contoh wujud dari evaluasi, penilaian dan pengukuran?
1. contoh wujud dari evaluasi, penilaian dan pengukuran?
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif. Contoh :
Penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat kualitatif.
Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian
Contoh :
1. Apabila ada seseorang yang memberikan kepada kita 2 pensil yang berbeda ukuran ,yang satu panjang dan yang satu lebih pendek dan kita diminta untuk memilihnya, maka otomatis kita akan cenderung memilih pensil yang panjang karena akan bisa lebih lama digunakan. Kecuali memang ada kriteria lain sehingga kita memilih sebaliknya.
2. Peristiwa menjual dan membeli di pasar. Kadang kala sebelum kita membeli durian di pasar, sering kali kita membandingkan terlebih dahulu durian yang ada sebelum membelinya. Biasanya kita akan mencium, melihat bentuknya, jenisnya ataupun tampak tangkai yang ada pada durian tersebut untuk mengetahui durian manakah yang baik dan layak dibeli.
2. Apa perbedaan evaluasi, pengukuran dan penilaian, jika di lihat dari segi pembelajaran?
Jawaban:
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan hasilnya bersifat kuantitatif.
Penilaian adalah kegiatan pengambilan keputusan untuk menentukan sesuatu yang dengan ukuran tertentu berdasarkan kriteria dan bersifat kualitatif.
Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian.
3. pengertian pengukuran,penilaian dan evaluasi besarta contohnya
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan.
Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.
Evaluasi (bahasa Inggris:Evaluation) adalah proses penilaian. Dalam perusahaan, evaluasi dapat diartikan sebagai proses pengukuran akan evektivitas strategi yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.
4. Jelaskan yang diamksud kegiatan pembelajaran,sumber belajar, materi pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian evaluasi dan berikan contohnya
Rewaerrrrd dominicus pantekosta.- Kegiatan Pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.Contoh : memberikan pertanyaan tentang suatu hal yang dibahas, memberikan latihan soal atau tugas, dll
- Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Contoh : dari internet, atau sumber lainnya.
- materi pembelajaran (instructional material) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Contoh : materi tentang lingkungan alam, sumber daya manusia, dll.
- Pengelola kelas : suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar / yang membantu dengan maksud agar di capai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar siswa dapat berjalan dengan lancar dan terciptanya kondisi belajar yang optimal untuk berlangsungnya kegiatan belajar siswa. Contoh : ketua dan wakil ketua kelas.
- Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar. Contoh : Ulangan Harian Matematika.
Semoga membantu :)
5. perbedaan pengukuran, penilaian, dan evaluasi?
Pengukuran adalah membandingkan hasil tes dengan standar yang ditetapkan. Pengukuran bersifat kuantitatif.
Penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.
Pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan kegiatan yang bersifat hierarki.
6. perbedaan penilaian, pengukuran dan evaluasi?
Penilaian, pengukuran, dan evaluasi adalah tiga contoh istilah yang erat kaitannya dengan pelaksanaan sebuah kegiatan beserta dampak yang ditimbulkannya.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjabarkan perbedaan dari ketiga istilah tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawabnya.
PENGUKURAN adalah sebuah kebiatan yang membandingkan hasil dari sebuah kegiatan dengan sekumpulan parameter yang telah ditetapkan sebagai standar.
PENILAIAN adalah sebuah kegiatan yang menyajikan estimasi atau penaksiran terhasil hasil pengukuran yang diperoleh dan kemudian dijadikan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan.
EVALUASI adalah sebuah kegiatan yang mempelajari seluruh aspek penyelenggaraan sebuah kegiatan, membandingkannya dengan parameter-parameter tertentu, untuk menentukan tingkat efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan kegiatan tersebut untuk kemudian dijadikan dasar untuk memperbaiki kegiatan tersebut.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang makna kata:
https://brainly.co.id/tugas/1598743
Detil jawabanKelas: X
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: -
Kode kategori: -
Kata kunci: penilaian, pengukuran, evaluasi
7. Apapersamaan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes? *
Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. Dalam dunia pendidikan, yang dimaksud pengukuran sebagaimana disampaikan Cangelosi (1995: 21) adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris.
- Persamaan :
mengetahui potensi kecerdasan / bakat terpendam anak dengan teknologi yang terus berkembang. Keduanya sangat bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan ananda sejak dini- tentu saja selain belajar nilai-nilai positif dari lingkungan keluarga dan lingkungan alam sekitar
8. Apa yg diketahui tentang virus covid-19 saat ini sesuai dengan Pengukuran,Penilaian,Evaluasi,dalam pembelajaran
Jawaban:
tanya dokter
Penjelasan:
biar lebih jelas tanyain ke dokter.
iya sama sama
9. persamaan antara evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes?
sama sama menggunakan angka kuantitatif
10. Bagaimana tes,penilaian,pengukuran bisa menjadi satu kesatuan yang utuh dalam evaluasi pembelajaran ?
Jawaban:
Maaf kak lagi butuh point mungkin kakak juga udah ada jawabannya karna udah lama maafin ya kak:'(
11. Berikanlah penjelasan tentang perbedaan penilaian, pengukuran, dan evaluasi beserta contohnya
Jawaban:
Pengukuran:
Esensi dari pengukuran adalah kuantifikasi / penetapan angka tentang karakteristik atau keadaan individu menurut aturan-aturan tertentu. Keadaan individu ini bisa berupa kemampuan afektif dan psikomotorik, pengukuran ini dapat dilakukan dengan tes maupaun non tes.
