Pantun Anak Sd Kelas 5


Pantun Anak Sd Kelas 5

buatlah 3 pantun jenaka anak kelas 5 sd​

Daftar Isi

1. buatlah 3 pantun jenaka anak kelas 5 sd​


Jawaban:

1) Pergi mendaki ke gunung tinggi

Di tengah gunung ada gua

Nenek coba unjuk gigi

Tapi sayang cuma dua

2) Berjalan sambil mengendap

Tanpa suara mengumpat di balik kendi

Dari mana asal bau tak sedap

Ternyata dari kamu yang belum mandi

3) Buah semangka

Buah duren

Gak nyangka

Gue keren

4) Buah semangka

Buah manggis

Gak nyangka

Gue manis

5) Ada gula

Ada semut

Ihhh gila

Gue imut

Penjelasan:

maaf kalau salah

Jawaban:

1) Lebar sekali daun talas

Untuk menambah daun talam

Makanya jangan suka malas

Kerjakan PR pada waktu malam

2) Satu titik dua koma

Anak simpanse pakai gincu

Lihat ada anak kelas lima

Suka bercanda dan melucu

3) Ikan betut dimakan gelatik

Perut lapar sudah kempong

Kamu ini sudah cantik

Cantik-cantik giginya ompong


2. pantun 4 baris untuk anak kelas 5 sd kalo boleh pantun tekateki dan kiasan


Jawaban:

Ke Rumah Hendi Sore Sore

Disana bertemu Yaya

Jika Kalian pintar

Binatang Apa Yang Ekornya di kepala?

-Jawabannya Gajah

Semoga Membantu<3

ContohPantunKiasan:

Duduk berdiang di perapian,

Kayu terbakar hingga terbelah.

Kasih ibu sepanjang jalan

Kasih anak sepanjang galah.

Burung dara dalam sangkar,

Kalau terbang hingga ke karang.

Tak baik hidup selalu bertengkar,

kalah jadi abu menang jadi arang.

ContohPantunTeka-teki

Alpukat enak buahnya,

kalau makan tak lupa kasih gula.

Jika engkau tahu jawabannya,

Binatang apa yang ekornya di Kepala?

–Jawabannya adalah binatang Gajah.

Ingin hati bermain kayak,

tapi apa daya langit sedang mendung.

Jika kamu mampu menebak,

Binatang apa yang tanduknya di hidung?

–Jawabannya adalah Badak.

Semogamembantukawan


3. 1. amanat dari pantun diatas adalah....2. buatlah sebuah pantun anak² sesuai ciri² pantuntolong dijawab kak mapel : SBDPkelas : 5 SD​


Jawaban:

1.Bangunlah lebih awal agar bisa berolahraga pagi.

2. Ibu membeli sayuran

Sayurannya sangat segar

Ayo kawan kita bermain

Pikiran senang tubuhpun bugar

Amanat : bermainlah agar membuat tubuhmu bugar dan pikiran senang.

Penjelasan:

Terimakasih..

Semoga membantu..

Jawaban:

1.amanatnya adalah supaya kita rajin bangun

lebih awal agar rutin berolahraga pagi

2.Rumah penduduk terlihat sejajar

Tak ada orang yang terlihat kesal

Wahai adik-adik giat lah belajar

Agar kelak kau tidak menyesal

pantun tersebut sesuai dengan ciri-ciri

pantun yaitu

-Berasajak abab

-Teridiri dari empat baris

-Baris pertama dan kedua adalah sampiran

sedangkan baris ketiga dan keempat

adalah isi

JadikanJawabanTercedasYa;)


4. Mapel : B. Indo Ini disuruh milih, pantun tsb termasuk pantun tua, pantun muda, / pantun anak tlg bantuan nya ya kak, tlg jangan ngasal, trmksh. yg jawab nya ngasal aku Report / laporkan, yg jawab nya bener aku jadikan yg terbaik :) Pelajaran kelas 5 SD Tema 4 Subtema 1 pembelajaran 1​


Jawaban:

barisan atas no 1 = pantun tua.

