Buku Guru Kelas 3 Tema 4


Buku Guru Kelas 3 Tema 4

12. Pak Guru adalah wali kelas 4A. Di kelas 4A ada 29 siswa. Pak Guru menumpuk kesemua buku menjadi 3 tumpukkan. Tumpukan pertama adalah buku tema 1 dan 2, tumpukan kedua adalah buku tema 3 dan 4, dan tumpukan ketiga adalah buku bahasa daerah dan matematika. a. b. d. Tinggi tumpukan buku tema 1 dan 2 mendekati 1 m. Tinggi tumpukan buku matematika dan bahasa daerah mendekati 1 m. Tinggi tumpukan buku tema 3 dan 4 mendekati 2 m. Tinggi tumpukan buku matematika dan bahasa daerah 0,5 m.​

Daftar Isi

1. 12. Pak Guru adalah wali kelas 4A. Di kelas 4A ada 29 siswa. Pak Guru menumpuk kesemua buku menjadi 3 tumpukkan. Tumpukan pertama adalah buku tema 1 dan 2, tumpukan kedua adalah buku tema 3 dan 4, dan tumpukan ketiga adalah buku bahasa daerah dan matematika. a. b. d. Tinggi tumpukan buku tema 1 dan 2 mendekati 1 m. Tinggi tumpukan buku matematika dan bahasa daerah mendekati 1 m. Tinggi tumpukan buku tema 3 dan 4 mendekati 2 m. Tinggi tumpukan buku matematika dan bahasa daerah 0,5 m.​


Jawaban:

mana pertanyaan nyaaa?

Penjelasan dengan langkah-langkah:

ini di suruh apain?

mana pertanyaan nya?


2. B.Terjemahkanmufrodatdibawahinikedalambahasaarab!1)PakgurumengajarbahasaArabdikelas62)Murid-muridpulangdarimadrasahsetelahsholatdhuhur3)Aniberangkatkemadrasahbersamateman-temanya4)Amirmeminjambukudiperpustakaan5)BugurumembacabukuC.Terjemahkankalimatdibawahinikedalambahasaindonesia!​


Jawaban:

1. المدرس يدرس اللغة العربية في الفصل السادس.

2. التلاميذ يرجعون من المدرسة بعد صلاة الظهر .

3. أني تذهب الي المدرسة مع اصدقاءها.

4. أمير يستعير الكتاب في المكتبة.

5. المدرسة تقرأ الكتاب.

Penjelasan:

semoga membantu


3. Tema 8 Subtema 3 Aku Suka BertualangPenugasan1. Buatlah kelompok bersama teman sebelahmu.2. Tanyakan kepada 10 temanmu di kelas, tempat wisata apakah yangpernah mereka kunjungi.3. Tulislah data tersebut ke dalam tabel di buku tugas kalian masing-masing.4. Berdasarkan data tersebut, buatlah juga diagramnya.5. Setelah itu, tulislah informasi-informasi yang dapat kamu perolehberdasarkan data tersebut.6. Presentasikan hasilnya di depan kelas.7. Kumpulkan hasilnya kepada gurumu untuk dinilai.​


Jawaban:

wisata yang pernah saya kunjungi adalah GBR disana banyak kali dan pohon


4. 1. Perhatikan unsur-unsur di bawah ini ! 1) Cover buku 2) Imajinasi 3) Penokohan 4) Konotatif 5) Tema cerita Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan unsur unsur cerita nonfiksi adalah nomor... A. 1 dan 2 B. 1 dan 5 C. 3 dan 5 D. 3 dan 4 Perhatikan teks di bawah ini untuk soal nomor 2 dan 3! Adit selalu dapat mengerjakan tugas dari guru dengan baik Saat ulangan pun, Adit sering kali menjawab semua soal dengan benar. Tidak heran jika Adit selalu juara kelas. Adit memang anak yang... 2. Kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah... A. cerdas B. malas C. Pandai D. Bodoh 3. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah A. Adit anak yang malas B. Adit sering kali menjawab soal dengan benar C. Adit tidak pernah mengerjakan tugas D. Adit selalu juara kelas


Jawaban:

1. B

2. A

3. D

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

1.  A. 1 dan 2

2. A. Cerdas

3. D. Adit selalu juara kelas / B. Adit sering kali menjawab soal dengan benar

Penjelasan:

Untuk nomor 3 saya takut salah. Bisa diantar D atau B. Tapi sepertinya D. Jika D salah maka kemungkinan B. Maaf jika salah


5. Dari Seorang Guru kepada Murid-muridnyaAdakah yang kupunya anak-anakku selain buku-buku dan sedikit ilmu sumber pengabdianku kepadamu.Kalau hari Minggu engkau datang ke rumahku aku takut, anak-anakku kursi-kursi tua yang ada di sanadan meja tulis sederhanadan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnyasemua padamu akan berceritatentang hidupku di rumah tanggaAh, tentang ini tak pernah aku berceritadepan kelas, sedang menatap wajah-wajah remaja-horison yang selalu biru bagiku-karena kutahu; anak-anaku engkau terlalu mudaengkau terlalu bersih dosauntuk mengenal ini semua. (Hartoyo Andangjaya)1. tema puisi di atas adalah …a.Kesedihan seorang gurub.Pekerjaan guruc.Pengabdian gurud.Seorang guru yang malue.Keluhan guru 2.Amanat puisi di atas adalah …a.Buku adalah sumber ilmu.b.Guru merupakan pekerjaan yang didambakan.c.Pemerintah diharapkan mau memperhatikan nasib para guru.d.Para guru seharusnya lebih terbuka kepada murid-muridnya.e.Jangan mencontoh kehidupan guru 3.Dalam puisi terdapat pengimajian, yang dimaksud dengan pengimajian....a.Kata atau susunan yang dapat mengungkapkan pengalaman sensorisb.Khayalan dalam puisic.Dongeng dalam ceritad.Puisi yang berdasarkan kisah nyatae.Karangan sendiri4.Yang dimaksud dengan makna dari puisi …a.Kesimpulan ceritab.Pesan yang disampaikan penyair lewat puisic.Kisah nyata yang ditulis penyaird.Alur ceritae.Jenis teks yang terdapat di dalam puisi5.Bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata – kata dalam larik dan baik. Kalimat di atas adalah pengertian dari…a.Pengimajianb.Tema puisic.Rima d.Iramae.Ritme6.Hal yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi adalah …a.Ekspresi dan percaya dirib.tema, iramac.Vokal, intonasi dan ekspresid.Rima, iramae.Musikalisasi7.Ada beberapa jenis rima yaitu…a.Rima dan iramab.Rima bunyic.Rima keras dan tertutupd.Rima pendeke.Rima aliterasi8.Kata konkret adalah…a.Penggunaan kata – kata dalam puisib.Penyampaian puisic.Objek yang diceritakand Kata yang memungkinkan munculnya imaji karena dapat ditangkap indrae.Teks yang digunakan untuk membuat puisi9.AKU INGINby :Sapardi Djoko DamonoAku ingin mencintaimu dengan sederhanaDengan kata yang tak sempat diucapkanKayu kepada api yang menjadikannya abuAku ingin mencintaimu dengan sederhanaDengan isyarat yang tak sempat disampaikanAwan kepada hujan yang menjadikannya tidakPuisi diatas merupakan…a.Cinta kepada anakb.Ungkapan cinta seseorang kepada kekasihnyac.Ungkapan untuk orang tuad.Rela demi orang tuanyae.Ungkapan benci kepada kekasihnya10.Untuk menemukan makna dalam sebuah puisi, pembaca harus membaca puisi dengan seksama dan memperhatikan banyak faktor dalam puisi tersebut. Salah satunya...a.Nilai seni dalam pembacaan puisib.Penggunaan bahasac.Kemampuan seseorang membaca puisid.Pendengar merasa terbawa dalam puisi yang dibacakane.Penggunaan kata-kata kiasan