Penilaian (assesmen):
Assesmen secara umum dapat diartikan sebagai prosen untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang siswa baik menyangkut kurikulum, program pembelajaran,iklim sekolah, maupun kebijakan sekolah.
Penilaian secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengukuran dan non pengukuran dan non pengukuran untuk memperoleh data karakteristik peserta didik dengan aturan tertentu .
Penilaian juga dapat diartikan sebagai kegiatan penafsiran data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.
Evaluasi:
Menurut bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang artinya penilaian atau penaksiran (john M. Echois dan Hasan Shadily). Sedangkan menurut istilah evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui kedaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan.
Evaluasi juga diartikan sebagai suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan (mehrens dan lehman).
EXAMPLES:
Dalam proses pembelajaran guru juga melakukan pengukuran terhadap proses dan hasil belajar yang berupa angka-angka yang mencerminkan capaian, proses dan hasil belajar.
Penilaian dalam program pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasilnya proses pembelajaran, penilaian dalam konteks hasil belajar diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran, tentang kecakapan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti beberapa pelajaran.
Jadi untuk melakukan evaluasi dalam suatu pembelajaran tim evaluator terlebih dahulu melakukan Pengukuran dan penilaian terhadap peserta didik baik dengan instrumen tes maupun non tes lalu di analisa maka akan bisa disimpulkan hal-hal apa saja yang perlu di evalusi.
~Moga ngebantu (。•̀á´—-)✧
Kalau ngebantu jadikan Brainliests answer (jawaban tercerdas) ya\(^o^)/
12. Apakah istilah evaluasi,tes,pengukuran dan penilaian sama atau tidak
Jawaban:
g tau........m...........
Jawaban:
Penjelasan:
Tes digunakan sebagai alat atau media untuk memperoleh informasi tentang orang lain. ... Evaluasi dan penilaian lebih bersifat komprehensif yang meliputi pengukuran, sedangkan tes merupakan salah satu alat
13. Tujuan evaluasi dalam pengukuran dan penilaian
Jawaban:
Tujuanevaluasiadalah untuk memperbaiki cara, pembelajaran, mengadakan perbaikan dan pegayaan bagi peserta didik, serta menempatkan peserta didik pada situasi pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya
Penjelasan:
SEMOGAMEMBANTUPenjelasan:
tujuan khusus, yaitu : 1 Tujuan Umum Secara umum, tujuan evaluasi dalam bidang pendidikan ada dua, yaitu :
a). Untuk menghimpun bahan-bahan
keterangan yang akan dijadikan sebagai
bukti mengenai taraf perkembangan atau
taraf kemajuan yang dialami oleh para
peserta didik setelah mereka mengikuti
proses pembelajaran dalam waktu tertentu.
Dengan kata lain, tujuan umum dari evaluasi dalam pendidikan adalah untuk memperoleh data pembuktian, yang akan dijadikan petunjuk sampai dimana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler.
b). Untuk mengetahui tingkat efektivitas
dari metode-metode pengajaran yang telah dipergunakan dalam proses pembelajaran
selama waktu tertentu. Jadi tujuan umum
yang kedua dari evaluasi pendidikan
adalah untuk mengukur dan menilai
sampai di manakah efektivitas mengajar
dan metode- metode mengajar yang telah
diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidikan serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik.
2 Tujuan Khusus Adapun yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan adalah :
a). Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program pendidikan. Tanpa adanya evaluasi maka tidak mungkin timbul kegairahan atau rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasinya masing-masing. b Untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab keberhasilan dan ketidakberhasilan peserta didik dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar atau cara-cara perbaikannya
14. Mengapa evaluasi melibatkan pengukuran dan penilaian?
karena pengukuran dan penilaian sangat lah penting bagi evaluasi..
maka dari itu evaluasi tidak bisa lepas daei pengukuran dan penilaian..
maaf bila salah ya.. :)
15. Apa yang membedakan evaluasi pembelajaran dengan penilaian autentik
Jawaban:
Penilaian tradisional bertujuan untuk membandingkan dan mengkompetisikan murid satu dan lainnya, sementara penilaian autentik digunakan untuk mencari tahu seberapa baik seorang siswa menjalani proses nya, tanpa maksud untuk membandingkan dengan yang lain.