no 2= pantun muda

no 3= pantun tua

barisan kedua dari atas no 1= pantun tua

no 2 = pantun tua

no 3= pantun tua

barisan ketiga no 1= pantun muda

no 2= pantun tua

no 3= pantun muda

barisan keempat no 1= pantun anak

no 2 = pantun muda

no 3 = pantun muda

barisan ke-5 no 1= pantun tua

no 2 = pantun tua

no 3 = pantun anak

Penjelasan:

pantun anak adalah pantun yang menggambarkan sebuah suka cita

pantun muda adalah pantun yang menggambarkan tentang sebuah perkembangan, atau apalah gitu -_-

pantun tua berisi tentang nasehat.

'semoga benar dan membantu


5. 1. Berikut ini disajikan teks yang diambil dari buku siswa kelas 1, Tema: Diriku; Subtema 1: Aku dan Teman Baru Teman Baru Siti senang sekali. Ini hari pertama Siti bersekolah. Siti akan bertemu dengan teman baru. Siti siap pergi ke sekolah. Siti memberi salam kepada orang tuanya. Lakukan analisis teks! Apakah ada kesesuaian dengan tema dan subtema? Tunjukkan kesesuaian/ketidaksesuaian antara tema dengan isi teks dan tunjukkan pula kesesuaian/ketidaksesuaian antara subtema dengan isi teks! 2. Disediakan sebuah teks iklan layanan masyarakat. Susunlah 5 pertanyaan tersirat berdasarkan teks tersebut! 3. Pada awal kegiatan menulis permulaan, guru mengajak para siswa melakukan kegiatan menulis tanpa buku. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan bercerita yang kemudian diikuti kegiatan menulis di udara yang berhubngan dengan cerita awal. Buatlah sebuah cerita pendek (4-6 kalimat) yang akan dimanfaatkan untuk menulis garis lengkung ke arah kanan di udara! Siapkan perintah membuat garis lengkung ke arah kanan. Perintah tersebut masih terhubung dengan cerita. PDGK4101-2 2 dari 2 4. Pantun adalah puisi lama. Pantun dapat diubah menjadi prosa sehingga lebih mudah dipahami. Ubahlah 5 pantun ini menjadi prosa. Pergi ke pasar beli bumbu Dimasak dengan diramu entah seperti apa dirimu aku tetap cinta padamu Pergi ke toko membeli paku Pulang-pulang kubuat sebuah bangku Wahai engkau bidadariku Maukah kau menjadi pacarku Jangan engkau bermain api Jika engkau tak ingin terbakar olehnya Putus cinta jangan kau sakit hati Masih ada banyak hati yang lainnya Jangan suka bermain tali Kalau tak ingin terikat olehnya Putus cinta jangan disesali Pasti kan datang cinta yang lainnya 5. Pada hari Minggu, Ibu Ani secara tidak sengaja mendengar seorang asisten rumah tangga menyanyikan lagu Si Kancil bersama dengan anak asuhannya di taman warga. Ia teringat anaknya yang berusia 8 tahun yang sangat menyukai lagu tersebut. Ia juga teringat dongeng yang mendasari lagu itu. Dongeng itu amat disukai anak-anak SD kelas dua. Sebagai guru SD kelas dua, Ibu Ani meyakini dongeng kancil dapat dijadikan sebagai media menyimak di kelasnya. Bantulah Ibu Ani sampai dia menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak untuk SD kelas dua dengan memanfaatkan dongeng kancil!


Berikut jawaban soal-soal di atas:

NOMOR 1

Iya, terdapat kesesuaian antara tema dan subtema. Temanya adalah ‘Diriku’ sedangkan subtemanya adalah ‘Aku dan Teman Baru’.Kesesuaian tema dan subtema serta subtema dan isi teks sangat jelas karena ‘Diriku’ sudah tentu berkaitan dengan segala kehidupan seseorang termasuk ketika ia menjalin hubungan dengan teman-temannya. Subtema ‘Aku dan Teman Baru’ sesuai dengan isi teks sebab menceritakan kisah Siti yang bertemu teman barunya di sekolah.

