contoh teks wawancara tentang pendidikan
1. contoh teks wawancara tentang pendidikan
apakah anda peduli dengan pendidikan?
apakah anda pernah mengikuti pendidikan sd smp sma dan perguruan tinggi?
2. Contoh teks wawancara pendek tentang pendidikan
Wawancara singkat tentang pendidikan Pewawancara : "Selamata sore adik ?" Narasumber : "Ya selamat sore ,ada apa ya ?" Pewawancara : " Begini dik,kita mau tanya tanya soal pendidikan" menurut adik apasih pentinya sekolah ?" Narasumber : " Bagi saya sekolah sangatlah penting,selain kebutuhan untuk mencapai prestasi dan juga jenjang untuk menuntut ilmu" Pewawancara : " Nahh, kalau adik sekolah sudah kelas berapa ?" Narasumber : " Saya duduk sekarang di kelas 9 " Pewawancara : " Wahh pasti sebentar lagi akan menghadapu UN kan?" Narasumber : " Iya . Itu memang benar . Dan saya banyak mengikuti les tambahan" Pewawancara : " Oh begitu ya, jadi pelajaran apa saja yang materinya sudah dikuasai ?" Narasumber : " Sampai sejauh ini saya baru 3 pelajaran yang sudah dikuasai" Pewawancara : " Sampai disini sajaya topik kita. Dan terimakasih sudah memberi sedikit waktunya. Dan selamat sore Narasumber : " Sama sama. selamat sore juga" Semoga membantu
3. contoh teks wawancara bertema pendidikan
Contoh
Kita :Slmt pagi pak .Bisa minta waktunya sebentar ?
Contoh(Kepala Sekolah / Wakil Kepala) :Iya ?
K :Dari tahun berapa Sekolah ini didirikan ?
KS :Contoh(1986) Dek
K :Ummbb .Apa disini banyak siswa yang mengikuti lomba olimpiade Pak?
KS :Iya dek ,Contoh( Ada sekitar 105 siswa dan siswi yang tlah memenangkan lomba olimpiade )
K :Apa saja penunjang untuk memaksimalkan Potensi siswa yang akan mengikuti olimpiade Pak ?
KS :Ya ... contohnya bimbingan belajar setelah pulang sekolah ,Study tour ,dan Pembelajaran langsung di lap.
K :Ummbb .Iya pak .Apa disini ada kelas khusus untuk murid yang akan mengikuti Olimpiade?
KS :Iya ada ,Kelas itu untuk disiapkan untuk murid yang mengikuti olmpiade .Kami siapkan di Lantai 2 ,Karna di Lantai 2 lebih tenang dari di lantai 1
K :Mengapa di Lantai 2 pak ?
KS :.Dengan keadaan yang lbh tenang ,Siswa jadi lbh bisa untuk berkonsentrasi ,Dan mengasah potensi yang dimiliki ..
K :Iya pak .Terimakasih
Itu yang aku bisa
4. contoh teks wawancara bertema pendidikan ***
Wawancara 1
Di bawah ini adalah contoh wawancara tentang pentingnya menuntut limu dengan narasumber yang merupakan seorang cendekiawan.
Pewawancara :
Selamat pagi Professor Widodo, apakah saya boleh meminta waktunya sebentar untuk mewawancarai Bapak ?
Narasumber :
Selamat pagi, Adik dari mana ya ?
Pewawancara :
Saya dari majalah pendidikan Pintu Ilmu, ingin mewawancarai Bapak mengenai pentingnya menuntut ilmu.
Narasumber :
Oh, kalau begitu mari langsung saja dimulai wawancaranya!
Pewawancara :
Kalau boleh, bisakah bapak menceritakan profil singkat pendidikan Bapak ?
Narasumber :
Saya pernah bersekolah di SDN 1 Tanjung Gading, kemudian saya melanjutkan SMPN 1 dan SMA 1 Suka Maju. Setelah itu saya kuliah di Universitas Terang Benderang dan mengambil jurusan Ilmu Filsafat. Saya mendapatkan gelar professor saya di Universitas Indonesia.
Pewawancara :
Sudah berapa lama Bapak menyandang gelar professor ini ?
Narasumber :
Saya mendapatkan gelar professor saya dalam bidang filsafat ketika saya berumur 45 tahun, jadi kira – kira sudah 4 tahun.
Pewawancara :
Apasih yang memotivasi Bapak untuk terus belajar di hari tua Bapak ?
Narasumber :
Bagi saya ilmu adalah nafas, jadi jika saya tidak belajar atau berhenti belajar saya akan mati. Hal ini dikarenakan ilmu sangatlah penting untuk dipelajari tidak peduli berapapun umur kita karena ilmu selalu berkembang dan jika kita berhenti belajar maka kita akan tertinggal.
Pewawancara :
Jadi meskipun sudah menjadi professor pun Bapak masih belajar.
Narasumber :
Tentu, hingga saat ini pun saya masih mempelajari ilmu – ilmu yang telah saya dapatkan dan ilmu – ilmu baru dengan cara belajar sendiri maupun mengajar mahasiswa. Mengajar juga bisa dijadikan sarana untuk mengajar karena mengajar bukan hanya mentransfer ilmu saja, melainkan beridiskusi dengan para mahasiswa mengenai berbagai macam hal.
Pewawancara :
Menurut Bapak mengapa sih menuntut ilmu itu penting ?
Narasumber :
Ilmu adalah suatu hal yang bisa menaikan derajat kita di mata Tuhan dan manusia. Dengan ilmu kita bisa memperbaiki diri kita sendiri dan masayarakat sekitar kita. Tanpa ilmu, kita akan kembali ke jaman primitive dan kita tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain karena sebaik – baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.
Pewawancara :
Menurut Bapak sejak kapan kita mulai menutut ilmu dan sampai kapan ?
Narasumber :
Nabi Muhammad SAW bersabda tuntulah ilmu dari buaian hingga liang lahat. Beliau memerintahkan kita untuk terus menuntut ilmu sepanjang hidup kita di mulai dari kecil hingga kita mati. Waktu yang paling pas untuk belajar adalah ketika kita berumur 4 hingga 6 tahun karena masa – masa itu disebut dengan golden age dimana otak akan bekerja dengan sangat optimal.
Pewawancara :
Menurut Bapak bagaimana dengan dunia pendidikan kita saat ini ?
Narasumber :
Pendidikan kita saat ini masih tertinggal dengan Negara – Negara maju, seperti Amerika, Inggris, dan lain – lain. Hal ini dikarenakan pemrintahnya yang belum berkomitmen untuk memajukan pendidikan di negeri ini dan juga kurangnya dan tidak meratanya pendidikan di negeri ini.
Pewawancara :
Lantas apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan kita ?
Narasumber :
Pemerintah harus menyatukan tujuan mereka mau di bawa kemana dunia pendidikan ini, dengan cara memberikan kurikulum yang benar – benar baik yang tidak terus menerus mengalami pergantian. Dan juga pemerintah harus memperbaiki fasilitas dan meratakan pendidikan di negeri ini, jangan hanya berkonsentrasi di perkotaan saja, tetapi di seluruh wilayah Indonesia.
Pewawancara :
Saya kira cukup sampai di sini Prof, Terimakasih atas waktunya.
Narasumber :
Terimakasih kembali.
5. Contoh Teks Wawancara dengan dosen Tema : Pendidikan setelah itu buat Teks eksposisi dan kerangkanya
ini contoh teks eksposisinya yg.sedang dibicarakan oleh siswa dengan dosennya :)
Kenakalan Remaja
Saat ini kenakalan remaja menjadi salah satu permasalahan nasional di Indonesia. Kenakalan remaja itu sendiri didefinisikan sebagai perilaku yang menyimpang dan termasuk sebagai permasalahan yang melibatkan hukum dan dilakukan oleh remaja. Para ahli pendidikan berpendapat bahwa kenakalan remaja tersebut dilakukan oleh seseorang yang merasa sudah dewasa tetapi pada kenyataannya masih anak-anak dan berusia 13-18 tahun
Banyak faktor pendukung yang menjatersebut bertindak buruk, seperti keluarga yang buruk, bergaul dengan teman sebayanya yang buruk juga. Kenakalan remaja tersebut dapat berupa tawuran, merokok, memakai narkoba, dan seks bebas. Usia remaja yang telah disebutkan sebelumnya merupakan usia bagi seseorang untuk mencari jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Dalam usia tersebut seseorang seharusnya tumbuh dengan dibarengi oleh pendidikan yang baik dan pantas dan juga didampingi oleh orangtua dalam menjalani masa remajanya.
Perkembangan remaja harus diarahkan ke arah yang positif dengan didampingi oleh orangtua dan pendidikan yang positif juga. Dengan melakukan hal tersebut masalah kenakalan remaja akan dapat teratasi sedikit demi sedikit.
Berikut adalah struktur dari teks eksposisi tersebut:
Pendapat(Tesis) = Paragraf 1
Argumentasi = Paragraf 2
Penegasan Ulang (Penutup) = Paragraf 3
6. Tolomg di jawab ya kak besok mau di kumpulkan tapi yang lengkap dan jangan asal asalan 11. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah ....a. isinya memuat faktab. muatannya didasarkan pada pendapat/opinic. adanya langkah prosedurd. memuat unsur fiktif12. Teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut,kecuali ....a. fenomena alamB. fenomena pendidikanC. fenomena sosiald. kritik karya seni13. Berikut yang terdapat dalam struktur teks eksplanasi adalah ....a. pendapat penulisb. pernyataan khususC. deretan penjelasd. wawancara14.Struktur teks eksplanasi terdiri dari ....15. Pernyataan umum pada teks eksplanasi disebut juga dengan ....16. Bagian interprestasi pada teks eksplanasi berisi tentang ....17. Jelaskan tujuan teks eksplanasi!18. Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi!19. Sebutkan ciri-ciri kebahasaan teks eksplanasi!20. Bacalah teks berikut ini!Mengapa zaman globalisasi disebut juga zaman informasi? Informasi adalahberita atau kabar. Sekarang, kita begitu mudah untuk mendapatkan berbagai macaminformasi. Informasi bisa kita dapatkan dari media cetak maupun media elektronik.Media cetak contohnya surat kabar, majalah, dan buku-buku, sedangkan mediaelektronik contohnya televisi, radio, telepon genggam, dan internet. Semua ini bisadicapai berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi dankomunikasi.Tuliskan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks eksplanasi di atas!
Jawaban:
11. a
12. d
13. c
14. pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi
15. latar belakang dan tinjauan umum topik yang berupa definisi, klasifikasi, sejarah, dan asal usul.
16. kesimpulan yang berupa kesan/pendapat penulis mengenai fenomena alam/sosial yang sudah dijelaskan
17. tujuan teks eksplanasi untuk menjelaskan proses terciptanya suatu fenomena dan memberikan alasan terhadap proses terciptanya fenomena yang terjadi secara alamiah maupun sosial.
18. Ciri-ciri teks eksplanasi
Bersifat faktual.Bersifat keilmuan.Bersifat informatif.Bersifat tidak persuasif.Berfokus pada hal umum.19. ciri kebahasaan teks eksplanasi
Menggunakan kata kerja aksiMenggunakan kalimat pasifMenggunakan frase nominaMenggunakan kata keterangan atau frase adverbiaPenggunaan konjungsi waktu serta sebab akibat20. berkat kemajuan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) di bidang informasi dan komunikasi pada zaman globalisasi ini, kita jadi sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi melalui media cetak maupun media elektronik.
semoga membantu yaa
7. Teks wawancara Sumber Energi dan manfaatnyaPenanya : “Permisi Pak, perkenalkan nama saya Siti dan Beni, kami mendapat tugas dari sekolah untuk wawancara mencari informasi tentang sumber energi dan manfaatnya. Apakah bapak bersedia untuk saya wawancarai?”Nara Sumber : “Oh ya boleh silahkan, Nak!”Penanya : ”Terimakasih Pak. Maaf kalau boleh tahu siapa nama bapak?”Nara Sumber : “Nama saya Eko Wahyu Edi”Penanya : ”Baik, terimakasih . Sekarang kita mulai wawncaranya, ya Pak!”Nara Sumber : “Iya silahkan.”Penanya : “Menurut bapak sumber energi itu ada berapa macam, Pak?”Nara Sumber : “Sumber energi itu ada sumber energi yang bisa diperbaharui, ada yang tidak bisa diperbaharui dan ada juga sumber energi alternatif.”Penanya : “ Apa yang dimaksud sumber energi alternatif, Pak?”Nara Sumber : “Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan energi dari fosil.”Penanya : “Contohnya apa saja, Pak?”Nara Sumber : “Contohnya matahari, air, angin, gelombang air laut, panas bumi dan bahan bakar bio.”Penanya : “Wah… ternyata banyak juga ya, Pak! Manfaatnya untuk apa, Pak?”Nara Sumber : “Manfaatnya banyak yaitu untuk kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Contoh matahari, air, angin dan gelombang air laut dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik. Matahari juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.”Penanya : “Kalau bahan bakar bio itu apa, Pak?”Nara Sumber : “Bahan bakar bio itu bahan bakar yang berasal dari hewan dan tumbuhan yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar solar atau bensin.”Penanya : “ O…. begitu. Jadi energi alternatif itu banyak contoh dan manfaatnya bagi kita ya, Pak.”Nara Sumber : “Iya nak, tetapi kita harus tetap bijak dalam pemakaian sumber energi tersebut.”Penanya : “Ya, Pak. Terimakasih banyak atas waktu dan informasi dari bapak.”Nara Sumber : “ Sama-sama, nak!”Penanya : “Sekali lagi terimakasih atas informasinya, Kami permisi ya, Pak!”Nara Sumber : “ ya silahkan,”Peserta didik membuat laporan dari teks wawancara yang telah disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan dengan tulisan tegak bersambung.Lakukan kegiatan sesuai dengan langkah-langkah berikut ini!Baca dan pahami teks wawancara dengan teliti dan cermat!Setelah membaca dan memahami teks wawancara, buatlah laporan wawancara dengan ketentuan:Menuliskan latar belakang dari teks wawancaraMenuliskan maksud dan tujuan melakukan wawancaraMenuliskan topik wawancaraMenuliskan hasil wawancaraMenuliskan kesimpulan dari hasil wawancara
Latar belakang dari teks wawancara di atas adalah sekolah dari si penanya sedang belajar dan membahas soal sumber energi dan manfaatnya. Seperti yang kita ketahui, energi listrik saat ini paling banyak berasal dari batu bara. Nah batu bara ini termasuk sumber energi yang sulit diperbaharui, maka dengan pertumbuhan manusia yang begitu cepat bisa saja sumber energi ini cepat habis. Maka penting bagi pelajar untuk mengetahui sumber energi alternatif dan pemanfaatannya.
Penjelasan:
Maksud dan tujuan wawancara:
Memahami soal sumber energi dan pemanfaatannya.Melakukan sistem belajar lapangan, langsung menemui sumber langsung supaya lebih mudah dalam memahami. Mengetahui cara melakukan wawancara.Topik wawancara : Sumber energi dan pemanfaatannya.
Hasil wawancara:
Terdapat sumber energi yang bisa diperbaharui, tidak bisa diperbaharui dan sumber energi alternatif. Sumber energi alternatif adalah pengganti energi dari fosil.Contoh sumber energi alternatif adalah matahari, air, angin, gelombang air laut, panas bumi dan bahan bakar bio. Manfaat menggunakan sumber energi alternatif adalah menjaga kelangsungan mahkluk hidup. Bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik.Bahan bakar bio berasal dari hewan dan tumbuhan yang bisa menggantikan bahan bakar bensin.Kesimpulan wawancara:
Dalam tugas kali ini, kami melakukan wawancara dengan Eko Wahyu Edi. Dalam wawancara ini kami mengutamakan soal manfaat dari energi alternatif. Adapun terdapat 3 sumber energi yaitu yang bisa diperbaharui, tidak bisa diperbaharui dan sumber energi alternatif.
Energi alternatif, menurut Pak Eko adalah sumber energi yang dapat menggantikan fosil. Energi alternatif ini berasal dari air, angin, gelombang air laut, panas bumi dan bahan bakar bio. Sumber energi alternatif ini dapat menghasilkan listrik yang lebih ramah lingkungan sehingga bisa menjaga kelangsungan mahkluk hidup. Namun, manusia tetap harus bijak dalam menggunakan energi alternatif ini.
Pelajari lebih lanjut:
1. Materi tentang tahapan dalam wawancara https://brainly.co.id/tugas/3710972
2. Materi tentang menarasikan wawancara https://brainly.co.id/tugas/2252374
3. Materi tentang etika wawancara https://brainly.co.id/tugas/1585715
Detail jawaban:Kelas: 7
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Laporan
Kode: 7.1.4
#AyoBelajar
8. 1. setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan & pengajaran adalah contoh..?2. Teks untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena secara ilmiah disebut.?3. hal utama sebelum melakukan wawancara adalah mengucapkan salam, memperkenalkan diri,....?.. Dan.....?4. petir adalah fenomena alam yg menunjukkan muatan....? Dengan tegangan sangat tinggi5. contoh penerapan sila kedua pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah..?lplease tolong jawab pin yh...
5. menolong teman yang sedang kesusahan5.suka menolong
toleransi
mengutamakan kepentingan betsama dari pada kepentingan pribadi
itu aj yg sya tau
9. Kita perlu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hal itukeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesiamerupakan salah satu contoh pengamalan dari sila kelima Pancasila, yaituA. Tuliskan anggota keluarga yang memiliki hak seperti berikut!B. Tuliskan anggota keluarga yang memiliki kewajiban seperti berikut!Ayo BerlatihKerjakan soal-soal berikut!No.Hak di RumahMendapat kasih sayang2. Mendapat pendidikan yang layak3 Mendapat pakaian yang layak4 Mendapat waktu bermain yang cukup5 Dihormati dan dihargai6 Mendapat rasa amanAnggota keluarga1Anggota keluarga7No.Kewajiban di RumahMenghormati orang tua2. Membantu orang tua3 Mencari nafkah4 Mengurus rumah tangga5 Mendidik anak dengan baik6 Hidup rukun dengan anggota keluargaendalaman Materio Muatan Bahasa Indonesia KD 3.5 dayajikan Informasi dari Teks Hasil Wawancara dalam Bentuk Tabel1o, ingat kembali! Wawancara dilakukan oleh pewawancara danumhor Powunan adalah orang yang mengajukan pertanyaan.
Jawaban:
1. Anak.
2. Anak.
3. Semua anggota keluarga.
4. Semua anggota keluarga.
5. Semua anggota keluarga.
6. Anak.
1. Anak.
2. Anak.
3. Orangtua.
4. Orangtua.
5. Orangtua.
6. Semua anggota keluarga.
10. Kita perlu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hal itukeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesiamerupakan salah satu contoh pengamalan dari sila kelima Pancasila, yaituA. Tuliskan anggota keluarga yang memiliki hak seperti berikut!B. Tuliskan anggota keluarga yang memiliki kewajiban seperti berikut!Ayo BerlatihKerjakan soal-soal berikut!No.Hak di RumahMendapat kasih sayang2. Mendapat pendidikan yang layak3 Mendapat pakaian yang layak4 Mendapat waktu bermain yang cukup5 Dihormati dan dihargai6 Mendapat rasa amanAnggota keluarga1Anggota keluarga7No.Kewajiban di RumahMenghormati orang tua2. Membantu orang tua3 Mencari nafkah4 Mengurus rumah tangga5 Mendidik anak dengan baik6 Hidup rukun dengan anggota keluargaendalaman Materio Muatan Bahasa Indonesia KD 3.5 dayajikan Informasi dari Teks Hasil Wawancara dalam Bentuk Tabel1o, ingat kembali! Wawancara dilakukan oleh pewawancara danumhor Powunan adalah orang yang mengajukan pertanyaan.
Jawaban:
1. mendapat kasih sayang: anak-anak dan orangtua
2. mendapat pendidikan yang layak: anak- anak
3. mendapat pakaian layak: orangtua dan anak-anak
4. mendapat waktu bermain yang cukup: anak-anak
5. dihormati dan dihargai: orangtua
6. mendapat rasa aman: anak-anak
1. menghormati orangtua: anak-anak
2. membantu orangtua: anak-anak
3. mencari nafkah: ayah
4. mengurus rumah tangga: ibu
5. mendidik anak dengan baik : orangtua
6. hidup rukun dengan anggota keluarga: semua anggota keluarga
btw kak, "orangtua" bisa ditulis ayah dan ibu yaa
semoga membantu, cmiiw<3
11. contoh teks wawancara yang dilakukan oleh 3 orang mengenai pendidikan atau kesehatan
WAWANCARA merupakan kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara kepada sang narasumber. Kegiatan wawancara ini bisa dilakukan baik secara individual maupun berkelompok. Berikut adalah contoh kegiatan wawancara yang melibatkan 3 orang dimana dua orang merupakan narasumber dan 1 lainnya adalah pewawancara. Tema yang diangkat adalah tema PENDIDIKAN.
Pewawancara: “Selamat siang bapak, ibu. Saya siswa yang ditugaskan untuk melakukan kegiatan wawancara bertemakan pendidikan. Apakah bapak dan ibu berkenan dan punya waktu sekitar 30 menit saja?
Narasumber 1: “Oh silahkan, kebetulan kami sedang santai saja.”
Pewawancara: “Terima kasih bapak. Boleh saya tahu nama serta profesi bapak dan ibu?”
Narasumber I: “Nama saya Siswandi, pekerjaan saya kontraktor. Ibu ini istri saya, namanya Yuliati. Pekerjaannya ibu rumah tangga tapi sambil mengurus toko.”
Pewawancara: “Wah berari ibu IRT sekaligus wiraswasta?”
Narasumber II: “Betul dik, asal bisa bagi waktu, keduanya bisa berjalan dengan baik.”
Pewawancara: “Wah hebat. Bapak ibu, tema tugas wawancara saya ini adalah pendidikan. Dan saya memilih melakukan wawancara dengan orang secara acak untuk mengetahui pandangan publik mengenai pendidikan di Indonesia. Menurut bapak ibu, apakah pendidikan di Negara kita sudah memadai?”
Narasumber I: “Menurut saya pribadi belum memadai kalau kita berkiblat ke pendidikan di Negara maju. Meski begitu ya harus diakui kalau kualitas pendidikan kita sudah berjalan lebih baik dari sebelumnya.”
Pewawancara: “Kalau menurut ibu bagaimana?”
Narasumber II: “Menurut saya sudah memadai, meskipun ya selalu harus ditingkatkan agar lebih baik lagi ke depannya.”
Pewawancara: “Bagaimana pendapat bapak ibu dengan pandangan orang yang beranggapan pendidikan yang sesungguhnya justru yang ada di luar sekolah?”
Narasumber I: “Setuju saya, di lingkungan kita itulah pendidikan yang sesungguhnya. Bukan sekedar teori dik, tapi pengalaman. Pengalaman ini guru yang paling baik, mengajarkan ilmu praktis.”
Narasumber II: “Tapi biar begitu pendidikan di lembaga seperti sekolah juga penting. Meski ilmu yang dipelajari kebanyakan teori tapi anak-anak dididik berpikir lebih tertata atau sistematis. Itu modal yang baik juga.”
Pewawancara: “Jadi saling melengkapi ya bu?”
Narasumber II: “Betul, seseorang yang bersekolah atau kuliah kan juga masih bergaul dengan lingkungan luar. Jadi ilmu yang ia dapat sejalan dengan pengalaman yang ia peroleh di lingkungannya.”
Pewawancara: “Baik. Itu saja pertanyaan yang saya ajukan bapak ibu. Pendapat bapak ibu akan saya tuliskan pada tugas saya. Terimakasih banyak atas waktunya.”
Narasumber I: “Senang bisa membantu, tidak merepotkan sama sekali.”
Narausmber II: “Semoga tugasnya dapat nilai terbaik ya dik.”
Pewawancara: “Amin, terima kasih sekali lagi bapak ibu.”
✓ Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan lebih lanjut pada tautan berikut:
Contoh wawancara singkat tentang kesehatan brainly.co.id/tugas/11646142
Contoh dialog wawancara 3 orang brainly.co.id/tugas/5378231
• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Kode Soal : -
Kelas : VII (1 SMP)
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kategori : Teks Wawancara
Kata Kunci : Tema, Pendidikan, Kesehatan
12. contoh teks wawancara tentang pendidikan singkat
kalo benar hai just kidding instancesbangsabangbangb
Saya : “Selamat sore.”
Narasumber : “Selamat sore juga. Ada yang bisa saya bantu?”
Saya : “Apakah boleh saya mewawancarai Anda?”
Narasumber : “Ya tentu boleh, silahkan.”
Saya : “Perkenalkan nama saya adalah Ikhsan Okta, siswa dari SMP IT Bustanul Ulum(tapi terserah mau nama siapa).Saya ingin mewawancarai anda mengenai beberapah hal tentang Perpustakaan Kota yang ada di Makassar. Saya mulai pertanyaan pertama, menurut Anda bagaimana keadaan perpustakaan kota saat ini di Makassar?”
Narasumber : “Bisa dibilang perpustakaan kota saat ini jauh lebih maju. Kualitasnya pun sudah mulai diperbaiki juga. Koleksi-koleksi bukunya pun juga saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman.”
Saya : “Sebenarnya seberapa penting menurut Anda perbaikan kualitasnya?”
Narasumber : “Bagi saya, perpustakaan yang benar-benar berorientasi pada pendidikan itu sangat penting. Ini bertujuan supaya untuk mendorong minat baca masyarakat.”
Saya : “Buku apa yang dikatakan paling menarik minat baca masyarakat menurut Anda?”
Narasumber : “Yang saya ketahui masyarakat terutama generasi muda lebih berminat pada buku cerita ataupun novel-novel.”
Saya : “Mengapa buku cerita atau novel menjadi penarik minat pertama para pembaca?”
Narasumber : “Karena mungkin juga masih berhubungan dengan orientasi pendidikan sekarang yang dirasa sudah sangat membosankan. Jadi pendidikan saat ini pun seharusnya tidak sekedar mencari pengetahuan semata, namun juga yang meningkatkan minat baca.”
Saya : “Siapakah yang menurut Anda seharusnya bertanggung jawab untuk mengubah minat baca dari buku cerita ke buku pengetahuan ini?”
Narasumber : “Menurut saya pihak keluargalah yang utama dan selanjutnya juga adalah pihak guru di sekolah,”
Saya : “Saya rasa hanya itu saja pertanyaan yang ingin saya tanyakan, terima kasih atas jawabannya dan waktu luangnya. Selamat sore.”
Narasumber : “Ya, sama-sama. Selamat sore kembali.
13. contoh teks wawancara bertema pendidikan
Narasumber : "Selamat sore juga. Ada yang bisa saya bantu?"
Saya : "Apa boleh saya mewawancarai Anda?"
Narasumber : "Ya, boleh silahkan."
Saya : "Perkenalkan saya Haniah Nadhifah, siswi dari SMA Negeri 2 Makassar. Saya ingin mewawancarai anda mengenai Perpustakaan Kota di Makassar. Saya mulai pertanyaan pertama, menurut Anda bagaimana keadaan perpustakaan kota di Makassar saat ini?"
Narasumber : "Bisa dibilang lebih maju. Kualitasnya sudah mulai diperbaiki. Koleksi-koleksi bukunya pun saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman."
Saya : "Sebenarnya seberapa penting perbaikan kualitasnya?"
Narasumber : "Bagi perpustakaan yang benar-benar berorientasi pada pendidikan sangat penting. Ini untuk mendorong minat baca masyarakat."
Saya : "Buku apa yang paling menarik minat baca masyarakat menurut Anda?"
Narasumber : "Yang saya ketahui masyarakat terutama generasi muda lebih berminat pada buku cerita."
Saya : "Mengapa buku cerita menjadi penarik minat pertama para pembaca?"
Narasumber : "Karena mungkin berhubungan dengan orientasi pendidikan sekarang yang dirasa membosankan. Jadi pendidikan saat ini seharusnya tidak sekedar mencari pengetahuan semata, namun juga yang meningkatkan minat baca."
Saya : "Siapakah yang seharusnya bertanggung jawab untuk mengubah minat baca dari buku cerita ke buku pengetahuan?"
Narasumber : "Menurut saya pihak keluargalah yang utama dan selanjutnya adalah pihak guru di sekolah,"
Saya : "Saya rasa hanya itu yang ingin saya tanyakan, terima kasih atas waktu luangnya. Selamat sore."
Narasumber : "Ya. Sama-sama. Selamat sore juga."
14. disajikan teks wawancara yang terdiri dari 4-5 jawaban. peserta didik dapat buat laporan (menulis laporan) teks wawancara!!! Pelajaran Kelas 7 Tolong jelaskan maksudnya apa? Dan bisa berikan contoh soalnya??
1. silahkan perkenalkan diri anda
2. Apa yang membuat anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan kami ?
3. Apa yang akan anda berikan untuk perusahaan kami apabila anda bergabung ?
4. Apa harapan anda apabila anda berhasil bergabung dengan perusahaan kami ?
5. Berapa gaji yang anda harapkan ?
15. 1. Terangkan unsur faktual dalam pembuatan berita! 2. Uraikan tidak penting dalam pembuatan berita! 3. Apa yang tidak menarik dalam pembuatan berita! 4. Jelaskan pengertian dari berita! 5. Mengapa kita harus kritis dalam menerima berita? 6. Jelaskan struktur teks berita tentang peristiwa ! 7. Jelaskan struktur teks berita sumber peristiwa! 8. Buat contoh teks berita tentang pendidikan! 9. Buat contoh teks berita kemerdekaan! 10. Buat lah vidio singkat menjadi wartawan berita menggunakan unsur 5w+1h, narasumbernya(diwawancarainya bebas)!tolong bantu
Jawaban:
1. aktual yakni terbaharukan atau terupdate yang paling akhri dekat dengan penulisan
2 faktual yakni mengungkap fakta sebenarnya tidak mengada ada atau hoax
6. What, apa yang terjadi
where dimana kejadian dalam berita tesebut
why atau mengapa bisa terjadi
who siapakah pelaku dalam berita
when kapan kejadian itu berlangsung
How bagaimana peristiwa terjadi
7. kritis dalam membaca berita sebab dalam berita yang dimuat sekarang tidak faktual(* bukan mendeskreditkan akan tetapi penulisan berita sekarang tidak murni untuk membagikan informasi) terdapat penunggang an kepentingan seperti pengiringan opini
Penjelasan:
Maaf aku cuman jawab no 1-7
16. 1. Berikan contoh tanggapan atas laporan perjalanan yang telah disampaikan oleh temanmu, jika laporan tersebut sudah baik namun masih ada kekurangan berupa bahasa yang masih kurang komunikatif! 2. Buatlah isi surat untuk surat permohonan izin meminjam tenda yang ditujukan kepada kepala sekolah! 3. Sebuah surat resmi dibuat oleh OSIS di sekolahmu pada tanggal 4 Februari 2016. Surat tersebut merupakan surat yang ke-11 yang dikeluarkan oleh OSIS. Buatlah nomor surat untuk surat tersebut! 4. Apakah yang dimaksud dengan tembusan dalam surat dinas? 5. Apa perbedaan antara menyampaikan laporan dengan membaca teks dengan tanpa teks? 6. Kami berangkat satu jam mundur dari rencana. Ada salah satu siswa yang terlambat karena mengalami musibah kecil di jalan. Setelah empat jam perjalanan,akhirnya yang kami tumpangi berhenti di sebuah restoran di sebuah kota kecil. Setengah jam di restoran tersebut sudah melunasi rasa penat kami. Sebutkan pola pengembangan laporan tersebut! 7. Sebagai ketua OSIS, kamu ingin mengundang Ibu Rahayuningsih, Sarjana Peternakan, yang beralamat di jalan Mawar nomor 55 Jakarta untuk menghadiri acara pentas seni di sekolahmu. Tulislah isi surat dalam surat undangan yang kamu buat! 8. Buatlah daftar pertanyaan untuk mewawancarai dengan tokoh pendidikan mengenai wacana lima hari sekolah!
contohnya itu kaya apa
17. contoh teks wawancara dalam bahasa sunda tentang pendidikan/budaya/kesenian
Teh enong si pangusaha peuyeum Neng sari : nu ngawawancara Teh enong : nu di wawancara
neng sari : assalamualaikum !! teh enong : waalaikumsalam !! neng sari : punten teh, tiasa nyungkeun waktosna sakedap teh enong : oh muhun , aya kaperyogian naon nya ? neng sari : bade ngawawancara perkawis usaha nu di ulik ku teteh ? teh enong : oh mangga . neng sari : dupi wasta teteh teh saha ? teh enong : wasta teteh Enong Ngatini . neng sari : teteh linggih timana ? teh enong : abdi linggih di jl.mudun , pengkolan neng sari : tos sabaraha lami teteh ngulik usaha leueuteun tina peuyeum ? teh enong : kirang langkung nembe 2 taun neng sari : ari leueuteuna naon wae ? teh enong : di antawisna , brownies peuyeum, bolu peuyeum , peuyeum bol, donat peuyeum, goreng peuyeum jsb. neng sari : oh, pami peuyeum na.. kenging ngadamel nyalira atau ngagaleuh ? teh enong : upami abdi mah ngadamel nyalira neng sari : ari ieu teh di pasarkeuna ka mana wae ? teh enong : ka warung" , ka toko" kue , sareng di pasarkeun di toko nyalira. neng sari : ari kekengingan sa sasihna sabaraha ? teh enong : kirang langkung 3juta , kadang teu tangtos neng. pami nuju tiiseun mah sok kenging 2juta . neng sari : m
18. 1. Adi seorang anak yang rajin. Sekarang ia duduk di kelas IV Sekolah Dasar Cemara Dua. Pagi ini, Adi berangkat ke sekolah lebih awal. Jadwal piket membuat Adi bersemangat untuk berangkat lebih awal. Usai makan pagi, Adi berpamitan kepada ayah dan ibunya. Pak Herman dan Bu Maya adalah orang tuanya. Adi memang anak yang disiplin, suka menolong, dan bertanggung jawab, ia selalu melaksanakan tugas dengan baik. Jika melakukan kesalahan, ia segera meminta maaf.Tuliskan gagasan pokok paragraf tersebut! 2. Tuliskan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar! 3. Perhatikan cara mempresentasikan laporan hasil wawancara berikut!(1) Menyampaikan hasil laporan secara rinci.(2) Jangan terpaku pada teks laporan wawancara.(3) Mengakhiri presentasi dengan ucapan terima kasih.(4) Memperkenalkan diri secara santun.Tulislah urutan cara mempresentasikan laporan hasil wawancara dengan menuliskan kembali kalimat dan nomornya!4. Bacalah kutipan dongeng berikut!Beberapa hari berikutnya, Singa terkena jebakan jaring pemburu. Dia mengaum sehingga suaranya terdengar di seluruh penjuru hutan. Tidak ada yang mendekat untuk menolong Singa, kecuali seekor Tikus yang pernah dilepaskannya kemarin. Dengan gigi tajamnya, Tikus itu menggigit tali jaring yang menangkap Singa hingga putus. Akhirnya, Singa itu terbebaskan.Tuliskan amanat yang dapat dipetik dari cerita tersebut! 5. Bacalah teks berikut!Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889. Beliau memiliki nama asli R. M. Suwardi Suryadiningrat. Ki Hajar Dewantara mendapat gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional.Peran Ki Hajar Dewantara dalam melawan Belanda terlihat ketika bergabung dalam IP bersama Dr. Cipto Mangunkusumo dan Douwes Dekker. Indische Partij (IP) didirikan pada tanggal 25 Desember 1912, bertujuan mencapai Indonesia merdeka. Pada tanggal 3 Juli 1922, beliau mendirikan Taman Siswa. Kepada anak didik ditanamkan rasa kebangsaan agar mereka mencintai tanah air dan bangsa. Semboyannya yang terkenal sebagai berikut.a. Ing Ngarso Sung Tuladha (artinya di depan memberikan contoh yang baik).b. Ing Madyo Magun Karso (artinya di tengah membangkitkan semangat).c. Tut Wuri Handayani (artinya dari belakang memberi dorongan).Jasa-jasa Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan sangat besar. Oleh karena itu, setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).Mengapa tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional?
Jawaban:
1.Adi seorang anak yang rajin
2.1. ambil sabur kemudian cucu tangan
2. lap dengan serbet atau tisu
3.(2) Jangan terpaku pada teks laporan wawancara.
(4) Memperkenalkan diri secara santun.
(1) Menyampaikan hasil laporan secara rinci.
(3) Mengakhiri presentasi dengan ucapan terima kasih
5.karena untuk mengenang jasa jasa guru yang selama ini mendidik kita di sekolah
4.buah jatuh tidak jauh dari pohonnya
maksudnya gimana maksudnya tuh gini jika kita menolong menolong seseorang kita akan mendapatkan balasannya itu di akhirat mungkin di akhirat mungkin ya di dunia itu intinya kayak gitu
19. 1.Salah satu unsur intrinsik dalam dongeng adalah.... * A.amanat B. legenda C. sage D. ekstrinsik 2.Kalimat tanya yang digunakan untuk mengetahui latar belakang peristiwa adalah.... * A. Apakah peristiwa tersebut? B. Bilamana peristiwa tersebut? C. Kapan peristiwa tersebut terjadi? D. Mengapa peristiwa itu terjadi? 3.Dongeng yang mengandung nilai pendidikan disebut.... * A. sage B. fabel C. legenda D. parabel 4.Di bawah ini merupakan bentuk-bentuk teks non fiksi kecuali.... * A. fabel B. makalah C. laporan percobaan D. laporan kegiatan 5.Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih bertujuan mencari informasi secara lengkap merupakan.... * A. diskusi bersama banyak orang B. kegiatan tanya jawab di lingkungan sekitar C. wawancara dengan narasumber D. wawancara bersama anggota keluarga 6.Ciri-ciri teks non fiksi adalah.... * A. nyata dan merupakan hasil pengamatan B. tidak nyata dan merupakan hasil pengamatan C. bukan fakta dan merupakan hasil pengamatan D. bukan fakta dan bukan hasil pengamatan 7.Laporan wawancara disusun.... * A. setelah menentukan narasumber B. dengan merangkum hasil wawancara C. sebelum melaksanakan wawancara D. bersama narasumber selesai wawancara 8.Contoh dongeng sage adalah.... * A. Joko Tingkir B. Malinkundang C. Kancil dan Buaya D. Wewe Gombel 9.Faktor -faktor yang mempengaruhi karya sastra darisubjektivitas dan latar belakang penulis tergolong ke unsur.... * A. intrinsik B. ekstrinsik C. latar D. sudut pandang 10.Dongeng terbentuk dari 2 unsur yaitu.... * A. unsur tema dan latar B. unsur alur dan plot C. unsur intrinsik dan ekstrinsik D. unsur amanat dan sudut pandang
Jawaban:
1.c.sage
2.c.kapan peristiwa tersebut terjadi?
3.d.prabel
4.a.fabel
5.c.wawancara dengan narasumber
6.a.nyata dan merupakan hasil pengamatan
7.b.dengan merangkum narasumber
8.c.kancil dan buaya
9.d.sudut pandang
10.a.unsur tema dan latar
Penjelasan:
maaf kalau salah
20. contoh teks wawancara bertema pendidikan**
pewawancara = P
narasumber = N
P:"selamat siang pak budi."
N:"selamat siang,nak."
P:"begini pak saya ingin mewawancarai bapak."
N:"tentu saja, bisa ayo silahkan!"
P:"sudah berapa tahun bapak berprofesi sebagai guru?"
N:"sudah 10 tahun."
P:"kenapa anda menggeluti dunia pendidikan?"
N:"karena saya lihat anak anak zaman sekarang sudah banyak yang malas saya ingin anak anak menjadi rajin kembali."
P:"apa bapak pada awalnya memang ingin menjadi guru?"
N:"sebenarnya bapak ingin jadi dokter."
P:"oh begitu ya pak, terimakasih atas wawancaranya maaf bila menganggu,selamat siang."
N:"sama sama,selamat siang."