jawaban uji kompetensi bab1 ipa kelas 9
1. jawaban uji kompetensi bab1 ipa kelas 9
KELAS = 9
PELAJARAN = IPA
KATEGORI = Sistem Reproduksi pada manusia
KATA KUNCI = Kromosom, reproduksi, ovarium, Hormon
PEMBAHASAN :
Berikut pertanyaan dan jawaban pada uji kompetensi bab 1 IPA kelas 9 :
1. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testoteron disebut Tubulus semineferus
2. Pasangan alat reproduksi laki-laki dan fungsinya yang benar adalah kecuali : vas deferens berfungsi sebagai tempat pematangan sperma
3. Pernyataan yang benar terkait jumlah kromosom spermatogonium dan spermatozoa adalah Spermatogonium bersifat diplooid dan spermatozoa bersifat diploid
4. Ovarium adalah tempat terjadinya Pematangan ovum
5. Pernyataan yang benar tentang oogenesis adalah hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar
6. Tahap oogenesis pada bayi perempuan yang baru lahir telah sampe pada fase oosit sekunder
7. Hormon yang memicu berkembangnya folikel dan penebalan dinding rahim secara berturut turut adalah FSH dan progesteron
8. Berikut ini yang langsung terbentuk setelah proses fertilisasi adalah zigot
9. Pada siklus menstruasi apabila fertilisasi tidak terjadi maka akan terjadi peristiwa berikut, kecuali : kehamilan
10. Terdapat ciri penyakit sebagai berikut :
- Gejala awal berupa borok yang merupakan tempat masuknya bakteri
- Biasanya menyerang daerah disekitar kelamin
- Disebabkan oleh Treponema pallidum
Ciri ciri penyakit ini dimiliki oleh penderita sifilis
2. uji kompetensi hal 112-115 IPA kelas 9
Jawaban:
Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 112 - 114
1. D. vegetatif
2. A. merunduk, setek, dan cangkok
3. D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda
4. B. 2, 1, 4, 3
5. A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara
6. D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur
7. C. mengurangi jumlah populasi serangga
8. D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
×
ketik katakunci
Beranda › ipa › kunci jawaban ipa kelas 9 › Uji Kompetensi 2
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 - 115 Uji Kompetensi 2
Jumat, 17 Juli 2020 3 Komentar
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 112 - 115 Bab 2 Sistem Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan Uji Kompetensi 2 Hal 112 - 115 Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 9 di semester 1 halaman 112 - 115. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 1 ipa kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Sistem Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan kelas 9 Halaman 112 - 115 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1.
kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 112 - 115 uji kompetensi 2
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 - 115 Uji Kompetensi 2
Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 112 - 114
1. D. vegetatif
2. A. merunduk, setek, dan cangkok
Baca Juga
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121, 122 Uji Kompetensi Bab 2
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 185 - 192 Uji Kompetensi 2
Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 129 - 132 Uji Kompetensi 2
3. D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda
4. B. 2, 1, 4, 3
5. A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara
6. D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur
7. C. mengurangi jumlah populasi serangga
8. D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
9. A. Kupu-kupu
10. B. kuning telur yang ada pada telur
Kunci Jawaban Essai IPA Kelas 9 Halaman 114, 115
1. Jelaskan cara reproduksi tumbuhan secara seksual!
Jawaban :
Proses reproduksi tumbuhan secara seksual dilakukan melalui 2 tahapan :
1. Penyerbukan
Pada tahap ini terjadi proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik.
2. Fertilisasi
Pada tahap ini inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot (calon individu baru), dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji.
2. Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!
Jawaban :
Serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain (pada satu tanaman atau pada tanaman yang berbeda), serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik bunga lain, sehingga dapat terjadi proses penyerbukan.
3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya?
Jawaban :
Tanaman yang ditanam dari hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induk dapat berbuah lebih cepat. Sedangkan pada tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi karena sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji.
4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnyamengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?
Jawaban :
Upaya paling efektif untuk mencegah reproduksi nyamuk adalah dengan menerapkan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Kita dapat menguras bak yang menjadi sarang jentik-jentik nyamuk, menutup lubang yang terdapat genangan air, dan mengubur barang-barang tidak terpakai yang dapat menampung air hujan.
5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur setiap hari. Telur ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!
Jawaban :
Pada ayam petelur, Telur yang dihasilkan tidak melalui proses pembuahan (fertilisasi). Sehingga telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan apabila dierami tidak akan menetas.
3. Jawaban IPA uji kompetensi bab 4 kelas 9
Jawaban:
1.D
2.B
3.D
4.C
5.D
6.C
7.C
8.A
9.C
10.A
4. ipa kelas 9 kurtilas uji kompetensi no 4 PG
jawabannya F2 = 1/4 F
Jawaban:
Diket : q = Q
r1 = R
F1 = F
Dit: F2?
Jawab : F1/F2 = (R2/R1)²
=F/F2 = (2R/R)²
= 2RF2 = FR
= 2F
B. Maaf Kalo salah
5. Jawaban Uji Kompetensi ipa kelas 9 bab 10 halaman 245-246
1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah....
A. nuklir
B. batu bara
C. matahari✔
D. minyak bumi
2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin, serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah....
A. penyaringan berdasarkan ukuran molekul
B. penyaringan berdasarkan berat jenis molekul
C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih✔
D. pemisahan berdasar kelarutannya pada pelarut tertentu
3. Pembakaran batu bara sebagai sumber energi dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Berikut ini yang merupakan dampak negatif pembakaran batu bara adalah....
A. menyebabkan polusi udara
B. menghasilkan zat radioaktif
C. menghasilkan natrium klorida✔
D. menyebabkan pencemaran tanah
4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari ....
A. bioteknologi
B. bioremediasi
C. teknologi modern
D. teknologi ramah lingkungan✔
5. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah ....
A. menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan
B. memperhatikan kesimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi
C. menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui
D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang✔
6. Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. biofuel
B. geotermal
C. panel surya
D. osmosis balik✔
7. Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuhtumbuhan disebut ....
A. biofuel✔
B. biogas
C. fuel cell
D. biopori
8. Keunggulan dari penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. tidak menghasilkan gas SO
B. mudah dipasang dan dikembangkan✔
C. tidak menghasilkan emisi rumah kaca
D. menghasilkan listrik meskipun di malam hari
9. Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan ....
A. geologi
B. geopower
C. geotermal✔
D. geoelektrik
10. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah ....
A. bus dengan mesin diesel
B. bus dengan mesin motor listrik✔
C. pesawat dengan bahan bakar avtur
D. motor dengan bahan bakar minyak bumi
PembahasanTeknologi ramah lingkungan adalah sejumlah teknologi buatan manusia yang memiliki adaptasi pro dengan lingkungan, artinya penggunaan teknologi ini tidaklah merusak lingkungan. Teknologi ramah lingkungan bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
Biofuel yaitu sejumlah bahan bakar yang kita hasilkan dari pengolahan bahan bahan organik seperti dedaunan, rumput, buah, dan lain sebagainyaBiogas yaitu sejumlah bahan pengganti yang kita hasilkan dari reaksi limbah organik dengan bakteri seperti bakteri anaerobPanel surya yaitu sebuah teknologi yang memegang konsep pengolahan sinar matahari menjadi listrik secara fisik.Pembangkit Listrik tenaga angin yaitu sebuah teknologi yang memegang konsep pengolahan aliran udara menjadi energi listrikGeotermal, yaitu sebuah teknologi yang menghasilkan listrik dari energi panas bumi secara alamiah.Kendaraan listrik, yaitu sejumlah kendaraan seperti mobil, kereta, motor, dll yang menggunakan energi listrik.Pelajari Lebih LanjutPerbedaan teknologi ramah lingkungan dengan teknologi tidak ramah lingkungan : brainly.co.id/tugas/5261074Syarat-syarat teknologi ramah lingkungan : brainly.co.id/tugas/23083127Bentuk biofuel : brainly.co.id/tugas/22521464Detail JawabanKelas : 9 SMP
Mapel : Biologi
Materi : Bioteknologi
Kode Kategorisasi : 9.4.7
Kata Kunci : Teknologi ramah lingkungan
#TingkatkanPrestasimu6. uji kompetensi bab 2 ipa smp kelas 9 semester 1
Pembahasan
Kunci jawaban Uji Kompetensi Bab 2 Mata Pelajaran IPA SMP kelas 9 Semester 1 adalah
Pilihan Ganda
1. Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah reproduksi secara ....
d. vegetatif
2. Yang merupakan kelompok reproduksi vegetatif buatan adalah ....
a. merunduk, enten, okulasi
3. Berikut menunjukkan seekor kupu-kupu hinggap pada bunga A lalu membawa serbuk sari dari bunga A ke bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah ....
d. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda.
4. Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….
b. 2, 1, 3, 4
5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak. Penyebab tidak tumbuhnya pada biji milik Siti adalah ....
a. biji kacang milik Siti memperlukan lebih banyak udara
6. Peristiwa berikut yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah....
d. penyatuan sel sperma dan sel telur
7. Fungsi pemberian perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk ....
c. mengurangi jumlah populasi serangga
8. Untuk mencari tahu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang kita dapat meletakkan beberapa biji kacang hijau di kertas yang lembab dan ....
d. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
9. a
10. b
Uraian
1. Secara seksual tumbuhan berkembang biak menggunakan sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan pada bunga. Diawali dengan peristiwa penyerbukan, lalu pembuahan/fertilisasi. Proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik disebut penyerbukan (polinasi). Pada saat terjadi penyerbukan, di dalam serbuk sari sudah terdapat sel tabung dan sel generatif. Setelah serbuk sari melekat pada kepala putik (stigma) yang sesuai (berasal dari tumbuhan yang berkerabat dekat atau sejenis), maka serbuk sari akan menyerap air dan berkecambah membentuk buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari tumbuh dan memanjang bergerak menuju bakal buah melalui tangkai putik. Selama pertumbuhan, inti sel generatif membelah menjadi dua membentuk dua sel sperma. Selanjutnya, terjadi proses fertilisasi, yaitu inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji. Biji hasil perkembangbiakan secara seksual dapat tumbuh jika berada pada tempat yang sesuai untuk perkecambahan.
2. Serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain (pada satu tanaman atau pada tanaman yang berbeda), serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik bunga lain, sehingga dapat terjadi proses penyerbukan/polinasi dengan bantuan kupu-kupu.
3. Tanaman yang ditanam dari hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induk. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan cara mencangkok dapat berbuah lebih cepat. Pada tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi dan tidak dapat dipastikan memiliki sifat yang sama dengan salah satu induk. Sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji. Tanaman yang ditanam dari biji lebih lama berbuah karena melalui proses pertumbuhan tanaman dari bibit.
4. Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan adalah: a) melakukan 3M untuk mencegah telur nyamuk tumbuh dan berkembang dengan cara menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin seminggu sekali, dan mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air; b) menguras penampungan air yang di dalamnya terdapat jentik-jentik nyamuk atau memberikan obat, baik obat alami (seperti ekstrak tanaman) maupun obat abate ke tempat penampungan air yang di dalamnya terdapat jentik-jentik nyamuk untuk mencegah perkembangan larva nyamuk.
5. Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur tidak melalui proses fertilisasi (tidak dibuahi). Oleh karenanya, telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan bila dierami tidak akan menetas.
Pelajari lebih lanjut1. Materi tentang Reproduksi Vegetatif pada Tumbuhan https://brainly.co.id/tugas/16637663
-----------------------------
Detil jawabanKelas: 9
Mapel: Biologi
Bab: Sistem Reproduksi pada Hewan dan Tumbuhan
Kode: 9.4.2
Kata Kunci: vegetatif, generatif, fertilisasi, penyerbukan
7. Uji kompetensi IPA bab 4 kelas 8
Jawaban:
7. D.kerongkongan
8. B.lambung
9. B.mekanis dan kimiawi
10. B
8. uji kompetensi bab 7 ipa smester 2 kelas 9 bagian b
Penjelasan:
1. Karena zat-zat yg terkandung dalam tempe sudah mengalami proses fermentasi oleh bakteri rhibozium, hal ini akan membuat zat-zat kandungan tempe lebih mudah dicerna oleh tubuh. Meskipun komposisi zat kedelai lebih bagus, namun banyak dari zat-zat tersebut yg tidak bisa diserap oleh tubuh sehingga banyak ahli yg menilai bahwa konsumsi tempe lebih baik daripada kedelai.
2.
mempersiapkan sel donor yg ingin di kloning, dilakukan dengan cara memisahkan inti sel dari sel yang ingin di kloning dari sel lain.siapkan sel telur. ambil sel telur dari suatu spesies lalu pisahkan inti sel telurnya masukkan inti sel dari donor kedalam sel telurmengimplantasikan inti sel donor ke dalam rahimlalu kita tinggal menunggu hasil kloningnya lahir.
3. Tapai, tempe, yoghurt, keju, kecap, roti, nata de coco, dll
4.
tanaman lokal (bukan tanaman transgenetik) akan menjadi langkamerusak plasma nuftahmencemari keanekaragaman gen yg ada di lingkungan alam5.
memiliki pertumbuhan yang cepathewan dan tumbuhan transgenetik akan lebih tahan terhadap hama, penyakit, dan cuaca ekstrimmenghasilkan produk yg lebih banyak dalam jangka waktu yg lebih singkat9. uji kompetensi bab 4 IPA kelas 9 semester 1
Mohon maafkak, soalnya mana?
kkharus membuat soal yg jelas
10. Uji kompetensi 6.3 IPA terpadu kelas 8
1. Apa itu zat adiktif ?
Jawaban : Zat adiktif adalah obat serta bahan² aktif yang apabila dikosumsi oleh organisme hidup. maka dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus menerus
2. Tuliskan zat² yang termasuk zat adiktif
Jawaban : Rokok, Minuman Keras, Kopi, Mhalanjia, Solven
3. Apa yang kamu ketahui tentang rokok ?
Jawaban : Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120mm dgn diameter 10mm yang berisi daun² tembakau kering yang telah dicacah. rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan diabaikan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yg lainnya
4. Apa yang kamu ketahui tentang minuman keras ?
Jawaban : minuman keras (miras), minuman suling, atau spirit adalah minuman beralkohol yang mengandung etanol yang dihasilkan dari penyulingan (yaitu berkonsentrasi lewat distilasi) ethanol diproduksi dgn cara fermentasi biji²an, buah²an, atau sayuran
5. Apa perbedaan antara perokok aktif dgn perokok pasif
Jawaban : perokok aktif adalah orang yang menghisap rokok secara langsung. kalau perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tapi ikut menghirup asap rokok
11. ipa uji kompetensi halaman 38 kelas 8
Jawaban:
soalnya apa kak?........
12. uji kompetensi ipa bab 8 kelas 9 semester 2
1. Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut sebagai atom. Jawaban A.
2. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia) baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut sebagai molekul. Jawaban B.
3. Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah kulit atom. Jawaban D.
4. Kalsium mempunya nomor atom 20 dan nomor massa 40. Jumlah proton yang terdapat dalam atom kalsium adalah sama dengan nomor atom yaitu 20. Jawaban B.
5. Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut sebagai ion. Jawaban A.
6. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah perbedaan jumlah neutron dalam suatu zat. Jawaban A.
7. Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah kestabilan zat. Jawaban D.
8. Berdasarkan elastisitasnya bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaran bermotor adalah baja. Jawaban B.
9. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah etilen glikol. Jawaban C.
10. Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah alumunium. Jawaban D.
Pembahasan
PARTIKEL PENYUSUN
Materi atau zat adalah segala sesuatu yang memiliki volume dan massa.
Atom adalah partikel terkecil suatu materi yang tidak dapat lagi dibagi dengan cara kimia biasa dan masih memiliki sifat materi tersebut.
Atom dapat bergabung menjadi molekul
Jika dua atau lebih atom sejenis bergabung menjadi molekul unsur.Contoh O₃, H₂, dan P₄Jika dua atau lebih atom berbeda jenis bergabung menjadi molekul senyawa.
Contoh H₂O, H₂SO₄, dan NaOH
Atom dituliskan [tex]X_Z^A[/tex] dimana
A = nomor massaA = jumlah proton + jumlah neutronZ = nomor atom
Z = jumlah proton = jumlah elektron
Atom tersusun atas
Inti atom atau nukleonDi dalam inti atom terdapat proton (bermuatan positif) dan neutron (bermuatan netral)Elektron (bermuatan negatif) mengelilingi di luar inti atomnya.
Ion adalah atom atau gabungan atom yang mengandung muatan listrik. Ada dua jenis ion, yaitu:
Kation adalah ion bermuatan positif.Contoh Na⁺ dan Al³⁺Anion adalah ion bermuatan negatif.
Contoh SO₄²⁻ dan Cl⁻
Zat dapat dibedakan berdasarkan
Perbedaan ikatan atom penyusun suatu zat.Perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun zat.Perbedaan susunan atom penyusun suatu zat.Sifat fisika dari suatu zat adalah sifat yang dapat dilihat dan menjadi karakteristik zat tersebut, misalnya:
Wujud ZatKekerasan dan kerapatanWarna ZatElastisitas zatKelarutan zatDaya hantar zatTitik didih dan titik leleh zatSifat kemagnetan zatSifat elastisitas adalah kemampuan bahan untuk kembali ke bentuknya semula saat diregangkan atau ditekan. Alat peredam getaran tiap benda berbeda. Untuk kendaran bermotor akan digunakan shock arbsober berbahan baja yang cukup kuat dan stabil menahan getaran mesin.
Di negara bermusin dingin sering memanfaatkan sifat titik didih dan titik leleh zat. Misalnya menebarkan garam untuk melelehkan salju di jalanan yang bisa dilihat di film "Home Alone". Atau pemakaian etilen glikol untuk anti beku di mesin kendaraan bermotor.
Pembuatan peralatan memasak juga memperhatikan kekerasan dan sifat bahan. maka dipilih alumunium untuk peralatan memasak. Selain dapat menghantarkan kalor dengan baik, sifat ringan, kuat, dan anti karat membuat bahan ini yang dipilih dibandingkan jenis logam lainnya seperti besi, timah atau tembaga.