NOMOR 2

Soal ini tak bisa dijawab karena teks iklan layanan masyarakat yang diminta untuk dibuatkan 5 pertanyaan tersirat tidak disertakan.

NOMOR 3

Berikut cerita pendek berisi 4 kalimat yang menceritakan mengenai garis lengkung ke arah kanan di udara:

Anak-anak, apakah kalian senang menunggu hujan selesai? Jika hujan selesai, jika beruntung kita bisa melihat pelangi. Pernah kah kalian melihat pelangi? Pelangi itu seperti lukisan garis melengkung  di udara. Garisnya terdiri dari banyak warna sehingga sugguh indah dipandang. Kalian bisa menggambar pelangi dengan menarik garis lengkung ke arah kanan di udara (guru bisa menginstruksikan dan meminta anak-anak mengikuti gerakannya ke kanan lalu menjelaskan apa yang dimaksud garis lengkung).

NOMOR 4

Berikut hasil gubahan pantun di soal menjadi prosa:

Aku tak peduli bagaimana dirimu karena apapun itu aku akan tetap mencintaimu. Kamu yang kulihat bagai bidadari, apakah berkenan jadi kekasihku? Aku sangat paham bahwa jatuh cinta itu sulit jadi baiknya hati-hati agar tidak disakiti apalagi jika putus cinta rasanya konon seperti mau mati. Tapi biar begitu, aku percaya bahwa putus cinta tak harus disesali karena sudah pasti hati akan sembuh dan bertaut dengan cinta lainnya di lain waktu.

NOMOR 5

Agar Ibu Ani bisa menghasilkan pembelajaran menyimak untuk siswa SD kelas II dengan memanfaatkan dongeng Si Kancil maka ia harus memahami isi dongeng tersebut lalu mempelajari intonasi dan gerak tubuh (gesture) terbaik dalam membaca dongeng. Dengan kemampuan dan penguasaan yang baik akan cerita maka Ibu Ani bisa melaksanakan pembelajaran menyimak bacaan bagi siswanya dengan baik. Tentu dongeng yang dibacakan dengan penuh penghayatan akan menarik perhatian siswa sehingga mereka akan menyimak dengan baik.

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan pembelajaran bagi siswa SD kelas II. Soal ditujukan bagi mahasiswa keguruan dan bukan untuk siswa pada jenjang manapun. Soal berkaitan dengan pembagian pelajaran tema dan subtema, mengubah pantun menjadi prosa dan lain-lain.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan pantun tua pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/35300494

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


6. Tema 4 Sehat itu Penting ( Kelas 5 SD ) |. Pilihan ganda1. Seorang umat beragama mempelajari dan melaksanakannilai kebaikan agamanya menunjukkan kesadaran akan tanggung jawabnya terhadap... a. Masyarakat b. Tuhan c. Bangsa d. Negara2. Persamaan bunyi di akhir baris pada pantun disebut... a. Isi b. Bait c. Sampiran d. Rima3. .... .... Heran aku memikirkannya Sepanjang hari bermuka masam.Baris yang tepat untuk melengkapi bagian bagian sampiran pantun tersebut adalah...a. Sungguh indah bila dipandangSebagai kembang saat malam. b. Bintang muncul saat malam Sebagai kembang saat senja.c. Bintang muncul saat senja sebagai kembang saat malam.d. Saat temaram muncul bintang Sungguh indah bila dipandang.4. Jenis puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta memiliki sampiran dan isi disebut... a. Puisi b. Pantun c. Syair d. Seloka5. Bunga kenanga di atas kuburPucuk sari pandan Jawa.Apa gunanya sombong dan takaburRusak hati badan binasa. Pantun tersebut termasuk jenis pantun... a. jenaka b. remaja c. anak - anak d. nasihat6. Nyanyian sendu di kala rindu Rindu kepada Ayah dan Bunda. ..... ..... Untuk melengkapi bagian isi pantun di atas adalah... a. Kalau kamu berguna, jangan melawan pada ibu. b. Kalau kamu menuntut ilmu, kelak berguna saat dewasa. c. Kalau kamu menuruti bunda, kelak hidupmu berguna. d. Kalau kamu menuntut ilmu, turuti bunda selalu.7. Nomor 7 ada gambar nya8. Valvuva bikuspidalis ( katup berdaun dua ) terletak di antara... a. Serambi kiri dan bilik kiri b. serambi kanan dan bilik kanan c. serambi kiri dan serambi kanan d. bilik kiri dan bilik kanan9. Penyakit peredaran darah kerena faktor non keturunan antara lain... a. hemofilia dan hipotensi b. hemofilia dan thalassemia c. thalassemia dan leukemia d. jantung koroner dan hipertensi10. Hubungan - hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok disebut dengan... a. komunikasi b. interaksi c. interaksi sosial d. interaksi primer11. Contoh interaksi yang mengarah pada perpecahan adalah...a. pertengkaran antara dua orang b. para siswa melakukan kerja kelompok c. mengikuti pemilihan umum di tingkat apapun d. gotong royong membersihkan selokan12. Berpamitan dengan ayah dan ibu sebelum berangkat sekolah adalah contoh interaksi sosial di bidang... a. sosial budaya b. ekonomi c. politik d. moral13. Gambar berurutan yang membentuk alur cerita disebut... a. Sampul b. Kartun c. Komik d. Brosur14. nomor 14 ada gambar nya15. Tangga nada yang memiliki interval 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2 adalah tangga nada... a. minor b. mayor c. interval d. tempo16. Properti yang digunakan pada Tari Legong yang berasal dari Bali yaitu... a. Tombak b. Kipas c. Topeng d. Piring17. Tari berikut yang menggunakan properti berupa keris adalah... a. Tari Baksa Kambang b. Tari Bambangan Cakil c. Tari Rangguk Ayak d. Tari RemoPLEASE JAWAB YANG BENAR JANGAN NGASAL, KALAU BENAR SEMUA ( 1 - 17 ) AKU FOLLOW DITUNGGU JAWABAN NYA YA... kalau jawabannya ngasal gak di follow ntar​


Jawaban:

1.b

2.d

3.c.

4.b

5.d

6.b

7.

8.

Penjelasan:

hanya itu yg saya tau sekian dan terimakasih


7. Anak orang Tanjung AmpaluSenja hari pasang pelitaLuka tangan oleh sembiluLuka hati karena kataMakna pantun tersebut adalah .........bantuinsoal bahasa Indonesia kelas 5 sdyang nggak bisa nggak usah jawab​


Jawaban:

Luka tangan karena sembilu luka hati

karena perkataan yang kurang mengenakkan sehingga hati menjadi terluka


8. kakkkk bikinin pantun anak sd kelas 5 dongggg, bikin 2 ya kakkk, twrus ritma nya a-b-a-b​


Jawaban:

pohon randu jatuh di empang

air mendidih di buang ke jamban

salam rindu salam sayang

hati sedih tak dapat jawaban

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalo salah ಥ_ಥ

Jawaban:

Jawaban:Pergi memancing di kala fajar

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikan

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajar

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajarPasti dia akan sukses kemudian

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajarPasti dia akan sukses kemudianAnak kecil bermain dengan batu

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajarPasti dia akan sukses kemudianAnak kecil bermain dengan batuBatu besar dilempar masuk sumur

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajarPasti dia akan sukses kemudianAnak kecil bermain dengan batuBatu besar dilempar masuk sumurBelajar itu memang tak kenal waktu

Jawaban:Pergi memancing di kala fajarPulang saat siang menenteng ikanSiapa orang yang rajin belajarPasti dia akan sukses kemudianAnak kecil bermain dengan batuBatu besar dilempar masuk sumurBelajar itu memang tak kenal waktuJuga tidak melihat banyaknya umur

Memiliki pola

Memiliki polaCiri-ciri khas pantun yang mudah dikenali adalah pola. Ada dua pola yang biasanya terdapat dalam pantun, yakni pola a-b-a-b dan a-a-a-a.


Video Terkait


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak