Identifikasi kualitas pendidikan penduduk Indonesia
1. Identifikasi kualitas pendidikan penduduk Indonesia
kualitas pendidikan di indonesia masih terbilang rendah karena masih banyak penduduk indonesia yang belum bisa baca tulis
semoga bermanfaat
maaf kalo kurang tepat yaaahh
2. Kualitas pendidikan penduduk indonesia dapat diidentifikasi dari... a.angka melek huruf b.jumlah sekolah dasar c.jumlah lulusan sarjana d.pendidikan tenaga pendidik
Jawabannya A
SEMOGA MEMBANTU YA
3. kualitas pendidikan penduduk indonesia dapat diidentifikasi dari....... a. angka melek huruf b. jumlah sekolah dasar c. jumlah lulusan sarjana d. pendidikan tenaga pendidik
a. angka melek huruf
b. jumlah sekolah dasar
4. 1. Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk setiap tahun. Identifikasilah keterkaitan fenomena tersebut terhadap kebutuhan pangan!2. Migrasi penduduk terjadi karena ada nya faktor pendorong dan penarik. Tuliskan faktor pendorong migrasi penduduk!3.Rendah nya kualitas pendidikan di Indonesia di pengaruhi keterjangkauan fasilitas pendidikan. Mengapa keterjangkauan fasilitas tersebut dapat memengaruhi kualitas pendidikan?4. Honai merupakan rumah adat papua yang letak pintunya berada pada posisi matahari terbit dan terbenam. Mengapa pintu di buat pada posisi tersebut? 5. Setiap senjata memiliki nilai filosofis, Misalnya rencong dari Aceh. Tuliskan nilai filosofis senjata tradisional tersebut!Note :Jan ngasal, Jan copas. Report√Jan jawab satu satu ya. Report√70 / 02 Poin
Jawaban:
1 kebutuhan pangan berkurang, harga menjadi naik disebabkan permintaan yang tinggi tidak diseimbangi dengan ketersediaan pangan yang ada
2 Faktor pendorong yaitu seperti makin berkurangnya sumber kehidupan dan semakin susahnya memperoleh bahan baku penghidupan, menyempitnya lapangan pekerjaan sehingga masyarakat desa banyak yang tidak mendapatkan pekerjaan di daerah asalnya, adanya tekanan politik, agama atau suku di daerah asal, dan juga faktor pendorong ...
3 karena masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi yang menyebabkan pengajaran pendidikan yang tidak merata, dan rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan mahalnya baiaya pendidikan
4 karena Honai merupakan rumah adat Papua khususnya di Bagian Pengunungan. Di mana bentuk dasar rumah Honai adalah lingkaran dengan rangka dari kayu dan berdinding anyaman serta atap kerucut yang terbuat dari jerami
Penjelasan:
semoga membantu
Jawaban:
1. krn banyak masyarakat Indonesia yg menikah muda, dan warga Indonesia rata2 senang memiliki banyak anak tetapi lupa dan tdk melihat keadaan ekonomi keluarganya dan akhirnya tidak ber KB(keluarga berencana)
2.Faktor pendorongnya adalah banyak orang jaman sekarang ingin jadi artis dan pusat casting itu rata2 di daerah jawa barat / jakarta jadi akhirnya mereka menetap disana mempunyai anak disan dan turun temurunnya jdi ikut terlahir di jakarta maka dari itu ini trjdi krn tdk seimbangnya persebaran penduduk,banyak orng yg suka hidup di kota modern atu ingin hidup di kota modern.
3. - rendahnya gaji seorang guru
- banyak anak Indonesia yg sngt jarang gemar membaca
-yg dipentingkan di Indonesia adalah nilai bukan pemahaman akhirnya berbuat hal yg tdk bagus contohnya menyontek
4.-
5.-
Penjelasan:
maaf sy gk bisa bantu jawab yg no 4&5 krn sy tdk tau masih bagus sy bantu jawabin ini jga salah satu faktor pendidikan Indonesia rendah suka nyontek di google tpi sy lagi baik hati ini
5. 1. Negara berkembang dicirikan dengan..... A. Eksportir kebutuhan primer B. Sektor dominan industri C. Angka harapan hidup tinggi D. Standar hidup tinggi E. Produktivitas lahan berkurang 2. Pengindraan jauh dalam kajian tata guna lahan berfungsi........... A. Alat analisis sebaran fungsi lahan B. Alat perekaman objek penggunaan lahan C. Media pengolahan, analisis, dan penyajian data lahan D. Alat untuk mengidentifikasi luasan lahan tertentu E. Media pembuatan model perubahan lahan 3. Pengaruh pasar bebas terhadap keadaan sosial masyarakat indonesia yaitu...... A. Pendapatan penduduk yang meningkat B. Standar hidup meningkat C. Meningkatnya pengetahuan dan pendidikan D. Menurunnya kualitas alam E. Kesadaran penduduk terhadap pembangunan
Jawaban:
1. B
2. A
3. E
Penjelasan:
semoga membantu
6. KISI KISI PENULISAN SOALPENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUNPELAJARAN2019 / 2020Jenjang Pendidikan : SMP Mata Pelajaran : IPSKurikulum : 2013Kelas : IXJumlah Soal : 45Bentuk Soal : PG dan UraianNoKompetensi DasarMateriIndikator SoalNo SoalBentuk Soal1.2.3.1. Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik3.2. Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kolom bagan sosial budayaLetak dan Luas Benua AsiaLetak dan Luas Benua AmerikaLetak dan Luas Benua EropaLetak dan Luas Benua AfrikaLetak dan Luas Benua AustraliaKondisi Alam Benua AsiaKondisi Alam Negara JepangKondisi Alam Negara AmerikaKondisi Alam Negara InggrisKondisi Alam Negara AustraliaDinamika Penduduk Benua AsiaDinamika Penduduk Benua AmerikaDinamika Penduduk Benua EropaDinamika Penduduk Benua AfrikaDinamika penduduk Benua AustraliaPengaruh perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang terhadap Kehidupan Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik, dan PendidikanPengertian Perubahan Sosial BudayaBentuk-bentuk Perubahan Sosial BudayaPenghambat Perubahan Sosial BudayaFaktor Intern Penyebab Perubahan Sosial BudayaFaktor Ekstern Penyebab Perubahan Sosial BudayaPengertian GlobalisasiBentuk-bentuk GlobalisasiDampak positif globalisasi dalam kehidupan manusiaDampak Negatif Globalisasi dalam Kehidupan ManusiaUpaya Menghadapi GlobalisasiMenyebutkan batas Benua Asia di sebelah SelatanMembandingkan luas Benua Asia dengan Benua AmerikaMenentukan peringkat luas Benua Afrika diantara benua lainnyaMenyebutkan letak geografis Benua AmerikaMenyebutkan batas astronomis Benua Eropa di sebelah utaraMenyebutkan alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua berbedaMengelompokkan batas geografis Benua Afrika berdasarkan dataMenyebutkan kondisi geografis sebagian besar wilayah Benua AustraliaMenentukan letak astronomis Benua Australia dengan benar pada tabel yang tersediaMenjelaskan penyebab flora dan fauna di Benua AsiaMenyebutkan gunung yang melatarbelakangi Ibu Kota JepangMenjelaskan sebab Amerika Serikat bercirikan perubahan suhu yang mencolokMenjelaskan pembagian kawasan relief InggrisMenunjukkan contoh flora negara Inggris pada tabelMenunjukkan kawasan tersubur di Australia pada petaMenjelaskan penyebab Australia memiliki keunikan flora dan faunaMenjelaskan alasan majunya sektor pertanian MesirMengidentifikasi batas-batas negara MesirMengelompokkan kawasan hunian ras Kaukasoid di Benua AsiaMenyebutkan negara dengan pertumbuhan penduduk tinggi di Asia Tahun 2015Menunjukkan negara-negara berkualitas penduduk tinggi di Benua Amerika pada tabelMenghitung rata-rata pertambahan penduduk dalam satu tahun Benua Amerika antara tahun 2015-2018Menunjukkan keragaman etnik di Benua Eropa pada tabelMenjelaskan alasan negara-negara maju di Eropa memiliki angka kematian rendahMenunjukkan wilayah berkepadatan penduduk tinggi di Benua Afrika pada petaMenghitung kepadatan penduduk Australia pada tahun 2015Mencontohkan salah satu pengaruh interaksi antar negara terhadap kehidupan socialMenyebutkan pengertian perubahan sosial budaya secara umumMenyebutkan pengertian evolusi dalam perubahan sosial budayaMengidentifikasi salah satu faktor penghambat perubahan sosial budayaMenjelaskan penghambat perubahan sosial budaya berupa prasangka terhadap hal-hal yang baruMenyebutkan faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya dalam masyarakat.Menyebutkan penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat berkaitan dengan demografiMenentukan faktor intern pendorong perubahan sosial budaya pada tabelMenjelaskan ciri terjadinya inventionMemberikan contoh faktor ekstern yang mendorong terjadinya perubahan sosial budayaMenyebutkan pengertian globalisasiMenentukan contoh mata pencaharian masyarakat globalisasi melalui tabelMemberi contoh bentuk globalisasi di bidang iptek yang pesat perkembangannyaUpaya yang harus dilakukan dalam menghadapi globalisasi di bidang iptek.Memberi contoh dampak positif dari globalisasiMemberi contoh dampak negatif globalisasi dalam bidang politikMemberi contoh sikap westernisasi sebagai dampak globalisasiMemilih tindakan positif bangsa Indonesia di era globalMenuliskan pendapat tentang upaya dan sikap yang tepat sebagai pelajar dalam menghadapi globalisasi tetap mengedepankan kehidupan bangsa yang luhur141234567891011121314421516171819202143222324252627284429303132333435363738394045UraianUraian uraianUraianUraiantolong kak bikin soal 30 soal dari diatas yang jwb aku follow sm tolong ya suscribe channel youtube ku albert casio
Jawaban:
1.Benua Asia terletak antara....
a.26°BT-169°BB dan 11°LS-77°LU
b.129°BT-147°BT dan 20°LU-50°LU
c.35°BB-170°BB dan 55°LS-83°LS
d.35°BB-74°BB dan 5°LU-33°LS
Jawaban:A
2.Perhatikan data berikut.
1.Belize
2.Argentina
3.Chili
4.Spanyol
5.Uzbekistan
Dari data tersebut,yang termasuk negara benua Amerika Tengah adalah....
a.2 dan 3
b.1,2,dan 3
c.1
d.4 dan 5
Jawaban:C
3.Yang termasuk negara benua Eropa adalah....
a.Prancis,Pulau cayman,dan Fiji
b.Spanyol,Australia,dan Inggris
c.Belanda,Kirgistan,dan Uruguay
d.Spanyol,Portugal,dan Belanda
Jawaban:D
4.Ibukota negara India adalah....
a.Vrindavan
b.New Delhi
c.Dolapur
d.Vedas
Jawaban:B
5.Benua yang paling terbesar di dunia adalah....
a.Benua Australia
b.Benua Eropa
c.Benua Amerika
d.Benua Asia
Jawaban:D
6.Benua Afrika memiliki iklim....
a.Matahari tropis dan sedang
b.sedang
c.subtropis
d.tropis
Jawaban:D
Penjelasan:
Maaf cuma itu yang saya bisa dan mohon maaf
7. Identifikasi penggunaan huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal pada wacana berikut! Perbaikilah sesuai dengan aturan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia! Sastra lisan adalah salah satu jenis karya yang mewadahi ekspresi kesusastraan warga dalam sebuah kebudayaan yang diturunkan secara turun temurun secara lisan. Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki sastra lisan sebagai khasanah budaya/ ciri khas daerah tersebut. Namun, sebagai suatu karya yang dihasilkan dari mulut kemulut, sastra lisan sulit untuk dikuasai oleh semua Masyarakat. Padahal setiap budaya daerah (sastra lisan) dapat menambah eratnya ikatan solidaritas masyarakat yang bersangkutan.boscom dalam (Danandjaja 1997:19) menjelaskan bahwa budaya daerah memiliki empat peranan yaitu: (1) sebagai sistem proyeksi adalah pencerminan angan-angan suatu kolektif; (2) sebagai pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan; (3) sebagai alat pendidikan anak (pedagogical device), dan (4) sebagai alat kontrol agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya.Meskipun memiliki peran yang cukup penting, sastra lisan dipandang sebelah mata. Hal ini sesuai pendapat Yosep (2011:50) bahwa kedudukan sastra lisan dipisahkan dari pembicaraan resmi karena dipandang tidak sesuai dengan ciri formal dan kualitas yang biasanya diterima dalam pembicaraan sastra indonesia. Hal tersebut menurut Yosep, dipengaruhi oleh dominasi tata sastra modern, dominasi estetika humanisme universal, dan hegemoni bahasa Indonesia.Memilik kondisi tersebut, maka perlu ada upaya untuk menginventarisir kebudayaan tersebut. Salah satu upaya menginventalisir kebudayaan adalah dengan menjadikan sastra lisan tersebut menjadi seni pertunjukan. Hal ini dapat dilihat dalam tulisan Sudewa (2014) dengan judul Transformasi Sastra Lisan Ke Dalam Seni Pertunjukandi Bali: Perspektif Pendidikan. Selain hal tersebut, menginventalisir juga bisa dilakukan dengan cara membukukan sastra lisan tersebut, seperti yang dilakukan oleh Cokorda Istri Sukrawati (1999). Dengan membukukan sasra lisan, maka karya tersebut akan mudah diperkenal kan ke masyarakat luas dan menjaga agar karya sastra tersebut abadi. Selain itu, membukukan sastra lisan dapat memperkaya media penyebaran bahasa daerah.Di Sulawesi Selatan terdapat berbagai jenis bahasa daerah. Salah satu bahasa yang menjadi sorotan Balai Bahasa adalah Bahasa Makassar dialek Konjo. Bahasa Makassar dialek konjo oleh Pusat bahasa dimasukkan ke dalam kategori hampir punah. Bahasa Makassar dialek Konjo pada dasarnya adalah bahasa yang digunakan oleh masayarakat di Kabupaten Bulukumba, khususnya pada kawasan Bulukumba bagian Timur.Sastra lisan di Bulukumba biasanya digunakan untuk mantra, pemanggil pengantin, nyanyian pengiring mainan tradisional, kegiatan-kegiatan adat ataupun lagu pengantar tidur. Di Bulukumba, khususnya pada pengguna bahasa Konjo; sastra lisan ini, cenderung tidak lagi digunakan. Orang tua lebih suka memutarkan lagu atau musik untuk menidurkan anak. Ketimbang menyanyikan kelong yang memiliki makna dan nilai-nilai yang mendalam serta sebagai media pengenalan bahasa daerah kepada anak.
Jawaban:
hanyut adu beserta serempet tester
8. assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuhselamat pagi semuanyaamal salih di jawab ya pertanyaan nya dengan jawaban yang tepat!!1. sebutkan keuntungan letak geologis di Indonesia!2. sebutkan daerah persebaran hutan!3. apa manfaat sumberdaya tambang?4. jelaskan indikator kualitas penduduk!5. jelaskan dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi!6. mengidentifikasi dataran tinggi di Sumatra !7. mengidentifikasi syarat tindakan sebagai interaksi sosial!8. ciri ciri pendidikan informal?9. mengidentifikasi kegiatan dari lembaga ekonomi !10. mengidentifikasi lembaga ekonomi yang sesuai pasal 33 UUD 1945 !amal salih di jawab dengan benar ya Alhamdulillah jazahumulahukoiroh
Jawaban:
1.dampak positif dari letak geologis Indonesia yakni terdapat banyak gunung api sehingga tanah subur dan mengandung mineral.
2.Sebaran hutan hujan tropis di Indonesia terdapat di Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi, Utara, Maluku Utara, dan Papua. Hutan ini sering dinamakan hutan homogen. Hal ini dikarenakan tumbuhannya hanya terdiri atas satu jenis flora saja, bahkan tidak banyak.