Penjelasan:
maaf kalo salah
Jawaban:
Penilaian tradisional bertujuan untuk membandingkan dan mengkompetisikan murid satu dan lainnya, sementara penilaian autentik digunakan untuk mencari tahu seberapa baik seorang siswa menjalani proses nya, tanpa maksud untuk membandingkan dengan yang lain
maapkalosalah:(
Note:Semangatbelajardanjanganlupafollow,
jadikanjawabanterbaikjugaa
THANKYOU:^
16. 1. Apa yang anda ketahui tentang Assesment, pengukuran, penilaian dan Evaluasi dalam proses pembelajaran ?
Assesmen merupakan istilah umum yang didefinisikan sebagai sebuah proses yang ditempuh untuk mendapatkan informasi yang digunakan dalam rangka membuat keputusan-keputusan mengenai para siswa, kurikulum, program-program, dan kebijakan pendidikan, metode atau instumen pendidikan lainnya oleh suatu badan, lembaga, organisasi atau institusi resmi yang menyelenggarakan suatu aktivitas tertentu Hamzah dan Satria (2012: 1). Selain itu, Hamzah (2006) juga menyatakan mengenai assesmen dalam pembelajaran adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa.
Pengukuran (measurement) sebagai kegiatan membandingkan suatu hal dengan satuan ukuran tertentu sehingga sifatnya menjadi kuantitatif. Pengukuran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh besaran kuantitatif dari suatu obyek tertentu dengan menggunakan alat ukur yang baku.
Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengetahui kualitas tentang sesuatu baik dari nilai maupun arti, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka mengambil suatu keputusan. Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
semoga membantu
17. Pengertian Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran!
Penilaian pembelajaran merupakan proses terakhir dari pembelajaran. Dalam teori, terdapat beberapa kata yang sering dipertukarpakaikan seperti penilaian, evaluasi, assessment, pengukuran, dan pemeringkatan. Penilaian atau asesmen adalah proses pengumpulan informasi tentang hasil dan aktifitas belajar siswa dengan tujuan mengambil keputusan tentang pembelajaran. Sedangkan evaluasi adalah proses memberikan kesimpulan tentang hasil dan aktifitas belajar siswa.
18. Jelaskan apa perbedaan dari tes,pengukuran,penilaian dan evaluasi ,dan berikan contoh atau ilustrasi yg dpt memperjelas kaitannya dgn mata pelajaran matematika
Jawaban:
Pengukuran merupakan suatu kegiatan atau proses untuk menentukan kuantitas sesuatu yang memiliki sifat numerik.Penilaian merupakan suatu usaha untuk mendapatkan bermacam- macam informasi secara berkala, menyeluruh dan berkesinambungan mengenai proses dan juga hasil dari perkembangan dan pertumbuhan yang telah berhasil dicapai anak didik pada saat pembelajaranEvaluasi merupakan suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai, ketentuan yang harus dicapai dan tindakan dalam proses pembelajaranperbedaan dari tes, pengukuran, penilaian dan juga evalasi adalah terletak pada waktu dan juga fungsinya. Tes digunakan sebagai media atau alat untuk mendapatkan infomasi mengenai orang lain. Pengukuran digunakan untuk memberikan angka pada karakter tertentu yang dipunyai oleh orang atau objek yang diambil dari tes. Penilaian digunakan untuk mengambil sebuah keputusan yang berdasarkan data yang sudah diperoleh berdasar pengukuran sebelumnya.Penjelasan dengan langkah-langkah:
.kebetulan ada tugas ini mangkan nya udah aku salin semoga membantu dan jangan lupa untuk fllow and like :D
19. jelaskan yang dimaksud kegiatan pembelajaran, sumber belajar, materi pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian atau evaluasi dan berikan masing-masing contohnya
1.Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang sistematis dan berurutan. Oleh sebab itu, kegiatan pembelajaran perlu direncanakan dengan baik.
contoh:
2.Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
contoh:
3.materi pembelajaran:MATERI PELAJARAN. Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa materi pembelajaran (instructional material) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
contoh:
4.pengelolaan kelas:Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran. Kesimpulan sederhananya adalah pengelolaan kelas merupakan kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran. Dalam konteks yang demikian itulah kiranya pengelolaan kelas penting untuk diketahui oleh siapapun juga yang menerjunkan dirinya ke dalam dunia pendidikan.
contoh:
5.penilaian atau evaluasi:penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat kualitatif. Sedangkan
Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian
contoh:Apabila ada seseorang yang memberikan kepada kita 2 pensil yang berbeda ukuran ,yang satu panjang dan yang satu lebih pendek dan kita diminta untuk memilihnya, maka otomatis kita akan cenderung memilih pensil yang panjang karena akan bisa lebih lama digunakan. Kecuali memang ada kriteria lain sehingga kita memilih sebaliknya.
sorry contoh yg lain dk tau
20. Perbedaan pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi
Jawaban:
perbedaan antara tes, pengukuran dan penilaian terletak pada waktu dan fungsinya. ... Pengukuran lebih membatasi pada gambaran yang bersifat kuantitatif (angka-angka) tentang kemajuan belajar peserta didik, sedangkan evaluasi dan penilaian lebih bersifat kualitatif.