Tema dari puisi di atas adalah pengabdian guru (C).Amanat puisi di atas adalah pemerintah diharapkan mau memperhatikan nasib para guru (C).Pengimajian adalah khayalan dalam puisi (B).Makna dari puisi adalah pesan yang disampaikan penyair lewat puisi (B).Rima (C) adalah bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata-kata dalam larik dan bait.Hal yang harus diperhatikan ketika membaca puisi adalah vokal, intonasi, dan ekspresi (C).Jenis rima yaitu rima aliterasi (E).Kata konkret adalah kata yang memungkinkan munculnya imaji karena dapat ditangkap indra (D).Puisi Aku Ingin merupakan puisi yang menceritakan ungkapan cinta seseorang kepada kekasihnya (B).Faktor yang harus diperhatikan dalam membaca puisi adalah nilai seni dalam pembacaan puisi (A).

Pembahasan:

Puisi merupakan karangan indah yang setiap katanya memiliki makna. Puisi memiliki ciri-ciri terdiri:

Terdiri dari baitMemiliki rima dan iramaSetiap bait terdiri dari beberapa barisMengandung majas.

Majas dalam puisi dapat diartikan sebagai gaya bahasa yang digunakan untuk memperindah puisi. Contoh majas yang digunakan dalam puisi, antara lain:

Majas hiperbolaMajas personifikasiMajas paradoksMajas simileMajas metaforaMajas perumpamaan

Pemilihan kata dalam puisi disebut dengan diksi. Adapun tujuan dari diksi adalah agar isi puisi lebih indah dan mengandung makna yang mendalam serta menarik minat pembaca.

Larik dalam puisi dapat diartikan sebagai sebuah baris yang dapat berupa kata, kalimat, maupun bentuk frasa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang puisi : https://brainly.co.id/tugas/2072217Materi tentang ciri puisi : https://brainly.co.id/tugas/14299105Materi tentang makna puisi: https://brainly.co.id/tugas/20919934

Detail jawaban

Kelas: SMP-9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 14-Gaya Bahasa

Kode: 9.1.14

#AyoBelajar #SPJ2


6. 1.Kata Kata dibawah Ini termasuk unsur unsur drama, kecuali....A.DiksiB. alurC. PenokohanD. latar2.berikut Ini yg tidk termasuk unsur drama adalah....A. tokohB. dialogC. alurD.naskah3. pada acara perpisahan guru, Sinta akan menyampaikan pidato singkat. tema pidato yang tepat untuk cara tersebut adalahA. Hidup adalah perjuanganB. jasa guru takkan TerlupaC. habis manis sepah dibuangD. Kasihanilah sesama4. Dibawah ini merupakan langkah-langkah melaporkan isi buku,kecualiA. mencatat judul,nama pengarang,jumlah halaman, penerbit dan tahun penerbitB. menyimpulkan isi buku tersebut Dan mencatat pokok-pokoknyaC. menyampaikan laporan tersebut di depan kelas dengan Kalimat yang runtutD. Menolak Dari semua isi buku yang dibaca5.Berikut Ini yang Bulan jenis alur adalahA. majuB. mundurC. campuran D. budaya


1.A
2.C
3.B
4.D
5.D
Maaf kalau salah ya kak :)

1.A

2.C

3.B

4.D

5.D

Maaf ya kalau salah :-)


7. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya​


Jawaban:

1.rajin belajar

2.sekolah pagi hari

3.

4.tokoh nya ayah nya,dinda,nuryati,bapak guru

5.bahasa Indonesia

6.rajin belajar.

7.

8.

9.harus belajar dengan giat

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

1 rajin belajar

2disekolah atau kelas

3 maaf sy krg mksd

mungkin sudut pandangnya baik.

4 pak guru dpt dijadikan teladan

dinda dan indah ceroboh dan mls krn ia tdk belajar dan mengingat pesan pak guru

nur pintar dan polos

5 bahasa sehari hari

6 belajar untuk persiapan ulangan

7 alu maju

8 dinda yg tdk bljr seoloh olah dia, sudah pintat

9 persiapan belajar untuk ulangan jika mau nilai nya bagus


8. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya​


Jawaban:

1.tema : rajin belajar

Jawaban:

1)Tema=Rajin Belajar

2)Latar=

-Tempat:Sekolah

-Waktu:Hari Senin

7)alur=Maju

Penjelasan:

Maaf Nomor Segitu Doang Yang aku Tahu:)


9. 1. Berikut ini disajikan teks yang diambil dari buku siswa kelas 1, Tema: Diriku; Subtema 1: Aku dan Teman Baru Teman Baru Siti senang sekali. Ini hari pertama Siti bersekolah. Siti akan bertemu dengan teman baru. Siti siap pergi ke sekolah. Siti memberi salam kepada orang tuanya. Lakukan analisis teks! Apakah ada kesesuaian dengan tema dan subtema? Tunjukkan kesesuaian/ketidaksesuaian antara tema dengan isi teks dan tunjukkan pula kesesuaian/ketidaksesuaian antara subtema dengan isi teks! 2. Disediakan sebuah teks iklan layanan masyarakat. Susunlah 5 pertanyaan tersirat berdasarkan teks tersebut! 3. Pada awal kegiatan menulis permulaan, guru mengajak para siswa melakukan kegiatan menulis tanpa buku. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan bercerita yang kemudian diikuti kegiatan menulis di udara yang berhubngan dengan cerita awal. Buatlah sebuah cerita pendek (4-6 kalimat) yang akan dimanfaatkan untuk menulis garis lengkung ke arah kanan di udara! Siapkan perintah membuat garis lengkung ke arah kanan. Perintah tersebut masih terhubung dengan cerita. PDGK4101-2 2 dari 2 4. Pantun adalah puisi lama. Pantun dapat diubah menjadi prosa sehingga lebih mudah dipahami. Ubahlah 5 pantun ini menjadi prosa. Pergi ke pasar beli bumbu Dimasak dengan diramu entah seperti apa dirimu aku tetap cinta padamu Pergi ke toko membeli paku Pulang-pulang kubuat sebuah bangku Wahai engkau bidadariku Maukah kau menjadi pacarku Jangan engkau bermain api Jika engkau tak ingin terbakar olehnya Putus cinta jangan kau sakit hati Masih ada banyak hati yang lainnya Jangan suka bermain tali Kalau tak ingin terikat olehnya Putus cinta jangan disesali Pasti kan datang cinta yang lainnya 5. Pada hari Minggu, Ibu Ani secara tidak sengaja mendengar seorang asisten rumah tangga menyanyikan lagu Si Kancil bersama dengan anak asuhannya di taman warga. Ia teringat anaknya yang berusia 8 tahun yang sangat menyukai lagu tersebut. Ia juga teringat dongeng yang mendasari lagu itu. Dongeng itu amat disukai anak-anak SD kelas dua. Sebagai guru SD kelas dua, Ibu Ani meyakini dongeng kancil dapat dijadikan sebagai media menyimak di kelasnya. Bantulah Ibu Ani sampai dia menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak untuk SD kelas dua dengan memanfaatkan dongeng kancil!


Berikut jawaban soal-soal di atas:

NOMOR 1

Iya, terdapat kesesuaian antara tema dan subtema. Temanya adalah ‘Diriku’ sedangkan subtemanya adalah ‘Aku dan Teman Baru’.Kesesuaian tema dan subtema serta subtema dan isi teks sangat jelas karena ‘Diriku’ sudah tentu berkaitan dengan segala kehidupan seseorang termasuk ketika ia menjalin hubungan dengan teman-temannya. Subtema ‘Aku dan Teman Baru’ sesuai dengan isi teks sebab menceritakan kisah Siti yang bertemu teman barunya di sekolah.

NOMOR 2

Soal ini tak bisa dijawab karena teks iklan layanan masyarakat yang diminta untuk dibuatkan 5 pertanyaan tersirat tidak disertakan.

NOMOR 3

Berikut cerita pendek berisi 4 kalimat yang menceritakan mengenai garis lengkung ke arah kanan di udara:

Anak-anak, apakah kalian senang menunggu hujan selesai? Jika hujan selesai, jika beruntung kita bisa melihat pelangi. Pernah kah kalian melihat pelangi? Pelangi itu seperti lukisan garis melengkung  di udara. Garisnya terdiri dari banyak warna sehingga sugguh indah dipandang. Kalian bisa menggambar pelangi dengan menarik garis lengkung ke arah kanan di udara (guru bisa menginstruksikan dan meminta anak-anak mengikuti gerakannya ke kanan lalu menjelaskan apa yang dimaksud garis lengkung).

NOMOR 4

Berikut hasil gubahan pantun di soal menjadi prosa:

Aku tak peduli bagaimana dirimu karena apapun itu aku akan tetap mencintaimu. Kamu yang kulihat bagai bidadari, apakah berkenan jadi kekasihku? Aku sangat paham bahwa jatuh cinta itu sulit jadi baiknya hati-hati agar tidak disakiti apalagi jika putus cinta rasanya konon seperti mau mati. Tapi biar begitu, aku percaya bahwa putus cinta tak harus disesali karena sudah pasti hati akan sembuh dan bertaut dengan cinta lainnya di lain waktu.

NOMOR 5

Agar Ibu Ani bisa menghasilkan pembelajaran menyimak untuk siswa SD kelas II dengan memanfaatkan dongeng Si Kancil maka ia harus memahami isi dongeng tersebut lalu mempelajari intonasi dan gerak tubuh (gesture) terbaik dalam membaca dongeng. Dengan kemampuan dan penguasaan yang baik akan cerita maka Ibu Ani bisa melaksanakan pembelajaran menyimak bacaan bagi siswanya dengan baik. Tentu dongeng yang dibacakan dengan penuh penghayatan akan menarik perhatian siswa sehingga mereka akan menyimak dengan baik.

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan pembelajaran bagi siswa SD kelas II. Soal ditujukan bagi mahasiswa keguruan dan bukan untuk siswa pada jenjang manapun. Soal berkaitan dengan pembagian pelajaran tema dan subtema, mengubah pantun menjadi prosa dan lain-lain.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan pantun tua pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/35300494

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


10. 1. bapak dan ibu guru seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati tidak terasa sudah 1 tahun saya menjalankan kepercayaan diri bapak dan ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita sudah berapa tahun kita bersama-sama merasakan organisasi kecil kita ini mengingatkan kita ini. perutperlu kita ingat kembali bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan mencari keuntungan koperasi karyawan kita didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas perkembangannya usaha bersama initeks teks pidato di atas merupakan bagianA. salam pembukaB. pendahuluanC. inti D. penutup 2. tema pidato di atas adalahA. tujuan koperasiB. manfaat koperasiC. anggota koperasiD. pemimpin koperasi3. berikut ini adalah hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato1. salam pembuka 2. penutup3. isi pidato4. salam penutupurutan yang baik dalam pidato yaituA. 1-3-4-2 B. 1-3-2-4C. 1-2-3-4D. 1-4-3-24. berikut ini yang merupakan kalimat penutup pidato adalahA. bikinlah berita dari saya untuk kesempatan ini mohon untuk ditanggapiB. saya merasa senang atas sambutan yang meriah terhadap pidato saya iniC. demikianlah uraian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semuaD. selamat dan terima kasih kepada hadirin yang sudah mau mendengarkan pidato saya5. ..........selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini sebagai ketua kelas terpilih saya ingin mengajak teman-teman untuk menjaga kerukunan dengan demikian segala kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancarkalimat pembuka yang tepat untuk pidato di atas adalahA. pertama-tama saya mengucapkan terima kasih dan merasa banggaB. pertama-tama saya sebagai ketua kelas merasa kagum karena bisa terpilih sebagai ketua kelasC. pertama-tama saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan teman-teman kepada sayaD. pertama-tama saya sebagai ketua kelas menyampaikan bahwa kelas harus menang dalam lomba cerdas cermat antara kelas6. saya ucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman menghadiri kegiatan pameran bukukalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalahA. puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatanB. pameran buku ini merupakan agenda tahunan dalam rangka memotivasi para siswa C. demikian sebutan dari saya melakukan ketua panitia semoga pemeran buku ini bermanfaat D. Haier nya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran buku ini​


Jawaban:

ya rugi ajg

Penjelasan:

Jawaban:

1. A

2. B

3. A

4. C

5. C

6. C

Semoga membantu

Maaf kalo salah


11. Bantu jawab kaakak kelas 9membuat cerpen pada buku bi halaman 85, caranya:1. buatlan naskah cerpen minimal 2 lembar, boleh tulis tangan atau diketik.2. naskah cerpen dikumpulkan ke rumah bapak atau dikumpulkan di meja bapak di ruang guru paling lambat senin, 28-9-20203. tema cerpen: pengalaman sendiri selama pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-194. judul bebas sesuai tema5. kriteria penilaian: a. kelengkapan aspek cerpen (judul, nama, kls, dialog, narasi) b.kelengkapan unsur intrinsik cerpen c. keterpaduan struktur cerpen d.penggunaan bahasa/eyd​


Jawaban:

Kegiatanku saat Masa Pandemi

Suara alarm telah membangunkanku, aku pun bangun kemudian sholat subuh lalu mandi dan berpakaian. Lalu aku sarapan kemudian berangkat ke sekolah. Aku sangat bersemangat untuk sekolah, padahal berita tentang virus Corona telah menyebar ke seluruh Tanah Air bahkan dunia.

Aku berharap daerahku tidak terdampak virus Corona, tapi ternyata saat aku mengikuti upacara pengumuman bahwa sekolah diliburkan selama 2 minggu dan murid-murid harus belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona ini, tapi ternyata belajar di rumah diperpanjang waktu yang belum ditentukan.

Selama di rumah, aku belajar lewat online dan membantu pekerjaan orang tuaku, seperti menyapu, mencuci piring, mencuci baju, membereskan rumah dan lain-lain. Di rumah kadang ketika ada waktu luang saat semua pekerjaan rumah sudah selesai, aku sedikit meluangkan waktu untuk menonton drama, anime, atau membaca-baca novel, banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari menonton semua itu karena terdapat pesan moral, hikmah, dan juga motivasi motivasi dari tontonan yg aku tonton.

Bulan Ramadhan telah tiba, tapi virus Corona tak kunjung pergi alhasil ulangan kenaikan kelas dilakukan secara online. Aku pun mengikuti ulangan online selama 1 minggu. Setelah ulangan online itu, pembagian rapor Alhamdulillah aku naik kelas 9, Setelah pembagian rapor, belajar online diliburkan selama beberapa minggu.


12. 1. Pak Dani merupakan guru kelas V SD Sukamaju. Beliau memiliki kesulitan dalam mengajarkan topik materi pada Tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan”. Berdasarkan hal tersebut, Pak Dani berinisiatif untuk menyusun media pembelajaran berupa media grafis sehingga dapat membantu siswa dalam menguasai capaian pembelajaran. Diketahui capaian pembelajaran pada pembelajaran Tematik di kelas V SD. IPA : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan, minimal 2 buah organ. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan informasi pada teks cerita anak “Si Kancil dan Buaya”, minimal 2 buah informasi. Buatlah konsep media grafis untuk pembelajaran tematik di atas dengan menggunakan model pengembangan program dan media ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analysis b) Design c) Develop d) Implement e) Evaluate 20 2. Diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada topik materi “Teks Eksplanasi” memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut. 1. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi. 2. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi, minimal 3 buah ciri. 3. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan struktur teks eksplanasi, minimal 3 buah. 4. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan informasi yang diperoleh dari teks eksplanasi, minimal 3 buah informasi. Buatlah sebuah kerangka/outline bahan ajar buku teks berdasarkan informasi di atas yang terdiri dari 3 tahapan: a) Tahap Desain b) Tahap Pengembangan atau Produksi c) Tahap Evaluasi 30 TPEN4205 2 dari 3 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan 10 4. Bu Dinda hendak menggunakan media display dalam bentuk diorama pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Adapun capaian pembelajarannya sebagai berikut. IPS : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menjelaskan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan RI Buatlah sebuah rancangan media diorama berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun oleh Bu Dinda di atas yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analisis kebutuhan media diorama b) Desain media diorama c) Pengembangan dan pengadaan medium diorama d) Penggunaan media diorama e) Evaluasi media diorama


Jawaban:

pak Dani menjelaskan sebuah tema 2udara bersih bagi kesehatan


13. tanda titik duolan"Maksu"ya bedan distritAyo, salinlah kalimat-kalimat berikut menggunakan tanda baca yang tepat!3. objek lukisan rangga bermacam-macam pemandangan alam dan bungaAyo Menyalin1. maya gemar menyanyi membaca dan menulis2. dimas membawa peralatan olahraga bola raket dan kokАуKegiatankonsumsialir dari ptersebutterkait!Jenis b4. pameran lukisan banyak pengunjungnya para siswa orang tua dan guruPenjeJenis5. rio melukis dengan cat minyak cat air dan krayon1Buku Siswa Tematik Kelas IV - Tema 4110Peker​


Jawaban:

maksudnya?maaf saya tidak mengerti

Penjelasan:

terimakasih atas poinnya


14. Tema: Anak Sekolah Rajin Belajar Hari Senin yang cerah. Setelah anak-anak upacara bendera, mereka menuju kelasnya masing masing untuk mendapat mata pelajaran dari guru. Hari ini ada mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Jawa, dan PPKN. Mata pelajaran pertama adalah matematika. Ibu guru menyuruh untuk mengerjakan halaman 5 sampai 6. Suasana kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal. Kemudian setelah selesai, bu guru berpesan untuk mempelajari materi perkalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu bisa diadakan tes dadakan. Setelah selesai mendapat pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tika, Dwi, dan Rima pulang bersama jalan kaki karena jarak rumah mereka yang tak jauh dari sekolahan. “Habis makan siang nanti kita bermain yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan ibuku dari Bandung.” Pinta Rima pada kedua sahabatnya. “Asyik.” Ucap Dwi dengan penuh kegembiraan. “Gimana, Tik, kamu bisa ikut tidak?” “Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru berpesan untuk belajar karena siap-siap jika ada tes dadakan.” Sanjang Tika dengan polosnya. Sesampai di rumah masing-masing, Tika langsung ganti baju, makan siang, solat, kemudian istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya jika kurang paham dengan materi di buku. Sedangkan Dwi dan Rima bermain boneka sampai larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinnya mereka berangkat bersama dan sesampai di kelas ternyata memang ada tes dadakan. Dwi dan Rima merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilainya jelek sehingga harus mengulang tes susulan. Lain halnya dengan Tika. Dia mendapat nilai terbaik di kelas karena dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta agar Dwi dan Rima belajar dengan temannya, Tika. “Wah, Tik, selamat ya, nilaimu 10. Besok kita ikut belajar denganmu ya.” ucap Rima pada Tika. Tolong cari Tema, 2. Tokoh, 3. Penokohan, 4. Alur, 5. Latar, 6. Gaya Bahasa, 7. Sudut Pandang, 8. Dan Amanat.


Berikut ini merupakan unsur-unsur intrinsik dari cerita pendek berjudul Rajin Belajar di atas:

Tema: PendidikanTokoh: Dwi, Rima, Tika, dan Ibu Guru.Penokohan: Dwi dan Rima tidak serius belajar dan lebih suka bermain boneka. Sementara Tika rajin belajar dan tekun. Ibu Guru bijaksana dan baik dalam menasehati.Alur: MajuLatar waktu: Siang dan malam hari.Latar tempat: Sekolah dan rumah Tika.Latar suasana: Penuh penyesalan.Gaya bahasa: Menggunakan bahasa sehari-hari tanpa majas yang berlebihan.Sudut pandang: Orang ketiga.Amanat: Kita harus rajin belajar dan selalu mempersiapkan diri terhadap apa pun.

Pembahasan

Cerita pendek merupakan jenis karya sastra yang dikemas dalam bentuk tulisan berisi kisah yang pendek, ringkas, dan berkesan. Cerpen mengandung unsur-unsur intrinsik yang membangunnya, antara lain:

Tema, yaitu ide yang mendasari cerita tersebut.Tokoh dan penokohan, yaitu karakter yang terlibat dalam cerita beserta watak dan perilakunya.Alur, yaitu rangkaian cerita berdasarkan masa yang digunakan.Latar, yaitu dasar peristiwa dalam cerita, mulai dari tempat, waktu, hingga suasana.Gaya bahasa, yaitu pemilihan bahasa yang digunakan dalam cerita.Sudut pandang, yaitu cara penulis dalam menyampaikan ceritanya.Amanat, pesan yang ingin disampaikan melalui cerita.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian cerita pendek https://brainly.co.id/tugas/24099996Materi tentang pengertian cerpen https://brainly.co.id/tugas/599619Materi tentang struktur cerpen https://brainly.co.id/tugas/602974