3.Manfaat sumber daya tambang bagi Indoensia adalah meningkatkan pendapatan. Pertambangan memberikan devisa terbesar bagi negara. Dengan menggunakan hasil tambang sendiri, maka Indonesia tidak memerlukan impor bahan tambang dari negara lain. Hal ini memberikan keuntungan untuk menghemat biaya impor.
4.indikator kualitas penduduk antara lain angka harapan hidup (life expectancy), angka kematian bayi (infant mortality), angka kematian anak (child mortality), serta angka kematian ibu (maternal mortality).
5.Pertumbuhan penduduk yang tinggi jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya.
6.Beberapa dataran tinggi di Pulau Sumatra di antaranya adalah Dataran Tinggi Alas dan Gayo (Aceh), Dataran Tinggi Kayo (Sumatra Utara), Dataran Tinggi Agam (Sumatra Barat).
7.Ciri-ciri tindakan dalam interaksi sosial, antara lain :
-Pelaku interaksi sosial berjumlah lebih dari satu orang.
-Mempunyai tujuan serta maksud yang jelas.
-Memiliki sifat yang berkesinambungan, positif, dan terdapat timbal balik.
-Adanya komunikasi yang terjadi antara pelaku interaksi dengan melalui kontak sosial.
8.Ciri-Ciri Pendidikan Informal
Ciri ciri atau karakteristik pendidikan informal, diantaranya yaitu:
-Kegiatan belajar terbentuk secara mandiri.
-Tidak terikat dengan waktu dan tempat.
-Proses belajar berlangsung tanpa ada pendidik dan peserta didik, namun antara orangtua dengan anak atau
antara kakak dengan adik.
-Tidak mengenal persyaratan usia.
-Tidak terdapat persyaratan khusus yang harus dilengkapi.
-Peserta didik tidak perlu mengikuti ujian tertentu.
-Proses pendidikan dilakukan oleh keluarga dan lingkungan.
-Tidak ada kurikulum tertentu yang harus dijalankan.
-Tidak ada jenjang dalam proses pendidikannya.
-Proses pendidikan dilakukan secara terus menerus tanpa mengenal ruang dan waktu
Orang tua adalah guru bagi anak didik.
-Tidak terdapat manajemen yang jelas dalam proses pembelajaran.
-Tidak menggunakan metode yang komplikatif yang sulit di mengerti atau sulit dilaksanakan.
-Bahan pembelajaran cukup sederhana.
-Tidak terorganisasi secara struktural.
-Tidak ada penjenjangan kronologis Tidak mengenal adanya kredensials.
9.Fungsi utama lembaga ekonomi ada dua, yaitu: Mengatur masalah hubungan antar pelaku ekonomi dan meningkatkan produktivitas ekonomi semaksimal mungkin. Mengatur masalah distribusi serta konsumsi barang dan jasa yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia.
10.lembaga ekonomi pasal 33 UUD 1945 terdiri dari:
1.Koperasi
2. Badan Usaha Milik Negara. (BUMN)
3. Usaha Swasta(wiraswasta) seperti Cv atau PT
Penjelasan:
done yah udh semua
9. 6. Perhatikan beberapa pernyataan berikut! 1. menurunnya kualitas kerja para pemimpin daerah di pemerintahan.2. kemiskinan yang semakin meluas akibat rendahnya tingkat pendidikan yang didapat masyarakat.3. seorang guru menerapkan sistem pembelajaran yang tidak berdasarkan standar kurikulum pendidikan.4. harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat.identifikasikan pernyataan yang menunjukkan adanya masalah sosial nyata!7. Sebelum menaitaraf dasar listrik, pemerintah melalui sosiolog meneliti persentase keberadaan masyarakat golongan bawah, menengah, dan atas untuk memprediksi keberhasilan kebijakan kenaikan tarif dasar listrik. Hal tersebut menunjukkan manfaat ilmu sosiologi sebagai...A. sarana pembangunanB. administrasi negaraC. pemecah masalah sosialD. sarana perencanaan sosialE. ilmu prediksi yang bersifat spekulatif8. Besarnya sumber daya manusia Indonesia dapat dilihat dari jumlah penduduk yang ada. Jumlah penduduk Indonesia berada pada urutan keempat terbesar setelah...9. Untuk memperbaiki kualitas pendidikan, pemerintah melakukan perubahan sistem pendidikan. Pemerintah telah melakukan perubahan kurikulum satuan pendidikan dari KBK, KTSP, K13 dan sekarang Kurikulum Merdeka. Berdasarkan sudut pandang ilmu sosiologi, perubahan tersebut digunakan sebagai dasar....A. pemecahan masalahB. pengintegrasianC. pembangunanD. perencanaanEm penelitian
1) Pernyataan yang menunjukkan adakanya masalah sosial nyata adalah sebagai berikut:
menurunnya kualitas kerja para pemimpin daerah di pemerintah,kemiskinan yang semakin meluas akibat rendahnya tingkat pendidikan yang didapat masyarakat,harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat.2) Manfaat ilmu sosiologi seperti yang digambarkan oleh kutipan di atas adalah sebagai... d. sarana perencanaan sosial
3) Jumlah penduduk Indonesia berada pada urutan keempat terbesar setelah... Cina dan Amerika Serikat.
4) Berdasarkan sudut pandang ilmu sosiologi, perubahan tersebut digunakan sebagai dasar.... a. pemecahan masalah
Pembahasan:
Interaksi sosial tidak hanya dapat menghasilkan integrasi, tetapi juga menghasilkan konflik dengan pihak lainnya. Masalah sosial merupakan dampak dari berbagai interaksi sosial, baik interaksi sosial antarindividu, antarindividu dengan kelompok, maupun antarkelompok. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah sosial, antara lain:
faktor biologis,faktor ekonomi,faktor psikologis,faktor geografis,faktor demografis, dan faktor budaya.Pelajari lebih lanjut:
Materi mengenai Contoh Masalah Sosial pada https://brainly.co.id/tugas/8317777
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
10. Indikator Pencapaian Kompetensi• Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.• Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.• Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.• Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.• Mendiskusikan tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya-upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.• Mendesripsikan angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.• Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.• Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia• Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.• Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.• Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.• Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.• Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.• Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.• Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.• Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas). • Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.Mengidentifikasi kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerahMendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerahMengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama KristianiMenjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme IndonesiaMendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme IndonesiaMendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan IndonesiaMengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaanMengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan Mengidetifikasi cara memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhanMendeskripsikan pengertian, macam-macam, dan faktor-faktor yang menentukan kebutuhanMengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragamMenjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnyaMengidentifikas arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhanMenggolongkan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian IndonesiaMengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi ) Mengidentifikasi cara mendirikan dan mengelola BUMSMengidentifikasi tentang pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian, landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip dll. )Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi. Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasarMengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya Mendemonstrasikan /simulasi kegiatan jual beli di suatu pasar
• indonesia terletak diantara benua asia dan benua australia dan diantara samudera hindia dan samudera pasifik
11. 1.jelaskan yang dimaksud migrasi akibat faktor pendidikan ! 2.apa saja jenis perpindahan penduduk dalam suatu negara?jelaskan ! 3.bagaimana kondisi persebaran penduduk di indonesia ? 4.jelaskan faktor faktor penyebab fenomena pengangguran ! 5.identifikasilah upaya penduduk untuk menanggulangi migrasi ! 6.apa hubungan kebutuhan makanan dan penurunan kualitas lingkungan hidup ?
1 Migrasi Akibat faktor pendidikan ini :
Jadi orang berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain dengan tujuan menjamin pendidikan atau mempertinggi pendidikan
Misal (Rina Bermigrasi dari desa ke kota untuk memperoleh pendidikan S1)
2 Jenis Migrasi dalam negara(nasional)
~ Penglaju(berpindah tempat sehari bulak balik)
~ Perpindahan musiman(di musim tertentu misal : lebaran)
~ Transmigrasi(Dari pulau padat ke pulau kurang padat)
~ Urbanisasi(dari desa ke kota)
3 Persebaran penduduk Indonesia Kurang merata jadi banyak daerah yang terlalu padat padahal masih banyak daerah yang kosong atau carang penduduk
4 faktor :
~ Kesenjangan sosial
~ Susah mencari lapangan pekerjaan
~ Terlalu penuhnya penduduk di suatu daerah
5 melakukan Program yang dapat membuat faktor kelahiran sedikit dan migrasi juga sedikit
6 Kebutuhan makanan yang kurang akan menyebabkan kesehatan menurun. kesehatan ini adalah kualitas penduduk dan lingkungan hidup
Mohon maaf apabila ada kesalahan :)
1. perpindahan penduduk untuk mencari pendidikan yg lebih tinggi, misalkan keluar kota, ataupun pindah dr satu pulau ke pulau lain.
2. migrasi: perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya. terbagi 2 yaitu emigrasi dan imigrasi. imigrasi: prpndahan pnduduk dr suatu negara lain ke dlm suatu negara. contohnya org india masuk ke malaysia. emigrasi: prpindahan pnduduk dr suatu negara mnju ke ngara lain.
3. tidak merata
4. angka kelahiran cukup besar, kurangnya sarana pekerjaan, dan kurangnya fasilitas kerja.
5. mengurangi perpindahan penduduk dgn sering
12. 1. Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk setiap tahun. Identifikasilah keterkaitan fenomena tersebut terhadap kebutuhan pangan!2. Migrasi penduduk terjadi karena ada nya faktor pendorong dan penarik. Tuliskan faktor pendorong migrasi penduduk!3.Rendah nya kualitas pendidikan di Indonesia di pengaruhi keterjangkauan fasilitas pendidikan. Mengapa keterjangkauan fasilitas tersebut dapat memengaruhi kualitas pendidikan?4. Honai merupakan rumah adat papua yang letak pintunya berada pada posisi matahari terbit dan terbenam. Mengapa pintu di buat pada posisi tersebut? 5. Setiap senjata memiliki nilai filosofis, Misalnya rencong dari Aceh. Tuliskan nilai filosofis senjata tradisional tersebut!Note :Jan ngasal, Jan copas. Report√Jan jawab satu satu ya. Report√50 / 02 Poin
Jawaban:1,Kebutuhan pangan berkurang,harga menjadi naik disebabkan permintaan yang tinggi tidak diseimbangi dengan ketersediaan pangan yang ada2,Faktor pendorong yaitu seperti makin berkurangnya sumber kehidupan dan semakin susahnya memperoleh bahan baku penghidupan,menyempitnya lapangan pekerjaan sehingga masyarakat desa banyak yang tidak mendapatkan pekerjaan di daerah asalnya,adanya tekanan politik,agama atau suku di daerah asal,dan juga *Faktor pendorong*3,karena masalah efektifitas efesien dan standardisasi yang menyebabkan pengajaran pendidikan yang tidak merata,dan rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan mahalnya biaya pendidikan4,dalam membangun honai,posisi pintu telah ditentukan,yaitu menghadap timur atau barat sesuai dengan arah matahari terbit dan tenggelam,hal ini dimaksudkan agar penghuni honai tetap waspada akan serangan musuh atau bahaya lain yang mengancam5,senjata rencong dari aceh memiliki filosofil yakni mengembangkan kekuatan status,serta derajat pemakainya
Penjelasan:Jdikn jwbn yg trbaik ya☺
13. Kualitas pendidikan penduduk Indonesia dapat diidentifikasi dari. . . . a. angka melek huruf b. jumlah sekolah dasar c. jumlah lulusan sarjana d. pendidikan tenaga pendidik dan Rasio jenis kelamin suatu daerah adalah 98, artinya
angka melek huruf, knpa angka melek huruf karna banyak penduduk indonesia tidak melanjutkan sekolah bahkan putus sekolah
14. kualitas pendidikan penduduk indonesia dapat diidentifikasi dari....... a. angka melek huruf b. jumlah sekolah dasar c. jumlah lulusan sarjana d. pendidikan tenaga pendidik
a.angka melek huruf.......