Pelajari lebih lanjut
Atom https://brainly.co.id/tugas/30959785Sifat Kimia dan Sifat Fisika https://brainly.co.id/tugas/2894549Atom, Ion, dan Molekul https://brainly.co.id/tugas/2324874Detail Jawaban
Kelas : VII
Mapel : Fisika
Bab : Zat dan Wujudnya
Kode : 7.6.4.
#AyoBelajar
13. jawaban ipa uji kompetensi hal 241-244 bab 5 kelas 9
Perubahan energi yang terjadi pada baterai yang menyalakan senter adalah A. kimia-listrik-cahaya Gambar berikut menunjukkan baterai dan lampu yang dihubungkan dengan kawat pada beberapa bahan.Gambar yang menunjukkan lampu menyala adalah C. 1 dan 3Arus listrik sebesar 10 mA mengalir pada sebuah kawat penghantar selama 60 detik. Jumlah muatan yang berpindah pada kawat penghantar adalah D. 0,6 CEnergi listrik digunakan untuk menyalakan lampu. Perbandingan jumlah energi listrik yang digunakan dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkan adalah C. jumlah energi listrik yang dihasilkan sama dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkanJika harga listrik tiap kWh adalah Rp385,00, biaya listrik yang harus dibayarkan untuk kelas tersebut adalah (asumsi 1 bulan = 30 hari). B. Rp65.142,00Arah panah menunjukkan arah aliran arus listrik. Pernyataan berikut yang benar adalah B. Arus pada lampu 2 sama dengan arus pada lampu 1.Beberapa peserta didik menggunakan amperemeter (A) untuk mengukur arus pada sirkuit dengan tegangan yang berbeda-beda. Tabel di bawah ini menunjukkan hasil pengukuran beberapa peserta didik tersebut. Lengkapilah tabel berikut ini! D. 8 voltSalah satu keuntungan energi matahari adalah A. tidak menghasilkan polusiBerikut yang bukan bahan bakar fosil adalah B. matahariSalah satu upaya penghematan energi listrik adalah C. seluruh instalasi listrik di rumah menggunakan rangkaian paralel
Uraian
Saol pertama:
Diberikan sebuah rangkaian listrik arus searah terdiri dari tiga buah lampu, dua buah sakelar, dan sebuah sumber arus listrik.
Manakah lampu-lampu yang menyala jika:
a. sakelar 1 tertutup, sakelar 2 terbuka
b. sakelar 2 tertutup, sakelar 1 terbuka
c. sakelar 1 tertutup, sakelar 2 tertutup
d. sakelar 1 terbuka, sakelar 2 terbuka
Penyelesaian:
a. 2 dan 3
b. tidak ada yang menyala
c. 1, 2, dan 3
d. tidak ada yang menyala
Soal kedua:
Berdasarkan rincian peralatan listrik dan waktu pemakaian ratarata setiap hari, hitunglah biaya yang harus dibayarkan selama 1 bulan jika harga listrik Rp1000,00/kWh! (1 bulan = 30 hari)
Penyelesaian:
Biaya penggunaan listrik rumah
4 × 10 × 12 = 480 Wh
1 × 120 × 3 = 360 Wh
1 × 400 × 2 = 800 Wh
1 × 350 × 1 = 350 Wh
Total energi listrik = 480 Wh + 360 Wh + 800 Wh + 350 Wh = 1990 Wh = 1,99 kWh
Biaya penggunaan energi listrik selama satu bulan (30 hari) 1,99 × 30 × 1000 = Rp. 59.700
Soal ketiga
Mengapa rangkaian listrik di rumah-rumah sebagian besar menggunakan rangkaian paralel?
Penyelesaian:
Penghematan energi listrik karena dapat mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan tanpa harus memadamkan seluruh arus listrik dalam rumah.
Soal keempat
Sebutkan tiga upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bahaya penggunaan listrik!
Penyelesaian
Mencabut kabel dari stop kontak bila tidak menggunakan peralatan listrik, menghindari air dan kondisi tangan yang basah saat menyambung atau melepas sambungan kabel dengan stop kontak, serta tidak memegang lubang stop kontak atau sambungan kabel yang terbuka.
Soal kelima
Hitunglah!
a. Hambatan pengganti
b. Arus listrik total yang mengalir pada rangkaian
c. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 9 Ω
d. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 6 Ω
e. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 1 Ω
f. Tegangan listrik pada hambatan 9 Ω
g. Tegangan listrik pada hambatan 6 Ω
h. Tegangan listrik pada hambatan 1 Ω
Penyelesaian
a.
[tex]\frac{1}{R_{p}} = \frac{1}{9} + \frac{1}{6} =\frac{4+6}{36} =\frac{10}{36} \\R_{p} = \frac{36}{10}[/tex]
= 3,6Ω
b. [tex]I = \frac{V}{R_{total} } = \frac{10}{5} = 2A[/tex]
c.[tex]I_{9} = \frac{V_{9}}{R_{total} } =\frac{10}{5} = 2A[/tex]
Menghitung tegangan pada hambatan 9 Ω
V 9 = V6 = Vparalel
Vparalel+V1 + Vr = Vtotal = 10 volt
V1 = I1 × R1 =2 × 1 = 2 volt
Vr = Ir × Rr = 2 × 0,4 = 0,8 volt
Vparalel + 2 + 0,8 = 10
Vparalel = 10 - 2 - 0,8 = 7,2 volt
Jadi arus listrik yang mengalir pada hambatan 9 Ω adalah 0,8 A
d. [tex]I_{6} =\frac{V_{6} }{R_{6} } = \frac{7,2}{6} =1,2 A[/tex]
e. [tex]I_{r} = I_{seri} =I_{total} = 2A[/tex]
f. 7,2 volt
g. 7,2 volt
h. 0,8 volt
Pelajari lebih lanjutMateri tentang rangkaian listrik dinamis https://brainly.co.id/tugas/36111577
Materi tentang menghitung arus listrik pada lampu https://brainly.co.id/tugas/1612036
Materi tentang menghitung tegangan listrik https://brainly.co.id/tugas/36242184
Detail jawabanKelas : 9
Mapel : Fisika
Bab : Listrik Dinamis
Kode : 9.6.3
#JadiRankingSatu
14. ipa kelas 9 uji kompetensi bab 2jangan ngasal nanti kalo ngasal tak laporin!!!
1. Secara seksual tumbuhan berkembang biak dengan menggunakan sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan pada bunga. Diawali dengan peristiwa penyerbukan, lalu pembuahan atau fertilisasi. Proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik disebut penyerbukan (polinasi). Pada saat terjadi penyerbukan, di dalam serbuk sari sudah terdapat sel tabung dan sel generatif. Setelah serbuk sari melekat pada kepala putik (stigma) yang sesuai (berasal dari tumbuhan yang berkerabat dekat atau sejenis), maka serbuk sari akan menyerap air dan berkecambah membentuk buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari tumbuh dan memanjang bergerak menuju bakal buah melalui tangkai putik. Selama pertumbuhan, inti sel generatif membelah menjadi dua membentuk dua sel sperma. Selanjutnya, terjadi proses fertilisasi, yaitu inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot (calon individu baru), dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji. Biji hasil perkembangbiakan secara seksual dapat tumbuh jika berada pada tempat yang sesuai untuk perkecambahan.
2. Serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain (pada satu tanaman atau pada tanaman yang berbeda), serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik bunga lain, sehingga dapat terjadi proses polinasi atau penyerbukan.
3. Tanaman yang ditanam dari hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induk. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan cara mencangkok dapat berbuah lebih cepat. Pada tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi dan tidak dapat dipastikan memiliki sifat yang sama dengan salah satu induk. Sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji.
4. Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan, di antaranya adalah: a) menerapkan 3M untuk mencegah telur nyamuk tumbuh dan berkembang dengan cara menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin maksimal seminggu sekali, dan mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air; b) menguras penampungan air yang di dalamnya terdapat larva (jentik-jentik) nyamuk atau memberikan obat, baik obat alami (seperti ekstrak tanaman) maupun obat abate ke tempat penampungan air yang di dalamnya terdapat larva (jentik-jentik) nyamuk untuk mencegah perkembangan larva nyamuk.
5. Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur tidak melalui proses fertilisasi (tidak dibuahi). Oleh karenanya, telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan bila dierami tidak akan menetas.
15. jawaban uji kompetensi ipa semester2 kelas 9 bab 7 hal 90-93
Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah yoghurt (C) Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka (D) Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida (D) Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan kecap (D)Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tapai adalah glukosa + O2 => CO2 + H2O + energi (C) Prinsip pada bioteknologi industri adalah memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial (B) Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi. Berikut upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kecuali pengembangan protein sel tunggal (C) Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Salah satu dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah mengurangi plasma nutfah di Indonesia (D)Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut rekayasa genetika (D) Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri (B)
Uraian
Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai?Selama proses fermentasi, kedelai akan mengalami perubahan baik fisik maupun kimianya. Protein kedelai dengan adanya aktivitas proteolitik kapang akan diuraikan menjadi asam amino-asam amino, sehingga nitrogen terlarutnya akan mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan nitrogen terlarut, maka pH juga akan mengalami peningkatan. Nilai pH untuk tempe yang baik berkisar antara 6,3 sampai 6,5. Kedelai yang telah difermentasi menjadi tempe akan lebih mudah dicerna. Selama proses fermentasi, karbohidrat dan protein akan dipecah oleh kapang menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dicerna.
Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!Kloning dilakukan dengan mengambil sel tubuh domba, misalnya sel kulitnya (sebut domba a). Lalu, sang ilmuwan mengambil sel telur dari domba lain (kita sebut domba b). Sel kulit domba a diambil inti selnya saja dan sel telur domba b dihilangkan inti selnya. Inti sel domba a disuntikkan ke dalam sel telur domba b, selanjutnya sel tersebut akan berkembang layaknya embrio dan diimplantasikan atau ditanam di rahim domba lain (domba c). Setelahnya, akan lahir domba yang mirip dan identik dengan domba a.
Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!Bahan pangan hasil bioteknologi yang sering ditemukan adalah tempe, tapai, yoghurt, keju, nata de coco, dan kecap.
Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan?Dampak negatif dari penggunaan bioteknologi adalah munculnya alergi pada saat mengonsumsi bahan makanan hasil rekayasa genetika, limbah dari proses pembuatan produk bioteknologi, dan produk minuman beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralkohol sehingga menyebabkan mabuk dan merusak kesehatan.
Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?Transgenik perlu dikembangkan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas yang unggul dan tahan hama.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang bioteknologi https://brainly.co.id/tugas/22720454
Materi tentang manfaat bioteknologi https://brainly.co.id/tugas/22536543
Materi tentang macam-macam bioteknologi https://brainly.co.id/tugas/9981031
Detail jawabKelas : 9
Mapel : Biologi
Bab : Bioteknologi
Kode : 9.4.6
#TingkatkanPrestasimu
16. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 7 uji kompetensi brilian 9
Jawaban:
dek kalo cari kunci jawaban jangan tulisan nya aja sama gambar nya dan soalnya rata2 gak ada yang punya buku kelas 7 karna semua pake soal buat cari jawaban nya?
17. tolong dong kk ipa uji kompetensi A dan B hal 243 kelas 9 semester 1
Jawaban:A
Penjelasan:
Ini yang soal nomer
1 . Perubahan energi yang terjadi pada batrai yang menyalakan senter adalah..
Itu soal nomor satunya ya
18. Uji kompetensi bab 10 ipa kelas 9 semester 2 ?
Jawaban:
1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah....
A. nuklir
B. batu bara
C. matahari
D. minyak bumi
Jawaban : C. matahari
2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin, serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah....
A. penyaringan berdasarkan ukuran molekul
B. penyaringan berdasarkan berat jenis molekul
C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
D. pemisahan berdasar kelarutannya pada pelarut tertentu
Jawaban : C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
3. Pembakaran batu bara sebagai sumber energi dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Berikut ini yang merupakan dampak negatif pembakaran batu bara adalah....
A. menyebabkan polusi udara
B. menghasilkan zat radioaktif
C. menghasilkan natrium klorida
D. menyebabkan pencemaran tanah
Jawaban : C. menghasilkan natrium klorida
4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari ....
A. bioteknologi
B. bioremediasi
C. teknologi modern
D. teknologi ramah lingkungan
Jawaban : D. teknologi ramah lingkungan
5. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah ....
A. menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan
B. memperhatikan kesimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi
C. menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui
D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang
Jawaban : D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang
6. Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. biofuel
B. geotermal
C. panel surya
D. osmosis balik
Jawaban : D. osmosis balik
7. Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuhtumbuhan disebut ....
A. biofuel
B. biogas
C. fuel cell
D. biopori
Jawaban : A. biofuel
8. Keunggulan dari penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. tidak menghasilkan gas SO
B. mudah dipasang dan dikembangkan
C. tidak menghasilkan emisi rumah kaca
D. menghasilkan listrik meskipun di malam hari
Jawaban : B. mudah dipasang dan dikembangkan
9. Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan ....
A. geologi
B. geopower
C. geotermal
D. geoelektrik
Jawaban : C. geotermal
10. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah ....
A. bus dengan mesin diesel
B. bus dengan mesin motor listrik
C. pesawat dengan bahan bakar avtur
D. motor dengan bahan bakar minyak bumi
Jawaban : B. bus dengan mesin motor listrik
●▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬●
19. Jawaban Uji Kompetensi ipa kelas 9 bab 9 halaman 196-198
BDCABAACADPEMBAHASANJawaban Pilihan Ganda IPA kelas 9 halaman 196-198
1. Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ...
A. menjaga suhu bumi
B. tempat hidup hewan dan bakteri
C. menjaga jumlah populasi tumbuhan
D. penyedia nutrisi yang dibutuhkan hewan dan manusia
⇒ Peran tanah bagi kehidupan : tempat hidup hewan dan bakteri, menyediakan keperluan manusia, menjaga ketersediaan air bersih.
2. Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Beni melakukan pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berikut!
Tabel pada lampiran
Tanah yang mengandung organisme tanah berasal dari lokasi ....
A. A dan B
B. A dan D
C. C dan D
D. B dan D
⇒ Tanah lokasi yang jenis tanahnya lempung dan lempung berpasir lebih subur daripada tanah lainnya karena adanya aktivitas organisme tanah.
3. Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang, manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu hal yang mungkin terjadi pada keseimbangan lingkungan akibat penggalian tanah adalah ...
A. meningkatkan pendapatan penduduk
B. mengurangi jumlah mineral dalam tanah
C. mengganggu kehidupan organisme tanah
D. mempercepat pelapukan secara fisika dan kimiawi
⇒ Jika penggalian dilakukan hingga lapisan terdalam akan merusak lapisan-lapisan tanah dan mengganggu kehidupan organisme tanah karena merusak habitatnya.
4. Perhatikan gambar lapisan tanah berikut!
Gambar pada lampiran
Lapisan tanah yang paling banyak mengandung materi organik adalah ...
A. lapisan A
B. lapisan B
C. lapisan C
D. lapisan D
⇒ Lapisan tanah terdiri dari lapisan tanah atas, tanah bawah, dan batuan induk. Lapisan A merupakan lapisan tanah atas yang banyak mengandung materi organik.
5. Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling, banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari ....
A. daerah datar yang tandus
B. daerah miring yang tandus
C. daerah datar dengan rerumpután
D. daerah miring dengan semak-semak
⇒ Daerah miring yang tandus akan mudah terkikis dan longsor karena posisinya miring dan tidak ada akar tumbuhan yang menahan terkikisnya tanah.
6. Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah ....
A. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
B. banjir akibat pembangunan bendungan
C. pembentukan gurun akibat penebangan pohon
D. degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan pestisida
⇒ Hujan lebat terjadi karena proses alam tanpa campur tangan manusia. Sebaliknya, pembangunan bendungan, penebangan pohon, dan penggunaan pestisida dilakukan oleh manusia.
7. Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalam pelapukan adalah daerah ....
A. hutan tropis yang subur
B. padang rumput yang kering
C. memiliki curah hujan tinggi
D. gurun pasir yang sangat panas
⇒ Pelapukan yang terjadi pada hutan tropis yang subur adalah pelapukan biologis karena ada banyak tumbuhan dan mikroorganisme tanah yang membantu proses pelapukan tanah.
8. Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain
A. O₂ dan CO₂
B. SO₂⁻ dan O₂
C. Mg²⁺ dan NO₃⁻
D. Mg²⁺ dan CO₂
⇒ Tumbuhan membutuhkan Mg²⁺ untuk pembentukan klorofil, lalu NO₃⁻ untuk proses asimilasi asam amino dan sintesis protein.
9. Tanah yang memiliki ukuran butiran sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak mengandung campuran pasir dan batuan disebut tanah....
A. tanah liat
B. tanah lempung
C. tanah liat berpasir
D. tanah lempung berpasir
⇒ Tanah liat : partikelnya sangat kecil, sulit ditembus air, tidak mengandung campuran pasir dan batuan. Biasanya untuk bahan pembuatan keramik.
10. Akibat utama erosi tanah adalah ....
A. berkurangnya kemampuan tanah menyerap air
B. meningkatnya laju perpindahan mineral dari satu tempat
C. semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas yang mati
D. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah
⇒ Erosi bisa terjadi karena proses alam seperti hujan deras, atau kecerobohan manusia seperti penebangan pohon sembarangan. Erosi bisa menyebabkan hilangnya lapisah tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah.
PELAJARI LEBIH LANJUTLapisan Tanah : brainly.co.id/tugas/14913259Peran Tanah : brainly.co.id/tugas/4894940Erosi Tanah : brainly.co.id/tugas/5315440DETAIL JAWABANKelas : 9
Mapel : Biologi
Materi : Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan)
Kode kategorisasi : 9.4.9
Kata Kunci : Tanah
#TingkatkanPrestasimu20. jawaban uji kompetensi ipa kelas 7 hal 129
1. Gula:senyawa
Air:senyawa
Emas:unsur
Seng:unsur
Tinta:campuran
Asam cuka:senyawa
Besi:unsur
Arang:unsur
Sirop:campuran
Udara:campuran
Garam dapur:senyawa
Sabun:campuran
2.dengan menggunakan kertas
lakmus