Detail jawaban

Kelas : 8

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Membaca Cerpen

Kode: 8.1.5

#AyoBelajar #SPJ2


15. Ini adalah pagi yang cerah. Mita dan Doni, dua orang siswa kelas VII sedang asyik membaca-baca buku Biologi di koridor sekolah. Pasalnya nanti siang akan ada ulangan harian mata pelajaran tersebut. Kemudian datang Anggi, sahabat mereka.Anggi: “Mit, Don, rajin sekali kalian berdua!”Mita: “Iya dong, tugas kita sebagai pelajar kan memang harus belajar. Hehehe…”Anggi: “Iya juga sih. Eh ngomong-ngomong kalian tahu tidak, ada murid baru yang akan masuk ke kelas kita hari ini.”Doni: “Oh ya, siapa namanya? Lelaki atau perempuan?”Anggi: “Lelaki, tapi aku juga belum tahu siapa namanya dan seperti apa rupanya.”[Bel sekolah berbunyi]Mita: “Eh ayo masuk kelas!”[Ketiganya memasuki ruang kelas. Ibu guru masuk bersama seorang murid baru.]Ibu Guru: “Selamat pagi, anak-anak. Hari ini kita kedatangan teman baru dari Aceh, ia akan menjadi teman sekelas kalian. Silakan perkenalkan dirimu, nak!”RidwanRidwan: “Selamat pagi, teman-teman. Nama saya Muhammad Ridwan. Saya berasal dari Aceh.”Mita [berbisik pada Anggi]: “Jauh sekali ya, dari Aceh pindah ke Bandung!”[Anggi hanya mengangguk tanda setuju]Ibu Guru: “Ridwan, kamu duduk di belakang Doni ya [menunjuk sebuah meja kosong]. Untuk sementara kamu duduk sendiri dahulu karena jumlah siswa di kelas ini ganjil.”[Ridwan segera duduk di kursi yang disediakan]Ibu Guru: “Ya baiklah, sekarang kita mulai pelajaran hari ini. Buka buku kalian di halaman 48….”[Pelajaran pun dimulai]Tiba saatnya jam istirahat. Ridwan, yang belum memiliki teman, diam saja duduk di kursinya sambil menunduk. Rupanya belum ada yang mau mendekati Ridwan. Semua siswa di kelas itu masih sungkan dan hanya mau tersenyum saja padanya tanpa berani mengajak ngobrol lebih lanjut.Doni: “Psst, Mit, Nggi, coba lihat anak baru itu, sendirian saja ya!” [berbisik pada Mita dan Anggi saat mereka baru kembali dari kantin]Mita: “Ayo kita dekati saja.” [Ketiganya menghampiri Ridwan]Anggi: “Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Ridwan dan Mita [menunjuk kedua temannya].”[Ketiganya duduk di sekeliling Ridwan]Ridwan: “Hai, salam kenal.”Doni: “Kamu kok tidak jajan ke kantin?”Ridwan: “Aku… Aku bawa bekal makanan [pelan sekali, sambil tertunduk].”Mita: “Oh begitu, rajin sekali kamu, Wan![Keempat siswa ini mulai terlibat obrolan ringan sehingga Ridwan merasa ditemani]Saat jam pulang sekolah, Ibu Guru memanggil Anggi dan Doni yang hendak pulang ke rumah.Ibu Guru: “Anggi, Doni! Ke sini sebentar. Ibu mau menanyakan sesuatu.”[Anggi dan Doni menghampiri Ibu Guru]Doni: “Ada apa, Bu?”Ibu Guru: “Itu, bagaimana perilaku Ridwan di kelas? Apakah ia bisa membaur?”Doni: “Dia agak pendiam, Bu. Dan suka menunduk saat berbicara.”Anggi: “Tadi di jam istirahat, kami berdua dan Mita berusaha mendekatinya. Kami mengobrol cukup lama, ia anak yang baik kok, hanya saja ia seperti agak kurang percaya diri dan muram.”Ibu Guru: “Hmm… begitu ya. Anak-anak, Ridwan adalah salah satu korban selamat tragedi tsunami Aceh beberapa bulan yang lalu. Kedua orang tuanya tewas terhempas ombak. Kini hanya tinggal ia dan adik perempuannya, Annisa. Annisa masih duduk di kelas 4 SD, di SD V kota kita ini.”Anggi: “Ya Tuhan, sungguh berat cobaan yang menimpanya…”Ibu Guru: “Iya. Untungnya, seorang pamannya tinggal di Bandung sehingga ia dan adiknya tinggal di sini. Mereka tergolong masyarakat prasejahtera, sehingga Ridwan benar-benar harus berhemat. Pamannya berkata pada Ibu tadi pagi, ia tak mampu memberi uang jajan yang cukup untuk Ridwan sehingga Ridwan harus bekal nasi setiap hari agar tidak lapar di sekolah.”Doni: “Oh pantas saja tadi jam istirahat ia tidak ke kantin.”Ibu Guru: “Ya sudah, Ibu cuma mau bilang begitu. Kalian berbaik-baiklah dengannya. Temani dia agar tak merasa kesepian dan terus berduka.”[Anggi dan Doni pamit kemudian pulang]Di rumahnya, Doni terus menerus memikirkan teman barunya, Ridwan. Akhirnya ia mendapatkan suatu ide. Dikabarkannya Anggi dan Mita melalui SMS. Keesokan harinya di jam istirahat….Doni: “Eh, kalian membawa apa yang aku bilang kemarin, kan?”Mita: “Bawa dong. Ayo kita dekati Ridwan.”Anggi: “Ridwan, bolehkah kami bertiga makan bersamamu?”Ridwan: [kikuk dan kebingungan] “Eh, um.. boleh saja..”Doni, Anggi, dan Mita mengeluarkan bekal makanan mereka. Ketiganya juga membawa makanan camilan untuk dimakan bersama-sama, tentu saja Ridwan juga kebagian. Dengan makan bersama setiap hari, mereka berharap bisa membuat Ridwan lebih ceria. Setelah makan…Ridwan: “Terima kasih, teman-teman. Kalian sangat baik kepadaku.”Mita: “Kamu ini bicara apa, sih? Kita kan teman, wajar saja jika kita saling bersikap baik.”Semenjak itu Ridwan menjadi semakin kuat karena dukungan teman-teman barunya. Siswa-siswa lain di kelas itu pun banyak yang bergabung membawa bekal untuk dimakan bersama-sama pada jam istirahat. Suasana menjadi semakin menyenangkan.Tentukanlah1. Judul2. Tema3. Tokoh4. Watak tokoh5. Alur6. Latar waktu , tempat, dan suasana7. AmanatPliss Tolong dibantu y​


Jawaban:

1.Siswa baru di sekolah yang selamat dari tsunami aceh

2.Kegiatan Mita,Doni,Anggi dan Ridwan di sekolah

3.Mita,Doni,Anggi,Ridwan dan Ibu Guru

4.Mita:Baik

Doni:Baik

Anggi:Baik

Ridwan:Baik dan agak pendiam

5.Percakapan antara teman sekelas dan Ibu Guru

6.Latar waktu:Pagi

Tempat:Di kelas/di sekolah

Suasana:Agak ramai

7.Kita harus berbagi dengan sesama teman dan juga saling memberi dukungan

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga membantu

jangan lupa follow


16. manakah pernyataan - pernyataan di bawah ini yang mengandung masalah? 1. Amanat cerpen yang menggurui2. Cerita dalam novel yang banyak menggunakan kata kasar. 3. Tema cerpen yang lebih menghebatkan kehidupan orang - orang Barat. 4. Tokoh suatu cerita yang menggambarkan sosok pelajar pedesaan. 5. Latar novel yang menggunakan waktu zaman sebelum kemerdekaanMasalah no :Alasan :Bukan masalah no : Alasan :Lebih jelas : buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 262


Masalah no: 2
Alasan: Karena disitu terdapat masalah yaitu dalam novel tsb menggunakan kata kasar
Bukan masalah: 1,3,4,5
Alasan: Karena tdk terdapat masalah di setiap kalimat

Semoga bermaanfaat.

17. Gatekna tuladha pengalaman ini Ulangan Lelakon ik kedadean kira-kira wulan September 2016 ing sekolahane mbakyukiwanie mbakyuku tingkahe pancen lucu-luc lan anash-aneh Ana salan jenenge Pud bosahe pancen rada nakal Gandheng isih kelas 5D biasane yen sekolah mestiera lan ditunggoni ibune Sawijining dina, ing klase Rudi dianakake Wangan harian kanca-kancane Rudi pada anteng nggarap ulangan Dumadakan ibune Rud sing nunggu ane naba kelas imball Rudi supaya metu saka kelas. Gurune kelas ngira menawa Rudi arep pipis utawa arep diparing dhuwit kanggo mbayar buku dening ibune mula ya meneng bae Ndilalah ing njaba ana guru kelas liya sing mentas saka kamar mandhi meruhi yen Rudi lagi dikandhani jawabane ulangan dening bune Mula Ibune Rudi banjur disengeni dening guru kelas llya iku Amarga rumangsa isin, ibune Rudi nganti kaya arep nangis Lha wong sing sekolah bocahe, kok ibune melu njawab ulangana Garapan 1. Wangsulan pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi trepi 1 Sapa sing crita "Wlangan" iku? Wangsulan: 2 Kapan kedadeane pengalaman iku? Wangsulan: wulan September 2016 3 Kepriye tingkahe siswane mbakyuku Kinatri? Wangsulan: IUCu_lucu lohano anch 4. Sapa sing dicritakake nakal? Wangsulan: Rudi 5 Kelas pira bocah mau? Wangsulan: SDI 6 Kepriye kahanane kelas yen ana ulangan? Wangsulan: antong nggarakulangan 7. Sapa sing nimbali Rudi nalika ulangan? Wangsulan: Gurung Apa pangirane Bu Guru nalika Rudi metu? Wangsulan arep Pipis utawa arop di patingi stwo 9 Geneya ibune Rudi kaya arep nangis? Wangsulan :lah wong sing sekolah berhakoniblement 10 Sing mechi yen Rudi dikandhani jawabane ulangan, gurune dhewe apa guru klasiya? Wangsulan: gurulyant II. Coba dhiskusekna karo kancamu tema utawa topik apa wae sing apik bangga diorita marang wong llwal Tuis 5 tonik sing kosenepoll​


Jawaban:

Perhatikan contoh pengalaman ini.Pengulangan apa yang terjadi pada bulan September 2016 di sekolah saudara perempuan saya.Perilaku saudara perempuan saya benar-benar lucu dan aneh.Ada salan bernama Pud.Kelas Rudi diadakan Harian Wangan Teman-teman Rudi dengan tenang mengerjakan latihan Tiba-tiba ibu Rud sedang menunggu kelas imball Rudi keluar dari kelas. Guru kelas mengira Rudi akan buang air kecil atau diberi uang untuk membayar buku oleh ibunya, jadi dia diam.Tiba-tiba, guru kelas lain keluar dari kamar mandi dan memperhatikan bahwa Rudi sedang diulang oleh ibunya. Jadi ibu Rudi menyukai guru kelas itu karena merasa malu, ibu Rudi hampir menangis Lha orang yang menyekolahkan anaknya, mengapa ibunya ikut menjawab pengulangan Latihan 1. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar

(1. Siapa yang cerita "Wlangan"? iku (itu)

(2. Kapan pengalaman itu terjadi? September 2016.

(3. Bagaimana perilaku murid-murid kakak saya Kinatri?

lucu

(4. Siapa yang dibilang nakal? Rudi

(5. ada berapa anak?

(6. Bagaimana kondisi kelas jika ada ulangan? antong nggarakulangan

(7. Siapa yang menelepon Rudi saat latihan? Guru

(8. Apa yang Guru pikirkan ketika Rudi keluar?

(9 .Mengapa ibu Rudi ingin menangis? lihatlah orang yang sekolahnya berhakoniblement

(10. Siapa yang mechi jika Rudi disuruh menjawab berulang-ulang, gurunya sendiri atau guru kelasnya? gurunya

II. Coba diskusikan dengan teman Anda tema atau topik apa pun yang Anda banggakan untuk diceritakan kepada orang-orang llwal Tuis 5 tonic kosenepoll

Penjelasan:

Diterjemahkan dr Bahasa Jawa ke Indonesia

semoga membantu


18. Jadwal Bahasa IndonesiaKelas 6 B, Selasa, 19 Januari 2021Kelas 6 A, Rabu, 20 Januari 2021Assalamu'alaikum Wr. Wb.Alhamdulillah pertemuan pertama sebagian sudah ibu jelaskan tentang pidato, pertemuan kali ini kita coba menggali isi dari teks pidato ya.Bacalah Teks pidato berikut!Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)Yang terhormat Kepala Madrasah MI Al Azhar, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan MI Al Azhar, serta teman teman dari kelas 1 - 6 yang saya cintai. (2)Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.Hadirin yang terhormat,Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadi sarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. (5)Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks pidato di atas!1. Siapakah audiens dalam teks pidato tersebut?2. Apa alasan pembicara melakukan teks pidato tersebut?3. Apa tema pidato di atas?4. Tuliskan pesan penutup dari pidato tersebut!5. Termasuk struktur pidato apa yang diberi nomor 1 - 7?#Kerjakan di buku tulis!#semangat#Bismillah​


Jawaban:

1.

2. supaya seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah

3. pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah

4. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah

5.

maaf kalo salah


19. Anggi "Mit, Don, rajin sekali kalian berdualMitaAnggiTya dong, tugas kita sebagai pelajar kan memang harus belajar. Hehehe.. "Iya juga sih. Eh ngomong-ngomong kalian tahu tidak, ada murid baru yang akan mke kelas kita hari ini.Doni "Oh ya, siapa namanya? Lelaki atau perempuan? Anggi : "Lelaki, tapi aku juga belum tahu siapa namanya dan seperti apa rupanya.(Bel sekolah berbunyi]Mita"Eh ayo masuk kelas!"[Ketiganya memasuki ruang kelas. Ibu guru masuk bersama seorang murid baru)ibu Guru : Selamat pagi, anak-anak Hari ini kita kedatangan terman baru dari Aceh, ia akan menjaditeman sekelas kalian. Silakan perkenalkan dirimu, nak" Ridwan : "Selamat pagi, teman-teman. Nama saya Muhammad Ridwan. Saya berasal dari Aceh."Mita berbisik pada Anggi): Jauh sekali ya, dari Aceh pindah ke Bandung!"[Anggi hanya mengangguk tanda setujuIbu Guru : Ridwan, kamu duduk di belakang Doni ya (menunjuk sebuah meja kosong. Untuk sementara kamu duduk sendiri dahulu karena jumlah siswa di kelas ini gan[Ridwan segera duduk di kursi yang disediakan) Ibu Guru : "Ya baiklah, sekarang kita mulai pelajaran hari ini. Buka buku kalian di halaman 48...Pelajaran pun dimulai]Tiba saatnya jam istirahat. Ridwan, yang belum memiliki teman, diam saja duduk di kursinya sambil menunduk. Rupanya belum ada yang mau mendekati Ridwan. Semua siswa di kelas itu masih sungkan dan hanya mau tersenyum saja padanya tanpa berani mengajak ngobrol lebih lanjutDoni Psst. Mit. Nggi. coba lihat anak baru itu, sendirian saja yal" (berbisik pada Mita Anggi saat mereka baru kembali dari kantin] "Ayo kita dekati saja." [Ketiganya menghampiri Ridwan)MitadanAnggi : "Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Ridwan dan Mita menunjuk kedua temannyajKetiganya duduk di sekeliling RidwanRidwan "Hai, salam kenal."Doni "Kamu kok tidak jajan ke kantin? Ridwan : "Aku... Aku bawa bekal makanan (pelan sekali, sambil tertunduk).Mita"Oh begitu, rajin sekali kamu, Wan!Keempat siswa ini mulai terlibat obrolan ringan sehingga Ridwan merasa ditemani] Saat jam pulang sekolah, Ibu Guru memanggil Anggi dan Doni yang hendak pulang ke rumah.Ibu Guru : "Anggi, Donil Ke sini sebentar. Ibu mau menanyakan sesuatu." JAnggi dan Doni menghampiri Ibu Guru)Doni :"Ada apa, Bu7Ibu Guru Itu, bagaimana perilaku Ridwan di kelas? Apakah ia bisa membaur?Doni Angg:"Dia agak pendiam, Bu. Dan suka menunduk saat berbicara." "Tadi di jam istirahat, kami berdua dan Mita berusaha mendekatinya. Kamimengobrolcukup lama, ia anak yang baik kok hanya saja ia seperti agak kurang percaya diri danmuram." Ibu Guru "Hmm.. begitu ya. Anak-anak, Ridwan adalah salah satu korban selamat trageditsunami Aceh beberapa bulan yang lalu. Kedua orang tuanya tewas terhempas ombak Kini hanya tinggal ia dan adik perempuannya, Annisa. Annisa masih duduk di kelas 4SD, di SD V kota kita ini"Ya Tuhan, sungguh berat cobaan yang menimpanya... Guru: "lya. Untungnya, seorang pamannya tinggal di Bandung sehingga ia dan adiknya tinggalAngoIbudi sini. Mereka tergolong masyarakat prasejahtera, sehingga Ridwan benar-benar harus berhemat Pamannya berkata pada ibu tadi pag ia tak mampu memberi uang jajan yang cukup untuk Ridwan sehingga Ridwan harus bawa bekal nasi setiap hari agar tidak lapar di sekolah"Oh pantas saja tadi jam istirahat ia tidak ke kantin. Ibu Guru Ya sudah Ibu cuma mau bilangDonibegitu Kallan berbaik-baiklah dengannya. Temani dia agar tak merasa kesepian dan terus berdukaJAnggi dan Doni pamit kemudian pulang)Di rumahnya, Doni terus menerus memikirkan teman barunya, Ridwan Akhirnya ia mendapatkan suatu ide. Dikabarkannya Anggi dan Mita melalui SMS Keesokan harinya di jam istirahat..1. tema 2. tokoh3. watak tokoh4. amanat5. latar​


Jawaban:

3. watak toko

maaf klo salah


20. Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3! ............................. Doni ingin barter prangko lagi, maka ia menyuruh ketiga temannya untuk membawa album prangko mereka. Di taman sekolah, mereka saling melihat isi album prangko lagi. Tiba-tiba Doni berkata, "Maafkan aku, Bob. Tapi kau telah mencuri prangko Oscar!" Semua terkejut. Bobi segera membantah dengan keras, "Enak saja kau menuduhku. Mana buktinya?" "Katamu kemarin, tantemu tinggal di Amsterdam. Tapi stempel prangko yang terbaca di sini adalah 'tterdam'," kata Doni sambil menunjuk tulisan stempel di atas prangko. Semua bergantian melihatnya dengan teliti. ....................................... 1. Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. halaman sekolah c. ruang kelas b. taman sekolah d. kantor guru 2. Latar suasana dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. senang c. kalut b. sedih d. tegang 3. Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. Doni c. Bobi b. Oscar d. Ranu Perhatikan dialog interaktif berikut! ................................. Budiyanto : "Harus saya katakan, sejauh ini belum maksimal. Untuk memaksimalkan kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu belum seimbang. Penyiar : "Lalu apa indikator ketidakmaksimalan tersebut, Pak?" Budiyanto : "Dilihat dari faktor guru saja. selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih terkesan "diambilkan" dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal, seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati, kreativitas, dan improvisasi dalam kelas." ................................. 4. Komentar yang tidak tepat diberikan terhadap kutipan dialog di atas adalah ... . a. Keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan memang diperlukan untuk memaksimalkan pembinaan anak cerdas istimewa. b. Anak-anak istimewa tentunya membutuhkan guru yang cerdas dan kreatif. c. Seharusnya guru-guru cerdas tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang cerdas saja, tapi untuk seluruh siswa. d. Huh ... lagi-lagi masalah dana! Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6! Setidaknya buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar di sekolah dalam rangka membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna, serta belajar dapat dianggap oleh para murid sebagai hal yang menyenangkan. Hanya saja ada yang sedikit mengganggu yakni pada tampilan buku itu sendiri yang kelihatan belum digarap secara cukup baik. Terbukti masih terlalu banyak "pesan sponsor" dalam bentuk berbagai kata pengantar, juga sampul buku yang sangat terkesan seadanya sehingga kurang "mencuri" perhatian orang yang melihatnya. 5. Paragraf di atas merupakan contoh ... . a. pembuka resensi b. isi resensi c. pendahuluan resensi d. penutup resensi 6. Kalimat yang merupakan kritikan dalam kutipan resensi di atas adalah ... . a. Buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar. b. Buku ini bisa menjadi pedoman guru untuk membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna. c. Belajar dapat dianggap murid sebagai hal yang menyenangkan. d. Tampilan buku itu kelihatannya belum digarap secara cukup baik. 7. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku, kecuali ... . a. judul buku b. biografi penulis buku c. penerbit buku d. ringkasan buku 8. Di era globalisasi ini semua serba digital. Kata digital termasuk kata asing yang diserap dalam bahasa Indonesia melalui ... . a. adopsi b. adaptasi c. terjemahan d. kreasi Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! .......................... "Rumah kita kemasukan pencuri," sahut Bu Sinta. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasannya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa peralatan elektronik yang ada di ruang tengah. Bu Sinta terduduk lemas tatkala melihat sebuah catatan kecil di atas bantal, "Sekarang kalian tahu siapa pengirim karcis itu." 9. Tema kutipan cerpen di atas adalah ... . a. kehilangan uang, perhiasan, dan peralatan elektronik b. pencurian c. catatan kecil d. pemberian karcis pertunjukan 10. Latar tempat dalam kutipan novel di atas adalah ... . a. ruang tamu b. ruang tengah c. kamar tidur d. teras


1.b 2.d 3.a 4.c 5.a 6.d 7.d 8.d 9.b 10.b

Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak