Berikut Yang Bukan Dimensi Dari Profil Pelajar Indonesia Adalah


Berikut Yang Bukan Dimensi Dari Profil Pelajar Indonesia Adalah

sebutkan dimensi profil pelajar pancasila yang paling dominan ada pada diri saat ini

Daftar Isi

1. sebutkan dimensi profil pelajar pancasila yang paling dominan ada pada diri saat ini


Jawaban:

Ada enam ciri yang menjadi dimensi atau kompetensi profil pelajar Pancasila, yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) berkebinekaan global; (3) bergotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif


2. jelaskan dimensi apa saja yang tercakup dalam profil pelajar pancasila​


Jawaban:

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


3. tuliskan tema, dimensi, dan elemen dalam profil pelajar pancasila?​


Jawaban:

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif



Menurut saya, hal yang bisa memudahkan kami dalam memilih elemen serta sub-elemen pada dimensi profil pelajar Pancasila adalah kesesuaian dengan karakteristik. Kesesuaian ini patut dipertimbangkan sebab mempermudah pemilihan elemen dan sub-elemen.

Pembahasan

Soal di atas tidak ditujukan bagi siswa melainkan untuk pengajar dengan topik materi ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’ yang ada pada modul 4 projek untuk SD sampai SMA/SMK. Profil Pelajar Pancasila sendiri adalah sebuah standar kompetinsi lulusan yang diharaplan bisa dihasilkan lewat program pendidikan yang dicanangkan. Profil pelajar Pancasila ini ditandai dengan kompetensi tertentu dari beriman sampai ke berkebinekaan global.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang materi 9 fungsi Pancasila lengkap dengan penjelasannya masing-masing pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/472492

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


5. Bagaimana cara mewujudkan 6 DIMENSI PROFIL PELAJARAN PANCASILA??


Jawaban:

Cara Mencapai Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Project

Merancang Alokasi Waktu dan Dimensi Profil Pelajar Pancasila. ...

Membentuk Tim Fasilitasi Proyek untuk Mencapai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. ...

Mengidentifikasi Kesiapan Satuan Pendidikan. ...

Pemilihan Tema untuk Mencapai Penguatan Profil Pelajar Pancasila


6. Apa yang penting bagi Indonesia jika seluruh pelajar memiliki sifat profil pelajar pancasila? Jelaskan dan kasih pendapatnya Tugas ppp


Jawaban:

Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil



Jawaban:

belajar

Penjelasan:

bagian bagian dengan tekun


8. Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil(kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”. Bapak filosofi pendidikan Indonesia adalah​


Jawaban:

Ki Hadjar Dewantara dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta dengan nama Raden Mas Suwardi Suryaningrat.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YA


9. Yang mencerminkan penerapan nilai karakter pada profil pelajar pancasila dimensi beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia dalam pembelajaran ?


dalam penerapan profil pelajar pancasila yaitu dalam pembelajaran ppkn


10. sebutkan dan jelaskan dimensi dari profil pelajar Pancasila dan sebutkan contoh nya masing-masing!​


Profil pelajar Pancasila yaitu :

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

contoh: bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

contoh: mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

3. Gotong royong

contoh: melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

4. Mandiri

contoh: bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

5. Barnalar keritis

contoh: memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.

6. Kreatif

contoh: menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisinal.

Pembahasan

Pancasila berasal dari dua susunan kata yaitu panca dan sila. Dimana kata  panca berarti lima sedangkan Sila memiliki arti asas atau prinsip. Jadi Pancasila adalah sebuah lima prinsip yang sebagai dasar serta pedoman. Identitas merupakan label yang melekat pada diri seseorang dan menggambarkan jati diri orang tersebut.

Pancasila sendiri merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap masyarakat adakah bagian dari bangsa Indonesia yang harus mempunyai jiwa pancasila sebagai identitasnya.

NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan bentuk negara yang menganut satu asas atau prinsip yaitu Pancasila. Isi dari Pancasila itu sendiri adalah Ketuhanan yang Maha Esa.Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.Persatuan Indonesia.Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Seluruh makna dalam isi Pancasila ini sangat penting untuk negara ini. Terutama pada sila ketiga adalah sila yang penting untuk perdamaian karena kita tahu bahwa nagara ini memiliki banyak sekali keragaman, apabila kita tidak mempunyai semangat persatuan maka kita akan hancur dan roboh.

Persatuan Indonesia memiliki makna bahwa hal yang penting dan sangat perlu untuk selalu kita jaga, kita juga harus mendahulukan persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi kita. Selain itu juga, dalam mempertahankan persatuan Indonesia, kita juga harus mempunyai sikap patriotisme dan nasionalisme.

Pelajari Lebih Lanjut :Materi tentang Rumusan pancasila dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/1462961Materi tentang Identitas pancasila dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/46550820Materi tentang apa yang diatur pancasila dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/30934167

Detail Jawaban :

Mapel : PPKn

Kelas : 5 SD

Materi : Bab 1 - Nilai-Nilai Pancasila

Kode : 5.9.1

#AyoBelajar

#SPJ2


11. 6 profil pelajar Pancasila,beserta pembelajarannya ​


Jawaban:

6 profil pelajar Pancasila yaitu sebagai berikut:

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. ...

2. Berkebinekaan global. ...

3. Gotong royong. ...

Mandiri. ...

Bernalar Kritis. ...

6. Kreatif.

Penjelasan:

Pengertian Profil Pelajar Pancasila

Pengertian Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila


12. Manakah dimensi profil pelajar pancasila yang menurut ibu/bapak guru paling dominan ada pada diri saat ini? mengapa?


Menurut saya, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling dominan di dalam diri saat ini adalah gotong royong. Alasannya sebab dimensi gotong royong ini yang melandasi dimensi-dimensi lainnya yakni bernalar kritis juga kreativitas.

Pembahasan

Soal di atas tidak ditujukan bagi siswa melainkan untuk pengajar dengan topik materi ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’ yang ada pada modul 4 projek untuk SD sampai SMA/SMK. Profil Pelajar Pancasila sendiri adalah sebuah standar kompetinsi lulusan yang diharaplan bisa dihasilkan lewat program pendidikan yang dicanangkan. Profil pelajar Pancasila ini ditandai dengan kompetensi tertentu dari beriman sampai ke berkebinekaan global.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang materi 9 fungsi Pancasila lengkap dengan penjelasannya masing-masing pada link berikut brainly.co.id/tugas/472492

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


13. 1.Tuliskanlah contoh salah satu sikap yang mencerminkan salah satu dimensi dari profil pelajar pancasila saat pembelajaran 2.Kaitkanlah contoh sikap tersebut dengan salah satu mata pelajaran di sekolahmu, boleh mapel kejuruan boleh mapel matematika, bahasa indonesia, dan lain-lain.3.Setelah itu, cobalah membuat proyek dengan mengaitkan profil pelajar pancasila apa yang berkaitan dengan penerapan keselamatan kerja di bengkel.​


Jawaban:

1. sikap kI2

2. kumpul tugas tepat waktu


14. Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yg dirumuskan sebagai dimensi kunci Sebut keenam kompetensi tersebut! ​


Jawaban:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen kunci berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

3. Gotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Elemen kunci gotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

4. Mandiri

Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Elemen kunci mandiri adalah kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri.

5. Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Elemen kunci bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.

6. Kreatif

Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Elemen kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisinal.


15. sebagai seorang pelajar smk bagaimanakah sikap kalian yang mencerminkan penerapan nilai karakter profil pelajar pancasila dari 6 dimensi yang merupakan ciri utama pelajar pancasila dari bagan materi yang sudah terkirim? Buatlah sebuah uraian dan contoh kongkret dari masing² dimensi tersebut!​


Penjelasan:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

3. Gotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

4. Mandiri

Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

5. Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

6. Kreatif

Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Penjelasan:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

3. Gotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

4. Mandiri

Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

5. Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

6. Kreatif

Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.


16. :1. Pengertian proyek profil pelajar Pancasila 2. Dimensi-dimensi dalam proyek profil pelajar Pancasila 3. Topik yang diangkat dan dimensi - dimensi yang sesuai 4. Pengertian dari sampah 5. Jenis-jenis sampah 6. Sampah di lingkungan kita sekarang sudah semakin banyak sebutkanlah isu sampah yang harus segera ditangani, dan jelaskan cara mengelolah sampah dengan efektif​


Proyek profil pelajar pancasila merupakan pembeajaran lintas disiplin ilmu  dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilakukan dengan program berbasis proyek.Dimensi dalam proyek pelajar pancasila adalah 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia; 2) berkebinekaan global; 3) bergotong royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis serta 6) kreatif.Topik-topik yang diangkat meliputi gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bhineka tunggal ika, Suara demokrasi dan kewirausahaan.Sampah adalah material yang tidak digunakan, tidak terpakai, tidak disenangi atau sesuatu yang telah dibuang tetapi barang tersebut dapat didaur ulang untuk meningkatkan nilai gunanya.Sampah terdiri atas tiga jenis yaitu:
- Sampah Anorganik
adalah sampah dari bahan-bahan non hayati termasuk produk sintesis dan hasil olahan bahan tambang. Sampah anorganik tidak dpat terurai dengan sendirinya.
- Sampah Organik
merupakan sampah yang berasal dari bahan-bahan hayati dan bisa terurai dengan sendirinya mealaui proses alamiah.
- Sampah B3
adalah sampah bahan berbahaya dan beracun sampah jenis ini dapat merusak dan mencemari lingkungan jika tidak diolah dengan baik.Isu sampah yang sangat perlu ditangani berada pada TPA yang masih sangat buruk kualitas pengolahannya dan belum adanya sistem pengolahan sampah terpisah dan terorganisir di setiap daerah di Indonesia. Dengan kondisi seperti itu penumpukan sampah akan terus terjadi dan menyebabkan penecemaran lingkungan dan udara yang serius. Pengolahan sampah secara efektif dapat dilakukan dengan memisahkan sampah berdasar jenisnya, melakukan 3R yaitu reuse, reduce dan recycle.

Pembahasan:

Permasalahan sampah sudah menjadi isu global dimana sampah-sampah plasti yang tidak mudah terurai mulai menecmari laut di berbagai belahan dunia. Penggunaan plastik secara massive di berbagai sektor kehidupan menyebabkan menumpuknya sampah plastik.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang pendidikan kewarganegaraan https://brainly.co.id/tugas/4059054

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


17. sebutkan elemen penting dalam dimensi profil pelajar Pancasila berikut:a. berkebhinekaan globalb. mandiric. bernalar kritisd. kreatif​


Jawaban:

d jawabannya

Penjelasan:

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, kreatif.

SEMOGA MEMBANTU MAAF JIKA ADA

JAWABAN SAYA SALAH


18. sebagai pelajar Mengapa kalian harus bersikap sesuai dengan profil pelajar Pancasila​


Jawaban:

pelajar pancasila harus mengerti apa itu moralitas, keadilan sosial, spiritualitas, punya rasa Cinta kpd agama, manusia dan Cinta kpd alam


19. contoh puisi profil pelajar Pancasila dimensi 1 bahasa Jawa ​


Setyo pramuka

Setyo pramuka ngrejeki Pancasila

Ngatur-atur aturan nganggo nalika

Dudu sumanget nyepet-nyepet

Mudheng-mudheng pramuka ngrejeki Pancasila

Ngatur-atur aturan nganggo nalika

Setyo pramuka ngrejeki Pancasila

Nggawe keadilan kanggo segenap manungsa

Mudheng-mudheng pramuka ngrejeki Pancasila

Ngatur-atur aturan nganggo nalika

Setyo pramuka ngrejeki Pancasila

Nggawe keadilan kanggo segenap manungsa

Mudheng-mudheng pramuka ngrejeki Pancasila

Ngatur-atur aturan nganggo nalika


20. 1. Apa yang dimaksud dengan kurikulum merdeka? 2. Apa perbedaan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013?3. Apa tujuan penerapan kurikulum merdeka?4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan project penguatan profil pelajar pancasila!5. Tuliskan tema, dimensi, dan elemen dalam profil pelajar pancasila!​


Jawaban:

1.kurikum merdeka adalah kurikulum dengan pelajaran instrakurikuler yang beragam ketika konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompentisi

2.-kurikulum merdeka adalah menambahkan pengembangan profil pelajar Pancasila

-kurikulum 2013 adalah dirancang berdasarakan tujuan sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan

3.tujuanya adalah untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru

4.adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan kompentisi dalam profil pelajar Pancasila

5.jawab sendiri oke


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak