Dalam menerapkan metode pembelajaran harus dapat menghubungkan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dikembangkan. Tentukanlah dua tujuan pembelajaran/kompetensi yang ingin dikembangkan beserta alternatif kegiatan yang mungkin dilakukan dalam pembelajaran tersebut!
1. Dalam menerapkan metode pembelajaran harus dapat menghubungkan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dikembangkan. Tentukanlah dua tujuan pembelajaran/kompetensi yang ingin dikembangkan beserta alternatif kegiatan yang mungkin dilakukan dalam pembelajaran tersebut!
Jawaban:
gjjkkgswwhklvbioottbbv ff
2. Kita belajar seni rupa dan desain bertujuan
untuk melatih keterampilan kita, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,
membentuk gagasan dan mengelolah media untuk mewujudkan gambaran2 yg baru
3. Apa tujuan belajar desain pada tingkat SMA
Menambah rasa kekreativitas/menggambar
Menambah pengalamandapat menciptakan apa yang ada di pikiran kita, belajar berkreativitas kelas dapat menjadi seorang entrrepreneur
4. berdasarkan kompetensi, sebutkan profesi profesi desain?
profesi: desainer baju,desain grafis, arsitek
5. Mengapa guru harus memperhatikan metode mengajar, tujuan pembelajaran, dan kompetensi capaian? Jelaskan denga memberikan contoh atau ilustrasi
Jawaban:
Guru harus memperhatikan metode mengajar karena setiap siswa memiliki keberagaman dlm menyerap suatu informasi. Contohnya, seorang siswa, sebut saja A, memiliki kemampuan menyerap informasi yang cepat. Sedangkan, B, memiliki kemampuan dlm menyerap informasi yang lambat. Apabila seorang guru mencoba utk menyesuaikan dengan kecepatan A dalam menyerap informasi di kelas, tentunya akan berdampak negatif ke B, yang mana mengakibatkan ketimpangan di kelas.
Selain itu, tujuan pembelajaran juga penting. Misalnya dalam Matematika. Apabila suatu siswa hanya diberikan rumus tanpa penjabaran konsep tentang bagaimana rumus tersebut bisa ada, maka pembelajaran yang seharusnya membentuk siswa dengan pola pikir sistematis dan runut, malah mengarahkan siswa menjadi robot penghafal, yang hanya belajar untuk sekadar ujian saja.
Kemudian, kompetensi capaian.Kompetensi capaian penting dalam segi formalitas. Contohnya, untuk semester 1 Kimia kelas X, seorang guru harus menuntaskan atau mengajarkan 5 bab kepada siswa.
6. mengapa karakter dan kompetensi siswa menjadi tujuan dalam profil pelajar pancasila?
Karena Pancasila merupakan dasar negara yang memberikan sifat/sikap baik kepada seluruh masyarakat yang tinggalIndonesia maka siswa juga harus berkarakter tujuan menjadi profil pelajar..Jadikan jawaban tercerdas ya ( ╹▽╹ )
7. Jelaskanlah maksud “Desain belajar dahulu, desain pembelajaran kemudian”
Jawaban:
Sebagai ilmu, desain pembelajaran merupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas layanan pembelajaran dalam skala makro dan mikro untuk berbagai mahasiswa pada berbagai tingkatan kompleksitas.
8. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
Jawaban:
silabus
Penjelasan:
9. Belajar seni rupa dan desain tingkat sma bertujuan?
Belajar seni rupa dan desain tingkat SMA bertujuan untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam meningkatkan serta memajukan seni rupa dalam negeri.
10. Jelaskan tujuan dan kompetensi yang ingin di capai dari pembelajaran pkn.
memahami bagaimana menjadi warga negara seutuhnya
11. bagaimana cara mendesain kegiatan pembelajaran agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal?Tolong bantu jawab yg ini yah
Jawaban:
Harus Ada Kerjasama Antara Guru Dan Murid. Dan Seorang Guru Harus Bisa Menentukan Strategi Apa Yang Harus Di Gunakan Agar Tujuan Pembelajaran Yang Baik Akan Tercapai. Sehingga Pelajaran Berjalan Normal Dan Keberhasilan Pembelajaran Pun Tercapai.
Penjelasan:
Semoga Bermanfaat^_^
12. jelaskan maksud ketika memilih metode mengajar harus memperhatikan tujuan pembelajaran maupun kompetensi yang akan dicapai siswa
Jawaban:
Metode pembelajaran merupakan alat untuk mencapai tujuanpembelajaran, operasionalisasi dari strategi pembelajaran dalam menyiasati perbedaan individual siswa, meningkatkan motivasi belajar serta meningkatkan daya serap materi bagi siswa dan berdampak langsung terhadap pencapaian tujuan. Oleh karena itu, materi pelajaran merupakan salah satu pertimbangun guru dalam menentukan metode pembelajaran.
Jadi menurut saya metode pembelajaran ialah tahap tahap dalam pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan materi yang telah di susun kepada peserta didik untuk mencapai tujuan.
Penjelasan:
smga mmbntu y
13. Jelaskan perbedaan persamaan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
Agar kegiatan memfasilitasi berhasil optimal maka arah pembelajaran hendaknya mengacu pada indikator pencapaian kompetensi. Dengan demikian persamaan dari indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran adalah pada fungsi keduanya sebagai acuan arah proses dan hasil pembelajaran. Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran.
Pembahasan:
Pembelajaran abad ke-21 merupakan pembelajaran dengan menggunakan sistem student center. Pada pembelajaran abad ke-21, murid dilatih untuk menumbuhkan sikap kritis, problem solving, komunikasi dan kolaborasi. Dalam melatih sikap kritis dan problem solving guru dapat memberikan stimulus dengan menyajikan peristiwa atau isu-isu yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Guru perlu kreatif dan inovatif dalam memberikan sebuah stimulus agar murid dapat merespon stimulus tersebut dengan baik. Terlebih, kemampuan dan kebutuhan setiap murid yang cenderung berbeda, serta guru masih memiliki kompetensi yang kurang memadai dalam melakukan diferensiasi dan masih bergantung pada fasilitas sekolah. Padahal untuk melatih sikap kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa, guru dapat memberikan sebuah studi kasus yang relevan dengan lingkungan sekitarnya, guru juga dapat memanfaatkan lingkungan sekitar atau potensi alam. Tujuan pembelajaran sebaiknya tidak terpaku pada kurikulum, apabila memang fasilitas sekolah tidak mampu untuk mencapai tujuan yang ada dikurikulum, guru dapat melakukan pengembangan terhadap kurikulum tersebut dengan berdasar kepada karakteristik setiap siswanya sehingga pembelajaran yang terjadi tidak hanya berfokus pada output pengetahuan saja namun juga diimbangi dengan keterampilan.
Pelajari lebih lanjut
• Materi model pembelajaran konvensional dan mixed pada link brainly.co.id/tugas/22918631
• Materi keterampilan berpikir pada brainly.co.id/tugas/37195998
• Materi materi tentang konsep berpikir sosiologi pada brainly.co.id/tugas/46218829
Detail jawaban
Kelas : 12 SMA
Mapel : AGAMA
Bab : Bab 3 - Menghidupkan Nurani dengan berpikir Kritis
Kode : 12.14.3
#AyoBelajar #SPJ5
Harga 2 koper dan 5 tas adalah 600.000.00. Sedangkan harga 3 koper dan 2 tas yang sama yaitu 570.000.00. Harga sebuah koper dan 2 tas yaitu 270.000. Soal ini menggunakan cara eliminasi dan subtitusi dalam mengerjakannya.
Penjelasan dengan Langkah-langkah:
Diketahui:
Misal:
Koper = x
Tas = y
2x + 5y = 600.000 ……(1)
3x + 2y = 570.000 …….(2)
Ditanya:
Harga 1 koper (x) dan 2 tas (y) atau x + 2y =……?
Jawab:
Kita eliminasi persamaan (1) dan (2)
Untuk persamaan (1) kita kali semua bilangan dengan angka 3
Jadi (2x + 5y = 600.000) x 3 menjadi 6x + 15y =1.800.000
Untuk persamaan (2) kita kali semua bilangan dengan angka 2
Jadi (3x + 2y = 570.000) x 2 menjadi 6x + 4y = 1.140.000
Sehingga kita dapat persamaan baru yaitu:
6x + 15y = 1.800.000 ….(3)
6x + 4y = 1.140.000 ….(4)
Eliminasi persamaan (3) dan (4) dengan cara dikurang untuk mengeliminasi 6x
Sehingga didapat :
11y = 660.000
y = 60.000 (harga 1 tas)
Untuk mencari nilai x maka kita subtitusikan nilai y ke persamaan (1)
2x + 5y = 600.000
2x + 5(60.000) = 600.000
2x + 300.000 = 600.000
2x = 600.000-300.000
2x = 300.000
X = 300.000/2
X = 150.000 (harga 1 koper)
Sehingga harga x + 2y = 150.000 + 2(60.000) = 150.000 +120.000 = 270.000
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang metode substitusi,eliminasi,grafik,dan campuran beserta contohnya : brainly.co.id/tugas/1740828Materi tentang perbedaan antara metode eliminasi dengan metode substitusi brainly.co.id/tugas/6903866Materi tentang 5 contoh soal substitusi dan eliminasi dan berikan jawabannya brainly.co.id/tugas/13338556===================================
Detail Jawaban
Kelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Kode : 8.2.5
#AyoBelajar
#SPJ5
14. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan
Jawaban:
MENGAJARI MURID MURID
Penjelasan:
SEMOGA MEMBANTU
15. Sebutkan apa saja kompetensi desain grafis.?
[tex]R\alpha dity\alpha Z\alpha yy\alpha n[/tex]
问题
Sebutkan apa saja kompetensi desain grafis.?
回ç”
Keahlian di Bidang Desain Cetak. Kemampuan Copywriting. Mahir Menggarap Ilustrasi dan Karikatur. Mampu Membuat Animasi. Skill Fotografi yang Mumpuni.16. asesmen awal pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan murid
Pernyataan tentang "Asesmen awal pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan murid" adalah benar. Asesmen ialah cara untuk melakukan pembelajaran yang ada.
Pembahasan
Penilaian adalah upaya memperoleh data/informasi dari suatu proses dan hasil pembelajaran untuk menentukan seberapa baik kinerja siswa, kelas/kursus, atau program dikaitkan dengan tujuan/kriteria/prestasi pembelajaran tertentu. Penilaian juga dapat diartikan sebagai pencarian langkah-langkah terhadap kemampuan dan ketidakmampuan siswa. Contoh penilaian: Dengan mengumpulkan data tentang kurikulum dan program pendidikan yang sedang atau sedang dilaksanakan. Peringkat memungkinkan guru untuk mengumpulkan informasi yang relevan tentang hasil atau kemajuan siswa setelah pembelajaran. Evaluasi kelas memiliki tiga fungsi: evaluasi sebagai pembelajaran (evaluation as learning), evaluasi untuk pembelajaran (evaluation for learning), dan evaluasi untuk pembelajaran. Penyelesaian proses pembelajaran (evaluation of learning).
Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut materi tentang asesmen: https://brainly.co.id/tugas/40186367
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
17. 1. Mengapa dalam pemilihan metode mengajar perlu memperhatikan tujuan pembelajaran maupun kompetensi yang akan di capai siswa
karena untuk bisa di pahami oleh siswa mya
18. Tujuan pembelajaran adalah tingkah laku yang harus dimiliki setelah peserta didik proses pembelajaran berlangsung, rumusan tujuan pembelajaran harus merujuk pada kompetensi dasar yang hendak dicapai. Diskusikan 2 contoh kompetensi dasar yang baik !
Contoh dalam kompetensi dasar yang baik adalah
Menjelaskan tentang suatu materi dan dapat memahami tentang materi tersebut.Menjelaskan dan dapat mengidentifikasi prinsip yang ada dalam materi tersebut.Penjelasan:
Kompetensi dasar adalah wujud dimana peserta didik menguasai pengetahuan, perilaku, keterampilan dan sikap setelah menerima materi pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Keterampilan tersebut dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa dan harus mengacu pada keterampilan dasar yang sudah terbentuk. Kompetensi Inti adalah konten atau kompetensi yang terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dihasilkan oleh microchip yang harus dikuasai siswa Keterampilan ini dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, bakat asli, dan karakteristik materi. . Keterampilan dasar dan keterampilan dasar adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dibentuk, dan dikuasai oleh siswa di kelas dan satuan pendidikan tertentu.
Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut materi tentang kompetensi dasar: https://brainly.co.id/tugas/1879036
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
19. Apa Tujuan dan fungsi dari pembinaan kompetensi mengajar?
Jawaban:
Pembinaan guru mempunyai esensi “professional growth” dengan esensi pokoknya adalah keahlian teknis (professional technical expertise) serta perlu ditunjang oleh kepribadian dan sikap profesional. Dengan pembinaan ini guru diharapkan dapat mengenal hambatan-hambatan, baik yang di luar maupun di dalam situasi hidup dan kerjanya, melihat segi-segi positif dan negatifnya serta menemukan pemecahan-pemecahan masalah yang terjadi. Melalui sistem pembinaan diharapkan adanya suatu sistem bantuan profesional yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan profesi-onal guru secara terus menerus, sehingga mutu pengelolaan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru terjabar dalam planning, organizing, actuating dan evaluating pembelajaran yang bermutu.
Pendidikan di sekolah dapat ditinjau sebagai suatu sistem, yang terdiri atas komponen yang saling terkait yaitu (1) komponen input dan instrumen input, seperti sumber daya manusia (guru, karyawan tata usaha, orang tua dan masyarakat), peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan lingkungan, (2) komponen proses yang merupakan interaksi antara semua unsur masukan, dan (3) komponen out put atau lulusan.
Penjelasan:
maaf kalau salah
20. 4 rumusan tujuan pembelajaran yang berlandaskan dari kompetensi dasar
Jawaban:
1. Audience
Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, yang dimaksud audience adalah siswa. Meski secara bahasa audience artinya pendengar, tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai pusat (subjek sekaligus objek) dalam pembelajaran.
2. Behavior
Behavior berarti tingkah laku / aktivitas suatu proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Maka, tidak mungkin pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah laku atau aktivitas dari siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior (aktivitas siswa) ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), seperti: memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain. Penggunaan KKO dalam satu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu. Artinya dalam sebuah aktivitas pembelajaran, siswa melakukan satu perbuatan. Dengan demikian, siswa lebih fokus pada satu perbuatan tersebut sehingga pembelajaran lebih optimal.
3. Condition
Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks KBM, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar hasil yang diharapkan bisa tercapai. Perumusan condition adalah dengan menjawab pertanyaan, "aktivitas apa yang dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa tercapai? Condition ditulis dalam bentuk kata kerja.
4. Degree
Degree berarti suatu perbandingan. Dalam konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar. Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari, serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu perubahan tingkah laku
Sekian dari saya semoga membantu ya kakak kakak sekalian jika ada salah mohon dimaafkan❤️ (◍•á´—•◍)❤