
12. Individu atau kelompok ini memandang bahwa pendapat atau idenya paling benar sehingga memenangkan konflik dengan cara menguasai lawan adalah jalan untuk mencapai tujuan. Hal ini merupakan contoh cara menangani konflik, yaitu . . . .
Jawab : (B) Memaksakan Kehendak
Salah satu cara menangani konflik adalah dengan cara koersi, dan memaksakan kehendak termasuk dalam cara penanganan koersi.
13. Berikut ini adalah faktor yang memengaruhi cepat lambatnya proses integrasi, kecuali . . . .
Jawab : (B) Heterogenitas kelompok.
4 faktor yang memengaruhi cepat lambatnya proses integrasi adalah homogenitas kelompok, besar kecilnya kelompok, mobilitas geografis, dan efektifitas komunikasi.
14. Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah . . . .
Jawab : (A) Adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda.
15. Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya . . . .
Jawab : (B) Konsensus bersama tentang nilai
Konsensus bermakna kesepakatan kata atau pemufakatan.
Pelajari juga tentang kunci jawaban soal essai IPS halaman 132 kelas 8, baca di https://brainly.co.id/tugas/20065046 Detail JawabanKelas : VIII
Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial
Bab : Bab 2 - Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
Kode : 8.10.2
Kata Kunci : Kunci Jawaban Pilihan Ganda Halaman 127-131 Kelas 8, Integrasi Sosial, Mobilitas Sosial
13. IPS KELAS Jawaban pilihan ganda no 127 – 131 8
127D
128.C
128.A
130.A
131.B
semoga membantu ya
14. Bupena kelas 5D halaman 127. Tolong jawab....
Jawaban:
jawaban ada di foto.
maaf jika tulisan nya kurang jelas.
15. jawaban buku agama Islam halaman 127 kelas 8
jawaban untuk nomer 1)b.
nomer 2)a.
16. ips kelas 8 hal 127
makanya belajar sendiri:(
17. Tolong dijawab saya kasih 50 POIN Pai halaman 127-130 kelas 8 revisi
Jawaban:
Hal : 127 jawaban Ayo Berlatih PAI Kelas 8 Semester 2 Halaman 127adalah B. Dan apabila orang orang bodoh menyapa mereka (dengan kata kata menghina), mereka mengucapkan salam. Kemudian jawaban nomer 2 adalah A. Pemborosan itu adalah saudara setan.
PEMBAHASAN
13. Ayat ini merupakan surah al furqon ayat 63, ALLAH Ta’ala berfirman
وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا
wa'ibaadu rrahmaani ladziina yamsyuuna 'alaa l-ardhi hawnan wa-idzaa khaathabahumu ljaahiluuna qaaluu salaamaa
Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.
Maksud dari ayat ini adalah agar orang-orang beriman bersikpa rendah hati dan dan apabilada yang berkata keburukan kepada mereka maka mereka membalas mengatakan kebaikandan mendoakan keselamatan bagi orang yang telah mendzolimi mereka. Dengan kata lain yaitu membalas keburukan orang lain dengan kebaikan.
Jadi jawabannya adalah B. Dan apabila orang orang bodoh menyapa mereka (dengan kata kata menghina), mereka mengucapkan salam.
14. Ayat ini adalah surah al israa ayat 26, ALLAH Ta’ala berfirman,
إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا
inna lmubadzdziriina kaanuu ikhwaana sysyayaathiini wakaana sysyaythaanu lirabbihi kafuuraa
Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.
Pesan-pesan yang terdpaat dalkam ayat ini adalah agar umat muslim tidak melakukan perbuatan boros dan mubadzir, yaitu perbuatan membelanjakan harta kita di jalan yang keliru. Jalan yang keliru maksudnya adalah yang tidak bermanfaat bagi kita dan peningkatan amal kita. Atau membelanjakan harta kita untuk keperluan – keperluan bermakasiat kepada ALLAH. karena hal yang seperti ini tidak disukai ALLAH dan Rasulnya, bahkan dalam ayat ini jelas dituliskan bahwa pemboros adalah saudara syaitan. Maka gunakan hata kita dijalan yang benar dan bersyukur kepada ALLAH atas apa yang kita miliki.
Jadi jawabannya adalah A. Pemborosan itu adalah saudara setan.
PELAJARI LEBIH LANJUT
Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !
1. Kisah-Kisah moral mengenai Al Quran !
cek disini brainly.co.id/tugas/16995203
2. Kaum yang mempunyai keyakinan bahwa Allah merasa lelah setelah membuat alam semesta dalam enam hari adalah !
cek disini brainly.co.id/tugas/16824826
3. Perihal Al Quran dalam ayat Al Furqon ayat 1.
Cek disini brainly.co.id/tugas/16824168
Oke adik adik Semangat! Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !
.........................................................................................................................................................
DETAIL JAWABAN
Kelas : XI
Pelajaran : Agama
Kategori : bab 1 – Al Quran sebagai pedoman hidup
Kata Kunci : surah Al isra ayat 27 dan al furqon ayat 63
Kode : 11.14.1
Penjelasan:
# Maaf Aku Yang Tau Halaman 127 Doang
# Semoga Membantu Ya
18. Soal matematika kelas 8 halaman 127
Penjelasan dengan langkah-langkah:
aku kls 9 jd gatau soalnya, coba liat soalnya
19. kunci jawaban fiqih kelas 8 halaman 127
Penjelasan:
5.b6.c7b.8d.9c. maaf kalau salah
20. isi jawaban ips bab ll uji kompetensi hal-127 kelas 8 semester 1
Jawaban:
1.) C
2.) B
3.) B
4.) B
5.) B
6.) D
7.) D
8.) E
9.) A
10.) C
11.) E
12.) B
13.) B
14.) A
15.) A